Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Mudik Jogja 2012 #7 : Kumpul Sepupu di ARiTa

Posted by BunDit on September 28, 2012

Selasa, 21 Agustus 2012

H+2 Lebaran tanpa AyDit bersama kami karena kemarin malam sudah balik ke rumah Bekasi, hiks😦. Kami semua gak ke mana-mana. Berkumpul aja di ARiTa. ARiTa adalah nama rumah makan dan penginapan YangTi-Kung di Parangtritis. Seperti pernah Bunda singgung sebelumnya, Ibu Jogja emang asli dari Parangtritis. Ibu adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara. Budhe Har dan Paklik Nono, saudara ibu, memang rumahnya di Parangtritis dan sudah lama membuka rumah makan dan penginepan di sana. Anak-anak budhe dan paklik pun, yaitu sepupu Bunda, 6 orang dari 7 orang sepupu, tinggal di Parangtritis juga dan mempunyai rumah makan serta penginapan. Hanya ibu yang semenjak menikah tinggal di Jogja dan bekerja kantoran. Dan anak-anak ibu, Bunda, mas Agus dan dik Tantri pun setelah lulus kuliah tidak ada yang “pulang” ke Parangtritis, malah merantau ke Bandung dan Jakarta🙂

Tahun 2004, setelah ibu pensiun, kami sekeluarga pindah ke Parangtritis dan seperti saudara-sauda ibu yang lain, ibu membuka rumah makan dan penginapan. Waktu itu ibu minta ide ke Bunda saat mau menamakan RM dan penginapannya. Kakak dan adik nya ibu menamakan rumah makan dan penginapannya dengan nama mereka, tapi atas usul Bunda, dan disetujui mas Agus dan dik Tantri, RM dan penginapan punay ibu, kami diberi nama ARiTa, yang merupakan singkatan dari Agus Ririn dan Tantri😉

Jadi sekarang kami bertiga sekeluarga, kalau mudik ya ke rumah Bapak Ibu di Parangtritis. Tempat wisata Pantai yang sangat terkenal di Jogja. Dan kami, jika lebaran begini, pasti ikut membantu ibu jualan. Ibu sendiri dibantu 1 ART yang telah dididik ibu jadi juru masak. Kalau pas lagi ramai seperti Lebaran, Tahun Baru, libur anak sekolah, ibu biasanya meng-hire 1 orang lagi untuk membantu memasak. Namanya juga rumah makan ya, jadi pasti ramainya pas jam makan. Jadi kalau semua meja terisi semua, waduuuuh ribet benerrrr. Soalnya urusan perut ya, jadi semuanya maunya cepat. Bunda sama dik Tantri sih biasanya membantu sebagai waiters dan kasir. Selain itu juga sebagai supervisor penghubung antara tamu yang makan dan juru masak. Orang pesen makanan kan bisa macem2 permintaannya, misalnya pesen nasgor aja, ada yang minta pedes banget, ada yang mintanya kecap/saus nya dibanyakin, yang begini begitu. Jadi kalau gak ada penghubungnya, juru masaknya suka bingung. Nah disini peran Bunda atau dik Tantri layak diperhitungkan hehehehe😀

Kalau Bunda dan dik Tantri sibuk ikut berkutat di RM, Dita sama Titha sih mai terussss hehehe. Ya enak juga sih, jadi malah gak ngegangguin. Kalau dik Tantri sendiri karena tahun ini punya Talitha yang masih 1 tahun-an, jadi ya mbantuinnya disambi momong anak hihihi.

Oh ya, pagi-pagi  itu Mutti Ella sekeluarga bermain ke pantai. Sebenarnya Bunda pengin ngajak Dita untuk main ke pantai lagi, tapi karena dari semalam badan Dita agak anget karena batuk, maka Bunda dan Dita gak jadi ikut. Angin laut kan kenceng banget, takut makin parah.  Bunda tampilin foto mereka yang Bunda ambil dari FB nya Mutti Ella (pinjem ya Mutti…..). H+2 lebaran Parangtritis ruameeee🙂

Sepulang dari pantai, Thifa (8,5y), Titha (6,5y), Dita (4y), Talitha (1y) pada ngumpul. Mutti Ella membawa banyak baju punya Thifa dulu yang mau dilungsurkan ke Titha, Dita dan Talitha. Mereka seneng banget dikasih baju Kak Thifa dulu yang masih bagus-bagus. Makasih ya kak Thifa dan Mutti Ella. habis itu mereka ngebantuin yangti ngebungkusin permen😀

Malamnya Thifa, Titha dan Dita ngumpul2 lagi, main G-Tab. Thifa punya G-Tab (punya Bundanya siiiih), Titha barusan dibeliin G-Tab (punya Ayahnya siih?), Dita sendiri yang belum punya…uhuk… Jadinya Dita exciting banget main Angry Birds di G-Tab. Tapi habis itu Dita gak minta dibeliin G-Tab lho. Kalau minta pun, gak langsung Bunda beliin siiih hehehe

….to be continued….

7 Responses to “Mudik Jogja 2012 #7 : Kumpul Sepupu di ARiTa”

  1. Ralaaaat,,, Kakak Thifa gak punya G-Tab, Bulik. Itu punya bundanya, hihihi.

    Udah diralaaaat hehehe😀. Mutti Ella punya, paklik Tito punya, Ayahnya Dita yang belum punya ya…😀

  2. Aduh lama gak berkunjung kemari, ketinggalan banyak cerita….ntar kalo maen deket Parangtritis,bisa nih mampir ke rumah makannya ya Bun😀

    Silakan mam..🙂

  3. fety said

    Bundit mau nanya, mutti itu artinya apa yah? Aku jg punya teman yang keluarganya punya rumah makan di parangtritis. Temanku itu namanya tantri. Dulu kuliah di fisipol UGM. Sewaktu Lebaran gak plg, aku nginap di sana Bundit. Bundit kenal? Udah lama kehilangan no hpnya.

    Hehehehe mutti itu panggilan yang di create kakak ipar saya aja. Dikarenakan kalau dipanggil “budhe” berasa gimanaaa gitu….maka sepupunya Thifa manggilnya “mutti”. Coba dik Ella bisa jelaskan hahaha.
    Wah saya gak kenal Tantri, anak fisipol UGM. Masih inget gak, rumahnya juga penginapan kah? nama penginapannya apa ya?🙂

  4. akur juga ya main g-tabnya🙂

    Thifa sama Titha sih sudah “dewasa” gitu bun.. Kalau Dita sih masih berasa “anak2” nya hehehe. Jadi mereka lebih banyak “ngemong” Dita😀

  5. nama yg bagus bun🙂
    kapan2 klo ke parangtritis mampir ahh ke arita, dapet diskon ya bun😛

    Semoga ibu saya bisa kasih diskon setelah mbak Nike menyebut nama saya 3x hahahaha😀

  6. ya kalo 2004 dah gak maen ke paris lagi bund….makanya gak pernah sowan ke ARITA😀

    besok kalo ke paris mampir arita ach….ada diskon gak😆

  7. Mutti itu bahasa aslinya dari bahasa Jerman, die Mutter, yang artinya “Ibu”. Karena saya sulung dan menikah dengan sulung pula, plus di urutan per-sepupuan keluarga saya, saya termasuk yang mbarep, jadi otomatis ‘kan jatahnya jadi Budhe terus yak😀 Nah, biar gak berkesan ‘sanggulan dan jarik-an’, jadi saya minta dipanggil Mutti aja. Biar Imutt gituuuu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: