Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Puding JaYam (Jagung Bayam)

Posted by BunDit on February 22, 2011

Mau posting perkembangan Dita di 2 tahun-8 bulan, 18 Feb kemarin, eh belum sempet-sempet punya waktu buat ngedit foto. Banyak foto yang mau ditampilin sih. Padahal udah tgl 22 nih😦. Jadi posting ini dulu, tulisan yang sudah ditulis lebih dari seminggu lalu, biar blog gak nganggur kelamaan🙂

———————————————————————————

Dari umur 8 bulan (usia aman untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrat), Dita sudah Bunda perkenalkan dengan bayam. Namun Dita selalu emoh. Bayam sudah dirajang kecil-kecil pun, Dita selalu menolaknya, sampai sekarang. Entah kenapa. Waktu itu belum kepikiran untuk “menyembunyikan” bayam ke dalam makanan kesukaannya. Karena kecuali bayam, Dita doyan sebagian besar sayuran seperti brokoli, buncis, wortel, kacang panjang, kol dll.

Nah, setelah Dita lepas 1 tahun, Dita makin menyukai yang namanya puding. Awalnya Bunda membuat puding jagung yang merupakan cemilan favorit suami. Ternyata Dita juga doyan. Baru sekarang setelah Dita berusia 2y7m, Bunda kepikiran untuk mencoba menambahkan bayam ke dalam puding jagung. Menurut informasi yang Bunda baca, bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A, B dan C) yang bagus untuk pencernakan dan berkhasiat untuk obat desentri.

Maka mulailah Bunda mencoba membuat puding Jagung untuk Ayahnya Dita dan puding JaYam alias Jagung Bayam untuk Dita. Sekali mendayung, 2 macam puding terlampaui🙂

Bahan-bahan :

  • 2 bungkus bubuk agar-agar warna putih
  • 3 buah jagung manis
  • 7 untai bayam merah
  • 50 ml santan
  • 200 gr gula jawa
  • 20 ml susu kental manis (encerkan menjadi 50 ml)
  • setengah sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

* Bunda sengaja memakai gula jawa untuk memunculkan cita rasa yang berbeda dan karena Ayahnya Dita tidak suka puding yang terlalu manis.

Cara membuat :

  • Setelah jagung dicuci bersih, pipil, diblender kemudian saring (kira-kira menjadi 2,5 gelas/250 ml). Sisihkan.
  • Bayam merah dicuci bersih, diblender kemudian disaring (kira-kira jadi 0,5 gelas/50 ml). Sisihkan.
  • Masak gula jawa sampai larut, saring (kira-kira menjadi 1 gelas/100 ml). Sisihkan.
  • Siapkan panci, larutkan agar-agar dengan 2 gelas (200 ml) air, kemudian masukkan jagung saring, gula jawa, susu kental, garam, daun daun pandan. Aduk supaya tercampur rata.
  • Masak hingga mendidih.
  • 2/3 bagian masukkan kedalam loyang/cetakan besar.
  • 1/3 bagian yang masih tersisa didalam panci dicampur dengan bayam merah saring. Didihkan lagi sebentar, kemudian masukkan kedalam cetakan lebih kecil
  • Tunggu hingga dingin.
  • Masukkan ke-2 cetakan kedalam kulkas sampai dingin.
  • Siap disantap🙂

Gambar puding saat masih di cetakan :

Gambar puding siap santap (maaf fotonya sederhana, harusnya ikut Food Photography Class dulu ya) :

Setelah jadi, puding jagung warnanya kuning, sedangkan puding JaYam warnanya agak kehijauan. Rasanya? Dua-duanya sama-sama lezat. Tidak ada rasa bayam di puding JaYam, jadi Dita suka banget.  Setiap kali disuapin dan suapan dimulut habis selalu bilang “Lagi Bun….”. Lama-lama karena gak sabar, Dita pengin makan sendiri🙂

Jadi, mari kita “sembunyikan” sayuran yang tidak disukai si kecil ke dalam makanan favoritnya. Cara yang paling mudah supaya anak mengkonsumsi sayuran. Dijamin zero rejected!

Selamat mencoba🙂

_______

Tulisan ini pernah di publish di The Urban Mama :

19 Responses to “Puding JaYam (Jagung Bayam)”

  1. Yummy….sama nieh kayak kinan bun, sukanya puding, hampir setiap hari harus selalu ada pudding, untuk antisipasi kalo cemilan cemilan yang lain nggak mau, kalo saya tak sempat bikinin pasti Uti-nya yang bikinin. Ayahnya kinan juga bilang untuk mengakali supaya banyak sayur atau buah yang dikonsumsi, dicampurkanlah dalam pudingnya..hasilnya emang OK, banyak maunya daripada enggaknya…:)..btw untuk bayam blom dicoba nieh bun, karena emang kinan juga tak begitu suka bayam…nanti coba bikin ah..
    thanks sharingnya bun..dicatet neh..:)

    Sama2 mam🙂

  2. wah kreatif bundit! bener ih, pasti bayamnya gak kerasa secara ada rasa manis gula jawa dan jagung, ditambah santen pulak. boleh buat contekan nih:)

    Silakan mam. Insya Allah Zikra juga suka🙂

  3. hmmm yummy (farah quinn’s style)…pasti tambah sehat nih Dita🙂 musti bisa mengakali si kecil ya Bun🙂

    Bener mom🙂

  4. lidya said

    ide nya oke juga bun, aku punya kabocha nih pascal ga suka mau dibikin puding saja ah. thanks idenya bun.

    Ah jadi nyadar, lama gak beli kabocha. DUlu belinya pas awal2 MPASI Dita. Pasti yummy juga puding kabocha🙂

  5. Kreatif nih Bundit… Teknik nyembunyiin sayuran di balik makanan anak memang selalu berhasil ya Bund..saya pernah nonton di TV show apa gitu, ada koki cewek bule yang kreatif banget bikin pizza sama muffin yang rasanya uenak tenan padahal isinya bayam dan brokoli, sampe anak2 yang gak doyan makan sayur jadi ketagihan sama cemilan sehat bikinannya😀

    Hehehe kalau saya bikin yang mudah2 aja, maklum skill masak sangat minim😀

  6. wah patut dicoba nih menunya… kalo aku biasanya sembunyiin sayuran di macaroni schotel yang emang favorit shishil banget bun, malah ga cuma 1 macam sayuran, kadang bisa smp 3 macam, hehehe…
    kadang segala jenis sayur bisa diterima shishil tanpa harus disembunyiin bun, tapi kalo emoh sayurnya lagi kumat, musti putar otak dulu nih bundanya, hehehe

    Wah Shishil hebat ya, semua sayuran suka. Dita ini herannya gak sukanya sama bayam doang🙂

  7. sari said

    waloupun hafizh doyan bayam, tapi tetep mau nyoba yang ini ah..enak banget nih hehe…tfs resepnya ya bundit🙂

    Sama2 bun🙂

  8. wah resepnya okehhh juga nech, patut dicoba…nyontek yach bun…

    Silakan mam🙂

  9. Susi said

    Resepnya oke banget, nih. Sederhana tapi terlihat lezat. Yang jelas Detin-Binbin pasti suka.
    Trims, ya

    Sama-sama mbak🙂

  10. hhhmm yummy kyknya .. thanks for sharing bun .. kebeneran nih dari kemaren Farras pengen di bikinin puding tapi belum sempet terus ..🙂

    Sama2 bun🙂

  11. Langsung dicatet Mba resepnya dan sesegera mngkin bakal langsung dipraktekin🙂

    NB: Kalo Zahia suka sayur bening bayem

    Silakan bun🙂

  12. wuaaa resepnya gampaaang y Bun..Kei msh susah klo disuruh makan sayur,apa ngaruh y karna makannya belum nasi,msh bubur Bun,tapi sm nasi aja yang ga mau,klo yg lain dikunyah aj tuu,jd klo makan bubur langsung ‘lep’ gt…dh pernah coba dikasih nasi dan sengaja ga bikin bubur waktu mudik dan ada cara,jd riweh ga bs masak bubur,eee ujung2nya dia ga makan…jd sementara ni saya ngalah bikinin bubur tiap hari sm sayur bening,tp yg dimakan cuam kuahnya ajaa..aahh insya Allah ga kekurangan gizi y Bun,he2..

    Wah, saya gak bisa jawab juga, seberapa besar hubungan belum mau makan nasi dengan gak suka sayur. Kalau lauk yang Kei suka apa bun? Bisa disembunyikan juga sayuran nya ke lauk, kayak nuget sayur gitu. Insya Allah gak kekurangan gizi lah bun🙂

  13. BunDit diem-diem hebat nih punya ide nyembunyiin bayam dalam puding. Bentar lagi jadi master chef juga.
    Hmmm…jadi pengen makan puding juga.

    Ah kalau yang soal sembunyi2 an itu kan belajar dari ibu2 lain yang jago masak plus milist MPASI Rumahan kok mam😀

  14. putilaksmi said

    siyap dicontek nihhhhh resepnyaaaa….

    Hihihi resep sangat2 sederhana bun😀

  15. bunda tsabita said

    its good idea… mbak dita banyakin jayam nya ya…biar kuat kaya popeye… ^_^

    Thanks bulik🙂

  16. keliatan seger benerrrr, bagi dong kak dita🙂 , kapan2 mau nyoba bikin ah..

    Yaa…udah habis bun hehehe. Silakan dicoba pasti ketagihan😀

  17. motik said

    boleh juga nih bund. aku blm pernah nyoba jagung+bayam. Kalo puding bayam aja, dari umur 1 thn an aku suka bikin buat kyara, pake gula merah juga. eErnah bukin puding wortel tp kurang sukses, ampasnya pd naik jd kok kurang cantik kliatannya hehe…

  18. elsa said

    keren Bundit…
    aku mau coba juga aaah
    soalnya Kakaknya Dija gak suka sayur juga tuh

    Silakan mbak, semoga resep itu jadi salah satu solusi anak gak doyan sayur🙂

  19. […] ya, dulu untuk mengakali ketidaksukaan Dita sama Bayam, Bunda sesekali bikin puding JaYam (Jagung Bayam). Jadi rasa bayamnya disembunyikan didalam lezatnya puding jagung […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: