Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Model Ikan Yang So Yummy

Posted by BunDit on June 15, 2011

Meskipun saya orang Jawa, saya sangat menyukai masakan Sumatera. Ibu kos saya dulu orang Padang dan setiap hari saya ikut makan dengan keluarga ibu bersama teman-teman saya yang kebanyakan orang Sumatera juga. Ikut makan bukan berarti gratis lho😀 .Jadi betapa lidah saya hampir tiap hari mengecap taste masakan Sumatera. Ditambah lagi saya menikah dengan Ayahnya Dita yang orang Sumatera. Makin happy lah lidah saya😀. Nah, kalau bicara mengenai masakan Sumatera, yang paling saya sukai dan tak pernah bosan-bosannya saya makan adalah segala masakan dari Palembang, seperti pempek, pindang ikan patin, tekwan, mie celor dan masih banyak lagi. Tapi ada satu masakan Palembang yang saya kenal saat saya di Jakarta yaitu Model Ikan. Ya, nama makananya Model Ikan. Bagi orang Sumatera, terutama orang Palembang tentu tidak asing lagi dengan makanan khas Palembang yang satu ini.

picture taken from here

Seperti yang saya baca, adonan untuk membuat model ini pada dasarnya sama dengan adonan untuk membuat pempek kapal selam. Bedanya, model diisi dengan tahu dan digoreng. Pada waktu dihidangkan, model dicampur dengan kuah model yang terbuat dari kaldu udang. Selain dicampur dengan bihun, dalam sepiring model biasanya ditambahkan dengan timun dan ebi. Rasanya? so yummmy….sueger tenan reeek🙂

Sebenarnya ada 2 jenis model yaitu model ikan dan model gandum (gendum). Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, kalau model ikan dibuat dari bahan yang sama dengan pempek, yang pastinya berasa ikan. Nah, kalau model gandum dibuat dari tepung terigu. Tentu saja model gandum lebih murah harganya dari model ikan. Temen saya yang asli Palembang pernah bercerita, dulu semasa kecil kalau duit lagi cekak ya belinya model gandum ini. Murah meriah katanya. Saya pernah merasakan kedua macam model ini. Dua-duanya sama-sama uenak tenaaan😀

Apakah teman-teman pernah merasakan juga model ikan atau model gandum ini? Kalau belum, very recomended deh buat dicoba🙂

————————————————————————————————–

 Artikel ini diikutsertakan dalam ASKAT 15 Juni 2011 dengan kata MODEL, yang digelar oleh PakDhe Cholik🙂

16 Responses to “Model Ikan Yang So Yummy”

  1. hilsya said

    bunda ditaaa…. mauuuu.. *ngiler banget!*

    Saya yang nulis aja ikut ngiler mam😀

  2. Orin said

    Wah…BunDIt mah ada putunya, aku ga berfoto nih posting dg tema yg sama hihihihi

    Potonya ngambil dr internet aja kok mbak🙂

  3. wah banyak yang posting dgn tema pempek…jadi ngileeerrrrr…….

    Iya mam, gak mengira banyak yang mengangkat tema yang sama🙂

  4. wah mantap model ini..makanan palembang yah bun itu…Mantap memang..saya pun pecinta Model, tekwan dan empek empek…:)
    semoga menang yah bun🙂

    Thanks mam🙂

  5. Ho oh… model, tekwan, dan pempek mmg enak… sehat pula. Bagus lho buat anak2, soalnya bahannya dibuat dari ikan, kalo saya biasa pake ikan gabus. Raja paling suka makan tekwan🙂

    Bundit memang seneng sama segala jenis makanan ya,,,

    Hehehe iya nih, saya pemakan segala hehheheh😀

  6. Susindra said

    Baru tahu ada makanan bernama Model ikan. Kelihatannya seger ya mbak. Next time ditambahin resep dong biar bisa dicoba. Tapi kalau di jepara tidak ada ikan gabus, adanya ikan Teri.

    Resepnya silakan googling mam hehehe pasti ada🙂

  7. huaaa keduluan bundit, aku suka banget makanan ini khas palembang. harus cari ide lain nih setelah semua yang aku pikirkan sudah ada yg nulis hihihi akibat baru bisa ol setengah jam aja nih wakunya

    Iya mam, yang nulis ttg model ikan ini banyak banget🙂

  8. Saya sudah membaca artikel sahabat
    Dan sudah langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi anda yang hebat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    Maturnuwun pakdhe🙂

  9. sukses kontesnya bun .. model nya ngileriiinn ..🙂

    Hehehe fotonya emang menggoda😀

  10. monda said

    Model itu memang mak nyus banget deh,

    Bener Bun, mak nyus dan mak joss😀

  11. Aubergine said

    eh makanan palembang ini … duh mbak jadi ngiler aku😦. Aku pribadi lebih suka makan model dibanding tekwan. LEbih puas soalnya. campur tahu didalamnya. pedes2 … hadeeeuuuuhhhh ….

    Kalau saya suka semuanya hehehe😀

  12. Gaphe said

    mode tuh makanan yang biasanya dijual jadi makanan khas palembang itu yah?.. kayak tekwan atau pempek. goodluck buat giveawaynya pakde yah!

    Yoi mas. Thanks ya🙂

  13. bunda alf said

    Mau dooong bundit….belinya kalo di bekasi dimana ya? (secara blom pernah ngerasain)….

    Saya biasanya beli di Kelapa Gading bun. Kalau di Bekasi saya malah kurang tahu tp saya rasa di RM. palembang yang lengkap ada menu Model deh🙂

  14. belum pernah makan model ikan..
    penge..een nyobain. Di djogja ada ga ya??

    Kalau di gang dkt toko Ramai, Malioboro itu kan pusatnya pempek. Tapi saya dulu selalu beli pempek, gak pernah beli yang lain. Mungkin salah satunya ada yang jual Model jeng🙂

  15. motik said

    waaa ngiler. eh tapi aku baru tau soal model ikan lho bund. selama ini taunya ya pempek, tekwan aja🙂

  16. Baru tau sekarang ttg si model, jadi ngiler, apalagi sjk kmrn2 “ngidam” tekwan.
    Di jogja aq blm prnh nemu, di ny.kamto toko ramai, kayakny gak ada, tekwan ada.
    Oiya, ada award buat bundit, mohon berkenan mengambilny d rmh maya kami🙂

Leave a Reply

 
