Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Anak Sering Mengigau, Berbahayakah?

Posted by BunDit on June 17, 2011

Ide tulisan ini berawal dari komentar Bunda Rully (Bundanya Tanisha dan Kaira) dalam tulisan Saat Dita Terlelap Dalam Tidur, yang mengakhirinya dengan pertanyaan mengenai anak yang mengigau. Dan wow, komentar ini komentar ke 18 (1+8=9 kaaan hehehe) dan membuat Bunda segera googling untuk mencari tahu.

Dita sendiri Alhamdulilah selama ini hampir-hampir jarang mengigau. Kadang terpekik sebentar saja atau manggil Bundaaa. Kata Ayahnya Dita, dulu waktu Bunda dinas ke Singapura dan Malaysia selama 2 minggu, Dita sering mengigau manggil “Bundaa…bunda….”. Mungkin kangen sama Bundanya ya. Waktu diceritain ini, Bunda langsung mewek deh. Kasihan anak Bunda😦. Namun seinget Bunda sih, Dita lebih seringnya senyam-senyum dalam tidurnya. Sayang momennya gak pernah berhasil tertangkap kamera, karena saat mau difoto, senyumnya sudah hilang😦

Bunda baca, proses tidur itu melewati 4 tahap yaitu :

Tahap 1&2, simpul-simpul otak sedang sibuk menguraikan dan membereskan satu per satu simpul-simpul semua kejadian yang dialaminya selama seharian. Tahap 3 adalah tahap dimana kita bisa bermimpi. Sedangkan kalau sudah masuk tahap 4, kita bisa tidur nyenyak tanpa mimpi.

Nah jika simpul-simpul di otak tak bisa atau susah untuk dibereskan atau diluruskan, akan muncul saat tidur dalam bentuk igauan. Mengigau bukan melulu berbicara saat tidur saja lho, mengeluarkan suara tanpa makna sambil tidurnya gelisah dan bergerak-gerak pun termasuk mengigau. Dan mengigau dalam tidur itu bentuk pelampiasan perasaan terpendam.

Berbahayakah jika anak mengigau? Sebenarnya igauan adalah wajar dan tidak berbahaya, bahkan ada sisi positifnya yaitu melepaskan apa yang menjadi beban atau ganjalan yang dialami si anak. Namun jika terjadi secara terus menerus, orangtua harus waspada. Tindakan apa yang harus diambil? Silakan baca selengkapnya di Igauan Dalam Tidur Pelampiasan Perasaan Terpendam🙂

Mau pasang ah foto Dita waktu usia 13 hari, kalau tidur suka senyum-senyum dan mencucu sok cool. Yang ini mah bukan mengigau ya😀

6 Responses to “Anak Sering Mengigau, Berbahayakah?”

  1. Enno-Mama Fira said

    Dulu waktu Fira byi juga kalo tidur tiba-tiba suka ketawa ketiwi sendiri, gak cuman senyum, tapi tiba-tiba juga bisa nangis, tapi tetep tidur. hihihihi… *jadi berfikir, ganjalan apa yang ada di benak Fira waktu itu yak???* hihihhihi… Tapi kalo sekarang tudah gak pernah lagi…

    Fotonya Dita lucuuukk… mecucuuuuu…. hihihihihi

  2. hilsya said

    kalo di rumah sih yg suka ngigau itu aku *jadi maluu…*

  3. Wah thank for sharing bun..saya juga beberapa hari lalu sempat searching searching soal ini..karena kinan sering sekali tiba tiba bangun terus nangis..matanya masih tertutup gitu…
    kalo menggigau jarang, terus kadang dalam tidur saya juga suka lihat ketawa gitu…
    wah bermanfaat bun..:)
    Kiss buat kak dita

  4. bener mom, makasih atas sharingnya…karena walu kalo tidur tuch ngga pernah pules…..serrriiingg sekali nangis….apalagi kalo emaknya ngga ada di tempat tidur………

  5. Nah itu bun bayi-bayi suka senyum ya waktu tidur

  6. Raja juga waktu bayi suka bobo trus tiba-tiba senyum atau ketawa sendiri. Setelah agak gede, hampir gak pernah lagi. Nah, setelah makin gede, kayak sekarang Raja kadang-kadang mengigau dan nama Thomas paling sering diucapinnya….hihihihihi

    Hehehe Raja tiap hari bermain dengan kereta Thomas sih ya. Lucu ya ngigaunya anak2😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: