Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

[Resep] Oseng Tempe Mie “Montor Mabur”

Posted by BunDit on February 6, 2014

Hari ini pas lagi puasa (ngeganti puasa Ramadhan tahun kemarin karena sakit), eh malah pengin posting resep masakan hehe. Resep ini sangatttttt sederhana tapi gak papa ya diposting, siapa tahu walau sederhana tetap bisa jadi inspirasi *halah😉

Ceritanya setiap kali pulkam ke ARITA, ibu selalu tak pernah ketinggalan masakin oseng tempe mie. Walau cara masak dan bahannya sederhana tapi rasanya itu lho, bikin pengin nambah nasi mulu😀. Pas Bunda mengutarakan mau mencobanya nanti sesampai Bekasi, ibu bilang “mie nya pakai mie montor mabur aja, pasti enak”. Maka saat balik liburan ke Jogja bulan Desember 2013 kemarin (ceritanya belum sempet diposting nih), ibu membawakan 6 bungkus mie kering cap montor mabur. Sebenarnya judul Mie nya itu “Sari Rasa”. tapi karena gambarnya pesawat terbang, orang Jogja suka bilang mie Montor Mabur, dari bahasa jawa yang artinya pesawat terbang hehehe. Dan mie ini kayaknya cuma dijual di Jogja deh, tapi gak tahu juga ding, siapa tahu ada yang pernah menemukan di daerah lain.

Naah, pas long weekend kemarin, Bunda coba masak Oseng Tempe Mie ini.

Oseng-Tempe-Mie-Web

Bahan :

  • 45 gr (separo bungkus) Mie Cap Montor Mabur , rebus sebentar, tiriskan
  • 75 gr Tempe (ini ukurannya ngarang, pokoknya kalau beli 3 ribu, nah itu separonya :D), potong dadu
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 10 buah cabe hijau keriting, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • gula jawa secukupnya
  • kecap manis secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe hijau sampai harum
  2. Masukkan daun salam dan lengkuas
  3. Masukan tempe, campur rata
  4. Masukkan air agak banyak sampai tempe terendam
  5. Masukkan gula jawa, garam dan kecap manis
  6. Tunggu sampai bumbu meresap di tempe dan air tinggal sedikit
  7. Masukkan mie
  8. Aduk rata sampai air habis
  9. Angkat dan sajikan

Tuuuh sederhana banget kaaan, tapi jadinya uenak deh😀. Silakan dicoba, lumayan buat nambahin daftar masakan mingguan🙂

6 Responses to “[Resep] Oseng Tempe Mie “Montor Mabur””

  1. IndKur said

    Kalo pake mie biasa, bukan mie montor mabur, rasanya tetep sama kah, Bun ?
    Ato rasa khasnya dipengaruhi sama mie nya juga ?

    Hehehehe yaaa paling rasanya beti alias beda tipis mam. Bagimanapun kan bahan mempengaruhi rasa, menurut saya sih hehehe. Nanti kalau stock mie montor maburnya habis, saya terpaksa pakai mie yang lain juga🙂

  2. wah mie goreng dirumah saya favorit banget bun…hampir setiap weekend entah sabtu atau minggu sarapannya saya bikinkan mie goreng..tapi mie nya cap kuda menjangan coba nanti browsing mie montor mabur siapa tahu sampai bintan hehehe🙂
    tfs bun..jadi pingin nyoba yang pake tempe ini…

  3. wah yang sederhana itu memang justru yg enak BunDit

  4. Lidya said

    montor mabur hehehe nama resepnya lucu bunm tapi rasanya enak pastinya ya

  5. Vera said

    Mie itu kesukaannya alisha. Kapan2 tak coba resepnya. Tfs

  6. Laila Qureshi said

    Jadi laper mbayangin. Pulang jogja aku cobain ah resepnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: