Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita 3 Tahun- 3 Bulan

Posted by BunDit on September 20, 2011

Cerita mudik lebaran ke Jogjanya Bunda selipin postingan ini ya. Sebenarnya sekalian mau cerita pernikahan adiknya Ayahnya Dita di Maribaya, Cibodas kemarin yang bertepatan dengan Ulbulnya Dita, 18 September 2011, tapi belum sempat edit-edit foto serta badan masih sangat lelah plus beban kerja yang belum surut, jadi Bunda sempetin posting UlBul Dita sajo.

18 Juni 2008-18 September 2011

Alhamdulillah, Dita sekarang menginjak umur 3 tahun lebih 3 bulan. Ini foto waktu ke pernikahan Uda Faisal di Maribaya, Cibodas kemarin minggu. Tambah nyempluk ya?😀

She loves rice!

Ya, Dita makin sukaaa banget sama nasi. Maksudnya bukan gak bisa makan kalau gak pakai nasi. Tapi misal Dita lagi pengin telur mata sapi, Bunda ngambil nasinya terlalu banyak, jadi pas telurnya habis, nasinya masih sedikit. Bunda bilang “Udah ya..lauknya habis nih..”. Dita bilang “Gak papa nasi aja…” Hihihi. Apalagi kalau lauknya masih dan ditanya “Mau tambah nasi gak?”, dijawab cepat “Mauuuu…”. Alhamdulillah, Dita kalau soal makan, menyenangkan (gak heran sih, nurun dari Bundanya😀 ). Kalau sama teh Dela, semua makanan hajar bleh, terutama sayur. Kalau sama Bunda masih suka pilih-pilih sih, sukanya telur mata sapi dan udang goreng tepung, pakai dirayu-rayu dulu buat makan pakai sayur. Gak heran deh, pipinya makin chubby aja🙂

Suka mengomentari film yang dilihat

Kalau nonton film misal Shaun The Sheep atau Upin-Ipin, Bunda selalu sambil menerangkan si tokoh ini lagi ngapain, kenapa marah dsb. Jadinya Dita selalu ikutan komentar, misal “Shaun tidurnya sambil jalan” atau “Ijat sedih karena rumahnya kebakar” dst.

Makin pintar membalikkan kata-kata Ayah Bundanya…

Kemarin waktu ke Ciater, Dita minta naik perahu berbentuk angsa yang di gowes. Dita naik sama Bunda aja. Sebelumnya pemandunya bilang, ngarahin tuasnya (kayak setirnya) itu berlawanan arah dengan arah perahu, jadi kalau mau belok kanan, tuasnya di geser ke kiri, vice versa. Naaah karena Bunda belum terbiasa, perahunya nabrak-nabrak sampe Bunda nyeletuk ‘Wah…Bunda gak bisa nih Kak…”. Dita langsung menyahut ” Bunda bisaaa….ayo belajar” hahahaha Bunda ngakak2 deh😀

Makin suka mempertanyakan sebab akibat

Ayah Bunda setiap hari selalu “menjejalkan” kalimat-kalimat positif ke Dita, misalnya soal makan sayur. Walaupun BAB Dita tergolong lancar, kami selalu bilang “Dita harus makan sayur supaya e-eknya lancar…”. Trus kalau Dita mau pup, tapi ditunggu sekian lama gak jadi keluar, awalnya Bunda selalu bilang “Makanya kakak Dita harus makan sayur supaya e-eknya gampang”. Nah suatu hari, saat mau pup nya gak keluar, Dita mempertanyakan “Bundaa…Dita sudah makan sayur kok pup nya gak keluar juga” hehehe. Bunda mah gak kalah akal menjawab “Berarti kakak Dita makan sayurnya kurang banyak…”😀

Lagi getol nyebut warna

Dita sudah kenal warna sejak umur 2 tahunan, tapi suka ogah kalau ditanya tentang warna. Makin ditanya, makin disalah2-in. Naaah, gak tahu kenapa, di usianya yang sudah 3 tahunan lebih ini, tiba-tiba getoool banget nyebutin benda beserta warnanya. Misal “Bundaaaa…Dita mau naik ayunan yang warna hijau”. Terus tak lama kemudian “Bundaaa ..Dita mau pindah ayunan yang warna merah”. Atau “Bundaaa…itu ada gambar tikus warna hitam…”

Mulai suka nonton VCD Belajar Berhitung

Dita ini awalnya suka bosan kalau lihat VCD yang isinya belajar ini itu, senengnya VCD nyanyi-nyanyi. Waktu itu sudah lama Bunda belikan Dita VCD serial Diva yang isinya ada belajar abjad, angka,berhitung, warna, bentuk, waktu dll, tapi waktu Bunda setelin salah satunya, Dita gak tertarik, ya sudah Bunda simpen saja dulu VCD itu. Nah, waktu mau mudik ke Jogja kemarin, Bunda setelin lagi, eh Dita mulai tertarik, VCD Belajar Berhitungnya di setel berulang-ulang. Pas di jogja pun, tiada hari tanpa nyetel VCD Diva. Serius banget kalau sudah menonton VCD Belajar Berhitung Serial Diva. Ya Insya Allah, VCD ini bisa menjadi teman belajar yang menyenangkan buat Dita🙂

Mulai belajar memasukkan kancing baju

Kalau pakai dan lepas celana Dita sudah bisa, yang paling susah memang memasukkan kancing baju. Bunda sih gak pernah dengan sengaja ngajarin tapi Dita sendiri yang minta memasukkan kancing baju sendiri. Belum fasih 100% sih, tapi setidaknya Dita mulai senang belajar mengenai kemandirian.

Apa kabar dengan meme? Beluuuuum…

Ya ya yaaa…Dita belum sukses di sapih. Selama ini Bunda baru memakai cara “Memberi Pengertian”. Dita sudah 3 tahun lebih, pasti sudah mengerti, tapi sepertinya Dita susah melepaskan diri dari ketergantungan nenen. ASI Bunda sudah gak ada sih, semenjak Dita 2 tahun, tapi Dita masih saja seneng ngenyil/ngenyot. Sempat Bunda seneng, kira-kira 2 minggu lalu, suatu malam menjelang tidur Dita bilang ‘Dita gak mau meme Bunda, Dita di elus aja”. Eh beneran, Dita bisa tidur tanpa meme. Sayang, besok malamnya dan malam2 berikutnya gak terulang lagi hehehe. Jadi meme masih tetap berjalan menjelang tidur. Mau pakai cara diplester atau dikasih pahit-pahitan kok rasanya gak tegaaaa. Tapi mengharap pengertian dari anak kok lamaaa…huhuhu. Sekarang  sih masih berharap Dita mau berhenti nenen atas keinginannya sendiri. Maunya sih Bunda segera hamil lagi, biar Dita cepet melepas memenya😀

Doa sebelum makan berubah jadi doa sebelum buka puasa

Gara-gara selama bulan Ramadhan kemarin, setiap kali habis maghrib, MNC TV menampilkan Upin Ipin yang sedang berdoa menjelang berbuka puasa, sekarang-sekarang ini setiap mau makan Dita merubah doa mau makan menjadi doa buka puasa “Allahuma lakasumtu wabikaaa amantu, wa’ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhama rohimiiin” hehehe. Tapi Bunda segera ngasih tahu. Dita senyum-senyum aja di koreksi, kemudian baru baca doa mau makan😀

Makin ngeyel kalau dikasih tahu

Kadang Dita manut dikasih tahu, tapi ya tak kalah sering suka sangat-sangat ngeyel. Misal “Ditaa…jangan naik-naik motor, nanti jatuh”, Dita menjawab “Ngggak kook, gak jatuuuuh”. Yaaa…namanya juga anak-anak😀

**

Doa yang tak pernah henti-hentinya Ayah Bunda panjatkan, selalu sehat dan makin pinter ya nak…🙂

22 Responses to “Dita 3 Tahun- 3 Bulan”

  1. Lidya said

    weaning with love ya bun🙂 duh aku gimana ya ke alvin nanti 6 bulan lagi moga2 bisa sukses menyapihnya

  2. Dita sini, nonton shaun the sheep sm om..😀

    mengamini doanya bun…

  3. Hahaha…Kak Dita makin chubby ya, Bun ? Sama ah kita berempat (BunDit, kak Dita, Mommy dan Athia). Sama-sama hajar bleh untuk makanan. Cuma kenal : enak dan sangat enak. Heu heu heu

  4. fety said

    wah, kakak dita ulbul. barakallah, nak🙂

  5. Happy Ulbul buat kak dita..semoga semakin pintar dan sehat selalu
    wah iya je bun..kak dita makin chubby enaknya yah bun..kak dita nggak pilih pilih makanan dan makannya banyak..hiks jadi sedih..kinan susah banget…kata uti-nya mungkin kalo dah disapih jadi banyak maemnya..tapi sampai saat ini juga maju mundur soal nyapih..sama kayak kak dita..setiap malam harus nenen dulu sebelum tidur…dan kalo nggak dikasih pasti nyeletuk ” Minum apa nieh??” sambil gaya kayak mau nyindir dan sambil nangis gitu..yah sudah jadinya masih nenen..
    sharing yah bun nanti kalo dah berhasil menyapih..
    salam

  6. iyah, hamil lagi aja Bundit,,siapa tau Dita jadi pengertian krn memenya bakal jadi haknya adek bayi, hihihii.. tp Dita klo sama anak bayi kliatan akur ga bund? siapa tau bs membantu menyapih:)

  7. rina said

    dita makin cerdas ya bun…. makin kewalahan deh ngeadepin pertanyaan kritisnya…. soale Kanaya aja masih 11 bulan udah sering bilang apa? setiap benda yang dia pegang….

  8. ~Amela~ said

    Aih makin lucu-lucunya dan makin kreatif umur segitu pastinya…
    gemes liat fotonya dita yang lagi pake baju sendiri..😀 *cubit pipi*

  9. Hihihi…kalo Dita seneng sama nasi, Raja malah menolak nasi mentah-mentah😀

    Eh, itu foto Dita waktu lagi maen pancing-pancingan ya? Maen sama dek Raja yok kak Dita, Raja juga seneng banget maen pancing-pancingan😀

    Soal meme, hmmmm…mari kita sama-sama mendoakan yang sama agar anak2 kita mendapatkan pengertian untuk segera berhenti menyusu ya bun😀

  10. fanny said

    ehhee..dita masih meme toh ternyata. waduh…suka digigit gak ? kan sakit. btw, itu fotonya lucu amat pas lagi masukin kancing. hehee

  11. Irfan Handi said

    Salam kenal.

  12. said said

    wah, pinternya ya.. alhamdulillah ya. !

  13. Dita makin pinter aja nechh….kayaknya ina belum bisa pasang kancing sendiri dech….akunya ngga pernah ngajarin sech hehehe….

  14. riliarully said

    iya Bun Dita makin chubby aja ya..tambah lucu🙂
    iya Bun anak2 seumuran gini suka banget ngeyel yah..anakku yg kecil, Kaira jg gitu apa2 malah jadi lawan katanya..hehehe..
    Nah urusan makan, anak2ku kok ga bisa lahap2 gt yah..malah skr pd mintanya roti terus..:(

    Ok, buat Dita met UlBul ya sayang..semoga sehat terus dan tambah pinter terus ya..mmmuuahh :*

  15. IP said

    chub chub bgt siy pipinya dita. sama ma tante :p
    wah bagus bgt ya bun dita udah mulai diajarin maem sayur tanpa paksaan. Klo Atar masih pake metode ‘hidden vegetable’ 🙂

    met ulbul kakak dita. makin pinter ya cayang

  16. papap said

    waah dita makin pintar aja ya bun..hebat ni bunda selalu memperhatikan tumbuh kembang dita ^^..

  17. entik said

    wah, dita dah besar. Ngikutin blog Bundit sejak dita bayi, ternyata ga terasa waktu berlalu begitu cepat ya bun?

    biar dita ga minta meme, cepetan hamil lagi bun (hihi…ngomporin)

  18. enno-mama fira said

    Senengnyaaaa kalo anak gampang maem ya bund….. Eh kak Dita lagi suka memasukkan kancing yah?? Kalo dik Fira lagi suka buka kancing baju, kalo gak bisa-bisa juga, bajunya ditarik tarik.. hihihihihihi… Hahahahahaha… lucu deh, doa makannya jadi doa buka puasa….
    Menyapih… hmmm… entah apa yang terjadi dengan saya dan fira 7 bulan lagi…..p

  19. haloo mbak salam kenal yaaaa…
    seneng deh baca dita nya pinter sekali.. smoga sehat slalu yaa..
    gutlak weaning with love nya..🙂

    lucy.

  20. dihas said

    lucunya….🙂

  21. hehehehe….
    ternyata seumuran dengan “arin” pf.2 juni 2008
    kok bs sama persis gayane….
    do’a mo maem malah doa buka puasa, klo diingetin malah “ngeyel”
    di kasih tau “gak boleh” malah dilakuin…..
    hmm…..sabarrrr

  22. […] Dita 3 Tahun- 3 Bulan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: