Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Rendang ala BunDit

Posted by BunDit on February 11, 2013

Seperti Bunda pernah bercerita di sini, saat teh Dela ngejagain Dita selama mbak Atik pulkam, teh Dela sempat Bunda minta masakin rendang. Rendang ala teh Dela emang enak, walau memang bukan rendang asli padang yang masaknya bisa 2 hari, tapi rasanya cukup mantap. Makanya Bunda minta ditulisin resepnya. Dan Sabtu, 9 Februari 2013 kemarin, Bunda sempat uji coba resep itu. Teh Dela hanya menuliskan bahannya tanpa takaran, jadi Bunda pakai ilmu kira2😀

Ini dia resep rendang nya :

Bahan :

* 1/4 kg daging sapi diiris tipis (tapi kemarin Bunda pake 1/8 kg, maklum lagi uji coba😀 )

* 15 butir kentang bulat (optional)

* 3 siung bawang merah, diiris halus.

* Santan (Bunda pakai kara yang 600-an ml) dicampur air matang

* Bumbu yang dihaluskan :

  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 2 sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 3 cm  jahe
  • 2 cm kunyit
  • 3 biji cabe merah keriting

* Bumbu dapur :

  • 2 cm lengkuas, digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh, digeprek

* gula jawa sejempol

* garam secukupnya

* 3 sdm minyak goreng

Cara memasak :

Tumis irisan bawang merah, masukkan bumbu halus, diaduk sampai harum. Masukkan semua bumbu dapur dan daging, aduk sampai daging berubah warna. Masukkan santan, garam dan gula jawa. Tutup dan masak dengan api sedang. Setelah daging matang, masukkan kentang dan masak hingga airnya habis (asat).

Pengalaman kemarin Bunda takut banget daging dan ketangnya gak mateng, jadi Bunda cobain daging dan kentang nya beberapa kali, sampai ditambah air 2x hehehe. Alhamdulillah, jadinya gak mengecewakan🙂

Ini dia penampakannya :

Rendang-Web

Penampakannya rendang kan? hehe. Bau dan rasanya pun juga rendang. Kan gak lucu mau masak rendang jadinya malah gudeg atau masakan yang lain😀. Bunda buru2 kirim foto rendang ke Ayah yang lagi kuliah. Katanya penampakannya sih sudah bener:mrgreen:. Komen Ayah, itu rendang kentang bukan rendang daging, dagingnya gak kelihatan hehehe, iya nih dagingnya terlalu sedikit sih. Kalau tahu masaknya sukses begini, dagingnya dibanyakin *ngguaya😀

Malamnya, Ayah makan pakai lauk rendang dan bilang rasanya enak, sama lah dengan buatan teh Dela. Katanya lagi baru test drive tapi rasanya sudah cihuy. Waaaa… kepala Bunda langsung membesar di  puji Ayah seperti itu hahaha. Ya begini ini orang yang GaPur alias gagap dapur tapi masak trus hasilnya dipuji, rasanya melayang ke langit ke tujuh *lebay.  Apalagi Ayah kan jarang banget muji masakan Bunda, jadi pujian kemarin itu sesuatu banget😀

Bunda kirimkan juga foto rendangnya ke Group Whatsapp Anak2 Kos Rawamangun. Bunda mau pamer sama besan soal Bunda bisa masak rendang. Yang Bunda panggil besan ini adalah Ade, temen kos asal Padang yang saking akrabnya, dulu sebelum menikah sempat bercanda kalau suatu saat kita mau besanan. Makanya sejak saat itu kami saling memanggil dengan sebutan “besan” hehehe. Buat besan, mohon dipercepat cari calon ayah mertuanya Dita ya… Piss san!!😀

Capture-Rendang-Web

Pas Bunda share resep rendang gitu, Bunda diledek habis lah. Awalnya ada yang bilang no pic : hoax. Trus sudah Bunda kirimin pic, dibilang belum ditest langsung : hoax hehehe, bilang aja pengin nyicip hihihi. Trus besan bilang “mana ada rendang cuma dimasak 2 jam. itu bukan rendang tapi kalio. Trus jeng Tia, adik besan menimpali, “masak rendang kok pakai gula jawa” hahahahaha. Lha kan yang masak orang Jawa😀. Tapi Ayah bilang, justru karena pakai gula jawa ini rasa rendangnya unik.. *peluk Ayah😛

Ternyata memasak itu tidak sesulit yang dibayangkan ya? hehehe *nggaya. Tadi pagi-pagi Bunda masak ikan kakap woku belanga. Buat bekel sarapan pagi2 enak banget lho. Sayang tadi pagi gak sempet ambil fotonya. Cari resep lagi aaaah😀

12 Responses to “Rendang ala BunDit”

  1. hmm lagi seru serunya rajin masak yah bun…:)
    tfs bun resepnya..kapan kapan saya praktikan…soale kalo rendang saya nyerah biasanya bumbu beli aja di Uni padang dipasar hehehe..tinggal ngomong untuk daging berapa..terus udah masukin deh kemasakan jadi…atau beli jadi rendang di warung padang..hehehe ini melihat bunda meracik bumbu sendiri jadi pingin juga nieh bikin , nyontek resep nya yah bun..
    eh bunda mau pamer aku dah ada Hp pribadi dan whatapp juga..hehehe nanti dirumah mau add bunda ah…hehehe…biar kalo bunda telp nggak lewat hp ayah kinan…*kayak kejadian kemarin..hehehe *walah OOT ini namanya

    Iya nih ma, semenjak teh Dela resign, saya yang masak deh, tapi efeknya jadi bagus, saya rajin masak hehehe. Oh ya, meski saya gagap dapur, tapi saya ini kurang suka bumbu instan. Pernah beli di pasar yang bumbu sudah blenderan tinggal campur2 itu, rasanya juga kurang mantab. Sebenarnya saya ini penggemar bumbu ulek, tapi kalau yang diulek sudah macem2 kayak jahe, kunyit dll, saya nyerah deh…saya terpaksa ngeblender. Kalau nyambel saya masih ngulek sih. Iya ma… add whatsapp saya ya..🙂

  2. Yos Beda said

    mampir blog sini, langsung laper saya, padahal baru aja makan siang..

    Hehehe padahal cuma lihat gambarnya ya mas😀

  3. Lidya said

    top deh bundit bikin rendang sendiri. kalau aku bikin sendiri juga sih bun tapi bumbunya beli dari orang padang hehehe

    Saya pengalaman beli bumbu uni padang bat masak gulai ikan dulu, rasanya tidak sesuai yang saya bayangkan hehe

  4. Fety said

    Semangaat, Bundit🙂

    Thanks mbak🙂

  5. Evi said

    Glek,penampakannya saja sdh manggil2 selera makan Mbak. PAdang benar kelihatan rendangnya 🙂

    Ah yang benar bu…jadi GR nih😀

  6. waw..keren nih BunDit rajin masak…..

    Hihihi sebenarnya malu, setua ini baru mulai menyukai masak😀

  7. Aku kalo masak rendang pake bumbu-nya Bamboe aja, bund…hihihhi…

    Hehehe gak papa juga ya ma, kalau kepepet bisa jadi saya juga pake😀

  8. vera said

    waaahhh jadi laper huhuhuhu….kayaknya enak tuh

    Kata suami sih enak ma hehehe

  9. […] Rendang ala BunDit […]

  10. Elsa said

    karena pake gula jawa, jadinya rendang khas jawa ya Bund…

  11. […] selain rendang daging, resep andalan Bunda ya kwetiau goreng Yi Jian ini. Maksudnya Bunda sudah sangat pede buat […]

  12. […] Rendang daging+kacang merah/kentang bulet […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: