Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Sayur Tauco ala Ayahnya Dita

Posted by BunDit on May 31, 2010

Duuuh senengnya Bunda kalau tanggal merah pas hari Jum’at, jadinya kan long weekend deh. Jadinya bisa lebih lama untel-untelan sama Dita. Kebetulan teh Dela pamit mau acara pengajian meninggalnya mantan pacarnya dan sekalian ziarah, jadinya long weekend kemarin (28-30 Mei) bener2 cuma ber-3 di rumah, tanpa ART.

Hari Jum’at Bunda hanya masak untuk Dita. Menunya yang simpel aja, sup krim jagung. Untuk Ayah Bunda sendiri, beli gado-gado saja. Bunda lagi enggan masak. Jadi seharian acaranya maiiiin aja sama Dita. Hari Sabtu, surprise deh. Pagi-pagi Ayahnya Dita bilang “Say, ntar belanja ya. Aku mau masak nih”. Hihihi dengan semangat 45, Bunda belanja di tukang sayur membeli semua yang diperlukan Ayahnya Dita buat masak😀. Hari itu Ayahnya mau masak menu favoritnya yaitu sayur tauco.

Kalau Ayahnya Dita masak sayur tauco ini jadi inget masa-masa masih di kontrakan selepas menikah dulu. Waktu itu pagi-pagi Bunda sudah belanja ke pasar Rawamangun karena suami bilang mau masak. Awalnya Bunda agak ilfil juga saat tahu suami mau masak Tauco, soalnya Bunda paling gak doyan sayur yang dicampur tauco. Tapi waktu itu namanya juga pengantin baru, Bunda oke-in aja deh. Dan tarraaaaa… ternyata sayur Tauco bikinan suami, uenak tenaaaan. Setelah mengenal sayur tauco ala suami, sampai sekarang Bunda jadi doyan banget tauco. Bagi orang Sumatera, tauco ini kayaknya gak asing lagi ya. Soalnya dulu ibu Jogja gak pernah masak pakai tauco sih.

Mau tahu resep sayur tauco ala Ayahnya Dita ini gak? Bikinnya mudah kok. Sstt.. Bunda udah diajarin cara masaknya sama Ayahnya Dita lho😉

Bahan (maaf nih..ukurannya pakai ilmu kira2😀 )

  • 1/2 papan tempe.
  • 3 biji tahu putih  ukuran sedang
  • 200 gr buncis
  • 200 gr bunga kol (kemarin diskip krn gak ada)
  • 1 genggam melinjo
  • 5 butir telur puyuh (sisa punya Dita)
  • 2 papan pete (kemarin diskip krn gak ada)
  • 2 sdm teri medan (kemarin diskip krn gak ada)
  • 2 sdm tauco
  • 1/4 butir kelapa parut
  • 1 butir tomat
  • 1 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 100 gr/5 cabe hijau besar
  • Minyang goreng secukupnya

Cara membuat :

  • Tahu dan tempe dipotong dadu kemudian goreng setangah matang, sisihkan.
  • Peras kelapa menjadi santan dengan air matang, sisihkan.
  • Buncis, kembang kol dan pete dicuci dan di potong-potong, sisihkan.
  • Bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai hijau diiris tipis. Gongseng dengan minyak goreng sampai wangi.
  • Masukkan tauco, teri medan dan pete. Aduk.
  • Masukkan semua bahan : tahu, tempe, buncis, kembang kol, melinjo. Aduk sampai rata.
  • Masukkan santan.
  • Tunggu sampai matang. Angkat dan sajikan hangat-hangat.

Hihihi gampang kan? Kalau Ayahnya Dita gak ditambah garam. Kata Ayahnya Dita lebih top lagi kalau ditambah udang kering. Jika Bunda yang masak Bunda tambahin garam dan gula pasir sedikit (maklum orang Jawa). Kadang2 Bunda tambahin daun salam biar tambah sedep.

Ini dia penampakan Sayur Tauco ala Ayahnya Dita…yummy (gayanya sok Farah Quinn) :

Hehehe seneng juga kalau punya suami mau masak😀 . Sebagai temen makan sayur tauco ini adalah tempe goreng yang dibumbui bawang putih plus garam. Sedap, sedap, sedaaap (niru logat Ipin). Oh ya, liburan hari Minggunya Bunda tulis di next posting aja ya …

19 Responses to “Sayur Tauco ala Ayahnya Dita”

  1. yulia said

    mo mampir ah klo liburan k rmh bundit…nyobain sayur tauco nya..

    BunDit :
    Doyan sayur tauco juga mam?:-)

  2. Lidya said

    bener nih bun untel2an sama dita aja hehehe. jago masak yah ayah nya Dita

    BunDit :
    Hahaha… untel2 an satunya lagi off the record dong😉 . Tidak bermaksud rasis, tapi beberapa cowok yang saya kenal, kalau co Sumatera biasanya bisa dan mau masak🙂

  3. seneng banget punya suami yg bisa masak ya BunDit.
    bisa gantian, kalau kita lagi males atau gak mood.
    mau coba juga akh masak sayur tauco ala ayahnya Dita, kayaknya gampang🙂🙂
    apalagi aku gak suka ayam dan daging, ini bisa jadi menu pilihan lainnya.
    terimakasih ya BunDit krn telah berbagi.
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

    BunDit :
    Suami juga gak suka ayam. Lebih suka sayur2 an. Sama-sama Bun, silakan resepnya dicoba🙂

  4. elly.s said

    waaa…..jealouuss..
    si Ayah kita gak mo masaaaak…tapi kalo ngepel paling rajin..secara gk tahan kakinya lengket qiqiqiqi..

    BunDit :
    Hehehe plus nya suami kan beda2 bu🙂

  5. Huaaa…ijin contek ya, Bun.
    Aku kebetulan suka-suka aja sih sama tauco.
    *ngeces*

    BunDit :
    Silakan mom. Cuma resep sederhana kok🙂

  6. Adi said

    Waw, jadi ngiler ne😀 enyak2 ehehe

    BunDit :
    Hehehe resep gampang dan murah meriah kok🙂

  7. Susi said

    Resepnya enak, bun. Nyontek, ya? Aku ga pernah sekalipun ngerasain oncom.😀
    Btw, lam kenal, ya dari Susi – Mamanya Destin dan binbin Susindra

    BunDit :
    Maksudnya tauco mam? Tauco dan oncom beda, walaupun sama2 pengolahannya dengan fermentasi ya. Silakan dicoba mam, enak lho🙂

  8. Hihihi, toss ah Bund kita sama2 dianugerahi laki yang pandai masak.

    Pokonya tar kalo Zahia main ke rumah Ka Dita jangan lupa yah dimasakkin sayur tauco ala chef Ayah Yunan🙂

    BunDit :
    Hihihi toss juga mam. Kalau Ayahnya Zahia suka masak apa nih?🙂

  9. Motik said

    Aku juga suka banget sama tauco bund🙂
    Paling sering tauconya buat soto krn dr kecil memang ortu kl bikin soto yg ala tegal pake tauco. Tapi buat tumisan kl dipakein tauco aja jd enak menurutku. Kpnt cb resep ayahnya dita ah🙂

    BunDit :
    Wah…soto pakai tauco? Baru tau nih. Diposting resepnya dong mam🙂

  10. ke2nai said

    wah ayahnya Dita rajin masak nih.. Kalo ayahnya Ke2Nai juga pinter masak, tp skrg udah mulai males turun ke Dapur kayaknya. Wkwkkwk…

    BunDit :
    Hahaha semangat masak kan bisa luntur juga. Ayahnya Dita juga jarang kok. Makanya kemarin surprise🙂

  11. putilaksmi said

    kayaknya enak deh bund… seneng juga yaa? kalo suami pinter masak.. *biarpun kadang bumbu nya terasa aneh* tapi jadi nya enak juga.. 🙂🙂

    BuNDit :
    Hihihi bagaimanapun rasa masakannya, kalau suami mau masak tetep aja dianggap enak2 aja hahaha

  12. wah ayah dita jagi masak juga ya? jadi pengen nyicip sayur taoco-nya nih…
    kalau si bapakna ikhsan ga begitu jago masak. Paling pol cuma goreng tempe ajah hihihi…

    BuNDit :
    Masaknya kadang aja kok jeng. Lumayan lah jeng masih mau goreng tempe hehehe

  13. Hmmmm….penampakannya memang yummy!!! Sayur tauco memang sedap!!

    Bund, ternyata suami kita bkn cm sama2 orang Batak aja yah, tapi sama2 seneng dan jago masak juga, hi hi… Tau gak sih, suami ku jauuuuhhhhh lebih pinter masak daripada istrinya tercinta ini, xixixixi…

    BunDit :
    Hehehe beneeer. Awal menikah saya pernah bikin nasgor gatot alias gagal total. Suami enak2 aja bikinnya hahaha😀

  14. udah pasti yummy.. aku suka masakan seperti ini
    khas melayu🙂

    BunDit :
    Hehehe iya Bundo, masakan khas melayu emang uenak. Kalau dulu saya sempat dipertanyakan oleh ibu kos saya yang orang padang, saya ini sebenarnya Jawa beneran gak? Soalnya saya lebih menikmati masakan Sumatera daripada Jawa yang manis2 itu. Tapi sejatinya saya suka dua2 nya…hahaha dasar doyan makan🙂

  15. Desy noer said

    Eh trnyata beda ya tauco ma oncom! Aku kira sama. Hehe..Seneng ya punya suami bs dan mau masak. Kalo ayahnya zaheer senengnya msk nasgor spesial, yg super gampang2 aja😀

    BunDit :
    Hihihi suami mau turun ke dapur aja udah seneng ya mam🙂

  16. adit said

    emang bapak nya orang mana suku apa????

    BunDit :
    Ayahnya Dita asal Tapanuli Selatan marga Nasution🙂

  17. […] balado, pokoknya yang tumis2 dan rebus2. Jarang banget masak yang bersantan, kecuali sesekali masak sayur tauco seperti yang pernah di masak Ayahnya Dita […]

  18. […] sayur tauco dan sambal pete, Ayah tiba-tiba pengin masak gulai salai. Pagi-pagi, 24 Januari 2013, pas tanggal […]

  19. […] Atau karena yang masak ayah ya hehehe. Waktu sudah pindah ke rumah Bekasi pun, Ayah pernah masak sayur tauco lagi, Bunda malah belum pernah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: