Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Moving Home

Posted by BunDit on March 16, 2012

Ya ampuuuun, sudah hampir sebulan tidak ada tulisan baru di blog ini. Ntar kalau bilang sibuk, orang mikir Bunda kerja apa sih sibuk mulu hehehehe. Sebenarnya di sela2 istirahat kerja, Bunda nyicil nulis, tapi gak kelar2 hahahaha. Blogwalking juga sami mawon😦. Hari ini nyempetiiiin banget. Habis publish ini mau meeting lagi..nah lho sok nggaya sibuk miting kan😛

Hmmmm…sudah 13 hari kami di rumah kontrakan. Ya, ya, ya….kami memutuskan pindah rumah sementara, selama rumah kami direnov.

Ceritanya, jauh-jauh hari kami, Bunda dan suami memang berencana mau merenovasi rumah. Dapat rekomendasi arsitek dari seorang teman kantor, yang sangat puas dengan hasil kerjanya. Langsung deh kami buat janji dengan arsitek dan mengutarakan kemauan kami merenovasi rumah. Setelah beberapa kali bertemu untuk membahas design dan hampir 1 bulan berbalas email untuk merevisi sana-sini, akhirnya design menemukan titik sepakat. Paling deg-deg-an saat terima RAB. Ufff…ternyata renovasi rumah itu tidak murah jendral!😀. Padahal gak renov total lho, renov kecil-kecilan karena dana terbatas😦.

Arsitek ini sekaligus kontraktor juga. Info dari dia, tukangnya baru selesai proyek di Taman Kota sekitar tanggal 12 Maret, jadi kami masih nyantai saat bulan February akan habis. Mulai nyicil packing-packing aja. Yang terpenting juga sudah mulai survey rumah kontrakan di cluster yang sama. Beberapa rumah yang dikontrakan, minimal harus dikontrak 1 tahun, ah sayang banget biayanya, soalnya renovasi diperkirakan memakan waktu 2-3 bulan.Malah waktu Bunda nelpon salah satu rumah yang dikontrakan dijawab begini “Kalau 3 bulan sih namanya nge-kos Bu, bukan ngontrak”. Yeee…namanya juga nanya😀

Ayah Bunda inget waktu kumpul arisan saudara di dekat rumah, ternyata ada saudara yang punya rumah di cluster yang sama dengan rumah Bunda. Cuma sudah lama rumah itu tidak ditempati. Adik saudaranya yang setiap bulan bersihin dan tinggal beberapa hari di sana. Akhirnya Bunda telpon saudara Bunda, mereka langsung ok saat Bunda mau ngontrak 2-3 bulan, biayanya pun dihitung per bulan. Walau rumahnya kecil tapi cukuplah untuk sementara ini.

Eh tiba-tiba menjelang akhir bulan, kontraktor bilang, tukang sudah siap tanggal 4 Maret, dan malam nya akan langsung ke rumah. Waduh, langsung panik deh. Ayah langsung cari tukang buat bersihin dan benerin sedikit rumah kontrakan. Saudara yang punya rumah kontrakan gak ada waktu buat bersihin, makanya kami yang melakukan. Kalau ada yang diperbaiki, kami disuruh memperbaiki sendiri, nanti dipotong uang sewa. Akhirnya Bunda sempet cuti sehari buat packing barang. Hari Sabtu, 4 Maret, Ayah kuliah dan gak bisa ditinggalkan. Teteh Bunda suruh ngepel lagi rumah kontrakan.

Lagi seru-serunya mau pindahan, malam Sabtunya Dita tiba-tiba muntah. Kemudian paginya diare. Gak doyan makan, makanya badannya lemes dan maunya tiduuuuur mulu. Jadi pikiran Bunda dobel-dobel deh. Sediiiih banget liat anak Bunda yang jarang sakit dan kalau sakit paling batuk pilek, sekarang diare dan muntah. Keceriaannya langsung hilang seketika. Bunda inget, Dita terakhir diare waktu mudik lebaran 2009 ke kampung halaman suami di Padangsidempuan.

Karena Dita gak doyan makan dan minum pun dimuntahkan, diarenya juga makin parah, karena takut dehidrasi, sorenya pas Ayah pulang dari kuliah, langsung kami memutuskan untuk ke DSA. Walau baru sehari tapi membaca Tata Laksana menangani Diare, Bunda memutuskan segera membawa Dita ke DSA. Di kasih Anti Biotik dan obat anti muntah. Akhirnya sekembalinya dari Rumah Sakit, Ayah mulai mengangkut barang yang kecil2, bolak balik pakai mobil ke rumah kontrakan. Jarak rumah sama rumah kontrakan kan cuma 100 m dan masih dalam cluster yang sama, jadi gak kena macet😀. Habis maghrib, Ayah menyewa mobil bak terbuka buat ngangkutin barang yang besar-besar : Kulkas,  kasur, sofa, meja tv, jemuran, tabung gas.  Mesin cuci gak dibawa karena kebetulan baru saja rusak, dan sekalian ntar belinya habis renov saja. Tempat tidur dan lemari juga ditinggal karena mengingat minimalisnya tempat. Untungnya di perumahan masih ada proyek pembangunan rumah, jadinya gak jauh2 mencari mobil untuk ngangkut barang.

Benar2 deh Bunda berterima kasih sama Teh Dela yang sigap banget membantu pindahan. Karena Bunda lebih mengurusi Dita yang lemas tidak ceria karena sakitnya. Akhirnya hampir jam 9 malam baru kelar mindahin barang dan menatanya di rumah kontrakan. Wuiiih ternyata banyak juga barang-barangnya nih. Itu pun sebagian masih banyak barang yang tidak dipakai sehari-hari yang ditinggal di 2 kamar di rumah. Nanti kalau renovasi belakang sudah kelar, barangnya dipindahin ke kamar belakang saja. Jadi yang dibawa ke rumah kontrakan benar2 yang dibutuhkan sehari2 selama 2 bulanan.

Malamnya sekitar jam 10 malam, tukangnya datang. Awalnya Bunda minta tukang datangnya gak usah buru-buru. Cuma kata kontraktornya,karena kerjaannya di Taman Kota sudah selesai dan kalau gak langsung ditransfer ke rumah, tukang biasanya minta pulang ke Bandung. Arsitek dan tukangnya emang berasal dari Bandung. Akhirnya ya malam itu tukang2 sudah stay di rumah kami, karena besok Minggunya tgl 5 Maret sudah mulai kerja.

Alhamdulillah, hari Minggu pagi (5 Maret 2012) Dita sudah mulai doyan makan dan mulai ceria. Karena hari itu Bunda mendapat undangan nikahan temen kantor. Awalnya Bunda sudah pasrah gak bisa datang karena Dita sakit. Tapi liat anak Bunda sudah mulai ceria, kami memutuskan menghadirininya. Resepsinya di Jakarta Islamic Centre di Kramat Jaya, Koja. Disana Dita sudah lari kesana kemari. Duuuh, bahagianya melihat wajah ceria Dita🙂

Sekembalinya dari nikahan teman Bunda, masih ada 1 masalah yang belum terpecahkan soal rumah kontrakan. Kebetulan rumah kontrakan menggunakan PLN Prepaid. Setelah Ayah beli token, PLN Prepaid nya gak mau diisi pulsa, dimasukin no tokennya, dilayar muncul “GAGAL” mulu. Baru sekali ini berkenalan dengan PLN Prepaid, jadi gak mudeng. Sisa pulsa nya tinggal sedikit, jadi sudah deg-deg an tiba-tiba listrik mati aja. Akhirnya telpon PLN deh. Eh gak lama kemudian, datang mobil berlogo PLN lengkap dengan tangga segala. Turun 2 orang teknisi. Masih muda. Gesit. Ramah. Semangat. Langsung ngotak-atik perangkat PLN di rumah. Beberapa kali roger2 an menggunakan Handy Talky. Kayaknya koordinasi dengan org pusat. Beberapa kali menulis dan menginformasikan sederetan nomor. Terakhir memasukkan nomor ke perangkat PLN dan sukes memasukkan no token isi ulang. Horeeeeee😀. Makasih mas PLN, eh mereka bukan org PLN tapi dari outsource company ya?

Katanya PLN Prepaid ini sering mengalami problem gak bisa memasukkan no token isi ulang. Padahal PLN Prepaid ini solusi yang bagus buat PLN dan Customer PLN. PLN gak menghadapi customer yang nunggak bayar. Customer pun bisa memperkirakan kebutuhan listriknya, apalagi untuk rumah yang sering ditinggal, menghindari kemungkinan lupa membayar tagihan PLN yang berarti terhindar dari pemutusan listrik. Semoga PLN prepaid ini bisa lebih bagus dan gak banyak masalah.

Ok, back to the topic. Hari senin, Dita sekolah seperti biasa. Tapi hari Selasa malamnya Dita gak bisa tidur, kayaknya gelisah banget. Rewel sepanjang malam, Bunda juga gak tahu kenapa. Jadinya Rabu paginya, dari Bunda mandi sampai Bunda berangkat ke kantor, Dita masih nyenyak tidur. Akhirnya Bunda pamitin ke sekolahnya kalau Dita gak masuk sekolah, padahal hari itu ada acara Store Tour ke Mc. Donald. Dari kantor Bunda berulang kali telpon teh Dela, katanya Dita jam 9 baru bangun dan minta makan, habis itu tidur lagi tanpa mandi. Pas siang, menurut laporan teh Dela, Dita kebangun karena ngompol dan minta mandi, habis mandi tanpa makan siang langsung tidur lagi. Wah, kayaknya anak Bunda ngantuk berat karena semaleman gak tidur, kasihan juga.

Bunda jadi mikir apa Dita gak betah di rumah kontrakan atau gimana. Kata Ayah, mungkin lagi adaptasi, karena memang tempatnya tidak selega di rumah, kamarnya pun serasa sumpek. Tapi alhamdulillah, setelah itu malam-malam selanjutnya, tidur Dita bisa nyenyak seperti biasa. Dita juga nanya “Bunda…kenapa Dita di sini? Gak di rumah?” Bunda bilang “Rumah Dita dibenerin sama oom nya dulu biar bagus. Dita mau kan punya kamar sendiri?”. Dijawab “Mauuuu…”. “Trus maunya kamarnya di cat warna apa? “. “Dita mau warna bluuuuuuuu…trus ada gambar angry birds….” Hahahahah Bunda ngakak. “Tapi kakak Dita nanti tidur sendiri ya di kamar?”. Langsung deh Dita meluk Bunda “Gak mauuuu, Dita mau tidur sama Bunda. Dita kan sayang sama Bunda…” Waaaa….:D. Yaaa…nanti lihat dulu deh kalau kamarnya jadi ya nak. Dibetah-betahin dulu sementara di rumah kontrakan ini ya sayang….🙂

Ok segitu aja dulu update blog nya nih. Have a nice weekend🙂

11 Responses to “Moving Home”

  1. wah bundaaaaaaa ditaaaaaaaaaaa kangennnnnn lama nggak update yah bun..ternyata emang lagi bener bener repot sana sini yah bun..:)
    waduh senangnya yah bun renovasi rumah..hiks…masih ngontrak neh bun, bingung mau nentuin mau beli rumah disini atau dijawa dulu……tahun ini harus dah deal keputusannya……semoga semuanya berjalan lancar..
    Disini rumah kontrakan malah bulanan bun bayarnya…jarang sekali yang tahunan…
    wah kak dita baru sakit yah bun?? sekarang pastinya dah sehat..semoga sehat terus yah kak dita..sabar yah ditempat yang baru ….kan sementara aja, nanti kalo dah selesai renovasinya pasti menyenangkan dengan kamar sendiri kak dita yang ada lukisan angry bird nya..:)
    Kiss buat kak dita yah bun..

  2. Iya, kangen sama BunDit dan cerita kak Dita.
    Jadi sementara BunDit ngungsi dulu ya ? Yo gak apa-apalah. Sing penting selese renov rumahnya jadi apik dan cantik.

  3. bekti said

    Sama bun, ga sempat update blog. Bahkan bulan februari bener-bener blong, ga ada tulisan sama sekali. Sekarang malah sedang suka gosip tentang sebuah kelompok rahasia ^^. Blog yang dulu aku ungsikan sementara, karena ternyata banyak yang pengen tahu tentang kelompok rahasia ini.. Cuma karena dulu tulisan tentang kelompok rahasia ini nyampur dengan blognya Jos, sekarang aku pisahin deh, xixixi..

    Untung dita dah sembuh ya bun, pokoke paling ga enak banget kalo anak sakit. Untuk renovasi, emang jatuhnya mihil bun, juga perlu perencanaan yang akurat. Dulu pas renov rumah, anggaranku malah bengkak 30% dari anggaran semula, hiks..

  4. lidya said

    semoga rumahnya cepat selesai ya. nanti kalau kamarnya sudah jadi mudah2an mau tidur sendiri ya

  5. kalo masih mau tidur sama bunda, giaman kl kamarnya bunda yang di cat blue trus di kasih angry bird? hihiih…

  6. Listrik pra bayar memang kadang masalahnya itu Bund, tapi gak sering kok, biasanya itu masalahnya dari sistem penjualannya (misalnya ATM) yang gagal nangkap kode token yang dihasilkan dari server PLN. Dan kalopun terjadi masalah kayak gitu, PLN udah nyiapin SOP penanganannya. Tapi mudah2an gak lagi-lagi kejadian kayak gitu ya Bund😀

    Oalah, jadi lagi pindah ke kontrakan toh. Iya nih, kangen sama cerita-ceritanya Bundit🙂

  7. akhirnya masalah prepaid terselesaikan dengan baik hehehehehe🙂

    bund….nyari colongannya nie, biaya renovnya brp? lagi pengen renov tapi koq takut2 gitu sama biaya yg kayak jendralll😉

    Renovnya kecil kok mom, biayanya gede itu menurut kantong saya dan suami lho hehehe😀

  8. Baby Dija said

    waaah Kakak Dita sebentar lagi rumahnya baru dong?? Asyikk Asyikkkk…..
    kapan ya bisa maen maen ke rumah barunya Kakak Dita?

    Cuma renov kecil kok dedek Dija🙂

  9. Ummi Nabil said

    renovasi rumahnya dalam rangka menyambut adik baru ya bun???

    Ah gak ummi, tapi kalau setelah renov rumah trus hamil lagi ya alhamdulillah🙂

  10. […] Moving Home […]

  11. […] kemarin Minggu tgl 3 Juni 2012, rumah yang kami renov telah selesai. Pas 3 bulan kami mengontrak rumah saudara selama rumah kami di renov, sejak 4 Maret 2012 lalu. Kalau pindahan ke rumah sendiri gak seribet […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: