Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Liburan Akhir Tahun 2013 @Jogja #1 : Berangkat Naik KA

Posted by BunDit on April 17, 2014

Pufff…. baru mau nyicil nulis liburan ke Jogja akhir tahun 2013 lalu. Tahun 2014 banyak project di kantor, rasanya semuanya berjejal di kepala. Biasanya buat me-refresh isi kepala, Bunda melampiaskannya dengan menulis di blog.Tapi entahlah, rasanya kemalasan menatap layar laptop menggerogoti. Jadi kalau pas jam rehat, lebih seneng ngobrol sama teman atau bersorak girang sesekali ada yang ngajak makan ke Kelapa Gading😀. Kali ini sedikit mendorong diri sendiri untuk memulai menyusun cerita-cerita lama yang teronggok. Salah satunya liburan ke Jogja itu.

Mulai pertengahan tahun, teman kantor Bunda jeng Iffa sudah memastikan bahwa pernikahannya akan digelar tgl 22 Desember 2013 di Solo. Bunda langsung pengin merencanakan untuk sekalian pulang ke Jogja dan sekaligus berlibur. Sayangnya Ayah belum bisa memastikan apakah bisa cuti atau tidak. Akhirnya menjelang Desember, Bunda memutuskan membeli tiket ke Jogja tgl 19 Desember 2013 dan tiket balik ke Jakarta tgl 25 Desember 2013, keduanya menggunakan KA, dan cuma ber-2 sama Dita. Kata Ayah, ntar Ayah gampanglah bisa nyusul. Bunda tidak bisa di Jogja terlalu lama karena akhir tahun pun Bunda harus kerja.

Dan mendekati keberangkatan ke Jogja Ayah bilang kalau bisa nyusul tgl 23 Desember 2013 dan Ayah memutuskan naik bus saja. Akhirnya Bunda beli lagi tiket KA untuk balik Jogja-Jakarta dan jadilah Ayah beda gerbong dengan Bunda dan Dita. Tapi itu gak masalah lah, kan masih dalam rangkaian KA yang sama😀

19 Desember 2013

Untuk mengejar KA Taksaka Pagi jam 08.30 kami harus berangkat pagi-pagi dan karena hari keberangkatan kami adalah hari kerja, pastinya kami harus siapa berjibaku dan berbagi jalanan yang padat dengan orang-orang yang harus berangkat ke kantor. Membayangkan Jl. Raya Bekasi yang crowded itu, Ayah memutuskan mengantar kami menggunakan taksi saja daripada nyetir sendiri. Bunda sih ok saja. Malamnya Bunda sudah pesan Taxiku untuk mengantar kami ke Gambir.

Jam 5 kurang, Dita sudah Bunda bangunin karena kami harus berangkat jam 05.30. Sekitar jam 5 Bunda sudah make sure taksi katanya sedang dalam perjalanan ke rumah. Tunggu punya tunggu, sampai mendekati jam 05.30 taksi belum juga nongol. Ternyata si taksi salah menuju perumahan dekat Kranji sana yang namanya memang mirip dengan perumahan kami. Waduuuh… paniklah Ayah Bunda. Sudah kebayang aja ketinggalan kereta.

Ayah coba cari taksi yang mangkal di plaza dekat rumah, eh lha kok kebetulan kosong. Saat Ayah hampir saja memutuskan untuk naik mobil sendiri, diberitahu operator taksi bahwa taksi sudah dekat dengan perumahan kami. Akhirnya baru jam 6 -an kami cabut dari rumah. Di jalan sudah senam jantung saja. Jalanan di Jakarta kan gak bisa diprediksikan.

Karena merasa bersalah, si sopir menyakinkan kami, kami bisa sampai Gambir jam 08.00. Makanya dengan gesitnya si sopir mengemudikan taksi secepat yang dia bisa, termasuk memberanikan diri masuk ke jalur busway😀. Duh beneran sepanjang jalan, mulessssssss. Alhamdulilllah, jalan raya Bekasi masih cukup bersahabat dengan menyajikan kemacetan yang masih bisa ditolerir. Sehingga sampailah kami dengan selamat pas jam 08.00 di stasiun Gambir. Seharusnya pihak KA mengembalikan kebijakan lama yang membolehkan calon penumpang KA Eksekutif bisa naik di Stasiun Jatinegara, sehingga warga pinggiran Timur Jakarta tidak harus menembus kemacetan yang ruarrr biasa untuk bisa ke stasiun Gambir.

Setelah panggil porter, Bunda dan Dita pipis dulu trus naik lah ke atas. Rasanya legaaa sekali sudah sampai di stasiun Gambir setelah perjalanan yang menegangkan. Satu pelajaran buat Bunda, next time setiap kalai pesan taksi harus make sure alamat secara detil, karena driver taksi kan pasti berbeda-beda, Kalau ketemu driver taksi yang masih baru dan pakai acara nyasar saat menjemput ke rumah, plan bepergian bisa berantakan. Alhamdulillah, Allah masih mengijinkan kami untuk berlibur ke Jogja sesuai rencana🙂

Tak lama KA Taksaka Pagi datang, kami langsung masuk gerbong dan menuju seat kami. Legaaaaa…..🙂. Jam 08.30 tepat KA berangkat menuju kota tercinta, JOGJA🙂

Selama perjalanan, Dita sibuk makan, baca, ngoceh trus habis itu tidur. Baru kali ini Bunda pergi jauh cuma berdua-an sama Dita. Ya anak Bunda sudah besar sih, saat itu kan sudah 5,5 th jadi ya kayak pergi ber2 sama temen aja🙂

At-Stasiun-Gambir-web

Tak terasa menjelang jam 4 sore, kereta sudah menembus kota Jogja. Aura damai langsung menyeruak. Ah, kota kelahiran Bunda ini selalu ngangeni. Molor 5 menit dari jadwal kedatangan, kereta berhenti di stasiun Yogyakarta dengan manisnya pukul 16.10. Dan sms-an dengan ibu, ibu bilang sudah standby di pintu keluar selatan.

Awalnya Bunda maunya naik taksi saja atau menyewa mobil untuk menuju Parangtritis biar tidak merepotkan ibu, tapi ibu memaksa untuk menjemput Bunda dan Dita. Akhirnya Bunda dan Dita langsung menuju pintu keluar sebelah selatan. Ibu sudah menunggu di sana dan setelah peluk cium kangen nenek-ibu-anak, kami langsung bersama-sama menuju parkir mobil. Saat melihat mobil ibu, Dita teriak spontan “Waa mobil yangti kecil bangetttt”. Kami tertawa ngakak. Ya, sudah beberapa tahun ini kemana-mana ibu ditemani si Ceria hitam🙂

Di-Jemput-Ibu-web

Daaaan saat Bunda duduk di sisi ibu yang nyetir, Bunda mendadak merasa down dan malu. Harusnya Bunda yang nyetirin ibu, bukan sebaliknya. Hikss…. maafkan anakmu ini bu. Sudah bertahun2 kok ya nyali Bunda gak muncul2 buat nyetir mobil😦

Langsung si Ceria menggelinding ke arah selatan Jogja menuju rumah Parangtritis. Ibu gesit sekali menyetir. Karena mobilnya kecil, jadi tangkas nyalip sana nyalip sini hehehe. Sampai di Kretek, kami mampir beli roti bakar sebentar trus melanjutkan meuju ke rumah. Sekitar pukul setengah 6 sore, kami tiba di ARITA dengan selamat, Alhamdulillah🙂

….to be continued….

5 Responses to “Liburan Akhir Tahun 2013 @Jogja #1 : Berangkat Naik KA”

1. Yang ti nya dita gesit🙂 ayo bunda dita…semangat belajar nyetir mobilnya🙂
    wah seru yah jalan jalan bunda…walaupun udah lama tetap aja menyenangkan utnuk dituangkan dalam sebuah cerita🙂

Iya ma, ibu saya sudah umur 65th, tapi masih lincah. Semangat untuk nyetirnya juga ok, gak kayak anaknya hehehe. Anaknya semangat doang, nyalinya kecil nih😀

2. asik ya liburannya Dita..
    yangtinya dita keren bgt deh…

Iya bu, makanya saya jadi malu sama ibu saya…🙂

3. Lidya said

Alvin gak di ajak jalan2 nih sama Dita, tapi minionnya diajak hehehe

Heheheh boneka minionnya sama ya dengan punya Alvin?🙂

4. Susi said

Ikut tegang di perjalanan ke Gambir. Hehe…