Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Archive for the ‘Imunisasi’ Category

Imunisasi Booster (Polio & DTP)

Posted by BunDit on September 23, 2013

Saat Dita memasuki usia 5 tahun, Bunda langsung mengecek lagi jadwal imunisasi Dita. Terakhir kali Dita imunisasi di usia 2y10m yaitu untuk imunisasi Hepatitis A yang ke-2. Setelah itu Bunda selalu mengingat bahwa usia 5 tahun ada imunisasi ulangan (booster). Dan di usia 5 tahun ini, Dita harus imunisasi Polio dan DTP yang ke 5, MMR (yang ke-2/terakhir) dan Tifoid (Ulangan tiap 3 tahun). Untuk MMR bisa dilakukan di usia 5-6 tahun.

Akhirnya tanggal 17 September 2013, di usianya 5y2m, Bunda bawa Dita ke RS. THB untuk imunisasi ulangan Polio dan DTP. Kebetulan ada DSA langganan sejak Dita bayi yaitu Dr. Tommy.  Awalnya mau sekalian simultan dengan Tifoid, tapi Bunda masih gak tega. Padahal lebih efektif kalau imunisasi simultan, tidak bolak balik.

Kemarin itu Dita tahunya hanya akan ditimbang berat badannya. Bunda sengaja gak bilang kalau mau disuntik, jadi anaknya nyantai saja. Saat disuruh tiduran, manut. Saat disuruh buka mulutnya untuk ditetesi vaksin Polio secara oral, Dita masih tenang. Naaah giliran dokternya pegang suntikan, Dita langsung meronta dan nangis. Untung proses menyuntiknya cepet jadi aman hehe.

Read the rest of this entry »

Advertisements

Posted in Dita, Imunisasi | Tagged: | 7 Comments »

Dita Periksa Telinga dan Imunisasi Hep-A

Posted by BunDit on October 5, 2010

Saat Dita umur 1 tahunan sebenarnya Bunda sudah punya rencana untuk membawa Dita ke dokter THT. Dita tidak punya masalah sih dengan ke-3 organ : Tenggorokan, Hidung dan Telinga. Tapi pengecekan rutin kan tidak ada salahnya, terutama untuk membersihkan telinganya. Tapi rencana tertunda terus. Setelah membaca postingan mamanya Raja dan mamanya Kyara, jadi makin berasa punya hutang harus segera membawa Dita ke THT. Apalagi setelah Dita dengan excitingnya bermain di pantai dan beberapa kali terjatuh sehingga telinganya sempat kemasukan air laut, Bunda jadi ingin makin menyegerakan rencana itu.

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in Dita, Imunisasi | Tagged: , | 10 Comments »

Imunisasi Dita Memasuki Usia 2 Tahun

Posted by BunDit on May 24, 2010

Setelah Ayah Bunda memutuskan Imunisasi Untuk Dita tidak hanya imunisasi wajib, tapi juga imunisasi yang dianjurkan, sebelum Dita memasuki usia 2 tahun, Dita telah diimunisasi anjuran : Hib, Influenza, Varicella dan MMR. Awalnya Bunda mau menjadwalkan imunisasi MMR setelah 2 tahun, tapi karena Dita sudah lancar banget ngomongnya, Bunda tak ragu2 untuk memberikannya sebelum 2 th, tepatnya 2 th kurang sebulan. Kabar bahwa imunisasi MMR penyebab anak authis memang banyak yang menyanggah, namun sebagai orangtua, Bunda memilih menunggu sampai anak sudah lancar berbicara baru deh mantap untuk diimunisasi MMR.

Oh ya menurut yang Bunda baca imunisasi MMR ini memberikan kekebalan terhadap serangan penyakit Mumps (gondongan/parotitis), Measles (campak), dan Rubella (campak Jerman). Terutama buat anak perempuan, vaksinasi MMR sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya rubela pada saat hamil. Sementara pada anak lelaki, nantinya vaksin MMR mencegah agar tak terserang rubela dan menulari sang istri yang mungkin sedang hamil. Penting diketahui, rubela dapat menyebabkan kecacatan pada janin.

MMR  diberikan 2 kali, yaitu pada usia 15 bulan dan 6 tahun. Jika belum mendapat imunisasi campak di usia 9 bulan, maka MMR dapat diberikan di usia 12 bulan, dan diulangi pada umur 6 tahun. Tapi karena Bunda menunggu Dita lancar bicara dulu, maka baru umur 23 bulan itu Dita mendapat imunisasi MMR. Nanti diulang di usia 6 tahun.

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in Dita, Imunisasi | Tagged: , | 18 Comments »

Imunisasi Untuk Dita

Posted by BunDit on February 10, 2010

Awalnya Bunda dan Ayahnya Dita berencana hanya memberikan imunisasi yang wajib plus 1 yang dianjurkan yaitu Hib saja untuk Dita. Ceritanya disini. Alasan Bunda waktu itu adalah hasil berdiskusi dengan Ayahnya Dita yaitu meminimalisasi masuknya “cairan asing” ke tubuh Dita. Jadi membiarkan tubuh Dita membentuk antibodi nya sendiri untuk melawan segala penyakit yang datang.

Dengan berjalannya waktu, Bunda mulai membaca-baca lagi informasi seputar imunisasi ini. Salah satunya dengan bergabung  di milist Sehat. Awalnya memang Bunda “terpengaruh” dengan beberapa teman yang bilang “orang dulu aja tidak diumunisasi sampai sekarang sehat-sehat saja, kenapa sekarang harus imunisasi macam2?” . Cuma setelah Bunda renungkan lagi, kalimat tsb jadi tidak logis. Orang-orang jaman dahulu tidak diimunisasi tapi sehat saja karena dulu bisa jadi belum marak berbagai penyakit. Lha sekarang, semakin “penuh” nya dunia, semakin ragamnya “perilaku” manusia, semakin banyak lah “tercipta” beragam penyakit. Jadi Bunda pikir, anak-anak yang lahir sekarang selain mengkonsumsi makanan sehat, perlu dilengkapi senjata berupa imunisasi untuk melawan penyakit. Seperti dipaparkan di milist. imunisasi tidak menjamin anak tidak terjangkit penyakit. namun misal terjangkit pun, Insya Allah akibatnya tidak begitu parah dibanding tidak diimunisasi. Ya lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

[Baca SeLeNGKaPNYa…]

Posted in Dita, Imunisasi | Tagged: , , , | 12 Comments »

Akhirnya Imunisasi BCG Dita “jadi”

Posted by BunDit on March 10, 2009

Bekas-BCG-WebSaat Dita berusia 1 minggu 1 hari, Dita telah mendapatkan imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Imunisasi ini bermanfaat untuk memberi kekebalan terhadap penyakit TB (Tuberkulosis). Setelah menyuntikkan vaksin BCG di paha kanan Dita, DSA nya bilang, kurang lebih setelah 2 bulan, akan muncul benjolan semacam bisul yang bernanah di bekas suntikan yang menunjukkan bahwa imunisasi BCG nya berhasil. Setelah 2 bulan berlalu, saya tidak menemukan benjolan di paha kanan Dita.

Waktu ke RS, saya tanya DSA nya, katanya harus di test Mantoux dulu untuk meyakinkan apakah TB nya positif atau negatif. Jika negatif, imunisasi BCG nya bisa diulang. Jika positif, akan ada tindakan yang lain. Saya tidak langsung mengiyakan, saya merasa harus mencari informasinya dulu. Di milist ASI for Baby ada yang share pengalamannya, kalau anaknya muncul benjolan itu setelah 4 bulan. Teman Ayahnya Dita pun cerita setelah 5 bulan, baru ada tanda itu di bekas suntikan imunisasi BCG anaknya.

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in Imunisasi | Tagged: , , , | 4 Comments »

Imunisasi Non-PPI, Perlukah?

Posted by BunDit on February 13, 2009

Mulai Dita lahir sampai usia 6 bulan, Dita telah mendapatkan beberapa imunisasi. Imunisasi PPI (Program Pengembangan Imunisasi) yang WAJIB :

  • BCG
  • Hepatitis B (1,2,3)
  • Polio (0,1,2,3)
  • DPT (1,2,3)

Dan untuk Non PPI-gak wajib tapi dianjurkan :

  • Hib (1,2,3)

Imunisasi wajib yang belum dilakukan adalah Campak saat Dita usia 9 bulan nanti.

Seminggu terakhir kepala saya berkecamuk mengenai perlunya imunisasi yang lain untuk Dita. Akhirnya saya mencari tahu, dari tetangga, temen, internet, perlukah Imunisasi Non-PPI ini, yaitu imunisasi yang tidak diwajibkan tapi dianjurkan (rekomendasi IDAI) yang terdiri dari :

  • HiB : mencekal kuman Haemophyllus Influenzae type b) yang menyerang selaput otak penyebab meningitis (radang selaput otak).
  • Tifoid : aktif mencekal demam tifoid alias penyakit tifus
  • Hepatitis A : untuk mencegah penyakit Hepatitis A
  • Varisela : memberi kekebalan thd penyakit cacar air (chicken pox)
  • Influenza : untuk mencegah penyakit influenza
  • MMR : untuk mencegah Mumps (gondongan/parotitis), Measles (campak) dan Rubella (campak Jerman).
  • Pnemokokus (PVC) : untuk mencegah IPD (Invasive Peumococcal Disease) yakni meningitis (radang selaput otak), bakteremia (infeksi darah) dan pnemonia (radang paru).

[BaCa SeLeNGKaPNYa…]

Posted in Imunisasi | Tagged: | 7 Comments »