Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Mudik Jogja 2012 #5 : Sholat Ied di Gumuk Pasir

Posted by BunDit on September 14, 2012

Minggu, 19 Agustus 2012

Dan…inilah hari yang Bunda tunggu-tunggu, sholat Ied di gumuk pasir bersama Ayah. Sudah 3x kali lebaran di Jogja, 2x yang pertama Ayah selalu pulang sebelum hari H lebaran. Tahun ini, Alhamdulillah bisa bareng-bareng Ayah. Bahagiaaaa banget rasanya🙂

Jam 6 pagi kami sudah siap. Dita juga bisa bangun pagi. Yang berangkat sholat ied cuma Bunda, Ayah, Dita dan Ibu. Bapak tidak bisa berangkat seperti tahun lalu karena kondisi yang tidak memungkinkan. Jarak rumah ke lokasi sholat ied sekitar 1 km, jadi kami naik mobil. Masuknya dari Parangkusumo, tempat inilah yang biasanya untuk acara-acara sakral seperti labuhan, yang prosesinya berawal dari sini.

Sampai sana sudah banyak yang datang, kami langsung mencari tempat sholat, Ayah mencari parkir mobil dulu. Karena sholatnya di gumuk pasir, agak susah juga jalan di atas pasir, berat hehe. Ngelihat banyak yang jualan, seperti tahun lalu, Dita minta di beliin balon, kalau tahun lalu balon UpinIpin, sekarang minta Sponge Bob, plus minta ice cream🙂

Walau sudah 3x berturut2 sholat ied di gumuk pasir, tapi selalu merasa punya sensasi baru. Di tempat sholat ied ini pula, lokasi untuk latihan manasik haji. Emang berasa di gurun pasir😀. Selama sholat, Dita anteng sih, tapi anteng main pasir🙂

Selesai sholat Ied dan mendengarkan kotbah, Ayah menyamperi kami. Dita minta mainan kitiran (baling-baling). Kitirannya bentuknya jadul seperti saat Bunda masih kecil.

Kami sengaja pulang belakangan karena menunggu jalanan untuk keluar mobil agak sepi. Mobil yang berderet di sepanjang jalan banyak yang berplat luar Jogja. Artinya banyak juga warga Parangtritis yang merantau ke luar jogja. Kami pulangnya muter, melewati Tempat Pelelangan Ikan dan keluar tepat di dekat TPR (tempat pemungutan retribusi).

Sebelum sampai rumah, kami mampir di masjid deket rumah untk berhalal bihalal dengan seluruh warga sekitar. Lanjut pulang ke rumah, sungkem Bapak Ibu dan selanjutnya ke rumah budhe dan rumah para sepuh sekitar rumah untuk sungkem. Setelahnya, makan!. Menunya seperti tahun lalu, opor ceker+kepala ayam plus sambal goreng daging. Nikmaaat…🙂

Kemarin lupa ambil foto karena saking lapernya, Bunda pasang foto menu spesial lebaran 2010 yang dari tahun ke tahun tak pernah berubah :

Sorenya Dita Bunda bangunin karena sebelumnya minta berenang di kolam renang dekat pantai. Maunya jam 4 sore, tapi Dita susah dibangunin, jadinya jam 5 sore baru jalan. Kalau sudah sore begitu, di pantai Parangtritis anginnya kencang banget. Dengan agak takut2 Dita nyemplung ke kolam renang. Ini kolam renang dadakan, yang di buat saat pantai Parangtritis ramai. Gak ada yang istimewa di kolam renang ini. Tapi ya namanya anak2 tetep seneng kalau bermain di air. Dita sendiri gak berani renang di tengah, padahal airnya cetek hehehe. Biasanya ditemenin Ayah sih ya nak?😀

Karena angin makin kencang, Dita Bunda suruh udahan. Walau Dita agak protes, akhirnya mau mentas juga. Tarif berenangnya cukup 5rb saja😀

…to be continued….

6 Responses to “Mudik Jogja 2012 #5 : Sholat Ied di Gumuk Pasir”

  1. itu piring opornya yang dari seng kan *benerkan* , yang ada warna warni polos juga *salahFokus*

  2. wah bagian sholat ied di gumuk pasirnya ini yang ditunggu tunggu…begitu juga dengan opor kepala dan cekernya…heheh kemarin bagian itu ayahnya kinan yang ngabisin…:)
    kemarin kita hari raya pertama juga bikin opor ayam dan labu/ jipang bun…sama ketupat…mak nyus dan berasa nuansa lebarannya..
    wah menunggu nunggu episode kopdar sama mbak tika nya juga nieh..:)
    monggo dilanjut bun…:)

  3. ngiler sama opor kepala ayam dan cekernya😀
    seru ya sepertinya sholat diatas gumuk pasir.. jadi pengen nyoba deh🙂

  4. Lidya said

    Dita malah asyik makan es cream ya🙂 sempat bawa hp ya bun sholatnya, aku malah ga keingetan

  5. asik kayaknya sholat di atas gumuk pasir ya mbak🙂

  6. vera said

    kesampean lagi ya bun, makan ceker ama kepala ayam hihihihi…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: