Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Lomba Mewarnai @Carrefour KHI

Posted by BunDit on September 19, 2013

Setiap malam kan Bunda rutin memeriksa tas sekolah Dita (5y3m), siapa tahu ada pengumuman dari sekolah. Nah, minggu kemarin Bunda menemukan salinan surat undangan dari Carrefour KHI (Kota Harapan Indah) ke Gema Nurani mengenai Lomba Mewarnai Bersama Frisian Flag. Jadi bukan surat dari sekolahan untuk mengikutinya, sekolah hanya memperbanyak undangan yang dikirim Carrefour KHI dan membagikan ke semua murid. Jadi Bunda pikir anak-anak harus mendaftar secara pribadi, tidak dikoordinir pihak sekolah. Cara mendaftarnya pun bisa dilakukan pas hari H.

Bunda lalu tanya ke Dita “Sayang, mau ikut lomba mewarnai gak?”. Dijawab dengan semangat”Mau…mau Bunda…”. Bunda senang dengan antusiasme Dita tersebut. Dulu Dita selalu tidak betah melakukan aktifitas yang dilakukan sambil duduk seperti mewarnai itu. Namun Bunda ajak terus buat mewarnai. Awalnya banyakan Bunda yang mewarnai, tapi lama kelamaan Dita mulai enjoy dengan aktifitas tersebut. Nah sampai akhirnya mau ikut lomba mewarnai dalam rangka hari Kartini, April 2013 lalu. Semenjak itu, Dita sudah mulai enjoy untuk mewarnai saat di rumah atau di sekolah. Bunda sih tidak memiliki ekspektasi yang tinggi untuk mengajak Dita mengikuti lomba-lomba. Yang penting anaknya mau dan enjoy. Dan yang lebih penting lagi, mengasah konsentrasi dan kesabaran Dita saat harus melakukan aktifitas sambil duduk seperti itu.

Jadi Sabtu, 14 September 2013 lalu, sekitar jam 8 pagi, kami meluncur ke Carrefour KHI, sekalian Ayah berangkat kuliah. Dita sudah siap dengan krayon dan meja lipat. Sampai di sana, sudah ramai. Langsung Bunda mendaftar dengan cukup membeli produk susu Frisian Flag seharga 6ribu rupiah. Setelah mendaftar, Bunda langsung mencarikan tempat buat Dita. Lagi tolah toleh cari tempat, Bunda dipanggil seorang ibu “Mama Dita kan? Ayo bu Dita ke sini saja…ngumpul bareng anak-anak Gema Nurani yang lain…” Ternyata yang ngajak tadi mamanya Ara, temen TKB nya Dita. Maklum, jarang ngumpul sesama ibu2, jadi Bunda gak hafal😀.

Ternyata di sana sudah duduk teman-teman Dita yang kebanyakan anak TKB. Ada Adib, Ara, Aulia, Rajwa, Ridwan, Agya, Siraj, Sinta, Zahra dll. Ibu-ibunya pun bergerombol di dekatnya. Dita langsung menempati space di dekat Ridwan. Mamanya Ridwan ini dulu ketemu saat sama-sama senam hamil di RS. Hermina Bekasi, jadi Bunda sudah kenal saat ketemu di sana. Sambil menunggu lomba dimulai, anak-anak ada yang main dan tampil di depan untuk menyanyi, sedangkan ibu-ibunya seperti biasalah ngobrol ngalor ngidul😀. Bunda lihat, sekolah lain pakai seragam jadi terlihat kompak. Gema Nurani saja yang pakai baju bebas. Karena tidak ada pihak sekolah yang datang jadi Mamanya Siraj yang mengkoordinir di sana. Mencatat peserta dan nomernya untuk pengambilan bingkisan dll.

Akhirnya menjelang jam 11 siang, kertas gambar dibagikan panitia.  Jam 11 siang tepat, acara Lomba Mewarnai dimulai. Semua peserta lomba harus mewarnai si Baba dalam waktu 30 menit. Dita langsung beraksi buat mewarnai. Eh baru 10 menit berjalan, Dita bilang ke Bunda “Buuun…Dita mau pipis…”. Halah, kok ya gak dari tadi sih nak hehehe. Selama menunggu tadi memang Dita minum air putih cukup banyak sih. Akhirnya Bunda anter lah Dita ke toilet. Buat keluar dari arena lomba aja perlu melipir-melipir, belum lagi toiletnya lumayan jauh. Yaaa… hampir 5 menit lah waktu hilang. Tapi yaa nyantai saja🙂

Selama lomba mewarnai berlangsung, Frisian Flag yang bekerja sama dengan Carrefour juga menjual produk Frisian Flag dengan harga diskon. Ya karena Dita kan minum susunya tidak Bunda wajibkan alias kapan dia mau, jadi Bunda memilih tidak belanja dan tetap menunggu di dekat Dita.

Waktu tinggal 15 menit, dan Dita gambar Dita baru 1/4 nya di warnai. Tapi Bunda juga sih nyantai aja. Dan seperti lomba mewarnai sebelumnya, Dita masih toleh sana, toleh sini, lihat gambar temennya lah. Jadi Bunda langsung bilang “Ditaaa… tak usah lihat-lihat yang lain, segera diselesaikan….”. Pokoknya sampai hampir 5x Bunda mengingatkan seperti itu. Melatih konsentrasi anak memang butuh proses ya hehehe. Harus sabar🙂

Walau Bunda menunggu tak jauh dari Dita, Bunda tidak pernah merecoki Dita dalam menuangkan kreasinya dalam mewarnai. Dita bebas memberi warna apa yang dia mau. Soalnya ada tuh ibu-ibu dari sekolah lain teriak ke anaknya “Ayo…cepetan diwarnai semua… itu rumputnya warna hijau…langitny jangan lupa dikasih warna biru..bla..bla…bla…”. Yaaa sebagai orangtua, Bunda juga kadang gemes sih sama Dita, mewarnainya lamban padahal waktunya mepet, trus kadang memberi warna yang tidak sesuai dengan warna aslinya dll. Tapi Bunda berusaha menahan diri untuk tidak cerewet soal warna dan soal harus selesai. Biarlah anak berkreasi sebebas mungkin.

LombaMewarnai1-web

Daaan… saat jam 11.30 dan waktu mewarnai sudah habis, Dita belum mewarnai semua gambarnya. Tapi no big deal bagi Bunda. Si Ridwan menangis saat gambarnya harus segera dikumpulkan padahal dia juga belum selesai mewarnainya. Mamanya Ridwan sebelumnya cerita ke Bunda, anaknya ini kalau ikut lomba dan tidak menang, suka menangis. Makanya mamanya berusaha terus untuk memberi pengertian, bahwa namanya lomba ada saatnya kita menang, ada saat nya kita kalah.

Dita sampai nanya ke Bunda “Bun…kenapa Ridwan nangis? “. Bunda jawab “Karena mewarnainya belum selesai..”. Dita nanya lagi “Kenapa belum selesai Ridwan jadi nangis, Dita gak nangis…”. Bunda bilang “Karena kalau tidak selesai, Ridwan gak bisa dapat piala”. Trus Bunda kasihlah penjelasan, “Memang kalau tidak selesai mewarnai tidak boleh menangis, tapi lain kali kalau Dita ikut lomba mewarnai lagi, Dita harus cepat, tidak boleh noleh-noleh ke teman yang lain… Ok sayang?”. Dita jawab “Ok Bunda… Nanti kalau Dita selesai mewarnainya, Dita bisa dapat piala ya?”. Bunda mengangguk “Iya sayang…kan Dita bilang, Dita mau jadi juara 1”. Yaa… anak memang harus selalu diberi semangatttt😀

Dan walaupun tidak selesai, Bunda bangga dengan hasil karyanya. Semakin lama, kualitas mewarnainya semakin rapi dan pemilihan warnanyapun sudah mulai ok. Proud of you my princess🙂

Lomba-Mewarnai2-web

Seusai lomba mewarnai, selain dibagi susu dan snack, setiap peserta juga mendapat permainan olah otak persembahan dari Frisian Flag. Nah… setelah lomba usai, eh baru kelihatan Miss Asih, perwakilan dari Gema Nurani dan mengambil alih tugas Mamanya Siraj, Sekitar jam 12 lebih, langsung diumumkan pemenang lomba. Salah satu teman Dita, Zahra mendapat juara hiburan. Dan untuk semua peserta dibagikan sertifikat partisipasi.

Olah Otak

Dari arena lomba, Dita mengajak masuk Carrefour sebentar karena Dita minta mobil-mobilan hot wheel, karena Dita melihat Adib juga membelinya. Ya ya ya, anak gadis Bunda demen juga main mobil-mobilan😀. Selepas dari Carrefour, Dita mengajak makan siang di Bakso Afung, lagi-lagi karena Adib, Aulia, Agya, Ara dan Siraj beserta mama-mamanya makan di sana. Jadilah Dita makan siang pakai bakso Afung sambil main sama teman-temannya. Btw, bakso Afung itu ternyata lumayan mahal ya? Seporsi 32ribu, tapi memang isinya lumayan banyak sih terdiri dari 3 biji bakso urat + 5 biji bakso halus gepeng dan tentu saja rasanya memang enak. Jadi ngebayangin bakso di pinggir jalan yang dihargai 10-12ribu itu apa beneran pakai bakso sapi ya hehehe😀

Setelah kenyang makan siang, pulang deh kami. Karena Ayah gak bisa jemput jadinya kami naik angkot di sambung naik becak. Deket sih, 15 menit juga sudah nyampai. Cobaaa Bunda berani bawa mobil hehehehe. Bilangnya begitu mulu ya, tapi keberaniannya gak muncul2 juga😀

4 Responses to “Lomba Mewarnai @Carrefour KHI”

  1. Wah kak dita ikut lomba mewarnai…senangnya…tetap semangat yah kak dita, ikut berkompetisi melati jiwa sportifitas…:)

  2. wah wah , bagus sekali mewarnainya, Dita pintar deh…

  3. bagus.. mewarnainya rapi ^^

  4. […] Lomba Mewarnai @Carrefour KHI […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: