Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Akhirnya Ketemu Thiwul Dkk

Posted by BunDit on October 25, 2011

Aah…lama gak nulis nih. Lagi banyak yang dipikirin. Opo hubungane? hehehe

Sekarang mau nulis yang ringan2 aja, hihi kayak isi blog ini serius ajah😀. Hmm..mau nulis tentang belanja mingguan nih. Awalnya untk masak sehari-hari, Bunda/Teh Dela beli di tukang sayur keliling. Tapi lama-lama kok makin mahal aja nih harganya. Kayak bawang merah/bawang putih, udah harganya mahal dapetnya sakiprit, belum 2 hari udah habis. Makanya beberapa bulan terakhir ini (udah setengah tahun lebih ding), Bunda selalu menyempatkan diri belanja mingguan ke pasar tradisional. Biasanya ya diantar Ayahnya Dita naik mobil bareng sama Dita. Cuma…karena Ayah setiap sabtu pagi kuliah, hanya hari Minggu sempetnya. Sayangnya kadang hari Minggu pun Ayahnya Dita kerja atau kami mau pergi, jadi gimana doong?

Kayak kemarin minggu, karena berencana mau jalan ke Mega Mall, pagi2 Bunda harus ke pasar dulu, sebelum Dita bangun. Kalau Dita sudah bangun bisa minta ikut. Jadi Bunda meluncur ke pasar sendirian, naik beat. Biasanya kalau sama Ayah dan Dita sampai pasar jam 9 atau 10 gitu, jadi sayur-sayur sudah gak lengkap. Kalau pagi-pagi lebih enak euy, sayuran lengkap dan masih bisa milih yang bagus-bagus.

Biasanya Bunda beli ikan dulu. Yang paling favorit adalah ikan mas. Ikan mas yang dijual masih hidup jadi ditanggung seger lah. Kadang selang seling beli udang dan cumi. Habis itu beli daging sapi. Kalau daging ayam bisa dikatakan jarang beli, soalnya Ayahnya Dita gak begitu suka daging ayam. Tempat jual ikan dan daging ini ya begitulah…becek dan banyak lalat. Tapi seru aja tuh😀

Habis dari sana beli sayur-sayuran kayak daun katuk, daun ubi, kangkung atau bayam. Ada penjual khusus dedaunan ini, jadi demen banget milihnya. Baru dilanjut ke tempat langganan, beli bawang merah, bawang putih, cabe (merah besar,hijau besar,rawit), timun, tomat, kentang, wortel, labu siem kecil2, oyong, daun bawang sledri, brokoli, paket sop-sop-an/sayur asem/sayur lodeh,bumbu dapur…itu biasanya yang rutin Bunda beli.

Naaah kemarin mata Bunda tertumbuk pada jajanan pasar yang menjual thiwul, cenil, getuk, ketan item, sawut, gatot, lupis. Waaaa…mata Bunda langsung ijo. Perasaan setiap lewat situ gak ada, sekarang kok ada ya. Ah mungkin kemarin2 karena ke pasarnya siang jadi udah kehabisan. Langsung deh Bunda belin 5rb campur!. Kenapa cuma beli segitu? Ayahnya Dita dipastikan gak suka, jadi sedikit aja🙂

Dan hari itu belanjaan Bunda banyak banget. Sampai space cantelan di motor habis. Untung pake motor matic, jadi posisi kaki agak terganggu pun motor tinggal nge-gas, gak perlu masuk2 gigi dan ngerem kaki😀. Soal bawa2 barang seabreg pake motor Bunda mah udah biasa. Maklum dulu sering nemenin ibu ke pasar kulakan macem2, jadi bawa barang pake motor ditaruh di depan sampai tinggi sedagupun…hayooo. Hehehhe tapi jangan ditiru ya…bahaya atuh naik motor ala pemain akrobat gitu. Tapi Bunda juga bawa motornya pelan2 dan jarak dekat kok😀

Sesampai di rumah disambut Dita yang sudah bangun tidur tapi belum mandi. “Bunda dari pasar yaaa…. kok gak ajak Ditaaa…” Hehehehe

Setelah bersih-bersih kaki dan tangan (belum mandi sih hihi), langsung menikmati jajanan pasar nan ngangeni. Langsung ingat BunDit kecil yang demen makan beginian :

Rasanya puaaas banget kalau belanja di pasar. Selain lebih bisa saving uang belanja karena jatuhnya lebih murah, bisa untuk wisata kuliner di pagi hari juga😀

33 Responses to “Akhirnya Ketemu Thiwul Dkk”

  1. enak ya bun pakai beatnya Mbak Dita..hihihi….muat banyak buat belanjaan.. iya nih kl di tukang sayur keliling jatuhnya lebih mahal..mungkin karena delivery langsung kali ya…..

  2. Mama Kinan said

    hmm bunda dita membuatku menelan ludah karena pingin, dah lama nggak makan tiwul..
    kalo aku jadwal wajib isi kulkas hari sabtu atau minggu juga bun, selalunya kepasar kalo ditukang sayur dan warung disini mahal dapatnya dikit..mending kepasar..untuk keperluan seminggu dari sayur, lauk pauk dan tetek bengeknya..aktifitas ibu rumah tangga..biasanya juga sendirian pagi pagi banget biar kinana nggak ikut dan nggak rewel…

  3. waaahh samaaa .. aku juga suka thiwul .. tapi dah jarang nemuin yg dagang nih😦

  4. hilsya said

    wess..dulu aku malah blas ga kenal tiwul.. di sukabumi ga ada
    baru tau waktu ibu mertua beli di pasar

  5. waah,, tiwul makanan favorit saya bun…😀
    enak nikmat lezaaattt

  6. Bundiiit…
    Aku kangen makan cenil, lopis, dkk juga.
    Kalo di pasar deket rumah Ibuku, apa aja ada. Beli 2000-3000 udah dapet. Di deket rumah malah belon nemu. Aku suka lho jajanan begini.

  7. Ummi Nabil said

    memang lebih enak belanja di pasar tradisional bun. lebih hemat. tapi kalo keseringan ke pasar jadi pemborosan juga😀

  8. Estika Badry said

    Saya klo jalan_jalan pagi k alkid jg pasti beli lupis dkk di sblh wetan. Klo favoritny anin cethil.

  9. monda said

    bun, kalau sampai kerjaan terlalu pagi, saya juga main ke pasar depan, nyari jajan pasar buat sarapan, paling suka ongol2

  10. vera said

    iya jajanan pasar kayak gitu emang selalu ngangenin ya. di galaxi sini klo sore ada sih yg jualan lupis, cenil, pake gerobak. nah klo di mirama malah suka lengkap jajanan pasarnya, buka dr jam 6 pagi.

  11. IP said

    sama bunn, aku juga paling demen ngoprek pasar tradisional. blanja sekaliyan hunting jajanan. pulangnya tapi nek becak *gag bisa nyetir motor*. jajanan tradisional emang gag ada matinya.

    makin ngampung, makin cintaaa🙂

    baru-baru coba buwat cucur ndiri ajeh gatot bun. maaak, naseb gag bisa nemu cucur😦

  12. rina said

    tiwul makanan jadul tapi nyundul… halllah opo thoo… pokoke enak ya mbak…

  13. bundaaaa…. aku ngileeeerrr ngeliatnya.. biasanya dulu setiap mamaku kepasar suka di beliin ini.. tp sekrg udh susah nyarinya😦

  14. hha, btul2..
    jdi ngiler niih😀
    wkwkwkw
    knjungi balik yah!

  15. Bener banget, bun, kalo belanja bahan makanan secara mingguan di pasar tuh jatohnya lebih murah dibanding belanja sama tukang sayur keliling, selain itu lebih puas juga karena pilihannya lebih banyak, dan becek-beceknya itu emberr bikin nambah seruuu😀

  16. fety said

    jadi kangen yogya karena hampir di minggu pagi beli getuk di pasar tradisionaldkt kos😦

  17. Lidya said

    suamiku juga suka beli bun kalau pas sabtu-minggu ke pasar kaget,dsini harganya 2rb per bungkus gitu, tapi boleh pilih biasanya aku gak suka yang hitam

  18. Orin said

    Belanja ke pasar tradisional memang punya keasyikan tersendiri ya Bun, walopun becek, kotor, dan kadang bau hehehehe.
    Kalo jajanan pasar, yg ngangenin buat saya awug, ga pernah nemu di sini😦

  19. Asop said

    Waaaah, thiwul dan bubur madura, itu makanan yang biasa saya makan dulu waktu masih di Surabaya.😳

  20. Mama Kinan said

    Happy Ied Mubarok untuk bunda dita sekeluarga, selamat idul Adha semoga semangat dan hikmah hari raya qurban selalu ada dihati kita ..dan semoga allah memberikan kita kesehatan dan umur panjang sehingga bisa bertemu dengan hari raya idul qurban tahun depan *amien..insyallah..

  21. salam kenal..Bunda
    pengalaman saya sama Bunda kalo sedang belanja di pasar…..habis belanja sayuran terus nyari jajanan yg aneh-aneh…

  22. entik said

    aih, disana juga ada tiwul to jeng?? serasa belanja di pasar jogja aja..

  23. riliarully said

    langsung ngiler liat thiwul, cenil dkk..jajan pasar gt emang ngangenin ya bun jd keinget dl dkt rumahku sini ada 2 ribu sebungkus tp skr jarang ngeliat..
    bsk deh aku hunting lg biar ngga ngiler😀

  24. […] Bunda Dita […]

  25. aq kangen jajanan pasar (T___T)
    di makassar susah nyari jajanan kaya gini *mewek*

  26. iya bun, uda lama nih gak makan tiwul.. jd kangen tenan..

  27. Bunda dita lagi sibuk yah?? ok selamat beraktifitas yah bun..jangan lupa ada PR di blog saya..monggo di tengok dan dikerjakan..sesempatnya aja bun🙂
    salam buat kak dita🙂

    Ah…iya mam😦. Ada PR ya?? Ok nanti saya cek ya mam. Kiss juga buat Kinan dari Dita🙂

  28. wahhh..jadi kangen ama jajanan pasar..

  29. Hi BunDit, maap neh baru main dimari lagi. Maklum lah punya buntut 2 serasa atraksi sirkus tiap hari🙂

    Waaaahhhh jadi kangen juga pengen makan tiwul. jangan harap disini ada yang begituan. Ekye mo bikin juga mualeeezzzz *eh alasan utamanya karna ga tau resepnya seh :-)*

    Salam chayank buat Ka Dita dari Double Zee

  30. mamaray said

    Di depan perumahan Duta Indah – Jati Makmur juga ada Bundit, tapi ga ada thiwul-nya… lumayanlah buat tombo kangen…🙂

  31. Baby Dija said

    dija belom pernah makan tiwul dkk Bunda…

    tapi kalo ke pasar, Dija pernah loh

  32. Elsa said

    wah itu sih makanan kesukaanku juga Mbak…
    rasanya kangeeeen ya kalo lama gak makan tiwul dkk

  33. […] pas belanja mingguan ke Pasar Family KHI, Bunda cari mie Yi Jian ini. Eh ada, harganya 4ribu, baik yang mie kecil maupun mie gepeng […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: