Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita 6y4m

Posted by BunDit on October 18, 2014

18 Juni 2008 – 18 Oktober 2014

Alhamdulillah, bulan ini, tepat di tanggal 18, Dita berusia 6 tahun 4 bulan. Jika banyak tulisan yang terlewat atau tertunda tertuang di blog, tapi tidak untuk update perkembangan Dita. And honestly, update Dita’s monthsary makes Bunda for keeping spirit of blogging activity:D

Dita6y4m-web

Rajin sholat 5 waktu

Semenjak menjadi murid kelas 1SD, aktivitas sholat di pantau oleh miss nya. Jadi ada buku panduan yang perlu diisi oleh orang tua murid untuk memonitor kerajinan sholat murid, khususnya saat di rumah. Sebenarnya dari Dita kecil, seperti anak-anak lainnya, Dita sudah ngikut sholat setiap kali melihat Ayah Bundanya sholat. Hanya saat itu tidak ada pantauan khusus seperti sekarang. Nah sekarang, kalau sholat wajibnya bolong, Dita suka ditegur oleh miss nya, baik secara lisan maupun lewat kolom komentar di buku panduan ibadah. Jika sholatnya rajin, di buku panduan suka ditempelin star (bintang) oleh miss nya. Dan Dita senang sekali jika mendapat bintang.

Namanya juga masih anak-anak, sesekali Dita ketinggalan sholat wajibnya. Misalnya tidur dari sebelum dhuhur sampai ashar, kehilangan sholat dhuhur deh. Dan yang paling sering, pagi-pagi susah banget dibangunin, jadi tidak sempat sholat Shubuh. Atau kalau Bunda sedang berhalangan sholat dan pas Ayah belum pulang kerja, awalnya Dita tidak mau sholat sendiri. Kalau sudah begitu, Bunda menuliskan alasannya di kolom komentar buku panduan untuk menginformasikan ke miss nya. Sambil Bunda bilang ke Dita untuk rajin sholat wajib nya.

Reward bintang itu cukup ampuh untuk membuat anak-anak jadi rajin sholat. Bagi Bunda, tidak ada masalah anak-anak rajin sholat demi reward bintang. Dulu pun Bunda juga pas SD rajin sholat ke masjid karena diharuskan mengisi buku aktivitas sholat untuk dikumpul ke sekolah. Waktu itu Bunda pengin dapat nilai bagus. Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan paham mengapa sholat wajib 5 waktu tidak boleh ditinggalkan. Bukan lagi berpikir supaya mendapat reward bintang atau nilai bagus🙂

Alhamdulillah, sekarang Dita sholatnya makin rajin.  Sudah mau sholat sendiri jika Bunda sedang berhalangan. Jika pas hari kerja, ya di rumah Dita sholat sama mbak Atik. Selalu semangat sholat 5 waktu ya sayang🙂

sholat-5-waktu-web

Ompong! (lagi)

Yaaa…. sudah 3 mingguan ini gigi susu Dita tanggal lagi. Awalnya sudah oglek tapi gak lepas-lepas. Eh, Dita cerita pas siang hari lagi main, mulutnya kepentok tas trus giginya copot. Jadi ompong deh😀

Ompong-web

Enjoy doing home work

Sesekali Dita mendapat PR. Yang lumayan sering PR matematika. Kalau matematika sih Bunda demen ngajarin dan dampingin, karena Bunda dari kecil penggemar mata pelajaran satu ini hehehe. Nah, pernah pas libur long weekend dalam ranga hari tasrik kemarin, Dita punya PR menulis halus. Kalau di jaman Bunda nyebutnya “nulis kandel alus” = nulis tebal tipis, karena saat garis ditarik ke atas, pensil tidak terlalu ditekan jadi hasilnya halus, sedangkan saat garis ditarik turun, saatnya menggores tebal. Wuaaah… yang ini ngajarinnya susah. Jangankan bisa menghasilkan tulisan tebal tipis, untuk membentuk tulisan latin pun saat pertama kali Dita masih bingung. Akhirnya Bunda ngajarin cara nulisnya, lupakan dulu tebal tipis. Alhamdulillah, karena PR nya memang cukup banyak, jadi Dita bisa berlatih cukup lumayan🙂

Math-web

nulis-halus-web

 

6 Responses to “Dita 6y4m”

  1. Ita said

    masya Allah Allahumma bariklaha
    dita hebat sudah rajin sholat 5 waktunya🙂

    PR anak sekarang banyak banget ya bun. mana kalo baca status temen2, katanya PR nya lumayan susah😦

  2. Susi said

    Apakabar Dita….
    colekin bunda kalo malas update ulbul ya…. tante kan ikut ngintip apa saja yg perlu tante siapkan untuk temanmu Binbin…. hihihihi

  3. Lidya said

    rajin terus hsolatnya ya Dita

  4. nh18 said

    Time flies …
    Lama (sekali) saya tidak kesini …
    tau-tau sudah menjelma menjadi gadis kecil anak ini …
    Sehat-sehat selalu ya Nak

    Salam saya
    (23/10 : 10)

  5. pinternya kaka dita, rajin sholat 5 waktu. sisil kadang masih susah, tp kalo lg mau gak pake disuruh lgsg wudhu sendiri. samaan nih sisil jg gigi susunya udh hilang 1, gara2 udh tumbuh gigi tetapnya tp blm copot gigi susunya, jadinya dicabut deh sm dokter hihi

  6. elsayellowlife said

    saluuut buat Dita yang sholatnya sudah rutin
    hebat deeeh!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: