Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Archive for the ‘Bunda’ Category

Belajar Nyetir Mobil (2)

Posted by BunDit on February 5, 2017

Lanjutan dari Belajar Nyetir Mobil (1)

____________________________

Setelah 5 bulan berselang, saya sudah mulai percaya diri menyetir. Sudah bolak-balik rumah-KHI dengan didampingi suami. Dan awal bulan Januari 2016, dengan diantar suami saya ke Polres Kota Bekasi untuk mengurus SIM A. Ikut prosedur? Tidak, saya nembak. Kenapa? Ya…karena…emm karena…..begitulah :D. Silakan kalau ada yang mau protes hehe. Yang jelas pembuatan SIM A saya hanya memakan waktu tidak lebih dari 1 jam. Meskipun nembak SIM, dalam hati saya berjanji akan menjadi pengguna jalan yang baik dan patuh :-). Buat saya jika mengurus SIM secara resmi, pastinya jauh lebih baik. Siap-siap untuk mengorbankan waktu dan tenaga, yang tidak cukup sehari.

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Cerita Seru Bunda | 10 Comments »

Belajar Nyetir Mobil (1)

Posted by BunDit on February 5, 2017

Tulisan ini hanya untuk mendokumentasikan proses belajar nyetir mobil. Tidak bermaksud sok apalagi pamer. Lagian apa sih yang dipamerin. mobilnya juga mobil sejuta umat kok :D. Kalau mobilnya Ferrari, baru deh saya niat pamer hihi.

———————————————————————————————

bunda-nyetir-1

Menyetir mobil bagi sebagian orang adalah hal yang biasa. Apalagi bagi yang sedari kecil terbiasa dengan benda bernama mobil karena orang tuanya telah memilikinya. Dan itu tidak berlaku bagi saya. Dari saya dalam kandungan sampai bekerja pun orang tua saya tidak mampu membeli mobil. Saya yang saat itu bekerja dan berpenghasilanpun tidak terbersit keinginan untuk membeli mobil. Alasannya ya karena belum bisa menyetir dan saat itu masih gadis serta tinggal di kos-kosan yang memiliki lahan parkir mobil yang terbatas. Lagian karena masih sendirian saya merasa naik angkutan umum atau naik taksi lebih praktis.

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Cerita Seru Bunda | 4 Comments »

Umroh 2015 #Day1 – Perjalanan Jakarta – Jeddah – Mekkah

Posted by BunDit on May 7, 2015

Senin, 19 Januari 2015

Karena berubahnya jam berkumpul di Soeta, dari jam 11 siang menjadi jam 8 pagi, maka Bunda dan Ibu berencana berangkat dari rumah selepas sholat subuh. Kebayang hari Senin, pasti jalanan macet berat. Pas senin pagi-pagi kok ya pas gas habis, jadinya tidak bisa masak air buat mandi ibu. Terpaksa ibu mandi pakai air dingin.

Sekitar jam 05.00 pagi, Bunda dan Ibu meluncur ke Bandara SoeTa diantar ayah. Dita dan mbak Atik melepas kepergian kami. Dita sengaja gak ikut karena hari itu harus ke sekolah dan Bunda merasa Dita tidak harus mengantar Bunda sampai Bandara. Rasanya berat juga meninggalkan Dita. Tapi Bunda berkeyakinan Insya Allah Dita will be fine selama Bunda umroh 🙂

Jalanan sangat lancar karena masih pagi. Namun di tengah jalan, perut ibu gak enak dan pengin ke WC. Sepertinya ibu masuk angin karena mandi dengan air dingin. Maklum ibu sudah berusia 67 tahun, jadi suka masuk angin kalau mandi dengan air dingin. Makanya kita mampir ke toilet umum dulu menjelang masuk ke bandara Soeta. Setelah ibu sudah enakan kami lanjut menuju Bandara, Alhamdulillah sampai Bandara sekitar jam 6 pagi, cepat banget ya. Kami langsung cari kedai yang sudah buka untuk minum yang anget-anget, supaya badan ibu enakan. Alhamdulillah, setelah makan soto ayam, minum teh hangat dan minum obat, badan ibu lumayan enak.

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Cerita Seru Bunda | Tagged: | 6 Comments »

Umroh 2015 – Itinerary Umroh 9 Hari

Posted by BunDit on April 22, 2015

Berikut itenerary umroh yang Bunda dapatkan dari travel. Bunda baca berulang-ulang selama di rumah, biar bisa membayangkan bagaimana nanti situasi selama umroh, karena terus terang Bunda masih blank.

***

Hari 01 : Jakarta – Dubai – Jeddah (19-20 Januari 2015)

Berkumpul di Bandara Internasional Cengkareng Soekarno Hatta Terminal 2D pul 13:00 WIB untuk memulai perjalanan ke Dubai dengan Pesawat Emirates EK 357 G pukul 17.45 WIB sore, tiba di Dubai pukul 23:15 LT, Pindah gate untukmemulai perjalanan menuju Jeddah menggunakan pesawat Emirates EK 380 G pukul 01:40 LT, tiba di Jeddah pukul 03:40 LT. Langsung menuju Madinah menggunakan bus. Tiba di Madinah jama’ah langsung menuju hotel untuk Check In Hotel, selanjutnya acara bebas.

Hari 02 : Madinah (21 Januari 2015)

Acara bebeas, memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi

Read the rest of this entry »

Posted in Cerita Seru Bunda | Tagged: | 3 Comments »

Umroh 2015 – Miqot

Posted by BunDit on April 17, 2015

Sebelum meneruskan cerita Umroh, Bunda mau memaparkan beberapa bagian dari perjalanan umroh karena akan terkait dengan tulisan selanjutnya.

Dalam ibadah haji/umroh ada istilah Miqot. Miqot adalah tempat dimana para jamaah haji/umroh harus sudah mulai berihram dan melafalkan niat haji/umroh.

Miqot ada 5 :

  • Yalamlam
  • Qarnul Manazil
  • Dzat Irq
  • Dzul Hulaifah
  • Juhfa

** Untuk jama’ah haji reguler/umroh asal Indonesia, miqot nya mengikuti ketentuan sbb :

Gelombang I

Jama’ah haji/umroh langsung menuju Madinah. Dengan demikian miqotnya adalah Dzul Hulaifah (Bir Ali).

Gelombang II

Jama’ah haji/umroh langsung menuju Mekkah. Dengan demikian miqotnya adalah Yalamlam atau Qarnul Manazil (di atas pesawat)

** Untuk jama’ah haji plus (non-reguler), mengikuti program travel masing-masing.

Banyak jama’ah haji/umroh yang berangkat lewat laut atau udara mengakhirkan ihram sampai di Jeddah. Ini keliru, karena Jeddah telah melewati miqot dan hanya berlaku sebagai miqot bagi penduduk Jeddah. Barangsiapa terlanjur hendaklah kembali ke miqot. Atau jika tidak, ia harus membayar dam (denda).

Namun Kementrian Agama RI berpendapat bahwa Bandara Jeddah bisa dijadikan miqot bagi Jama’ah haji/umroh Indonesia, hal ini berdasarakan :

  1. Keputusan komisi fatwa MUI tahun 1980 yang dikukuhkan tahun 1981.
  2. Pendapat Ibu Hajar pengarang Kitab “Tuhfah” memfatwakan bahwa jama’ah haji/umroh yang datang dari arah Yaman boleh memulai ihram setelah tiba di Jeddah karena jarak Jeddah-Mekah sama dengan jarak Yalamlam-Mekkah. An-Naswyili Mufti Mekah dan lain-lain sepakat dengan Ibnu Hajar.
  3. Mazhab Hanafi dan Maliki berpendapat : bagi jama’ah haji yang melewati 2 miqot dapat memulai ihramnya dari miqot yang kedua tanpa membayar dam. Dan kenyataannya jama’ah haji Indonesia melalui 2 miqot/2 garis miqot yaitu Yalamlam dan Jeddah.
  4. Fatwa Mahkamah Syar’iyah negara Qatar tentang Jeddah sebagai miqot.
  5. Keputusan PBNU tahun 1994, Jeddah sebagai miqot dengan alasan bahwa pesawat haji/umroh Indonesia tidak menuju ke Mekah tapi membelok ke kiri dan ke kanan menuju Bandara KAA (King Abdul Aziz) Jeddah.
  6. Kemaslahatan jama’ah Indonesia untuk menghindari masyaqqoh/kesulitan.

Namun semuanya kembali pada diri masing-masing dalam menyikapi perbedaan pandangan mengenai miqot gelombang II. Dengan niat yang tulus semata mencari ridho Allah semoga mengantarkan kita menjadi calon haji/umroh yang mabrur. Amin.

sumber : daftarhajiumroh.com

Posted in Cerita Seru Bunda, Dita | Tagged: | 4 Comments »

Umroh 2015 #0(3) – Persiapan Mental-Fisik & Pengajian

Posted by BunDit on March 13, 2015

Yang terakhir ini persiapan yang paling penting yaitu persiapan mental dan fisik. Karena ibadah umroh ini ibadah yang sangat didambakan sebagian besar umat muslim, jadi mental dan fisik harus disiapkan sungguh-sungguh.

Persiapan mental dan fisik yang Bunda lakukan adalah :

  1. Karena baru pertama kali akan melaksanakan umroh, mengharuskan Bunda banyak baca mengenai prosesi umroh. Saat mengetahui Bunda mau umroh, teman kantor dan mas Agus tanpa diminta langsung membelikan buku panduan umroh. Jadi Bunda bisa baca-baca untuk mempersiapkan mental pas di hari H nanti, setidaknya tidak blank lah.
  2. Untuk menguatkan mental lagi Bunda juga senantiasa terus berdo’a kepada Allah SWT untuk memohon kelancaran dan keselamatan saat perjalanan dan ibadah umroh di tanah suci.
  3. Soal kekhawatiran meninggalkan Dita, buah hati Bunda, karena Bunda berangkatnya sama Ibu saja, Bunda tidak begitu melow lah karena ada Ayahnya Dita. Namun tetap saja namanya ninggalin anak, pasti berat lah. Beberapa bulan sebelum hari H keberangkatan, Bunda selalu bilang ke Dita kalau Bunda mau umroh bareng YangTi selama 9 hari. Jadi Dita harus baik-baik sama Ayah dan mbak Atik. Karena Dita sudah cukup besar (6y7m) jadi lebih mudah ngerti. Rasa khawatir ini perlu dihilangkan supaya kita lebih bisa khusyu’ menjalankan ibadah umroh. Bunda juga memberitahu missnya Dita di sekolah, jika ada apa-apa yang harus disiapkan terkait urusan sekolah Dita, miss bisa menghubungi Ayahnya Dita. Karena Bunda sengaja tidak mengaktifkan paket data selama menjalankan ibadah umroh ini sehingga Bunda off dari semua aplikasi WA, BBM dll. Bunda di sana hanya perlu menelpon/sms Dita dan Ayahnya Dita, tidak penting soal update status. Hal ini Bunda lakukan untuk menjaga kekhusyu’an beribadah.
  4. Untuk persiapan fisik, ya harus menjaga asupan makanan dan olahraga. Karena ibadah umroh ini sangat menguraskan tenaga jadi fisik kita harus benar-benar fit.

Read the rest of this entry »

Posted in Cerita Seru Bunda | Tagged: | 3 Comments »

Umroh 2015 #0(2) – Persiapan Barang Keperluan Umroh

Posted by BunDit on March 12, 2015

Setelah persiapan dana dan administrasi, persiapan yang tak kalah penting adalah mempersiapkan barang keperluan untuk ibadah umroh ini. Terus terang pada awalnya Bunda tidak kebayang sama sekali situasi nanti saat umroh seperti apa. Akhirnya ya googling lah untuk mencari tahu barang apa yang harus dibawa. Akhirnya dari beberapa sumber, Bunda rangkum di postingan ini.

Berikut daftar barang untuk keperluan umroh :

Read the rest of this entry »

Posted in Cerita Seru Bunda | Tagged: | 2 Comments »

Umroh 2015 #0(1) – Niat Umroh-Persiapan Dana & Administrasi

Posted by BunDit on March 4, 2015

Ya Ampyuuun, rasanya sudah bertahun-tahun blog tak disentuh. Terakhir posting Nov 2014, tuuuh sudah ganti tahun belum ada tulisan. Alasannya? Seperti biasa lah, alasan klasik hehehe. Bahan tulisan banyak….bukan banyak lagi… buanyak bangetssss… tapi atas nama kesibukan kemalasan, jadi ceritanya hanya mengendap di kepala, tak tertuang dalam tulisan :-(. Hmmm… untuk membangkitkan semangat ngeblog lagi, Bunda mau cerita tentang awal tahun 2015 yang Bunda buka dengan ibadah umroh bersama ibu tercinta.

Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Cerita Seru Bunda | 10 Comments »

Colorfull Fruits for Breakfast

Posted by BunDit on September 16, 2014

Hampir 1,5 tahun belakangan ini, setiap ketemu orang, baik yang sudah sering ketemu maupun yang jarang ketemu, Bunda selalu dibilang kurusan. Kalau kurusan kok kesannya banyak pikiran terus kurusan ya, eh ternyata ada pula yang bilang Bunda langsing…ihiyyy kalau yang ini bikin happy hehehe. Waktu pulkam ke Padangsidempuan kemarin, mama mertua dan adik iparpun bilang Bunda kurusan. Dan Ayah nimpali “Lha gimana gak kurus, sarapannya cuma buah mulu….”

Naah yang paling gres, kemarin Minggu (14/09/14) waktu kondangan pernikahan anak sepupu Bunda di Cibubur, Bunda ketemu ibu Jogja yang berangkat dari Bandung bersama dik Tantri sekeluarga. Ibu kaget melihat Bunda, katanya “Kowe kok kurus banget…. mikir opo to nduk… mbok mangan sing akeh ben awakmu rodo lemu…”. Bunda ketawa. Bunda bilang Bunda tidak mikirin apa-apa, makannya juga biasa tapi ya gak tahu kok badan segini-gini aja 🙂

Padahal Bunda tidak sedang diet ketat untuk menurunkan berat badan. Namun semenjak Bunda di rawat dulu, BB Bunda anteng di kisaran 54-55 kg. Dengan tinggi bunda yang “semampai” ini, ya berat segitu enak lah buat jalan. Pernah BB bunda mencapai rekor yaitu menembus kepala 6 alias 60kg, wah itu sudah berat banget. Entahlah apa yang bikin BB Bunda sekarang tak bergerak dari angka 54-55 itu. Yang jelas 1,5 th belakangan ini Bunda makan nasinya porsinya jauuuuh sekali berkurang dari biasanya. Sekarang banyak makan sayur dan lauknya. Perut berasa gak nyaman kalau makan nasi banyak-banyak. Tapi ya sesekali kalau ketemu lauk enak ya nambah nasi juga hehehe.

Dan setahun belakangan ini memang Bunda lebih sering sarapan buah. Awalnya terinspirasi dari @Erikarlebang dan sempat  beli bukunya yang berjudul “Food Combining itu Gampang”. Terus terang sih Bunda tidak mengikuti saklek juklak FC ala @Erikarlebang ini. Kalau makan nasi ya masih suka dicampur protein hewani (ikan, daging dll). Cuma sekarang nasinya cuma sedikit. Kadang kalau memang merasa perut sudah full ya Bunda makan sayur+lauknya saja, tanpa nasi.  Pokoknya seenaknya Bunda aja dan jelas-jelas gak sesuai juklah lah hehehe. Sekarang sih lagi mau merutinkan makan raw food. Sekarang raw food yang bisa kemakan cuma tauge, selada, daun poh-pohan, kol dan itupun belum mampu makan banyak. Kalau kacang panjang  mentah ya kudu dalam bentuk karedok 😀

Naah kalau breakfast, Bunda memang sering bawa buah potong dari rumah. Sebelum dimakan, buahnya difoto dulu terus dijadiin PP BBM deh hehehe.

BF-by-Fruit-web Read the rest of this entry »

Posted in Bunda, Makanan | 7 Comments »

@Ibas’s Birthday Party & Kopdar with Mama Lidya

Posted by BunDit on September 2, 2014

Minggu kemarin Dita mendapat 2 undangan ulangtahun, pertama dari teman sekelasnya, Ibas yang dirayakan barengan dengan ultah Faliq, adiknya di Fun World, Mal Metropolitan (MM) Bekasi dan undangan kedua dari anaknya teman kantor Bunda bernama Gibran yang dirayakan di KFC Kelapa Gading. Karena hari dan tanggalnya sama persis, akhirnya harus pilih salah satu. Dita memilih ke ultah Ibas karena pasti di sana banyak teman sebaya. Sedangkan anak teman Bunda itu merayakan ultahnya yang ke-1, kata Dita… “Iiiih masih kecil banget” 😀

Karena mau ke MM, jadi Bunda terpikir untuk ketemuan sama Mama Lidya, siapa tahu Mama Lidya ada acara di sana juga. Bunda kirimlah bbm ke mama Lidya. Mama Lidya yang ternyata saat itu sedang bersantai menikmati kuliner khas Sulawesi di Festival Kuliner Serpong 2014 menjawab bbm Bunda kalau besok mama Lidya di jam yang sama mengantar Pascal ke Mega Mall untuk lomba robotic. MM dan Mega Mall  letaknya berseberangan dan Mama Lidya bersedia nyebrang buat ketemuan sama Bunda.

Sekitar jam 10 lebih, Ayah mengantar Bunda dan Dita ke MM. Karena siangnya ayah harus kerja, Ayah cuma bisa ngedrop di depan MM. Sebelum menuju ke Fun World di lantai 3, Bunda mampir beli kaos kaki buat Dita dulu karena Bunda lupa bawa kaos kaki untuk main Dita di Playgroundnya nanti. Lagian memang rencana mau beliin kaos kaki lagi buat Dita biar bisa ganti setiap hari. Setelah dapet 3 kaos kaki, Bunda langsung meluncur naik lift ke lantai 3.

Dita bergabung dengan teman-temannya, Bunda bbm mama Lidya kalau Bunda sudah nyampai. Sambil menunggu mama Lidya, Bunda ikut menikmati pesta ultah Ibas dan Faliq.

This slideshow requires JavaScript.

Read the rest of this entry »

Posted in Bermain, Dita, Kopdar | Tagged: | 4 Comments »