Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita 5y1m

Posted by BunDit on September 5, 2013

18 Juni 2008 – 18 Juli 2013

Walau telattttt bangggettttsss….. Bunda tetap harus menuliskan perkembangan Dita di usia 5y1m. Biar gak terputus. Paling enak memang secara konsisten tiap bulan menuliskannya, jadi fresh. Tapi gak papa lah, yang terpenting masih semangat mendokumentasikan.

Dita-5y1m-web

* Mencoba

Menurut pandangan Bunda, Dita ini termasuk anak yang susah mencoba sesuatu yang baru. Seperti soal makanan. Dita makannya banyak, tapi menunya kadang monoton. Dita kan suka brokoli dan wortel. Tapi kalau sudah kesukaannya itu dikasih yang lain kadang menolak. Misalnya dicobakan bayam, menolak duluan. Tapi dibujuk-bujuk disuruh mencoba dulu, lama-lama mau. Atau misalnya kalau Bunda sedang makan bakwan jagung, Dita kelihatan pengin, tapi disuruh mencicipi gak mau. Makanya Bunda suka bilang “Coba, cicipin dulu sedikit, kalau gak suka dilepeh… harus berani mencoba sayang…”. Digituin, kadang mau, kadang gak mau. Tapi karena sering Bunda tekankan “Dita harus berani mencoba…”. Lama-lama DIta mau mencoba. Nah soal bakwan jagung itu, sekarang jadi doyan😀

*Gunting kuku

Anak ayah bunda ini paling susah kalau digunting kukunya, takut sakit. Bunda sampai sering bilang “Percaya sama Bunda, gak sakit sayang…”. Akhirnya mau juga digunting kukunya, tapi tubuhnya keluar keringat dingin. Memang anaknya agak penakut, tapi Bunda dorong terus supaya apa-apa jangan takut duluan. *padahal yaaa…. bunda sendiri mau belajar nyetir mobil aja, sudah takut duluan hahahaha….😀

* Benda padat, cair dan gas

Kalau lagi mandi, Dita suka tuh main air yang ngucur dari kran. Trus nanya “Bunda…kenapa airnya gak bisa dipegang?”. Bunda terangin deh…kalau air itu benda cair. Kalau yang bisa dipegang itu benda padat seperti ember, gayung, sikat gigi dll. Nah kalau benda yang bersifat gas, tidak bisa dipegang dan tidak bisa dilihat, seperti udara. Dita jadi lumayan tahu deh. Sekarang sedikit2 bilang… air itu benda cairrr….. kalau ember benda padaaat… ”😀

* “Dalamnya ada apa?”

Dita seneng-senengnya nanya “Bundaaa…. kalau tangan Dita isinya apa? “. Ya Bunda jawab “Ada tulang, daging, darah …”. ‘Kalau kaki Dita?” “Kalau Kepala Dita? “. Bunda jawab lah sebisa Bunda. Trus nanya lagi “Kalau telinga Dita, dalamnya ada apa?”. Karena nanya mulu, Bunda cetakin gambar organ tubuh manusia dan tunjukin ke Dita. Dita seneng banget dijelasin, walau banyak yang belum bisa dimengerti tapi cukup bisa memuaskan keingintahuannya. Bunda lagi cari buku yang bisa menjelaskan secara sederhana soal bagian-bagian tubuh manusia ke anak 5 tahun-an. Sejujurya Bunda dari dulu gak suka pelajaran biologi, gak suka hafalan gitu hehehe. Hmmm… kelak apa mau jadi pakar biologi atau dokter sih nak?😀

* Punya kejutan

Lagi suka bilang “Ayaah… Bundaaa… Dita punya kejutan…”. Kadang yang ditunjukin ya benda biasa saja, misalnya topi baru yang habis dibeliin Ayah ditunjukin ke Bunda. Nah… waktu itu pas hari libur Dita minta dibuatin ayunan dari kain yang diikat di tangga. Waah.. Bunda ngiketnya setengah mati supaya kenceng. Lha Dita kan sudah 20 kilo, takut kainnya gak kuat menopang tubuhnya. Setelah jadi, Dita dengan santainya mainan ayunan di situ. Sambil main laptop mainan sama Rizky. Trus pas ayah pulang dari kuliah, Dita bilang “Ayaaah Dita punya kejutaaan…. Taraaaa…”, sambil nunjukin ayunan kainnya😀

Ayunan-Tangga-web

Selalu sehat ya sayaaaang🙂

2 Responses to “Dita 5y1m”

  1. wah dita sudah besar bgt deh,.

  2. Happy ulbul kak dita..eh mau ulbul lagi nih september..:)
    sehat selalu dan semakin pintar kiss buat kak dita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: