Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Kwetiau Goreng & Mie Rebus Yi Jian

Posted by BunDit on September 25, 2013

Kalau di kantor, Bunda sholat Dhuhur dan Ashar di loker wanita. Jadi di ruangan itu memang tempat untuk menyimpan barang-barang pribadi pekerja wanita sekaligus tempat sholat, pengajian tiap hari Jum’at, tempat rebahan, juga tempat paling nyaman buat merah ASI, duluuuuu hehehe.

Maklum, di kantor Bunda kan kaum hawanya sedikit, makanya dikasih tempat khusus untuk sholat di sana. Kalau yang laki-laki, baru deh sholatnya di masjid yang masih terletak dalam area kantor. Nah, biasanya pas habis sholat begini, ibu-ibu ngobrol ngalor ngidul. Ya soal anak lah, soal ART lah, daaan paling sering soal masak memasak. Awal-awal Bunda sih ndengerin saja, maklum dulu gak bisa masak. Sekarang sih belum jago juga, tapi sudah lumayan bisalah hehe. Nah, suatu hari ada teman Bunda yang bawa mie goreng. Ampuuun enak bangetttsss. Trus ngomong2 soal mie, salah satu ibu ngasih tahu, kalau mau bikin mie, coba pakai mie Yi Jian. Katanya mie nya gak gampang putus dan gak lengket. Dan walaupun namanya Yi Jian, tapi sudah berlabel halal kok. Jadi tenang🙂

Akhirnya pas belanja mingguan ke Pasar Family KHI, Bunda cari mie Yi Jian ini. Eh ada, harganya 4ribu, baik yang mie kecil maupun mie gepeng kwetiau. Baru tahu belakangan, mie ini juga dijual di Superindo, tapi harganya 6.200 something, ufff harganya jauh bener ya dibanding harga di pasar😀

Mie-Yi-Jian-web

Nah, setelah beli mie Yi Jian ini, Bunda googling resep Kwetiau Goreng. Nemu yang menarik dan rasanya cukup mudah untuk dicoba di Resep Keluarga Nugraha. Bunda sih tidak mengikuti persis bahan dan caranya, ya dimodif sedikitlah. Kalau di resepnya menggunakan kwetiaw basah, Bunda memakai kwetiauw kering. Dan banyak bahan yang Bunda hilangkan biar tidak terlalu ramai.  Bumbunya saja yang Bunda contek.

Resep Kwetiau Goreng Yi Jian ini cukup simpel :

Bahan :

  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 butir bawang bombay ukuran sedang, dipotong memanjang
  • 100 gr kwetiau kering Yi Jian (separo dari 1 bungkus)
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 ikat coysim, potong 5cm
  • 100 gram tauge yang panjang2

Saos, campur jadi satu :

  • 3 sdm saos tiram
  • 4 sdm kecap asin
  • 5 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

Cara membuat :

  1. Rebus kwetiau kering, setelah agak lembek, angkat dan tiriskan
  2. Campur kwetiau dengan minyak sayur 1 sdt dan aduk, hal ini bertujuan supaya kwetiaw tidak lengket. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak sayur, tumis bawah putih+bawang bomba sampai harum.
  4. Masukkan saos
  5. Masukkan coysim dan daun bawang sampai agak layu, kemudian masukkan kwetiau. Aduk rata.
  6. Masukkan tauge, aduk sebentar, angkat.
  7. Sajikan dan taburi bawang merah goreng.

*Untuk 3 porsi

Daaaan saat Ayah mencicipi, Ayah bilang uenak. Hidung Bunda langsung kembang kempis hehehe. Sebenarnya lebih enak lagi dikasih irisan bakso/udang/ayam. Tapi karena Ayahnya Dita gak suka kwetiauw goreng dikasih macem-macem, maka Bunda bikinnya pakai bahan yang sangat minimalis😀

Tapiii Dita gak begitu suka mie/kwetiau goreng. Makanya Bunda buatin mie rebus Yi Jian. Kali ini Bunda pakai mie Yi Jian yang kecil-kecil.

Resep Mie Rebus Yi Jian 

Bahan :

  • 35 gr mie Yi Jian (1/6 dari 1 bungkus), maklum cuma buat Dita doang sekali makan😀
  • 1 butir telur
  • 5cm daun bawang, iris tipis

Bumbu halus :

  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 kemiri
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Rebus mie kering, setelah agak lembek, angkat dan tiriskan. Sisihkan
  2. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Masukkan air matang 1 gelas kecil (sesuai selera), aduk.
  4. Masukkan daun bawang dan telur. Aduk secukupnya sampai telur matang.
  5. Masukkan mie, aduk rata.
  6. Angkat dan sajikan

Dita sukaaaa banget kalau dimasakin mie rebus pakai telur. Dasar anaknya suka banget telur. Kadang pagi-pagi sebelum ke sekolah, Dita sarapan pakai menu ini. Yaaa… daripada mie instan, mending bikin sendiri. Lagian guampang banget bikinnya🙂

Jadi selain rendang daging, resep andalan Bunda ya kwetiau goreng Yi Jian ini. Maksudnya Bunda sudah sangat pede buat memasaknya. Saking pedenya Bunda pamer dong ke temen kantor. Eh mereka minta pembuktian. Akhirnya, belum lama ini Bunda pagi-pagi sebelum berangkat ngantor, Bunda masak kwetiauw goreng dengan porsi lumayan banyak. Maklum mau dicicip oleh tante Iffa dan Mr. H😀

Dan tanggapan ke-2 nya atas masakan Bunda?? Tante Iffa bilang enak. Mr, H bilang enak dan menunjukkan yang bikin bisa masak. Alhamdulillah🙂. Ntar mau share 1 resep lagi deh hehehe. Ternyata masak itu tidak sesulit yang dibayangkan koook *nggaya mode on😀

9 Responses to “Kwetiau Goreng & Mie Rebus Yi Jian”

  1. Waduh baru tahu ada mie Yi jian..disini di toko dan supermarket adanya yang pipih gitu merek tanduk menjangan aku juga suka buat bun..untuk mie goreng dan mi godog..rebus ding…enak banget kalo yang pipih gitu…lebih aku sukai..:)
    tfs resepnya bun

    Kalau mie sebenarnya saya lebih suka mie Jawa, yang pas mentahnya basah gitu. Tapi belum pernah nyoba masaknya supaya enak dan tidak cepat kering dan nggumpal. Ajarin dong ma🙂

  2. jadi pingin nyoba bikin pake mie Yi Jian

    makasih sharingnya ya, bunda

    Sama-sama Bund, nanti di share di blog ya🙂

  3. Hehe…jadi sekarang udah pede masak ya bund…memang semua cuma soal waktu, kesempatan, dan kemauan sih ya..kalo mau belajar pasti bisa..

    Memang udah paling asik kalo bisa masak yang bahannya sederhana, bikinnya gak ribet, tapi hasilnya enyak ya bund😀

    Untuk masakan tertentu pede ma, tapi masih banyak yang belum pede hehehe. Yoi ma, pokoknya masak itu cari yang asyik saja, yang gak pake ribet😀

  4. Lidya said

    wah bundit jago masak ternyata, kapan2 aku nyicipi masakannya ya bun

    Hahahaha belum jago lah ma. Belum pede bener kalau dicicipin temen hehehe😀

  5. deva said

    hwaaaa harus cobain inii..anak2ku pengemar mie kelas berat🙂
    kebeneran superindo deket rumah, ntar siang harus nyoba beli Yi jian… sblmnya minta ijin dulu mo nyontek mie rebusnya ya bundit..hihihihi.. trims resepnya ya bun😀

  6. Vera said

    Aduuhh jd laper…tengah malam gini BW kemari

  7. sari said

    Waaah kwetiawnya bikin mupeng ehehhe…kalo aku suka versi kecap dibanyakin bun (siapa yg nanya) hhehe

  8. pengen ngicipi jeng…hehe…

  9. […] Kwetiau Goreng & Mie Rebus Yi Jian […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: