Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Latihan Manasik Haji @Masjid Istiqlal

Posted by BunDit on December 6, 2013

Sabtu, 2 November 2013 lalu, sekolah Dita mengadakan latihan manasik Haji. Ini memang agenda rutin tahunan  untuk murid TKB. Bunda kurang tahu apakah tiap tahun tempatnya sama atau beda, yang jelas untuk tahun ini diadakan di Masjid Istiqlal Jakarta.

Hari Jum’at nya saat Bunda pulang kantor, Dita sudah langsung bilang kalau besok harus bangun 5 pagi biar tidak ketinggalan bus. Saat Bunda baca pengumuman dari sekolah, memang untuk kegiatan latihan manasik haji ini, anak-anak diharuskan berkumpul jam 6 pagi di pelataran Sport Center THB. Bagi yang terlambat akan ditinggal hehehe. Makanya malamnya, Bunda suruh Dita tidur cepat. Jika pihak sekolah sudah berpesan harus bangun pagi, anak-anak itu nurut lho. Paginya Dita gampang banget dibangunin😀. Langsung mandi, sarapan dan memakai baju muslim putih-putih yang sudah dibagikan sebelumnya.

Mengingat kejadian pipis sembarangan yang sangat terpaksa waktu Porseni IGTKI kemarin, maka Bunda pun berencana memakaikan diaper ke Dita. Kebayang nanti pas ditengah acara di masjid Istiqlal tiba-tiba Dita kebelet pipis, dan waktunya gak memungkinkan untuk ke toliet saat itu. Kebayang juga, miss nya kan tidak cuma menjaga Dita, tapi harus menghandle banyak murid. Bunda bela-belain semalam pulang dari kantor cari Mamy Poko Pants XXL, diaper berbentuk celana yang ukurannya paling besar. Dan ternyata saat Bunda pakaiin, Dita bilang “Buun.. gak usah pake pampers… Dita susah jalannya dan duduknya jadi gak enak…” hehehe Akhirnya diapernya Bunda taruh di tas Dita saja untuk jaga-jaga.

Karena jarak rumah ke titik pemberangkatan bus cuma 300m, jadi jam 6 kurang 5 menit kami baru jalan. Dita kami antar naik motor. Sesampai di sana, terlihat 2 bus yang sudah standby dan siap mengantar murid TKB dari 3 sekolah yaitu sekolah Dita, KBTK Gema Nurani Semi Natural Pre School, Gema Nurani 01 Pejuang dan Gema Nurani 03 Chandrabaga.

Sekitar pukul 06.30 bus merangkat. Sebelum berangkat Bunda memberitahu ke miss Asih kalau Dita gak mau pakai diaper, mohon sesampai di sana disempatkan disuruh pipis dulu. Bunda juga bilang telah membawakan diaper yang Bunda taruh di tas Dita untuk keadaan darurat🙂 . Setelah itu kami melepas bus yang membawa rombongan murid-murid TKB Gema Nurani dan para miss menuju masjid Istiqlal🙂

Latihan-Manasi-Haji3-web

Kegiatan selama latihan Manasik Haji di Masjid Isqlal tidak bisa Bunda ceritakan secara detil karena memang orangtua murid tidak diperkenankan mendampingi anak dalam kegiatan ini. Tapi pastinya isinya mengajarkan anak-anak rangkaian prosesi ibadah haji seperti isi tepuk haji yang sering Dita lantunkan di rumah.

*isi tepuk hajinya Bunda lupaaa… nanti disusulin ya…ntar nanya Dita dulu”:mrgreen:

Anyway, ini foto-foto selama kegiatan latihan Manasik Haji di Masjid Istiqlal. Foto ini dikirim oleh Miss Syitah lewat Group WA “Jahe’s Family” yang membernya berisi orangtua murid TKB2 dan para miss nya (Miss Syitah dan Miss Asih). Thanks ya miss🙂

Latihan-Manasi-Haji2-web

Latihan-Manasi-Haji1-web

This slideshow requires JavaScript.

Jam 12.30, Ayah & Bunda menjemput Dita di tempat yang sama dengan saat berkumpul. Bus yang membawa rombongan “haji dan hajah” murid TKB Gema Nurani datang tepat waktu. Dita turun bus dengan riang walau baju manasiknya kusut dan belepotan coklat, yang bunda duga berasal dari roti selai coklat yang dibawanya sebagai bekal. Sesampai rumah Dita bercerita kegiatannya hari itu. Saat Bunda tanya “Di sana Dita pakai pampers gak??”. Dijawab “Gak lah Bun. Di sana semuanya pipis dulu, jadi Dita gak pake pampers” Hehehehe.

Semoga menjadi Haji Mabrur ya bu Hajah Dita😀

2 Responses to “Latihan Manasik Haji @Masjid Istiqlal”

  1. wah seru nieh cerita manasik hajinya kak dita ke masjid istiqal, kemarin kinan waktu PAUD nya manasik haji di TKnya kayaknya nggak ada agenda manasik haji

    Kalau TK Islam biasanya ada agenda latihan manasik haji sih mam🙂

  2. Lidya said

    udah jadi haji kecil nih Dita, semoga besr nanti bisa haji betulan ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: