Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Masak Apa Ya Seminggu Ke Depan?

Posted by BunDit on October 10, 2013

Kalau sudah mendekati weekend begini, langsung deh otak Bunda berputar, memikirkan ntar hari Sabtu/Minggu belanja apa saja ya buat menu seminggu ke depan hehe. Sebenarnya soal masak memasak setiap hari, Bunda bersyukuuuur banget pernah punya 3 ART, yang semuanya pinter masak, malah bisa dikatakan cenderung hobi masak. Dari teh Euis (9 bulan), Teh Dela (3.5 tahun) dan sekarang mbak Atik (baru 1th-an), semuanya demen banget berkutat di dapur. Jadi mereka ini kalau masak tidak sekedar masak yang Bunda inginkan, tapi sering banget usul “Bu… minggu depan saya pengin bikin peyek ya…” atau “Bu, sesekali bikin donat kentang ya….”. Jadi ya dengan senang hati Bunda iya-in dan dengan semangat pula Bunda beliin bahan-bahan yang diperlukan😀.

Dulu-dulu, teh Euis dan Teh Dela biasanya belanja harian di tukang sayur keliling. Trus menunya kadang Bunda serahin mereka mau masak apa hehehe. Tapi lama kelamaan, kalau Bunda pengin masakan apa terus bahannya tidak ada di abang sayurnya, jadi bete juga. Makanya trus Bunda putusin belanja mingguan di Pasar Family Harapan Indah. Namun pastinya sebelum belanja dari rumah sudah dipikirkan harus masak apa. Jadi tugas Bunda memikirkan menu mingguan dan belanja, soal eksekusi nya, ya ART lah. ART yang sekarang, mbak Atik pernah bilang ‘Di sini saya seneng masak karena Bunda gak pernah cerewet kenapa bawang cepet habis, kenapa boros pake kemiri……”. Bunda ketawa saja. Bagi Bunda mah, sudah ada yang masakin sudah bersyukur banget. Kalau bumbu-bumbu habis ya kan memang dipakai, kalau masih dalam jumlah wajar ya ngapain juga harus komplain kan,

Nah, ini nih daftar menu masakan yang sering dimasak sehari-hari oleh mbak Atik :

Sayur :

  • Sayur asem (ini kesukaan mbak Atik dan Ayah, Bunda sih biasa saja, jadi setiap minggu pasti masak sayur asem :p)
  • Gulai daun singkong+tahu+pete+teri (wuaaah… mbak atik kalau masak ini, bawaannya pengin nambah mulu… top habisss hehehe). Kadang gulai singkongnya dicampur salai (lele asap), jadi kayak Gulai Salai.
  • Oseng genjer+teri (kalau ini Bunda yang sukaaaaa banget hehehe)
  • Oseng bunga pepaya (mbak atik kalau masak ini blass gak pait… enak jadinya)
  • Oseng kulit melinjo+teri (ini baru aja dikasih tahu temen kantor, ternyata enak euy…tapi ya jangan sering-sering sih..kolesterol hehehe)
  • Sayur tauco, isinya ganti2 : terong kelingking, buncis, kacang panjang, labu.
  • Oseng tauge+kacang panjang (taugenya tauge kacang kedelai yang lebar-lebar itu)
  • Balado terong ungu+teri
  • Oseng kangkung
  • Oseng pare+teri
  • Oseng labu siem
  • Oseng pepaya muda
  • Ikan mas/cumi bumbu kuning+kacang panjang
  • Soto ayam
  • Sop iga sapi
  • Oseng putren+cumi asin (ini idenya dari Mutti Ella, ternyata memang uenak)
  • Oseng tempe cabe ijo
  • Oseng kikil
  • Oseng sawi putih
  • Sop oyong+soun
  • Gulai nangka
  • Sayur bening daun katuk (kalau yang ini, teh Dela jago bikinnya… made ini mbak Atik agak kurang pas di lidah)
  • Sayur lodeh
  • Balado jengkol (yang ini mah sesekali sajooo… hehehe)
  • Pecel
  • Gulai rebung
  • Capjae (Cap cay jawa, yang pakai irisan tepung goreng itu lho…)
  • Oseng jamur payung (ternyata ayah dan mbak atik gak begitu suka, langsung dicoret untuk pengulangan)

Lauk :

  • Ikan asin goreng (ini jodohnya sayur asem, mbak atik demen banget ika asin. Kalau Bunda gak begitu suka, terlalu asin sih)
  • Balado telur (telur rebus/ceplok)
  • Balado ikan kapas-kapas (wuiih kalau digoreng garing, nendang banget dimakan sama gulai daun singkong)
  • Tahu berontak (tahu isi)
  • Martabak telor mini
  • Balado sayap ayam goreng (khusus buat Bunda ditambah kepala ayam goreng :D)
  • Balado teri+kacang
  • Ikan bawal goreng
  • Ikan baby nila goreng
  • Perkedel kentang
  • Balado udang+kentang
  • Tempe+tahu bacem
  • Lalapan timun, daun selada, labu siem rebus.

Tiap Senin dan Kamis, kalau Bunda puasa, mbak Atik suka bikin menu tambahan :

  • Kolak pisang+kolang kaling
  • Kolak pisang+ubi
  • Kolak pisang+biji salak (mbak atik rajin banget bikin biji salaknya)
  • Bubur kacang hijau
  • Es dawet

Naaah, khusus Sabtu dan Minggu, karena mbak Atik libur, giliran Bunda yang masak. Tapi Bunda masaknya yang simpel-simpel :

  • Rendang daging+kacang merah/kentang bulet
  • Kwetiauw Goreng
  • Sayur sop (kadang bayam/brokoli/bunga kol)
  • Oseng tauge panjang+tahu
  • Cah kangkung
  • Trusss… lauknya goreng tempe doang. Jadi tempe diiris tipis-tipis trus di bumbuin garam saja dan digoreng. Dimakan hangat-hangat gitu uenak tenan. Ayah dan Dita suka banget😀

Kata ayah kalau Sabtu Minggu menu itu aja diulang-ulang, sudah enak kok hahahaha:mrgreen:

Trus untuk Dita, kalau masakannya gak pedas, ya Dita menunya sama dengan kami, seperti Sop atau Soto. Tapi lebih sering Dita dimasakin terpisah, soalnya Dita suka yang berkuah, sayur oseng begitu kurang suka dan gak doyan pedas. Lauk buat Dita, seringnya telor, tempe, nugget, martabak telur, ayam goreng. Sekarang inipun untuk sementara karena Bunda tidak boleh makan yang pedas-pedas pasca sakit thypus, mbak Atik 2 bulan terakhir masaknya gak pakai cabe, atau dibuat 2 versi, pedas dan gak pedas. Sekarang Bunda sudah bisa makan cabe tapi gak pedas banget, jadi mbak Atik pakai cabe merah besar yang bijinya dibuang hehehe. Yaaa ada unsur cabenya tapi gak pedas. Karena Ayah dan mbak Atik suka pedas, biasanya mbak Atik bikin sambel terpisah. Paling favorit ya sambel pete😀

Jadi kalau ke pasar, yang kudu di beli :

  • Bumbu-bumbu, terutama kemiri, mbak Atik kalau masak apa-apa suka banget pake kemiri. Tapi emang jadi sedep.
  • Tahu dan tempe
  • Teri medan (ini wajib soalnya buat campuran oseng gitu jadi uenak)
  • Tauge panjang & timun yang kecil2 (Bunda suka banget ngelalap mentah)
  • Wortel & Brokoli (Dita suka banget…jadi sayur ini wajib ada )
  • Lemon (Buat campuran air hangat, diminum pagi-pagi setelah bangun tidur….suegerrr)

Jadi menu masakan sehari-hari di keluarga Bunda sih gak ribet. Kalau Bunda sendiri suka masakan yang banyak sayur ijonya lah. Yang Bunda pengin dan belum kesampaian minta dimasakin mbak Atik :

  • Gulai jantung pisang (susah ya cari yang sudah diiris…kalau ngirisin sendiri kok bayanginnya ribet hehehe)
  • Sayur brongkos
  • Sayur bobor mbayung (kok disini susah nemuin yang jual daun lembayung/daun kacang panjang ya?)

Tapi walau masakannya sederhana, tetep saja kalau mau belanja itu kok ya pusing mikirin menu. Mikirnya biar selalu ada variasi dan yang makan gak bosen. Makanya Bunda suka browsing resep masakan di internet untuk mencari ide. Bunda suka banget menyambangi Resep Keluarga Nugraha, karena resepnya dikategorikan dengan terstruktur jadi gampang searching nya . Dan hari ini sengaja posting tulisan ini, pengin masukan ide-ide menu masakan sehari-hari yang simpel nih, ceritanya Bunda ngebagi pusing mikirin menu masakan hahahahaha😀

Hmmm… jadi ngebayangin menu hari ini dan gak sabar buat makan malam di rumah, karena hari ini mbak Atik masak sayur tauco (buncis,labu,tempe), balado terong ungu+teri dan bikin kolak pisang campur cendol beras. Slurrrp…😀

17 Responses to “Masak Apa Ya Seminggu Ke Depan?”

  1. wah trimakasih contekannya ya, buat bahan ide masakan dirumah….

    Hehehehe cuma menu masakan rumah yang biasa aja kok bu🙂

  2. wah sama nieh bun tugas belanja sayur lauk pauk untuk seminggu dipasar , jadi mikirnya harus mikir menu dulu…kalo saya patnernya ibu saya, jadi seringnya saya ajak kepasar untuk refreshing juga…bumbu ini itu..dll…jadi emak emang harus kreatif dan cepat ambil keputusan masak apa gitu…palagi kita kerja biar, soal urusan makanan untuk keluarga tetap terjamin…:) kalo saya yang eksekusi untuk kinan, untuk orang tua karena ibu kurang cocok sama masakan saya akhirnya saya yang ngikut…kalo kami pingin apa yah tinggal sore pulang kerja saya eksekusi yang gampang gampang aja…kalo bener bener nggak ada ide dan dah capek.. baru beli diluar…*emak males…hehehe

    Yoi ma, sebenarnya soal masak memasak begini dibuat enjoy. Kalau lagi malas masak ya beli aja sih. DUlu saya juga begitu, pas harus masak sendiri. Sekarang sih karena ada yang masakin, jadi hidup ini lebih indah hahahaha

  3. Lidya said

    tuker2an resep seminggu yuk bun

    Ayo ma, siapa takut😀

  4. wuiss… menunya buanyak..top dewh

    Hehehehe gak ngira juga setelah di list banyak juga, padahal kayaknya masaknya ya begitu2 aja😀

  5. dian sigit said

    TFS mbaa, ikutan nyontek menu2nya yaa

    Silakan lho maa… cuma menu sederhana kok🙂

  6. salam kenal Bundanya Lumongga🙂
    newcomer nih..
    seru juga baca ‘keribetan’ (kalo dinikmati, sebenernya gak ribet juga kali ya..) working mom kayak Bunda.
    kalo nanti sy jadi working mom juga, kayak gini gak ya hehe😀

    Salam kenan mbak. Saya sih gak ribet, yang ribet ART saya yang masak😀

  7. menunya komplit,plit,plit…😀

    Hehehe hanya menu sederhana mbak🙂

  8. Orin said

    Waaahhh….lumayan bervariasi Bun masaknya, aku mah itu2 lagi coz masaknya jg paling 2-3 kali doang dalam seminggu *ups* hihihihi.
    Ini ada usulan ‘calon’ menu nih Bun yg paling sering aku masak, barangkali berkenan :
    sambal goreng hati/kentang, sayur sop brokoli+baso, pecel, sop kacang merah, perkedel tahu/tempe, ikan tongkol cabe ijo, tumis touge+teri medan+tahu, udang/cumi asa manis, pepes tahu/oncom *eh…ternyata lumayan banyak jg yg sering aku masak ya hihihihi*

    Itu pepes tahu saya jadikan menu minggu ini mbak. Thanks idenya ya mbak Orin🙂

  9. evi said

    Bundit, melihat daftar menunya, pasti makan di rumahnya gak bakal ngebosanin. Variatif banget. Biar keluargaku gak mati kebosanan, mestinya aku juga bikin daftar seperti ini ya. Makasih atas idenya🙂

  10. Vera said

    Wahhh….senengnya ada juru masak. Jadi jarang makan di luar ya. Kalo aku wiken malah suka males masak bun, pengennya makan di luar aja. Sehari2 masak jg yg sederhana aja buat makan malam.

  11. nyusun menu mingguan itu termasuk ribet buat saya hehe

  12. Nike said

    enaknya punya art yg bisa masak… aku pengeenn secara ngga bisa masak juga :((

    btw dita sama kya tania, sayuran wajibnya wortel dan brokoli..🙂

  13. lis said

    maaf sblmnya,saya tnggl di cikarang,tkg sayur disini sering lho bun bawa daun mbayung klo saya buat urap.nah klo jantung pisang saya ngrebusnya utuh baru dikupasin sampe berwarna putih lalu dipotong potong klo dipotong dulu baru direbus suka item trs getahnya kemana mana.sy ijin cntk menu seminggunya..

    Untuk jantung pisang, kemarin sudah dapet..kayaknya sih mbaknya ngiris dulu baru direbus, tapi tetap enak sih ma hehehe. Dan soal daun mbayung, baruuu aja minggu kemarin (17/11/13), ahirnya nemu di penjual sayur langganan dan hari ini mbak nya saya suruh bikin bobor mbayung. Jadi pengin cepet sampe rumah hehehe. Silakan pakai menunya jika itu berguna🙂

  14. […] Masak Apa Ya Seminggu Ke Depan? […]

  15. karlina said

    Ya aku jga mau

  16. buni-nya fatih&faiz said

    Izin nyontek menunya ya bund…..
    Tp klw saya kebalikan, malah enjoy masak klw pas sabtu-minggu 😀

  17. Sari Permana said

    Makasih ya bund, bisa nambahin ide utk keluarga di rumah🙂

    Terus pas lagi browsing nemu menu tabel sebulan disini:
    http://resepkoki.co/resep-menu-masakan-1-bulan/

    Moga bisa jadi rujukan juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: