Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Abon Ikan Roa

Posted by BunDit on March 27, 2012

Hampir 2 minggu lalu, temen kantor yang orang Marketing, dines ke Menado untuk ketemu dealer baru di sana. Eh saat di bbm, Bunda kok mendadak pengin abon ikan roa khas Menado. Jadi nitip deh. Bunda bilang kalau ketemu aja, gak usah khusus nyari, soalnya jadwal temen tsb cukup padat plus pesen gak usah yang mahal2 (walau temen Bunda pasti gak minta ganti sih :D)

Duluuuu, waktu masih ngekos di Rawamangun, Bunda punya temen pramugari orang Menado, namanya Esti. Setiap kali terbang ke Menado, dia selalu bawa oleh-oleh abon ikan roa. Abon ikan roa ini teksturnya agak basah, rasanya gurih pedas. Enak banget dimakan dengan nasi hangat. Gara-gara sering makan abon ikan roa, Bunda jadi ketagihan. Habis enak bangetsss😀

Makanya waktu nitip abon ikan roa ke temen kantor itu, Bunda jadi inget Esti. Anaknya baik, sayang tidak berumur panjang. Ingeet banget dia menikah di tanggal cantik 030405 (3 April 2005), tapi belum genap setahun pernikahannya, Esti sakit dan meninggal karena komplikasi yang menyerang jantungnya. Sedih deh kalau inget itu. Lagi bahagia-bahagianya menikah, sempat hamil tapi keguguran, tapi Tuhan berencana lain😦 . Semoga dirimu selalu damai di sisiNya ya Es. Bunda pengin pajang foto anak2 kos saat ke Bandung, yang ada Esti, tapi fotonya Bunda tinggal di rumah yg lg renov dan belum sempat Bunda scan. Ntar fotonya disusulin deh.

Ok, balik ke abon roa. Ikan roa sendiri bentuknya kecil langsing seperti ini :

picture taken from here

Nah, abon ikan roa yang dibawain temen Bunda kemarin merknya Kawanua. Ternyata teksturnya agak kering, beda dengan yang suka di bawa Esti dulu. Bunda bbm ke temen Bunda, kalau abon ikan roa nya meski agak kering tapi tetep enak. Temen Bunda bilang “ya enak lah…itu yang mahal punya”. Hehehehehe jadi gak enak hati. Katanya lagi “Udah jauh-jauh ke Menado, masak beli yang biasa aja…”😀. Ah, makasih ya Pak. Cuma Bunda gak nanya harga pastinya sih😛

Seperti yang Bunda bilang di atas, abon ikan roa ini nikmat banget dimakan pakai nasi putih hangat. Beberapa hari Bunda bawa bekel dari rumah nasi + abon ikan roa untuk sarapan di kantor. Hmmmmm….ajiiiiib:mrgreen:. Bunda ini memang penyuka masakan daerah, ya Sumatera, ya Sulawesi. Kalau Kalimantan, apa ya yang enak? *siapa yaaa yang dari Kalimantan?*🙂

8 Responses to “Abon Ikan Roa”

  1. hmmmmmm tanggung jawab nieh bun..kemecer ini…penasaran ma ikan roa…ikan roa ma ikan cakalang dari menado itu sama nggak bun?? dulu ada punya kawan juga dari menado, pernah ngasih ke saya masakan tapi ikan cakalang..enak banget…apakah sama??
    hmm….jadi pingin ngerasain abon ikan roa neh…

    Beda mam. Tapi ikan cakalang juga enak. Kalau kata temen saya yang saya titipin kemarin, dia lebih suka ikan cakalang. Ya selera aja. Kalau saya doyan dua2 nya😀

  2. ~Amela~ said

    belum pernah nyobain nih bunda.. baru inget kalau udah lama ga beli abon.. hehhe

  3. Aku jadi kepingin nyobain Abon Roa juga nih. Titip sapa yaaa ? hihihi

  4. Roa…oh roa!!! Aku kangen padamuuu!!! Huhuhuhuhu…

    Aku barusan nulis soal ikan laut di Palembang di blog ku, Bund, dan itu udah bikin aku kangen sama aneka ikan laut di Manado. Tambah lagi baca soal si roa ini, huhuhuhu…aku tambah merinduu!!

  5. Goiq said

    waaah kayanya enyak.. kalo ke manado mesti beli abon ikan roa nih.. tks yah bun infonya🙂

  6. vera said

    waahhh jd pengen coba…..enak ya?

  7. pengen nyobaaaa…🙂

  8. Lidya said

    belum pernah coba bun, kalau disini yg jual dimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: