Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Archive for the ‘Resep’ Category

[Resep] Oseng Tempe Mie “Montor Mabur”

Posted by BunDit on February 6, 2014

Hari ini pas lagi puasa (ngeganti puasa Ramadhan tahun kemarin karena sakit), eh malah pengin posting resep masakan hehe. Resep ini sangatttttt sederhana tapi gak papa ya diposting, siapa tahu walau sederhana tetap bisa jadi inspirasi *halah 😉

Ceritanya setiap kali pulkam ke ARITA, ibu selalu tak pernah ketinggalan masakin oseng tempe mie. Walau cara masak dan bahannya sederhana tapi rasanya itu lho, bikin pengin nambah nasi mulu :D. Pas Bunda mengutarakan mau mencobanya nanti sesampai Bekasi, ibu bilang “mie nya pakai mie montor mabur aja, pasti enak”. Maka saat balik liburan ke Jogja bulan Desember 2013 kemarin (ceritanya belum sempet diposting nih), ibu membawakan 6 bungkus mie kering cap montor mabur. Sebenarnya judul Mie nya itu “Sari Rasa”. tapi karena gambarnya pesawat terbang, orang Jogja suka bilang mie Montor Mabur, dari bahasa jawa yang artinya pesawat terbang hehehe. Dan mie ini kayaknya cuma dijual di Jogja deh, tapi gak tahu juga ding, siapa tahu ada yang pernah menemukan di daerah lain.

Naah, pas long weekend kemarin, Bunda coba masak Oseng Tempe Mie ini.

Oseng-Tempe-Mie-Web

Read the rest of this entry »

Advertisements

Posted in Bunda, Resep | Tagged: | 6 Comments »

Kwetiau Goreng & Mie Rebus Yi Jian

Posted by BunDit on September 25, 2013

Kalau di kantor, Bunda sholat Dhuhur dan Ashar di loker wanita. Jadi di ruangan itu memang tempat untuk menyimpan barang-barang pribadi pekerja wanita sekaligus tempat sholat, pengajian tiap hari Jum’at, tempat rebahan, juga tempat paling nyaman buat merah ASI, duluuuuu hehehe.

Maklum, di kantor Bunda kan kaum hawanya sedikit, makanya dikasih tempat khusus untuk sholat di sana. Kalau yang laki-laki, baru deh sholatnya di masjid yang masih terletak dalam area kantor. Nah, biasanya pas habis sholat begini, ibu-ibu ngobrol ngalor ngidul. Ya soal anak lah, soal ART lah, daaan paling sering soal masak memasak. Awal-awal Bunda sih ndengerin saja, maklum dulu gak bisa masak. Sekarang sih belum jago juga, tapi sudah lumayan bisalah hehe. Nah, suatu hari ada teman Bunda yang bawa mie goreng. Ampuuun enak bangetttsss. Trus ngomong2 soal mie, salah satu ibu ngasih tahu, kalau mau bikin mie, coba pakai mie Yi Jian. Katanya mie nya gak gampang putus dan gak lengket. Dan walaupun namanya Yi Jian, tapi sudah berlabel halal kok. Jadi tenang 🙂

Akhirnya pas belanja mingguan ke Pasar Family KHI, Bunda cari mie Yi Jian ini. Eh ada, harganya 4ribu, baik yang mie kecil maupun mie gepeng kwetiau. Baru tahu belakangan, mie ini juga dijual di Superindo, tapi harganya 6.200 something, ufff harganya jauh bener ya dibanding harga di pasar 😀

Mie-Yi-Jian-web Read the rest of this entry »

Posted in Resep | 9 Comments »

Sayur Tauco Medan “Meriah” ala BunDit

Posted by BunDit on February 22, 2013

Lagi bisa nulis….lanjuttttt posting soal masakan lagiiii…. hehehe

Ayah sangat menyukai sayur tauco karena ya itulah masakan yang sering dimasak mamanya semasa kecil di Padang Sidempuan. Kalau Ibu Jogja malah gak pernah masak sayur ini. Bunda kenal sayur tauco saat ngekos di Rawamangun, karena ibu kos yang asal Padang, sukaa banget masak sayur tauco. Dulu kan Bunda ikut makan ama ibu kos, bukan gratis tapi mbayar lho hehehe, kalau pas ibu kos masak sayur tauco Bunda gak pernah nyentuh tuh, karena di lidah Bunda rasanya aneh aja.

Saat sudah menikah dengan Ayah, Ayah pernah masak sayur tauco ini waktu masih pengantin baru dan kami masih ngontrak di Rawamangun. Waktu Bunda cicip, lhoo kok enak ya? Atau karena yang masak ayah ya hehehe. Waktu sudah pindah ke rumah Bekasi pun, Ayah pernah masak sayur tauco lagi, Bunda malah belum pernah mencoba 😀

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Resep | Tagged: | 9 Comments »

Soto Mie Bogor ala BunDit

Posted by BunDit on February 22, 2013

Cerita masakan lagi yaa… hehehe

Semenjak mulai menyukai aktifitas memasak, Bunda pengiin banget bikin Soto Mie Bogor. Akhirnya hari Sabtu 16 Februari 2013 kemarin, sehabis belanja ke pasar, Bunda langsung berkutat di dapur. Mulainya sekitar jam 8 pagi. Belum mandi 😀

Mengenai resepnya sudah di tangan, hasil kemurahan hati paman google hehe. Memang ya, semua yang kita butuhkan, terutama soal resep masakan, mau resep apa aja ada di belantara internet. Tapi yang paling bikin bingung, 1 resep itu punya banyak versi. Sebuah masakan yang sama, bisa jadi beda bumbu. Jadi memang masakan itu ya soal selera. Seperti waktu Bunda googling resep soto mie bogor ini, ada yang nyebut pake ebi, ada yang enggak. Ada yang pake kemiri, ada yang enggak. Bunda sendiri memutuskan gak pake kemiri dan ebi. Namanya juga uji coba.

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Resep | Tagged: | 10 Comments »

Gulai Salai ala AyDit

Posted by BunDit on February 12, 2013

Sekarang lagi edisi masak memasak nih. Setelah kemarin cerita Bunda yang mulai menyukai memasak, sekarang giliran Ayah yang Bunda ekspos :D. Mumpung lagi bisa nulis nih. Ntar BW nya lewat BB aja ya teman2, banyak blog yang belum Bunda kunjungin nih 🙂

Setelah sayur tauco dan sambal pete, Ayah tiba-tiba pengin masak gulai salai. Pagi-pagi, 24 Januari 2013, pas tanggal merah Maulid Nabi, ayah bilang mau masak gulai salai. Bunda disuruh belanja bahan yang kurang ke tukang sayur. Salai adalah ikan lele asap. Kami suka dikirimin salai dari Padangsidempuan oleh mama. Kata ayah, mau mengenang masakan semasa kecil di kampung 😀

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Resep | 15 Comments »

Rendang ala BunDit

Posted by BunDit on February 11, 2013

Seperti Bunda pernah bercerita di sini, saat teh Dela ngejagain Dita selama mbak Atik pulkam, teh Dela sempat Bunda minta masakin rendang. Rendang ala teh Dela emang enak, walau memang bukan rendang asli padang yang masaknya bisa 2 hari, tapi rasanya cukup mantap. Makanya Bunda minta ditulisin resepnya. Dan Sabtu, 9 Februari 2013 kemarin, Bunda sempat uji coba resep itu. Teh Dela hanya menuliskan bahannya tanpa takaran, jadi Bunda pakai ilmu kira2 😀

Ini dia resep rendang nya :

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Resep | 12 Comments »

Gulai Ikan Kakap Merah

Posted by BunDit on October 22, 2012

Dulu waktu masih ada teh Dela, urusan masak Bunda gak pusing. Teh Dela ini hobi banget masak dan masakannya cocok di lidah kami sekeluarga. Bunda tinggal belanja tiap hari Sabtu/Minggu, urusan sampai menjadi makanan siap santap ada di tangan teh Dela heheheh *tutup muka*. Dita doyan sayur pun ada andil cukup besar dari Teh Dela :-).

Biasanya Bunda hanya masak tiap weekend, itupun masak yang simpel2 aja seperti cah kangkung, pecel, terong balado, pokoknya yang tumis2 dan rebus2. Jarang banget masak yang bersantan, kecuali sesekali masak sayur tauco seperti yang pernah di masak Ayahnya Dita .

Nah, kemarin pas Teh Dela resign dan belum dapat ART, Bunda agak kerepotan masak buat Ayah dan Bunda. Dasarnya gak hobi masak hehehe. Kalau buat Dita sih, semalas2 nya Bunda masak, Insya Allah selalu mengusahakan masak buat Dita. Lagian masak buat Dita itu gak ribet sih. Yang penting ada sayurnya dan proteinnya. Pokoknya brokoli, kembang kol, buncis, bayam, kacang panjang, wortel, daun katuk, jagung muda, labu, sawi putih, kentang di variasikan dengan ayam, bakso daging sapi, sosis sapi, bakso ikan, telur puyuh, telur ayam, udang, cumi, nugget, tempe, tahu. Begitu aja. Simpel dan bergizi sih menurut Bunda 😀

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Dita, Makanan, Resep | Tagged: | 22 Comments »

Puding JaYam (Jagung Bayam)

Posted by BunDit on February 22, 2011

Mau posting perkembangan Dita di 2 tahun-8 bulan, 18 Feb kemarin, eh belum sempet-sempet punya waktu buat ngedit foto. Banyak foto yang mau ditampilin sih. Padahal udah tgl 22 nih :-(. Jadi posting ini dulu, tulisan yang sudah ditulis lebih dari seminggu lalu, biar blog gak nganggur kelamaan 🙂

———————————————————————————

Dari umur 8 bulan (usia aman untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrat), Dita sudah Bunda perkenalkan dengan bayam. Namun Dita selalu emoh. Bayam sudah dirajang kecil-kecil pun, Dita selalu menolaknya, sampai sekarang. Entah kenapa. Waktu itu belum kepikiran untuk “menyembunyikan” bayam ke dalam makanan kesukaannya. Karena kecuali bayam, Dita doyan sebagian besar sayuran seperti brokoli, buncis, wortel, kacang panjang, kol dll.

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Resep | Tagged: | 19 Comments »

Orange Boat buat Dita

Posted by BunDit on June 7, 2010

Waktu nengok Web MPASI Rumahan yang digawangi oleh Maknya Azwa, Bunda temukan resep cemilan yang kelihatannya mudah bikinnya. Pokoknya kalau yang mudah bikinnya, Bunda langsung tertarik deh hehehe. Inilah resep yang membuat Bunda pas Sabtu kemarin tergerak untuk membuatnya : Resep Cemilan Orange Boat. Bahan dan caranya Bunda modifikasi sedikit lah 😀

Yup…nama cemilan ciptaan Mbak Depe ini Orange Boat (12m+). Bahan dan cara Bunda tulis ulang disini :

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in Bunda, Resep | Tagged: | 15 Comments »

Resep Agar-agar ASIP dan Sup Krim Ayam Jagung

Posted by BunDit on June 6, 2009

Sebenarnya Bunda kurang pede kalau disuruh posting resep. Soalnya Bunda gak bisa masak sih jadi takut ditanya ini itu tentang masakan, malu deh gak bisa jawab. Tapi karena ada permintaan dari beberapa ibu lewat komennya, Bunda memberanikan diri publish deh beberapa resep yang pernah dicobakan ke Dita.

Bunda sempet gak nyangka, menu cemilan Dita berupa agar-agar ASIP yang Bunda perkenalkan di MPASI Dita 9 bulan, kok sepertinya sangat menarik bagi ibu lain. Padahal menurut Bunda ya biasa-biasa saja. Ide membuat nya pun datang dari keinginan Bunda membuat cemilan yang mudah dan cepat. Terpikir deh bikin agar-agar. Sebenarnya Bunda sering bikin agar-agar ini sewaktu belum ada Dita, biar rasanya lebih uenak, Bunda suka campurin susu kental manis. Nah, dari sini ide Bunda muncul. Karena Dita belum 1 tahun dan lagi masanya minum ASI, kenapa agar2 nya gak ditambahin ASIP saja sebagai pengganti susu kental manis tsb.

Aaah…mukadimahnya kepanjangan ya? OK deh, langsung aja ini resepnya :

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in Resep | Tagged: , , | 23 Comments »