Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita 4y4m

Posted by BunDit on October 18, 2012

18 Juni 2008 – 18 Oktober 2012

Apa kabar Dita diusianya 4 tahun-4 bulan?

Keren

Lagi suka banget ngomong dengan kata “keren” di dalamnya. “Bun…tadi Dita beli mainan Agry Birds di abang-abang, keren deh”. Atau “Yah…yang itu gambarnya jelek…ini lebih keren…”. Kalau ditanya, “Emang keren apaan sih sayang?”. Awalnya dijawab gak tahu, sekarang jawabnya “Keren itu bagus…” hehehe

Makin suka nimbrung ke dapur

Kalau lihat Bunda lagi di dapur, Dita langsung ambil kursi kecil dan ikut nimbrung. Yang pengin ikut nyuci piring lah,  ngocok telur lah. Pokoknya selalu pengin nyoba yang belum pernah. Kemarin pas Bunda ngulek bumbu, Dita pengin nyoba. Pas Bunda mau bikin jus jeruk, Dita pengin meres jeruk. Terakhir pas Bunda masak nasgor, Dita pengin ikut ngaduk-aduk, waduh Bunda agak serem juga kalau Dita di depan kompor gitu. Akhirnya Bunda kasih ngaduk2 pas nasgor nya sudah mateng dan kompor sudah dimatikan. Namanya anak-anak ya, apa2 pengin mencoba hehehe

Membalik Logika

Kalau Dita bagus makan sayurnya Bunda selalu muji. “Naaah, kalau makan sayur begini baru deh anak Bunda…”. Dita langsung menyahut cepat “Kalau gak suka makan sayur bun?”. Bunda jawab iseng “Anaknya teteh….”. Dita langsung protes “Bukan buuun….tetep anaknya Bunda kaaaan…” Hehehehe.

Atau kalau lihat Ayahnya sudah tidur duluan. “Buun, ayah kok tidur, gak lihat laptop dulu…”. “Karena Ayah capek pulang kerja…”. “Kalau ayah gak capek bun? “. “Yaa lihat laptop…”. Pokoknya kalau ada kalimat sebab akibat, selalu nanyain kebalikannya🙂

Laporan teman sakit

Setiap hari sepulang Bunda kerja, Dita selalu menyuguhi laporan teman-teman sekolahnya yang sakit. “Bun, tadi Rafly, Rara dan Aza gak masuk…”. Kalau di tanya “lho kenapa teman Dita banyak yang gak masuk?”. “Sakit bun….Aza sih gak suka makan sayur…makannya telur mata sapi mulu…jadi sakit deh”. Hehehehe itu kalimat Bunda yang Bunda katakan kalau Dita lagi ogah makan sayur dan maunya telur mata sapi mulu😀.

Besoknya laporan lagi “Bun….Aza sudah sembuh…tapi Rafly masih gak masuk..”. Dan si Rafly ini sering banget dilaporin Dita gak masuk sekolah. Setiap kali Bunda nanya Rafly kenapa lama gak masuk, dijawab  “Rafly kukunya kotor sih..jadi kumannya harus dipotong…” Hehehehe kalimatnya membingungkan😀

Awalnya Bunda bingung kenapa Dita selalu tahu siapa saja temen-temennya yang sakit. Pas Bunda sempet ngobrol sama miss nya, ternyata setiap kali ada anak yang gak masuk sekolah, misal karena sakit, sebelum pulang sekolah, anak2 bersama-sama mendoakan mereka sambil menyebut satu per satu nama anak yang gak masuk. Pantes Dita hafal hehe.

Ramah

Lupa mulu nulis yang ini, jadi ditulis sekarang. Waktu dulu 3 minggu belum ada tetehnya, Ayah atau Bunda yang nganter dan jemput Dita ke sekolah. Nah kalau pas di sekolah papasan mau masuk kelas/mau pulang semuanya di panggil ” Azaaaa….”, “Irfaaaaan….” Pokoknya semua dipanggil deh. Kadang anak yang ditegur diem, Bapak/Ibu nya yang nyahut. Ayahnya Dita pun cerita hal yang sama saat mengantar/menjemput Dita. Ramah nih anak Bunda hehehe

Konsep mahal-murah

Dita sih belum tahu, apa itu mahal/murah, tahunya kalau Ayah/Bunda bilang “mahal” artinya Ayah/Bunda belum mau membelikan. Makanya setiap kali nanya, “Bun, mainan ini mahal gak..”. Bunda bilang “mahal sayaaang…”. Dita langsung protes.. ‘Enggak mahalll….murah buun” hehehe

Love brokoli

Sayuran yang paling disuka Dita adalah brokoli, yang paling gak disuka adalah bayam. Tapi minggu kemarin dibikinin sayur bening bayam, lumayan doyan, tapi bayemnya harus dipotong kecil2. Alhamdulillah, Dita ini doyan makan sayur, walau kadang ogah-ogahan juga. Lauk favorit yang Dita gak pernah bosen adalah telur. Makanya kalau pas susah makan sayur, kami ambil jalan tengah, Dita setuju dibuatin telur dadar dicampur brokoli, eh tetep pakai sayuran ya? hehe. Ya kadang Dita maunya pakai telur mata sapi saja atau pakai nugget saja. Sesekali makan keringan gitu, oke lah. Anak-anak kan juga punya rasa bosan, seperti kita.

Tadi pagi ayah sempet bilang, “Dita ini makannya lumayan bagus ya bun, walau kadang keukeuh hanya  mau makan pakai telor mata sapi aja, tapi masih mau makan sayur”. Ayah cerita kalau pernah ngobrol sama Bapaknya si anu tetangga kompleks, makannya cuma mau sama kecap dan ayam goreng. Ayam goreng nya pun cuma mau tepungnya doang.

Oh ya, dulu untuk mengakali ketidaksukaan Dita sama Bayam, Bunda sesekali bikin puding JaYam (Jagung Bayam). Jadi rasa bayamnya disembunyikan didalam lezatnya puding jagung hehehe

Suka main kartu

Waktu jalan-jalan ke pasar modern kemarin, Dita pengin kartu Angry Birds, jadi kami belikan. Sesampai di rumah, Dita minta diajarin mainnya. Sama Ayah diajarin main “cangkulan” (Bunda mengenalnya dengan istilah main “minuman”). Menurunkan kartu dengan warna yang sama dan yang angkanya paling besar yang unggul, kalau gak punya kartu yang sama, harus “nyangkul” (kalau waktu Bunda kecil dulu istilahnya “ngunjuk”/minum—minum kartu hehe). Karena Dita sudah mulai tahu angka lebih besar/lebih kecil, jadi permainan kartu ini sambil mengasah otaknya. Bunda suruh baca angkanya dan menentukan mana yang lebih besar, yang lebih besar yang menurunkan kartu duluan. Dita seneng banget main kartunya, sudah bisa bagikan kartu, cara nyangkul kartu nya sudah lumayan ok, bagian ngocok kartunya aja yang Dita belum bisa😀. Dan kadang maunya mengklaim dia yang menang, padahal kartu yang di pegang masih banyak hahaha.

Trus ada jenis permainan kartu sederhana yang diajarin ayah. Jadi Dita pegang 1 kartu, Ayah pegang 1 kartu, trus Dita dan Ayah main toss tangan sambil menjatuhkan kartu. Kartu yang jatuh dengan posisi gambar di atas adalah yang menang. Dita seneng banget sampai joget-joget kalau kartunya menang sambil bilang “Dita menaaaang, Ayah kalaaah”😀

Expired Date Awareness

Setiap kali Dita mengambil cemilan/minuman dari kulkas dan mau dimakan/diminum, Bunda selalu mengecek tanggal kadaluarsa di kotak kemasannya dulu sambil bilang “Bunda lihat dulu…sudah expired belum…”. Maklum kadang Bunda suka lupa ngecek isi kulkas satu-satu secara periodik. Saking seringnya Bunda bilang begitu, sekarang Dita sendiri yang minta tolong Ayah/Bunda ngecek kalau dia mau makan/minum, misalnya ambil susu UHT/yogurt, Dita nyodorin susu/yogurtnya sambil bilang “Yah/Bun..ini sudah ekspairet belum…”. Ternyata mengajarkan hal-hal kecil tapi penting seperti ini dari kebiasaan saja ya🙂

Bekel cemilan favorit

Untuk bekel cemilan ke sekolah Dita paling suka roti tawar oles selai coklat-susu, ditaburin messes coklat dan dibentuk macem-macem. Saat ini Bunda hanya punya cetakan bentuk mobil, rumah, hati dan bulan sabit. Karena cetakannya kecil2 gitu, Dita makannya sekali emplok😀. Pengin bikin bekel sekolah ala bento yang lucu-lucu kok ya belum terealisasi mulu hehehe.

Tiket ke Surga

Di TK A sekarang, Dita sudah diajarkan infaq. Jadi setiap kali mau berangkat sekolah, Dita selalu bilang “Bundaaa, Dita minta uang 2 lembar, buat tiket ke surga..”. Awalnya Bunda bingung, apa itu tiket ke surga. Ternyata setiap kali infaq, Dita mendapat semacam bukti infaq begitu. Per lembarnya nominalnya 2.000. Miss nya yang selalu bilang bahwa itu tiket ke surga, eh langsung nancep kata-kata itu di kepala anak-anak. Jadi setiap kali pulang sekolah selalu ada 2 lembar tiket ke surga di tas Dita. Pernah suatu hari, Bunda cuma punya 1 lembar 2 ribuan, eh sepulang sekolah Dita protes “Bunda gimana sih…uangnya kok tadi cuma 1 lembar?”. Makanya sekarang Bunda sudah nukerin segepok uang 2 ribuan ke kasir kantor, khusus buat tiket ke surganya Dita hehehe.

Capek Dita hilang

Kalau Bunda pulang kantor langsung bilang sama Dita… “Sini sayang Bunda peluk….Duuuh kalau sudah peluk Dita, capek Bunda hilang deh…”. Eh sekarang Dita jadi ikut-ikutan “Bun…Dita lagi capek nih…peluk Bunda ya biar capek Dita hilang” hahaha

Selamat bertambah umur ya Dita sayang, semoga selalu sehat dan makin pinter serta makin memberi semangat Ayah Bunda untuk terus belajar menjadi orangtua yang baik🙂

9 Responses to “Dita 4y4m”

  1. hehehe….ikutan ketawa membaca closingnya itu bun…saat kak dita capek jadi niru niru pingin peluk..hehehe
    anak gadis yah bun…kinan juga demen banget kalo lihat mama atau utinya cuci2 piring minta ikutan..minta bantuain…mau ikutan iris iris lah ikutan peras peras..hehehe ….katanya nanti kalo adek udah besar bantuin mama masak…:)
    wah kak dita keren suka sayur..aduh kinan susah banget bun…….Happy ulbul semoga sehat selalu yah kak dita makin pinter, jadi kebanggaan ayah dan bunda🙂

    Mungkin Dita belum bisa dikategorikan suka sayur, tapi doyan sayur, lha wong kadang2 keukeuh gak mau sayur, maunya telor mata sapi hehe

  2. Lho, kok bisa sama ya sama kakak? Kakak paling gampang makan brokoli, cuma disiram air panas (blansir) pun ok. Daaaan, bayem jadi pilihan terakhir, musti dipotong alus,, kalo telor, mm Dita nurun pakdhe ya🙂

    Hahahaha kok bisa sama ya, Dita sama Kak Thifa. Kalau bayam emang dari kecil Dita kurang suka, mungkin karena agak seret, susah dikunyah kali, makanya sekarang harus dipotong kecil2 hehe. Iya pakdhe Agus kan telor lover😀

  3. Anak tuh selalu merekam omongan dan tindakan kita ya bun dan tiba-tiba menirunya hehehe, jadi pelajaran buat saya nih, supaya dalam omongan maupun tindakan musti yang bagus buat dicontoh😀
    Btw, Kak Dita tambah pinter dan ayu ya, sehat selalu ya kakak. Cium sayang selalu, selamat ulang bulan🙂

    Iya ma, anak mah peniru ulung hehehe. Makasih doanya ma, salam sayang juga buat Amanda🙂

  4. wow dita makin kerenmain ‘minuman’ ma ayah, sini aunty peluk😉

    hihihihihihihihi

    makin pinter dan sehat terus ya kak dita, rajin makan sayur biar gak sakit2an😀

    Heheheh sama ya nyebut mainan kartu nya “minuman”. Kalau di Jakarta bilang “cangkulan”😀. Makasih doa nya mom🙂

  5. Eva said

    Have a good day yah …

  6. Aku juga paling seringnya ngasih bekal berupa roti, bund… Soalnya Raja sebelum ke sekolah udah sarapan oatmeal semangkuk, trus makan siangnya juga setelah pulang sekolah, jadi keknya bekalnya cukup yang ringan2 aja, hehe….

    Dita makin ceriwis aja ya bund, ikut seneng baca perkembangannya…apalagi di bagian yang Dita ramah dan perhatian ke temen2nya itu..

    Selamat ulang bulan ya Dita, tambah cantik, selalu sehat, dan tambah cerdas yaaa

    Iya mam, Dita ini ceriwiiiiiii bangetsss hehehe. Makasih doanya mam🙂

  7. Wah oke juga tuh tiket ke surganya🙂

    Dita emang fans berat Angry Bird ya Bun, jadi semua peralatan bekal makanannya bergambar Angry Bird.

    Selamat ulbul ya nak…semoga sehat dan makin pintar

    Iya, Dita emang fans nya Engry Birds, masih banyak pernak pernik AB yang belum saya posting hehehe.

  8. vera said

    waahhh senengnya baca2 postingan ini, dita makannya gampang, penurut, pinter, kritis. moga jd anak sholehah ya, Nak

    Heheheh tidak seideal itu sih mam, sesekali ya ngebangkang juga, namanya juga anak2. Amiiin, makasih doanya mam🙂

  9. Lidya said

    anak-anak tuh suka lihat tanggal expired dikemasan makanan ya, kemarin ini j Pascal gak menemukan tanggal dikemasan disalah satu kemasan nori bingung aku bun.

    Dita masih setia dengan Angry Birdsnya ya

    Iya mam, Dita sangat setia nih sama AB nya, masih ada pernak pernik AB yang belum kuposting…nanti aku posting deh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: