Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Umroh 2015 – Itinerary Umroh 9 Hari

Posted by BunDit on April 22, 2015

Berikut itenerary umroh yang Bunda dapatkan dari travel. Bunda baca berulang-ulang selama di rumah, biar bisa membayangkan bagaimana nanti situasi selama umroh, karena terus terang Bunda masih blank.

***

Hari 01 : Jakarta – Dubai – Jeddah (19-20 Januari 2015)

Berkumpul di Bandara Internasional Cengkareng Soekarno Hatta Terminal 2D pul 13:00 WIB untuk memulai perjalanan ke Dubai dengan Pesawat Emirates EK 357 G pukul 17.45 WIB sore, tiba di Dubai pukul 23:15 LT, Pindah gate untukmemulai perjalanan menuju Jeddah menggunakan pesawat Emirates EK 380 G pukul 01:40 LT, tiba di Jeddah pukul 03:40 LT. Langsung menuju Madinah menggunakan bus. Tiba di Madinah jama’ah langsung menuju hotel untuk Check In Hotel, selanjutnya acara bebas.

Hari 02 : Madinah (21 Januari 2015)

Acara bebeas, memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi

Hari 03 : Madinah (22 Januari 2015)

Melaksanakan kegitan sholah Subuh di Masjid Nabawi. Setelah sarapan pagi acara dilanjutkan ziarah di sekitar kota Madinah antara lain makam Rasulullah SAW, Khalifah Abu Bakar RA, Khalifah Umar bin Khatab RA dan Khalifah Usman bin Affan RA, Masjid Quba yang merupakan masjid Islam pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, Masjid Qiblatain yang merupakan masjid 2 qiblat serta ke Gunung Uhud. Selanjutkan anda akan dibawa ke pasar kurma sambil berpeluang membeli kurma.

Hari 04 : Madinah – Mekkah (23 Januari 2015)

Sholat subuh di Masjid Nabawi, setelah itu acara bebas. Dilanjut dengan sholat Dzuhur jama’ taqdim dengan Ashar di masjid Nabawi. sebelum sholat Dhuhur diwajibkan mandi sunnat Ihram dan berganti baju ohram. Setelah sholat dzuhur, makan siang di hotel terus bersiap-siap check out dari hotel untuk menuju Mekkah dengan menggunakan bus. Di perjalanan sianggah di Bier Aly, langsung berwudhu dan melakukan sholat sunat Ihram 2 raka’at dan berniat umroh bersama-sama. Dengan menggunakan pakaian ihram berangkat menuju Mekkah Al Mukaromah dan selama perjalanan di sunnatkan untuk memperbanyak membaca Talbiah. Tiba di Mekkah check in Hotel dengan bimbingan Muthawif, jamaah melaksanakan umroh bersama (Thawaf, Sa’i dan Tahalul)

 Hari 05 : Mekkah (24 Januari 2015)

Acara bebas, memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.

Hari 06-07 : Mekkah (25-26 Januari 2015)

Shalat Subuh di Masjidil Haram. Setelah sarapan pagi kemudian disarankan mandi sunat ihram bagi jama’ah perempuan di Hotel dan jama’ah laki-laki sebaiknya di Masjif Ja’ronah. Dilanjutkan acara ziarah ke tempat-tempat suci di kota mekah seperti Jabal Tsur, Padang Arafah, Namirah, Mudzalifah dan Mina serta Ja’ronah sebagai tempat Miqot untuk melaksanakan ibadah umroh ke-2 dengan bimbingan Muthawif.

Hari 08 : Mekkah – Jeddah – Jakarta (27 Januari 2015)

Setelah sarapan pagi dilanjutkan dengan Tawaf Wada’, acara bebas. Sholat Dhuhur dan Sholat Ashar di Jama’ Taqdim di Hotel. Setelah selesai makan siang, jama’ah bersiap-soap untuk check out dari Hotel dan kemudian jama’ah berangkat menuju Jeddah. Tiba di Jeddah, diajak city tour di sekitar kota Jeddah antara lain masjid Terapung di Laut Merah sekaligus makan malam disana. Sholat maghrib dijama’ taqdim dengan sholat isya’, lanjut ke Ballad salah satu tempat belanja di Jeddah. Lalu jama;ah diantar ke Bandara untuk melanjutkan perjalanan pulang via Dubai siang hari dengan pesawat emirates EK 806 G pukul 11.05 LT. Tiba di Dubai pukul 14.40 LT lalu pindah gate untuk melanjutkan perjalan ke Jakarta dengan pesawat Emirates EK 368 G Pukul 19.05 LT. Tiba di Jakarta pukul 06.15 WIB.

Umroh Selesai.

* Program acara sewaktu-waktu dapat berubah disesuaikan dengan situasi & kondisi di Arab Saudi.

***

Dengan membaca Itinerary umroh itu setidaknya ada bayangan bagaimana proses umroh nantinya. Itinerary ini sangat membantu. Namun… apakah perjalanan umroh yang Bunda jalankan kemarin sesuai dengan itenerary diatas? Atau melenceng sedikit? Atau melenceng banyak?. Salah semua, yang benar urutannya berubah total…. ya TOTAL. Kok bisa? Ya bisa dong, apa sih rencana manusia yang tidak bisa berubah? Di situlah kadang Bunda merasa sedih #eh… kita diuji kesabarannya🙂

Uji kesabaran dimulai dengan diterima nya sms ke HP ibu pada hari Sabtu malam yang dikirim oleh bu Jujuk (teman ibu di Jogja) yang bertindak selaku co-coordinator. Isi sms nya mengabarkan bahwa jam berkumpul di Bandara SoeTa yang seharusnya hari Senin, 19 Januari 2015  jam 1 siang, diajukan menjadi jam 8 pagi. Sempat punya dugaan yang enggak-enggak karena H-2 kok masih ada perubahan mendadak seperti itu. Tapi Bunda dan ibu positif thinking saja. Semoga semuanya berjalan dengan lancar🙂

 

3 Responses to “Umroh 2015 – Itinerary Umroh 9 Hari”

  1. Lidya said

    penasaran dengan cerita selanjutnya tentang perubahan total itin

    Hehehe alhamdulillah ada yang penasaran😀

  2. […] Umroh 2015 – Itinerary Umroh 9 Hari […]

  3. itienrary yang tertulis membantu untuk membayangkan perjalanan yang nanti akan ditempuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: