Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Mangga : Ono Rego, Ono Roso

Posted by BunDit on November 20, 2013

Awal Oktober kemarin awal musim buah mangga. Pohon mangga harum manis depan rumah yang kami tanam 2 tahun lalu pun sudah berbuah. Lucunya cuma berbuah 1 biji hehe. Akhirnya setelah cukup matang, kami petik lah. Dan subhanallah, rasanya maniiiiiiis banget. Pelok (biji) nya kecil, dagingnya tebel, manis pula, perpaduan mangga idaman dah hehehe. Dita yang ikut nyicip sampai bilang “Bundaaa…Dita mau lagi mangganya…enakk…”. Yaaa…cuma sebiji nak.

Akhirnya pas belanja mingguan ke pasar, Bunda beli deh mangga Harum Manis. Waktu itu harga mangga yang rasanya dijamin manis oleh penjualnya, 24rb/kilo untuk ukuran besar2 dan 20rb/kilo untuk ukuran yang kecil. Weitsss mahal bener ya, ya demi anak tetep beli juga. Bunda sih beli 3-4 biji doang. Dan tiap hari Dita demen banget makan mangga.

Nah akhir-akhir ini terlihat pemandangan pulang kantor menuju rumah, di sepanjang jalan menuju rumah telah berjejer pedagang mangga yang menggelar berbagai macam mangga dengan berbagai harga. Range harga mangganya antara 8ribu-18ribu. Yang paling mahal adalah mangga Harum Manis yang masak di pohon. Bunda perhatikan khusus mangga yang masak pohon ini ditempelin label berbentuk lingkaran mungil bertuliskan “quality export”. Dan beneran, rasanya ditanggung manis. Bunda iseng nanya, ini mangganya kok harganya macem-macem sih mas?. Sejatinya nanyanya pakai bahasa jawa sih, soalnya penjualnya orang Jawa juga. Dijawab sama masnya “Yoo… ono rego, ono roso bu…”. Bunda tersenyum, ya memang bener sih, kalau ada harga ya ada rasa, semakin mahal harganya, rasa mangga semakin manis. Bunda telah membuktikan🙂

Mangga-webKarena Dita maunya mangga yang 100% manis, Bunda selalu membeli mangga yang masak di pohon, khusus buat Dita dan Ayah. Dita kalau makan mangga, bisa sekali makan 1 biji mangga yang ukuran lumayan besar. Kalau buat emaknya sih, beli yang tidak terlalu mahal  hehehe. Jadi khusus untuk Bunda, Bunda beli mangga yang harganya 8rb-10rb/kilo, dan memang bener kata penjualnya, mangga harga segitu masih ada asem-asemnya. Tapi sejatinya Bunda suka yang tidak terlalu manis. Hehehehe alasan saja, bilang saja ogah mahallll😀.

Dita-Mangga-web

Bosan dengan mangga Harum Manis, Bunda pernah coba beli mangga Manalagi, waktu itu harganya 12ribu/kilo. Mangga Manalagi warnanya agak pucat, tidak banyak air dan manisnya malu-malu, Beda dengan mangga Harum Manis yang warnanya orange menggoda, berair dan rasanya shocking sweet😀. Ayah pernah nyobain mangga Manalagi, komennya “Ini mangga apaan sih, gak enak..gak seger” hahahaha. Kalau Bunda sih doyan-doyan aja. Beberapa kali dibawa ke kantor buat breakfast🙂

Jadi hampir seminggu 2x, Bunda beli mangga nih. Terakhir beli hari Senin kemarin, dan Bunda kaget saat tanya harga mangga Harum Manis masak pohon sudah merosot tajam di level harga 13ribu/kilo. “Iya bu…sekarang hasil panen lagi melimpah… jadi harganya makin murah.. “. Bunda nanya, kira-kira sampai kapan musim mangganya. Penjualnya bilang kira-kira sampai pertengahan Januari. Asyiiik… masih cukup lama bisa menikmati mangga dengan harga yang semoga makin murah🙂

Dan satu lagi, gak sabar pohon mangga depan rumah segera berbuah dengan lebat hehehe.

3 Responses to “Mangga : Ono Rego, Ono Roso”

  1. Lidya said

    seneng sudah musim mangga bun. aku suka banget. Tapi aku belum pernah beli nih hehehe kemarin beberapa kali dikirim sama ort dari pohon mangga dari rumah.

  2. kemarin pas ibu saya balik mudik dari tulungagung juga bawa mangga..tapi katanya masih mahal blom begitu banyak…mungkin sekarang lagi banyak banyaknya di jawa ya bun..disini masih aja tetap selangit harganya soalnya dari sono juga..30 ribuan masih per kilo..:)

  3. vera said

    waaahh…aku lagi BW nih sambil makan mangga harumanis. mareee kita nikmatin manisnya si mangga mumpung lg musim ya, bun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: