Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Mudik Jogja 2011 #4 : Sholat Ied, Foto Keluarga & Halal bi Halal

Posted by BunDit on September 23, 2011

Meski malamnya Pemerintah mengumumkan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Rabu 31 Agustus 2011 tapi Bapak, Ibu, Bunda dan Mutti Ella memilih sholat ied pada hari Selasa, 30 Agustus 2011. Mas Agus saja yang memutuskan hari kemenangannya sesuai dengan pemerintah. Dik Tantri dan dik Tito pun pilihannya sama seperti Bunda. Saat Bunda telpon suami yang berlebaran di rumah Bekasi, Ayahnya Dita sejalan dengan mas Agus untuk sholat Ied tgl 31 Agustus. Yaa….gak papa lah suami istri berbeda dalam menentukan hari raya Idul Fitrinya. Bukan tidak kompak tapi ini menyangkut pilihan saja. Walau berbeda waktu pelaksanaannya tapi esensinya tetap sama kok🙂

30 Agustus 2011

Pagi-pagi Bunda sudah siap-siap. Alhamdulillah Dita juga bisa bangun pagi karena rencana kami akan berangkat jam 6-an untuk sholat Ied. Karena Bapak sudah susah jalan, maka yang akan berangkat cuma Ibu, Bunda, Dita, Mutti Ella, Dita dan Thifa. Mas Agus masih puasa, jadi jaga rumah saja bersama Bapak hehehe. Dik Tantri sendiri semalam sudah meluncur ke rumah mertuanya di Kulonprogo, jadi mereka sholat ied disana. Karena jarak rumah ke tempat sholat ied lumayan jauh sekitar 1,5 km, maka kami naik mobil. Yang nyetir Mutti Ella.

Seperti tahun lalu, di Parangtritis ini setiap tahun sholat Ied dilaksanakan di gumuk pasir, daerah Parang Kusumo. Kami datang lumayan pagi jadi tidak riweuh untuk parkir mobil. Saat menuju lokasi sudah terlihat banyak fotografer yang ingin mengabadikan sholat ied di padang pasir ini serta tak kalah juga banyak bertebaran tukang jualan, kebanyakan jual ice cream dan mainan. Dita langsung merengek minta dibeliin balon Upin. Ini anak emang penggemar balon.

Emang pemandangan sholat ied di tengah padang pasir ini luar biasa. Tak heran para fotografer memburu foto-foto fantastis di sini. Ini dia video Dita yang sibuk dengan balonnya dan foto-foto menjelang dan sesudah sholat ied :

Pulang dari sholat Ied, Ibu, Bunda dan Dita di drop Mutti Ella ke masjid dekat rumah untuk salam-salaman dengan tetangga yang berkumpul di sana. Kemudian setelah sampai rumah, kami sungkem sama Bapak Ibu dan berkunjung ke rumah budhe dan tetangga yang dituakan. Daaan yang paling ditunggu2 nih, dilanjut dengan acara makan besar. Menu tahun ini masih sama dengan tahun lalu, opor ayam yang isinya paha, ceker, kepala kemudian ditemani sambal goreng dan sate brutu. Foto makanannya lihat yang tahun lalu aja ya, keburu laper jadi gak inget ambil fotonya😀

Acara selanjutnya Bunda mbantuin ibu jadi waiters dan kasir karena hari itu sudah banyak tamu yang datang untuk makan di rumah makan, sedangnya Yu Nah dan Yu Wat, asisten Ibu belum datang. Sorenya Dita diajak Mutti Ella ke pantai bareng Thifa dan mas Agus.

31 Agustus 2011

H+1 Lebaran setiap tahun di keluarga besar Bunda dari pihak Bapak mengadakan halal bi halal/syawalan. Tahun ini bertempat di Jogja Fish Market. Malamnya dik Tantri juga sudah pulang dari Kulonprogo karena akan berangkat bareng2 di acara syawalan ini. Sebelum berangkat ke tempat syawalan, kami mau mengadakan foto keluarga. Hal ini merupakan ajakan Mutti Ella dan sudah diinform ke Bunda dan dik Tantri sebelum mudik. Mutti Ella emang sudah menyiapkan tripod segala. Sayang seribu sayang,  formasinya kurang lengkap karena Ayahnya Dita gak ada. Hiks..sedih juga😦. Kata Mutti Ella, nanti foto Ayahnya Dita di-insert aja😀

Setelah foto-foto, kami berangkat ke tempat acara dengan 2 mobil. Mobil Oom Tito berisi Oom Tito, Bapak, Mas Agus, Dik Tantri dan si bayi Thalita. Sedang mobil Ayahnya Dita berisi Ibu, Bunda, Mutti Ella, Thifa, Dita dan Tita dan lagi2 yang nyetir dik Ella, Bunda jadi makin malu nih mobil sendiri gak bisa nyetirin. Gedung Pertemuan Jogja Fish Market yang merupakan tempat syawalan ini terletak di Giwangan, Umbulharjo. Ya kalau dari Parangtritis lumayan jauh sekitar 30 km-an. Bunda juga baru tahu sekarang telah ada Pasar Ikan Higienis Terpadu Jogja Fish Market yang dibangun tahun 2005 ini.

Senang juga syawalan bertemu dengan keluarga besar. Dari Bunda masih SD, syawalan ini tiap tahun diadakan jadinya seru kalau ketemu sepupu yang sepantaran. Dulu ngomongnya soal sekolah, sekarang ngomongnya soal anak hehehe. Sempet ketemu dan salaman sama Garin Nugroho, pengin foto bareng tapi momennya gak pas. Bunda pernah sih foto bareng Garin saat syawalan 5 atau 6 tahun lalu lah, lupa. Garin Nugroho ini bukan saudara langsung sih, jadi istrinya yang merupakan keluarga besar Bunda. Karena trah ini adalah sekumpulan anak-cucu-cicit-canggah dari saudara-saudara simbah, jadi susah jelasin silsilahnya. Yang jelas kalau syawalan pasti ketemu Garin Nugroho aja😀

Oh ya karena Bapak dan Ibu sudah termasuk dituakan, jadinya disuruh duduk di depan deh hehe. Ok deh Bunda tampilin foto keluarga dan foto waktu syawalan deh :

Dari Syawalan kami mampir ke Dongkelan beli Bakso Pak Wasiat. Pulangnya Dita sempet pipis di pinggir jalan, darurat euy. Habis Dita minta pipis tapi pas di Jalan Parangtritis yang kanan kiri sawah😀

Sorenya, kami ke pantai lagiiiii. Heheheh gak ada bosen-bosennya deh kalau main ke pantai. Dita makin happpy aja. Lari ke sana-kemari, gulang-guling sambil jejeritan :

Ini foto yang diambil dan di edit sama Mutti Ella. Dita kelihatan happy banget. Thanks ya Mutti kiriman foto-foto eksklusif Dita :

….to be continued… (next posting : main ke Kota Jogja)

18 Responses to “Mudik Jogja 2011 #4 : Sholat Ied, Foto Keluarga & Halal bi Halal”

  1. Bunda dita, cantik pake kerudung..itu yang pake unyu itu saya suka🙂..sayang Ayah dita gak ada yah bun di photo keluarga..demi tugas yah bun🙂
    Nampak di photonya kak dita, Happy banget auranya pas main dipantai🙂
    cantik bun baju sarimbit sepupunya kayaknya dah pernah lihat di FB bunda dita..:)..rasanya baru kemarin baca dan minta alamat online shopnya baju lebaran kak dita 2010 skg dah 2011 aja yah bun..waktu cepatnya berlalu…semoga kita bisa ketemu dengan ramadhan dan lebaran tahun depan,semoga kita semua diberi umur panjang dan kesehatan *amien

  2. wah senang ya dhita bajunya kembaran ama sepupu2 hihi lucu..

  3. Lidya said

    seneng banget bun punya foto2 lebaran, aku gak punya😦

  4. hehehhe dita seneng banget maen air .. dah besar tambah mirip bunda nya yaa ??😉

  5. pengen ngrasain sholat di tanah lapangan kaya di pantai itu..😀

    seru banget dita mainnya…😀

  6. Ditunggu poto buat diinsertnya, Buuun…
    Bun, mau dong dikirimin file foto asli yang pas sholat Ied kiri atas.
    Aku tampak kurus di situ *penting, hihihihihi

  7. papap said

    wah seru banget ya bun..hihi kalau dede sudah lahir pasti banyak cerita tentang anak deh😀
    met lebaran eh dah lewat yaaa..
    salam kenal ..

  8. bekti said

    Liat foto dita mainan air, jadi pengen ke parangtritis deh…ih pengen! Memmperhatikan foto-foto di atas, keliatan banget dita mirip bundanya# ya iyalah, masak mirip tetangganya :p

  9. iya bener yg foto trakhir Dita nampak makin keliatan mirip bundanya, hasil jepretan muttinya Dita bagus bgt euy (iyalah kamera DSLR🙂 )
    baju kembaran dg sepupu2 cantik, bundanya jg cantik nih, kmrn yg posting ttg lomba tumpeng di kampung kayaknya jg pakai jilbab, skrg udh jilbaban bun ?
    warung makanny yg sblh mana bun ?ntar aq klo ksana minta diskon ya ma Utinya Dita he…

  10. Dhenok said

    waaahh asyik yaa bund, shalat ied di pantai gitu.. jadi pengen, semoga kapan2 bisa kesampaian deh shalat ied di pantas..😀

  11. Pertama mo bilang kalo Bundit cantik banget dengan jilbabnya, apalagi yang jilbab ungu itu, hehehehe….

    Kedua, mo bilang sukaaaa banget sama foto-foto Dita yang terakhir, wajah bahagianya bener-bener keliatan.

    Ketiga, mo bilang kalo gitu Dita punya channel jadi pemaen film nasional niiiihhhh…hehehehe….

  12. entik said

    sholat ied di gumuk pasir, hmmm…, pengen ngerasain juga

  13. enno-mama fira said

    Baca postingan bundit tentang lebaran bikin saya kangeeennnnnn banget sama Jokja… hiks…. Paris apalagi.. Hiks…

    Eh seneng banget deh liyat Dita n sepupunya pake baju kembaran kembang-kembang.. segerrrr…..

  14. […] Mudik Jogja 2011 #4 : Sholat Ied, Foto Keluarga & Halal bi Halal […]

  15. […] yang dibeli di BabyGaya beserta Ayah atau Bundanya. Bunda upload saja foto Dita dan Bunda waktu sholat Ied di gumuk pasir Parangtritis, lebaran 2011 […]

  16. Anda sudah lewat.
    Nantikan di tahun-tahun berikutnya.

  17. […] sehari di tanggal itu. Biar jalanan belum begitu padat. Alhamdulillah tahun ini, Insya Allah bisa sholat Ied di gumuk pasir dan syawalan keluarga besar bareng Ayah. Berangkat mudik bawa mobil, Ayah yang nyetir. Cuma Ayah harus pulang ke rumah Bekasi […]

  18. […] berat hehe. Ngelihat banyak yang jualan, seperti tahun lalu, Dita minta di beliin balon, kalau tahun lalu balon UpinIpin, sekarang minta Sponge Bob, plus minta ice […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: