Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Archive for the ‘MPASI’ Category

Serba-serbi MPASI Beku

Posted by BunDit on June 17, 2010

Dulu waktu mulai MPASI Dita 6 bulan, Bunda tidak pernah membekukan makanan. Semuanya dimasak ngedadak oleh Teh Euis (ART sebelum Teh Dela) saat Bunda ngantor.  Paling banter, membuat puree buah di pagi hari dan menyimpannya dalam kulkas untk dikonsumsi Dita pada hari itu juga. Setelah Dita menginjak umur 7 bulan dan mulai boleh menikmati kaldu, Bunda mulai membekukan kaldu untuk konsumsi seminggu. Sampai sekarang (usia Dita mendekati 2 tahun), Bunda masih suka membekukan daging sapi/daging ayam/ikan/udang demi kepraktisan membuat makanan untuk Dita sehari-hari. Walau kadang Dita ikut makanan Ayah Bundanya 🙂

Nah, karena banyak pertanyaan seputar membekukan makanan, khususnya buat ibu2 bekerja yang mungkin hanya punya sedikit waktu buat memasak, Bunda mencoba merangkum beberapa hal yang penting seputar membekukan makanan. Rangkuman ini juga untuk dokumentasi buat Bunda pribadi. Siapa tahu nanti punya bayi lagi hihihi 😉

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in Dita, MPASI | Tagged: | 13 Comments »

Dita-Ayah&Bunda vs Dita-Teh Dela

Posted by BunDit on December 3, 2009

Curhat time! .

Sebenarnya curhatan ini sudah pengin Bunda sampaikan sejak dulu. Tepatnya semenjak Dita sudah mengenal MPASI yaitu usia 6 bulan. Sekarang curhatan makin pengin dikeluarin setelah Dita mulai gesit dan super duper aktif 🙂

Sebagai ibu bekerja, secara otomatis Bunda memiliki keterbatasan waktu untuk selalu melakukan hal-hal menyenangkan dengan Dita, seperti hal kecil ini : menyuapi Dita!. Dulu saat mau mulai MPASI awal ketika Dita 6 bulan, saking penginnya Bunda menjadi orang yang pertama menyuapi Dita dengan mamam solidnya, Bunda memajukan 4 hari waktunya pas hari libur karena kalau mau saklek, usia Dita PAS 6 bulan jatuh hari Kamis (Bunda ngantor). Rasanya bahagiaaa sekali bisa menyuapi anak sendiri. Setelahnya ya hanya hari libur saja Bunda bisa merasakan nikmat menyuapi ini. Hari-hari kerja otomatis Teh Euis/Teh Dela lah yang mengambil perannya.

Foto ini saat MPASI pertama Dita (14/12/2008). Pertama kali Bunda yang nyuapin sih. Cuma untuk keperluan foto, saat itu Teh Euis yang menyuapi selanjutnya 😀 .

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in MPASI | Tagged: | 13 Comments »

Managemen MPASI Dita saat bepergian

Posted by BunDit on November 16, 2009

Sebenarnya Bunda kurang pede nih cerita soal satu ini. Lha wong kami jarang bepergian kok nggaya nulis dengan judul yang sok keren 😀 . Tapi karena tadi siang ada komen yang menanyakan soal ini, daripada Bunda response panjang lebar di box komen, lebih baik dijadikan sebuah tulisan. Ya…setidaknya berbagi pengalaman saja 🙂

Seperti Bunda singgung di awal tulisan, Ayah Bunda memang jarang bepergian dengan mengajak Dita. Ayah Bundanya Dita ini emang termasuk orang rumahan –baca : malas keluar rumah kalau gak penting-penting banget-. Dulu saat masih gadis, Bunda ini seneeeng banget nge-mall bareng temen2 kos. Tapi setelah ada Dita, Sabtu Minggu ya lebih sering di rumah aja main dengan Dita. Namun, beberapa kali pasti pernah lah keluar rumah, ke rumah saudara, ke rumah sakit buat imunisasi. Kalau ke mall ya cuma beberapa kali lah. Yang paling  jauh, ya mudik lebaran kemarin, ke Padang Sidempuan nun jauh di sana hehehe 😀

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in MPASI | Tagged: , , | 14 Comments »

Seputar MPASI Dita Setelah 1 Tahun

Posted by BunDit on November 4, 2009

Uuuuh..lama gak posting. Sudah ada ide tapi terbentur masalah klasik yang namanya kesibukan. Ya sibuk dengan pekerjaan di kantor, ketiban sampur project dari temen yang resign, disuruh mempersiapkan tema buat project ke-2 Six Sigma, sampai rumah penginnya main aja sama Dita, salah satu kegiatan yang bisa me-recharge energi. Jadi maaf buat temen-temen nih, belum sempet blog walking kemana-mana. Kadang menyisihkan waktu aja buat menjawab komen blog. Menulis inipun menyempatkan diri saat istirahat di kantor, buat menuangkan ide yang muntup-muntup gak sabar pengin dikeluarkan dari kepala supaya menjadi sebuah tulisan 🙂

Tulisan ini hanya untuk sharing mengenai MPASI setelah 1 tahun. Kalau dulu Bunda rutin mengupdate MPASI Dita dari 6 bulan – 11 bulan, sampai ke detil makanannya yang disertai tabel-tabel, sekarang Bunda mau cerita saja MPASI Dita selepas 1 tahun usianya.

Sebelumnya Bunda mau cerita nih soal jadwal makan Dita. Secara garis besar Dita makan bubur/outmeal 1x, nasi 2x sehari, buah 1x, ASIP 2x, susu UHT sesukanya, cemilan (roti, kue, agar2, yogurt dll) sesukanya. Sedangkan detilnya begini :

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in MPASI | Tagged: | 18 Comments »

Dita Ulang Bulan 13 & MPASI 12 bulan

Posted by BunDit on July 22, 2009

18 Juni 2008 – 18 Juli 2009

Bulan ini posting UlBul Dita telat nih, biasanya pas tgl 18 langsung jebret, di posting. Kemarin itu nunggu download foto Dita, karena kamera digitalnya masih dibawa Ayahnya Dita, Bang Owen dan Opung buat jalan-jalan  keliling Jakarta.

Alhamdulillah, usia Dita bertambah 1 bulan dari hari ulang tahun nya bulan kemarin. Apa saja perkembangan anak Bunda di usia nya yang ke 13 bulan ini ya :

  • Alhamdulillah, masih minum ASI. Saking sukanya minum ASI, ogah dikasih susu lain, termasuk UHT (yang ini Bunda sudah curhat duluan)
  • Belum bisa jalan sendiri 😦 .Tapi kalau digandeng pakai 1 tangan, sekarang sudah makin pede. Kalau diajak jalan keliling kompleks, sudah bisa dorong strollernya sendiri. Nah kalau di dalam rumah, kursi makan yang jadi obyek untuk didorong. Kadang tanpa di sadari, Dita berdiri tanpa pegangan sambil tepuk tangan. Cepet jalan ya sayang 🙂
  • Jumlah gigi baru 5, atas 3, bawah 2.
  • Makin susah di larang, kalau di larang langsung ngamuk. Khas nya Dita kalau marah, badannya berlagak kayak orang geregetan gitu.
  • Benda kecil yang ditemukan di lantai (remah kue, potongan kertas) suka banget dijumput trus di-hap! Aduuuh, bikin Ayah Bunda ketar-ketir. Dan pernah ngejahilin Ayah Bundanya dengan kesukaannya ini. Tiba-tiba tangannya menjumput sesuatu trus di emplok. Dan prosesnya sangat cepat. Padahal Bunda yakin gak ada apa di depannya. Pas Bunda tanya “Ayoo..buka mulut sayang. Tadi mamam apa?”. Ditanya gitu Dita malah senyam-senyum trus mulutnya dikunci rapat. Sampai Bunda paksa buka mulutnya, tetap aja mingkem dengan masih senyam-senyum. Ealah naaak, udah pinter jahil ya 😀
  • [Baca SeLeNGKaPNYa…]

Posted in MPASI, Ulang Bulan&Tahun | Tagged: , | 16 Comments »

“Bunda, I don’t like UHT”

Posted by BunDit on July 3, 2009

Ah, lama gak posting nih. Kangen nulis. Makanya postingan sekarang, Bunda mau curhat saja. Siapa tahu ada sharing dari Bunda yang lain.

Jadi critanya pas Dita sudah memasuki usia 1 tahun, Bunda lega dan senang bukan kepalang, terutama kaitannya dengan kebutuhan ASI nya. Karena selama setahun itu kan Dita benar-benar hanya minum ASI untuk susunya. Nah, setelah usia 1 tahun, anak sudah boleh minum susu sapi. Yang sangat direkomendasikan adalah susu UHT, bukan susu formula. Kenapa susu UHT? Bukan susu sapi bubuk atau bahkan susu formula? Alasannya silakan baca sendiri di sini ya Kenapa UHT?.

Trus kenapa Bunda lega dan senang bukan kepalang begitu? Karena pas di usia Dita 1 tahun, stock ASIP Dita tinggal 5 botol. Karena sudah boleh mengkonsumsi UHT, Bunda berharap semoga susu UHT ini bisa jadi alternatif kalau terjadi hal paling jelek misal stock zero atau Bunda pergi dengan menginap dan stock ASIP di rumah tidak mencukupi selama Bunda tinggal.

[BaCa SeLeNGKaPnYa…]

Posted in MPASI | 22 Comments »

Manajemen MPASI Dita 9-11 bulan

Posted by BunDit on June 26, 2009

Tidak seperti di MPASI 6-8 bulan yang dimulai dengan “kesibukan” mencari informasi yang berkaitan dengan MPASI, untuk MPASI 9-11 bulan ini Bunda tinggal menyusun menu dengan memperkenalkan jenis makanan baru sesuai usia Dita.

Untuk sumber protein hewani Bunda masih “bertahan” dengan memberikan Dita selang-seling antara daging ayam, hati ayam, daging sapi dan ikan. Berdasarkan referensi, mulai usia 9 bulan anak boleh diperkenalkan dengan ikan. Ikan yang pernah dicecap Dita adalah ikan salmon, tuna dan kakap. Bunda belum berani memberikan lauk jenis “seafood” lain misalnya udang. Alasannya, Bunda mempunyai riwayat alergi udang jadinya masih menunda untuk memberikannya ke Dita. Rencananya sih mau memberikannya setelah Dita 1 tahun, tapi setelah baca yang ini http://www.wholesomebabyfood.com/introducingfishtobaby.htm, sepertinya Bunda tunda sampai Dita 3 tahun deh. Kasihan juga kalau ternyata Dita juga alergi dengan udang trus tubuhnya gatal-gatal setelah memakannya.

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in MPASI | Tagged: , | 18 Comments »

MPASI Dita 11 bulan

Posted by BunDit on June 25, 2009

Yuhuiii, sampai nih di MPASI bulan terakhir di tahun pertama Dita. Tidak banyak yang berbeda dengan MPASI Dita sebulan yang lalu. Hanya ada beberapa makanan baru yang Bunda perkenalkan ke Dita :

Karbohidrat :

  • Tepung Kedelai

Lauk pauk :

  • Ikan Kakap

Buah-buahan :

  • Jambu air
  • Sawo

[Baca SeLeNGKaPNya…]

Posted in MPASI | Tagged: | 3 Comments »

MPASI Dita 10 bulan

Posted by BunDit on May 19, 2009

Wuah, rasanya waktu berjalan cepat. Ujug-ujug sudah saatnya membuat laporan mengenai MPASI Dita sebulan ke belakang saat usianya 10 bulan. Ada beberapa perkembangan yang menggembirakan di usia MPASI kali ini. Apa saja perkembangannya :

  • Kemampuan mengunyahnya sudah semakin baik. Sudah mulai bisa makan nasi yang lembek. Masaknya sih masih seperti biasa, nasi dimasak lagi pakai air. Tapi sekarang waktu memasaknya tidak selama sebelumnya. Jadi nasinya benar-benar sudah mulai kasar. Sayuran dan lauk yang dicampurin pun sudah tidak digerus pake sendok, tapi sudah dipotongin kecil2. Kalau makan agar-agar pun, dipotongin setengah dadu gitu, di-hap, langsung dikunyah. Untuk buah, seperti apel atau pear gak pernah dikukus dulu, langsung diblender aja. Kalau semangka kadang sudah langsung diberikan bentuk potongan, soalnya teksturnya lembut.
  • Sudah mulai makan besar 3x sehari. Sebenarnya Bunda merencanakan menambah frekuensi makan Dita di usia 9 bulan. Namun dikarenakan saat itu lagi hobi GTM, jadinya Bunda tunda. Nah, untuk mengawalinya, di minggu ke-3 MPASI 10 bulan, Bunda menambah frekuensi cemilannya dulu. Kemudian pas di minggu terakhir MPASI kemarin, pas Dita lagi lahap-lahapnya makan dan di tambah pas dengan jadwal lauk kesukaan yaitu hati ayam, makanya Bunda langsung menaikkan frekuensi makannya. Yang sebelumnya pagi : bubur dan sore : nasi, sekarang ditambah siang : nasi. Alhamdulillah penambahan frekuensi makan ini diterima Dita dengan lapang dada 😀

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in MPASI | Tagged: | 15 Comments »

MPASI Dita 9 Bulan

Posted by BunDit on April 27, 2009

Posting MPASI Dita kali ini telat nih. Biasanya habis posting UlBul langsung posting MPASI, tapi berhubung ada “kesibukan” sedikit, jadinya baru hari ini bisa publish.

Alhamdulillah, MPASI Dita di usianya yang 9 bulan terlewati. Sayang, di akhir2 minggu Dita sempat rada GTM (halah..istilahnya mbingungi). Maksudnya bukan gak mau makan sama sekali, tapi dikiiit banget makannya, paling2 cuma 5 suap 😦 .Jadinya minum ASIP nya yang makin banyak. Bunda sudah ketar-ketir nih, stock ASIP menipis (ada 9 botol). Ayooo semangat, 2 bulan lagi Dita setahun.

OK, kembali ke soal MPASI. Di MPASI 9 bulan ini, nasi tim Dita sudah tidak disaring lagi. Buat nasi timnya bukan dari beras dimasak trus dikukus soalnya lama euy, tapi dari nasi di tambahin air trus dimasak lagi sampai lembek, awalnya masih dipenyet-penyet pakai sendok, tapi pas 2 minggu terakhir sudah langsung dimakan.

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in MPASI | Tagged: , | 34 Comments »