Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita 5y5m

Posted by BunDit on November 18, 2013

18 Juni 2008 – 18 November 2013

Ya Allah… rasanya sudah bertahun-tahun tidak menyentuh blog ini. Sebenanrnya cukup banyak cerita yang akan Bunda tulis : Dita lomba menari, wiskul sekeluarga, Girls time Dita & Bunda dan beberapa cerita ringan yang sayang kalau tidak dituangkan di sini. Namun alasan klasik bernama waktu/kesempatan, yang paling gampang dituding sebagai penyebabnya😀

OK, hari ini kebetulan pas Bunda puasa (ehm.. bayar puasa Ramadhan 17 hari euy hehe), jadi jam istirahat kerja ini bisa Bunda manfaatkan untuk ngeblog.

Alhamdulillah hari ini Dita berusia 5y5m, bertepatan dengan 15 tahun Bunda bekerja di perusahaan ini. Wow.. sudah lama sekali ya, makin jelas lah bahwa umur Bunda memang sudah sangat banyak😀. Leganya dapat cuti besar 5 tahunan lagi, maklum cuti besar Bunda sudah limit, kalau gak salah tinggal 3 hari. Bayangin 22 hari cuti diirit-irit supaya cukup selama 5 tahun kedepan, supaya kalau ada situasi genting seperti ART pulang kampung atau ARTless, Bunda bisa cuti. Dan selain dapat cuti besar, nanti Bunda dapat pula uang cuti besar plus gelang emas 15 gram hehehe, Alhamdulillah🙂

Ok, sekarang update perkembangan Dita menginjak usianya yang 5y5m ya …

Dita-5y5m-web

* Reading everywhere

Yup, sebulan terakhir ini Dita lagi seneng-senengnya membaca semua tulisan di sekelilingnya. Pas ke kamar mandi lihat cairan pembersih kamar mandi langsung berseru “WIIII….POLLL…”. Pas nemenin Bunda bersih-bersih kompor matanya cermat membaca “MOOOO….DEEE….NAAAAA…, tulisannya modena bun..”. Trus pas di jalan saat melintas di depan fotocopian langsung teriak “CAAAA… NONNN…”. Belum begitu cepat dalam membaca sih, masih perlu latihan terus menerus, biar makin fasih. Kalau membaca kata yang tidak berakhiran, Dita sudah bisa lumayan lama. Baru sekarang, Dita mampu membaca kata dengan akhiran. Pokoknya lihat tulisan, langsung dibaca deh… Great girl, nak🙂

* Berhitung

Selain membaca, kemampuan berhitungnya makin ok. Bunda suka beliin buku isian berhitung (penambahan dan pengurangan) dengan cover yang menarik, seperti Dora the Explorer dan Cars, dan Dita seneng banget. Pokoknya namanya anak-anaknya, cover buku itu harus menarik dulu, baru isinya “serius” hehehe😀. Sebelumnya Dita hanya bisa berhitung sebatas yang bisa di cover jari kiri kanannya, misalnya 5+3, jadi tangan kirinya dibuka 5 jari, tangan kanan 3 jari, baru Dita menjumlahkan. Nah, akhir-akhir ini Bunda ajarin cara penjumlahan dengan cara menyimpan salah satunya di memori. Misalnya 9+1, Bunda bilang 9 disimpan di sini (sambil Bunda menunjuk kepala Bunda), baru angka 1 nya ditunjukkan di jari, habis 9 (sambil pegang kepala), trus 10 (menutup jari). Dan ternyata cara ini efektif, kalau Dita menemukan penjumlahan diatas angka 5, dia langsung bilang 6 nya di sini (menunjuk kepalanya) baru dilanjutkan dengan jarinya. Cool girl, nak🙂

berhitung1-web

berhitung2-web

berhitung3-web

* “exploitasi” boneka Minion

Dita sekarang masih demeeeen banget sama Minion. Jadi sekarang boneka Minionnya menjadi temannya kala tidur. Trus ditimang-timang di ayunan layaknya bayi. Trus yang terakhir, dipakai-in pampers (eh ini nama merk ya? :D). Lha kok bisa ada pampers di rumah? Jadi ceritanya, beberapa waktu yang lalu, Dita latihan manasik haji ke Masjid Istiqlal, nah miss nya menginformasikan untuk anak yang suka pipis, membawa pampers. Karena Dita ini termasuk anak yang banyak minum dan sering pipis, akhirnya untuk jaga-jaga Bunda beli pampers ukuran XXL. Saat Bunda pakai-in ke Dita menjelang berangkat latihan manasik haji itu, Dita protes, jalannya susah lah, kalau duduk gak enak lah. Jadi akhirnya Bunda siapin di tasnya. Nah sisa pampers itu dibuat mainan deh sama Dita hehehe

ayunan-minion-web

minion-pampers-web

* Mangga, kacang tanah rebus & kacang kedelai rebus

Dita lagi sukaaaa banget makan mangga, ya memang lagi musim sih sekarang. Tapi Dita suka mangga yang 100% manis, kalau ada asemnya dia gak mau. Selain mangga, juga lagi suka ngemil kacang tanah & kacang kedelai rebus. Ceritanya pas ke pasar, Bunda lihat ada kacang tanah mentah, Bunda beli setengah kilo harganya 6ribu, setelah di rebus di rumah ternyata Dita suka banget. Minggu berikutnya Bunda beli 1 kilo. Waktu itu juga pas lihat ada kacang kedelai gemuk-gemuk gitu, Bunda beli aja, sekilo 15 ribu. Saat makan kacang kedelai rebus ini Bunda inget waktu kecil dulu Bapak suka beliin kacang kedelai rebus ini, makanya jadi cemilan favorit masa kecil Bunda. Setelah di Jakarta, jarang Bunda temui penjual kacang kedelai yang sudah direbus. Pernah sekali ketemu penjual jagung rebus yang juga menjual kacang kedelai rebus, tapi kacangnya kecil-kecil dan banyak dimakan ulet. Makanya kemarin pas nemu kacang kedelai mentah yang mulus begitu, langsung Bunda beli, dan direbus sendiri. Awalnya Dita gak mau, setelah Bunda bujuk untuk mencicipi, akhirnya Dita ketagihan. Tuh kaaan?😀

makanan-fav-web

* Main kasir-kasiran

Kalau Bunda belanja trus lagi bayar di kasir, Dita melihat dengan seksama apa yang dilakukan kasirnya. Dari men-scan barcode barang, memasukkan kode barcode secara manual di mesin register, membuka laci register, menggesek kartu kredit dll. Kayaknya takjub banget melihat kesibukan sang kasir hehe. Makanya kalau main kasir-kasiran, tingkah laku Dita persis kasir beneran. Bagaimana Dita pura membalik-balik barang mencari letak barcode dan men-scan nya, itu gayanya mirip kasir profesional😀

kasir2an-web

* “Iyaaa…Dita sudah tahu…”

Bunda kan sering bawel, yaaa layaknya emak-emak lah hehehe. Kalau ngasih tahu Dita selalu diulang-ulang. Misalnya nih, Dita kalau keluar rumah mau main ke rumah Rizky, tetangga samping rumah, Bunda selalu bilang “Keluar ke jalannya jangan lari ya naaak…. Biar  tahu ada mobil lewat”. Seriiing banget Bunda bilang begitu. Yaa… mau bagaimana lagi, biar Dita tidak suka asal selonong lari setiap keluar rumah, karena kan suka ujug2 ada mobil/motor lewat. Dan Dita yang Bunda “bawel” ini gitu suka protes sambil bilang “Iyaaa… Dita sudah tahu… ” hehehe. Dalam hal lain yang Bunda ulang-ulang selalu dijawab begitu😀

Semoga selalu sehat ya nak… Doa Ayah Bunda menyertaimu…🙂

3 Responses to “Dita 5y5m”

  1. Happy ulbul kak dita semoga sehat selalu dan jadi putri saliha kebanggaan bunda dan ayah. wah kak dita makin gede…masyallah bunda udah mencapai 15 tahun di perusahaan itu…masyallah..selamat yah bunda..wah cuti besarnya banyak yah..pingin mereview di PT sini 5 tahunan cutinya nambah tak yah..kemarin cuman nambah 3 hari aja saya..
    hehehe…yang soal perhitungan itu juga sama bun..saya ngajarin kinan yang besar disimpan di mulut dengan membilang..*iya yah harusnya bilang disimpan dikepala atau diotak yah hehehe…tapi manjur tuh saya bialng yang besar disimpan dimulut misal 8 dimulut penambahan yang kecil nya kita hitung selanjutnya…:)
    membaca juga kinan alhamdulilah 2 suku kata udah bisa..lagi belajar juga yang huruf mati sama nga ngi ngu dsb..

  2. Lidya said

    Selamat ulang bulan Dita. Lagi senang minion ya yuk main sama Alvin

  3. Enno - Mama Fira said

    Waaahhh… gelang emas 15 gram??? hehehehe… .salah fokus… Selamat ulang bulan ya, Kakak Dita… Sehat selalu dan tambah pinter yaaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: