Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

[Experiment] – Telpon-Telponan

Posted by BunDit on February 5, 2013

2 Minggu lalu, 20 Januari 2013, Bunda bermain experiment kecil lagi bersama Dita. Sebenarnya Bunda sudah lama menjanjikan ke Dita untuk bermain telpon-telponan. Cuma selalu saja kelupaan mau beli benang kenur.

Bahan :

  • 2 buah gelas plastik
  • 2 buah tusuk gigi
  • Benang kenur

Cara membuat :

  1. Lubangi bagian tengah alas gelas plastik dengan menggunakan tusuk gigi.
  2. Masukkan benang kenur dari bawah.
  3. Ikat ujungnya di bagian tengah tusuk gigi.
  4. Tarik benang kenur sampai tusuk gigi menahannya
  5. Lakukan hal yang sama dengan gelas plastik satunya.

Exp-Telpon-Telponan-Web

Dita seneng banget bisa main telpon-telponan. Lihat saja ekspresinya saat berbicara dan mendengarkan suara Bunda. Jadi ingat dulu Bunda dibuatkan Bapak telpon-telponan menggunakan bekas kaleng susu. Jika menggunakan kaleng susu suara yang dihasilkan sepertinya lebih mantab🙂

Penjelasan ilmiahnya begini. Kita dapat mendengar suara dari lawan bicara karena adanya gelombang suara yang merambat di udara. Di telepon gelas plastik ini, gelombang suara merambat melalui benang yang ditegangkan. Jika benang tidak ditegangkan kita tidak bisa mendengarkan suara temen kita, karena tidak ada gelombang suara dari sumber suara yang merambat melalui benang ke penerima suara. Jadi semakin kencang benang ditegangkan, maka gelombang dari sumber suara yang merambat melalui benang akan semakin jelas. Bunda sih menerangkan ke Dita dengan bahasa yang lebih sederhana🙂

Di sini kumpulan experiment yang pernah dilakukan Bunda sama Dita : Dunia Sains.

13 Responses to “[Experiment] – Telpon-Telponan”

  1. wah keren nieh experiment ala bunda dita dan kak dita..:)
    mengenalkan gelombang suara yang merambat…patut dicoba juga nieh kapan kapan…
    jadi ingat episode pororo yang edhi bikin telp telponan ini…:)

    Eksperimen sederhana aja kok ma. Iya..yang pororo episod telpon2 an itu saya juga pernah lihat🙂

  2. benang kenur ato benang kasur??

    Wah…saya nyebutnya benang kenur, benang yang biasa dipakai tukang2 bangunan itu lho.. kalau pas pasang keramik supaya rata🙂

  3. nh18 said

    Permainan edukasi ini memang sangat klasik sekali …

    saya dengar kalau kita pakai gelas yang terbuat dari kertas … suaranya bisa lebih jelas … hehehe
    saya tidak tau apa ini benar atau tidak …

    tapi … sekali lagi … ini permainan sederhana yang sangat menarik …
    pengenalan sains tahap awal …

    salam saya Bunda Dita

    Iya..tujuannya pengenalan sains aja om, soalnya suka mati gaya kalau main sama anak, bingung mau main apa lagi😀.

  4. nh18 said

    BTW …
    Dita udah Gede ya …
    cepat sekali waktu berlalu …

    Iya om, sudah hampir 5 th. Cepet ya😀

  5. asyik, sejenak bernostalgia mengenang masa kanak2..🙂

    Iya, sebagian besar dari kita pasti pernah main telpon2 an itu🙂

  6. Lidya said

    halo Dita, yuk telp2an kesini🙂 eh kejauhan ya bun hehehe.

    Heheheh benangnya kurang panjang ma😀

  7. deva said

    “hallo Dita, Dita lagi apa..” *ceritanya lagi telpon2an ma dita..*😀

    “Lagi nelpon tante”😀

  8. Dita kl telpon2an sm keke dan nai bs gak pk telpon itu?😀

    Bisa bun, tapi benangnya ber-kilo2 meter😀

  9. Evi said

    Hehehe..serius banget Dita ngupingnya..Emang siapa yg bicara Dit?🙂

  10. yeye said

    Dulu banget pernah main ini, tp pk kaleng susu😀

  11. Orin said

    kebayang deh senengnya Dita main telpon2an ini😀

  12. properti99 said

    Wah…kak Dita tambah pintar ya..Sejak dini memang harus dikenalkan dengan sains.

  13. […] perhatikan kadang Dita suka mainan yang “pura-pura”. Kayak benang kenur sisa bikin telpon-telponan tempo hari, sama Dita dijadikan “mie/bihun”. Kalau main masak-masakan, Dita bilang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: