Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Soto Mie Bogor ala BunDit

Posted by BunDit on February 22, 2013

Cerita masakan lagi yaa… hehehe

Semenjak mulai menyukai aktifitas memasak, Bunda pengiin banget bikin Soto Mie Bogor. Akhirnya hari Sabtu 16 Februari 2013 kemarin, sehabis belanja ke pasar, Bunda langsung berkutat di dapur. Mulainya sekitar jam 8 pagi. Belum mandi😀

Mengenai resepnya sudah di tangan, hasil kemurahan hati paman google hehe. Memang ya, semua yang kita butuhkan, terutama soal resep masakan, mau resep apa aja ada di belantara internet. Tapi yang paling bikin bingung, 1 resep itu punya banyak versi. Sebuah masakan yang sama, bisa jadi beda bumbu. Jadi memang masakan itu ya soal selera. Seperti waktu Bunda googling resep soto mie bogor ini, ada yang nyebut pake ebi, ada yang enggak. Ada yang pake kemiri, ada yang enggak. Bunda sendiri memutuskan gak pake kemiri dan ebi. Namanya juga uji coba.

Waktu Bunda menenggelamkan diri dalam dapur, Ayah menemani Dita main. Tahu-tahu Ayah ke dapur dan bilang, Bun..sudah  hampir jam 12, belum juga keluar dapur?. Bunda sampai kaget. What?? Cuma masak soto mie bogor kok bisa sampai 4 jam ya hehehe. Sebenarnya masaknya gak selama itu sih, paling 2 jam-an. Sisanya itu Bunda beresin belanjaan masukin ke kulkas dan beresin dapur yang kayak kapal pecah😀

Tapi asli, bikin soto mie itu, bahasa jawanya “nak-nik”, printilan-printilannya banyak. Apalagi Bunda bikin risol bihun sendiri. Kulit lumpianya beli sih…. kalau bikin kulit lumpia sendiri bisa sampe sore tuh di dapur hahaha

Bunda share resepnya ya, Bunda lupa catat sumbernya, waktu itu ketemu langsung Bunda copy di word dan langsung cetak. Jadi mohon maaf kalau ada yang merasa punya resep asli ini. Tapi sedikit Bunda modifikasi sih, seperti cabe tidak ikut digongseng, tapi Bunda bikin sambel sendiri. Trus ukuran bahannya sangat minimalis, karena memang cuma buat makan Bunda sama Ayah, Dita kurang suka soto🙂

Bahan :

  • 1/8 kg daging sapi, iris kecil (paling enak sih bagian sandung lamur-menurut resep2)
  • 1/8 kg kikil sapi, potong kecil (cuma buat makan sehari, jadi sedikit saja hehe)
  • 1 buah kentang besar, kupas, potong kecil, goreng hingga matang
  • 100 gr mie kuning (bunda pake mie telor)
  • 1/8 kol, iris tipis
  • 2 buah tomat, dipotong-potong
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 buah jeruk nipis, belah jadi 2
  • bawang goreng
  • Emping goreng
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica butir
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit

Bumbu dapur :

  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan

Bahan risol bihun :

  • 8 lembar kulit lumpia
  • 100gr bihun
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya
  • 1 butir telur (ambil putihnya untuk perekat kulit lumpia)

Bahan sambal :

  • 5 buah cabe rawit merah
  • 2 buah cabe merah keriting, potong jadi 3 bagian
  • 2 siung bawang putih, potong jadi 2
  • gla pasir + garam

Cara membuat kuah :

  1.  Rebus daging sapi dan kikil sampai matang
  2. Gongseng bumbu halus sampai harum baunya, kemudian masukkan serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata.
  3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci rebusan daging
  4. Tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera

Cara membuat risol bihun :

  1. Rebus bihun hingga matang, angkat
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bihun
  3. Tambahkan merica bubuk dan garam, angkat
  4. Isikan setiap lembar kulit lumpia dengan 1 sdm tumis bihun, rekatkan inggirannya dengan putih telur
  5. Goreng risol bihun hingga matang dan berwarna kekuningan
  6. Iris-iris

Cara membuat sambal :

Rebus cabe dan bawang putih sampe lunak, Angkat. Ulek. Tambahi gula pasir+ garam.

Cara penyajian :

Taruh dalam mangkok : mie, kol, potongan tomat, potongan kentang, potongan risol bihun. Siram dengan kuah beserta potongan daging/kikil. Kemudian ditaburi dengan daun bawang iris dan bawang goreng. Sangat nikmat disantap selagi panas dengan dikucuri jeruk nipis, kecap manis, sambal bawang dan emping goreng.

Soto-mie-web

Hehehehe bener kan bikinnya “nak-nik”, banyak printilan sana sini. Tapi waktu dicicipi, suegerrr, walau belum mirip rasa soto mie bogor yang biasa kami beli. Ayah bilang lumayan lah rasanya, tapi yang jelas Ayah makannya sampai nambah. Alhamdulillah🙂 . Btw, Bunda masih penasaran kenapa belum menyerupai rasa soto mie bogor yang sesungguhnya ya? Kalau ada yang tau, info ya… bumbu apa kira2 yang kurang🙂

10 Responses to “Soto Mie Bogor ala BunDit”

  1. hmmm..penampakannya menggoda bun..walah aku jadi ingat makan soto mie bogor waktu jaman dulu sama ayah kinan di stasiun bogor saat menunggu bis kejakarta..sehabis jalan jalan dari botanical garden….
    hmm enak memang bun..saya juga suka jenis makanan yang kuah kuah gitu…
    tfs resepnya bun…semoga kapan kapan bisa dicoba..sayangnya disini susah cari daging sapi segar…dulu ada seminggu sekali dipasar dari pinang..tapi entah kenapa sekarang nggak ada lagi…adanya yang bekuan itu tiap hari..hiks..*derita tinggal dikepulauan…
    hmm samaan bun saya kalo minggu abis belanjaan untuk stock seminggu ya terus bersih2 sayur dll, masukin kulkas plus masak..bisa sampai jam 11 an…lebih..
    *nasib nggak ada ART..tapi asli senang dan membahagiakan..:) lho kok malah curcol

  2. eh tempat bis kok stasiun sih bun..hehehe lupa …terminal bis bogor dekat botanical garden itu lho…hehehe..kesleo ketik…punten bun..:)

  3. Evi said

    Hai tampak enak Bun, tapi asli nampak ribet sekali bikinnya. Nanti kalau bikin aku beli saja risolnya atau gak pake sekalian hehehe…makasih resepnya, mau aku print

  4. Memang keknya enak ya bund…tapi itu bahan2nya banyak sekali, dan ribet…udah deh, saya balik ke bamboe aja…hahahahaha

  5. Orin said

    Duh… ga tahan keknya kalo aku 4 jam di dapur Bun, lha wong dapurnya imut2 je, kepanasan duluan qiqiqiqiqi.
    Penampakannya enaaaak *kepengen nyicip*

  6. Mama Olive said

    Bundaaaa resepnya ok punyaa..
    ayo kirimin ke aku

    Insyaallah warga warung blogger, ada projek buat buku dengan kategori macem2, salah satunya tentang masakan dan makanan
    Ikutaan ya.. !!

    Udah jadi anggota warung blogger belon ?
    kalo belon gabuung yuuk, biar resep ini di bukuin bareng sahabt warung blogger yang lain😀
    http://www.facebook.com/groups/warung.blogger/?ref=ts&fref=ts

  7. BunDit said

    sy kalau masak emang lelet mbak hehe, gak kayak dela.. Udh cuepet, enak pula😀

  8. BunDit said

    Tapi asli bikin soto ini ribet hehe. Kl gak pengin banget.. Mending masak yang lain ma hahaha

  9. BunDit said

    Emang beneran ribet kak.. Sy juga jd mikir2 lg kl bikin sendiri hahahaah

  10. BunDit said

    sebenarnya kl sdh di dapur lupa wkt ma.. Pas setelahnya br berasa capeknya hehe. Tp kl suami blg enak.. 50% capeknya menguap😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: