Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Sayur Tauco Medan “Meriah” ala BunDit

Posted by BunDit on February 22, 2013

Lagi bisa nulis….lanjuttttt posting soal masakan lagiiii…. hehehe

Ayah sangat menyukai sayur tauco karena ya itulah masakan yang sering dimasak mamanya semasa kecil di Padang Sidempuan. Kalau Ibu Jogja malah gak pernah masak sayur ini. Bunda kenal sayur tauco saat ngekos di Rawamangun, karena ibu kos yang asal Padang, sukaa banget masak sayur tauco. Dulu kan Bunda ikut makan ama ibu kos, bukan gratis tapi mbayar lho hehehe, kalau pas ibu kos masak sayur tauco Bunda gak pernah nyentuh tuh, karena di lidah Bunda rasanya aneh aja.

Saat sudah menikah dengan Ayah, Ayah pernah masak sayur tauco ini waktu masih pengantin baru dan kami masih ngontrak di Rawamangun. Waktu Bunda cicip, lhoo kok enak ya? Atau karena yang masak ayah ya hehehe. Waktu sudah pindah ke rumah Bekasi pun, Ayah pernah masak sayur tauco lagi, Bunda malah belum pernah mencoba😀

Nah minggu kemarin, lagi-lagi Bunda googling resep sayur tauco. Kali ini Bunda pengin masak sayur tauco yang gak pake santan. Nemu deh resep disini yang sepertinya ok untuk dicoba. Awalnya agak tercengang juga, bahannya pake bunga kecombrang dan belimbing wuluh segala. Kayak jadi excited gitu hehehe. Maklum belum pernah masak pake yang “aneh-aneh” begitu. Pas di pasar ternyata gak nemu bunga kecombrang ini, yo wis, skip deh. Padahal katanya bunga kecombrang ini bikin masakan jadi wangi.

Karena lihat cara masaknya gak ribet2 amat, Bunda pede buat masak di hari kerja. Kalau resep yang belum yakin, Bunda memilih uji coba di hari libur😀

Akhirnya Selasa pagi (19/02/2013), Bunda mulai mencoba memasak sayur tauco medan ini. Dari resep asli, resep ala Bunda berbeda sedikit bahannya dan seperti biasa takaran bumbu nya pun sedikit dimodifikasi🙂

Bahan :

  • 1 ikat kacang panjang, potong-potong
  • 1/4 papan tempe, potong dadu, goreng setengah matang
  • 2 buah tahu putih, potong dadu, goreng setengah matang
  • 2 sdm teri medan, goreng setengah matang
  • 10 biji tekokak
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 buah cabe hijau, iris tipis serong
  • 3 buah cabe merah, iris tipis serong
  • 4 buah belimbing sayur, belah 2 memanjang
  • 3 sendok makan tauco
  • 1/2 papan pete, belah 2
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Bumbu dapur :

  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang sereh, memarkan
  • 2 ruas jahe, memarkan
  • 2 lembar daun salam

Cara Membuat  :

  1. Gongseng bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, salam, jahe, dan pete sampai layu dan harum baunya.
  2. Tambahkan irisan cabe hijau dan cabe merah dan belimbing sayur. Aduk sampai layu.
  3. Masukkan tauco, aduk sampai matang .
  4. Masukkan kacang panjang, teri, tahu dan tempe serta tekokak. Aduk.
  5. Tuang air, masukkan garam dan gula pasir. Masak sampai bumbu meresap.

Dan hasilnya? Ayah bilang, sayur tauconya sangat meriah. Bunda juga gak mengira akan semeriah itu hehehe. Rasanya sih menurut Ayah enak, Ayah makan sampai nambah deh makannya. Alhamdulillah🙂

tauco-meriah-web

Cumaaa… ada masukan dari Ayah :

  • Tempe dan tahunya harusnya sedikit saja, justru kacang panjangnya yang dibanyakin. Karena rasa tauco itu justru khas kalau kena sayuran.
  • Belimbih wuluhnya sebaiknya sedikit aja, dan dipotong kecil2. Kemarin itu 4 buah belimbing wuluh cukup membuat asamnya terlalu keras😀

Siap bos, masukannya diterima hehe. Next... Bunda pengin bikin sayur tauco dengan sayurnya berupa terong kecil2 panjang itu, kalau kata google namanya terong telunjuk. Kalau sudah pernah mencoba, jadi makin pede masak deh. Memang semua hal selalu ada yang namanya “saat pertama” ya. Next project pengin bikin pempek nih, dipanas2 in temen kantor, katanya bikin pempek itu gampang.  Agak ragu2 bikin masakan Palembang nih, soalnya pernah bikin tekwan… gatot alias gagal total hehehe. Masakan baru di posting kalau suksesss😀

9 Responses to “Sayur Tauco Medan “Meriah” ala BunDit”

  1. Makin pinter masak nih kayaknya Bundit…kalo saya pake bumbu-bumbu lengkap gitu masih belum berani nyoba hehehe, selama ini pasrah aja dimasakin sama mama hihihihi aslinya males…

  2. Oh ya Bun, tanya tekokak itu apa ya? gak pernah denger soalnya…makasih😀

  3. tauco??? jadi penasaran…. saya gak pernah makan tauco kayaknya…

  4. BunDit said

    tauco itu biji kedelai yang difermentasi mbak. Tauco punya rasa yang khas🙂

  5. wah beneran saya gak kenal makanan ini …. kapan2 saya tak cari tauco

  6. BunDit said

    Tekokak atau kl org sumatera blg rimbang. Sy taunya juga dr suami hehe. Bentuknya bulet ijo kecil2 gitu ma. Googling deh pasti nemu🙂

  7. sy malah gak tau tekokak itu yg kayak apa..

  8. dian sigit said

    baru tau bumbu tekokak, pasti sedap ya masakan bundit😀

  9. […] Sayur tauco, isinya ganti2 : terong kelingking, buncis, kacang panjang, labu. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: