Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Mudik Jogja 2012 #4 : Pantai Parangtritis & Gumuk Pasir

Posted by BunDit on September 10, 2012

Sabtu, 18 Agustus 2012

Karena sudah ada keluarga dik Tantri, pagi2 kami memutuskan ke pantai rame-rame. H-1 lebaran, Pantai Parangtritis masih belum begitu ramai. Beneran deh, main air di pantai Parangtritis itu gak ada bosannya🙂

Langsung Bunda tampilkan video dan foto2 nya aja ya?

Oh ya, saat dik Tantri duduk2 di pasir sama Talitha itu, rasanya lokasinya sudah cukup jauh dari bibir pantai, eh tiba-tiba sisa ombak ngeloyor aja sampai di sana. Buru-buru dik Tantri mengangkat Talitha, tapi BB nya sempet kena air laut deh😦. Ombak pantai Parangtritis memang tiba-tiba bisa besar begitu. Jadi kalau main di sana, harus bener2 menerapkan waskat alias pengawasan melekat dan ketat buat anak-anak.

Ingatan jadi terlempar saat Bunda masih SD. Main ke pantai Parangtritis sama mas Agus dan Mbak Arti (sepupu, anaknya budhe). Rupanya kami main terlalu ke tengah, jadi kaki seperti tertanam di pasir dan susah di angkat!. Karena panik,  kami teriak minta tolong. Untungnya ada orang yang denger dan kami di angkat di bawa ke pinggir. Dalam keadaan seperti itu kalau kena gulungan ombak besar pastinya sangat berbahaya, bisa hanyut terbawa dan tenggelam. Serem😦

Eh…Bunda cerita itu jangan lantas takut ke Pantai Parangtritis ya. Itu untuk peringatan aja, kita harus hati-hati. Karena pantai laut selatan itu pantai yang ombaknya sangat besar, tidak bisa untuk berenang. Kalau main gak perlu ke tengah-tengah. Di pinggirannya saja sudah asyik banget kok dan pasti aman. Yang paling seru memang, sensasi di kejar ombak. Jadi agak mendekat, pas ada ombak besar trus lariiiiiii. Rasanya gimanaaa gitu😉

Siang harinya, anak-anak main aja. Karena Dita lebih kecil dari Titha, jadi apa-apa Dita ngikut sepupunya itu. Rambut Titha dijalin sama YangTi, Dita ngikut. Bunda suka deh kalau rambut Dita dikuncir atau di jalin gitu, pipinya kelihatan makin montok hehe. Di rumah YangTi-Kung, Dita ngambilin mulu susu UHT yang di jual yangti😀. Mengenai ARiTa, restonya YangTi, Bunda bahas nanti ya. Darimana asal usul nama ARiTa dll🙂

Sorenya Dita kesepian deh, karena dik Titha harus ke rumah yangti-kung nya di Kulonprogo. Dik Tantri sekeluarga memutuskan besoknya mau sholat ied di sana. Makanya sore nya, Ayah Bunda ngajak Dita keliling-keliling melihat gumuk pasir. Sekalian Bunda nunjukin ke Ayah tempat sholat Ied esok hari. Sayang, BB Bunda habis baterai jadi cuma sempat foto pantai dan gumuk pasir dari jarak jauh dengan sedikit moncong mobil. Sekedar niru-niru foto dengan style profesional gitu, bukan sok mau pamer. Lagian bukan mobil mewah ini, apanya yang dipamerin ya😀.

Gumuk Pasir atau Sand Dune merupakan sebuah bentukan alam karena proses angin disebut sebagai bentang alam eolean (eolean morphology). Angin yang membawa pasir akan membentuk bermacam-macam bentuk dan tipe gumuk pasir

Gumuk pasir di sepanjang laut selatan adalah fenomena alam yang sangat langka. Bahkan gumuk pasir dengan karakteristik yang sama hanya dijumpai di meksiko. Sebaran gumuk pasir pantai selatan ini memanjang dari muara sungai opak hingga parangtritis. Jarak terdekat gumuk pasir dari pantai sekitar 200 meter dan terjauh 1,8 kilometer.

sumber : swarabumi

Bunda suka dengan fotonya hehehe. Jadi inget duluuu, Bunda mainnya di gumuk pasir di belakang rumah Yangti-Kung. Sekarang gumuk pasir di belakang rumah sudah banyak didirikan rumah…

…to be continued….

11 Responses to “Mudik Jogja 2012 #4 : Pantai Parangtritis & Gumuk Pasir”

  1. Bermain pasir dan air di tepi pantai memang tidak membosankan…:)
    sama seperti kinan disini hampir tiap weekend ke pantai bun..:)
    kebersamaan yang indah dengan keluarga yah bun…seneng lihat photo photonya…jarang jarang bisa kumpul seperti itu yah bun..

    Namanya juga anak pantai mam hihi. Thanks ya mam🙂

  2. penasaran nunggu cerita selanjutnya😀

    Masih 5 episode lagi nih mam… tertatih2 nulisnya hehehe

  3. Fadilah said

    Mbak,minta kontaknya dong,ada yg mw dtanya soal mpasi.thanks

    email ke omahbundit@yahoo.com aja mam. Thanks🙂

  4. sayang bgt kl gumuknya skrg udah beralih jd rumah ya.. Pantainya lg sepi ya bun.. enak kl gitu🙂

    Karena masih puasa bun. Nanti ada foto pantai Parangtritis pas setelah lebaran hehehe

  5. ditunggu cerita selanjutnya bun
    salam kenal🙂

    Siap mam,. Salam kenal juga🙂

  6. Lidya said

    enakya kalau rumahnya dekat pantai

    Kalau sekali2 ke sana sih enak2 aja. Kalau yang asli sana, biasa aja kali mam😀

  7. wah asiknya ..main2 pantai..foto siluetnya bagus deh bunDit

    Heheheh itu foto iseng aja, cuman diambil pake BB🙂

  8. monda said

    masih penasaran dgm gumuk pasirnya nih…

    Ke Pantai Parangtritis aja kak🙂

  9. Vera said

    Wahhhh….senengnya main di pantai, kmrn gak sempet ke parangtritis😦

    Kapan-kapan ke Parangtritis y mam🙂

  10. Memang harus hati-hati ketika bermain di pantai ya bund, soalnya banyak kejadian kita terlena, mikirnya masih jauh dari air ternyata ombak besar tiba-tiba datang…

    Senangnya liat Dita main pasir gitu…main di pantai adalah aktivitas yang gak bisa sering Raja lakukan, secara di palembang gak ada pantai…😀

    Kapan2 kalau ke Jogja main ke Parangtritis ya mam. Raja pasti seneng🙂

  11. Nungguin yang ada akunya masih lama yaaaaaa… *ngemil akar kelapa*

    Hahahaha, mutti ella adanya mulai pas Syawalan, episode #6 yang baru disusunnih. Duuuh..begini kalau keukeuh nulisnya detail…gak kelar2 hehehe. Btw, akar kelapanya sudah habis sekilo nih, masih sekilo lagi hehehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: