Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Gema Nurani Semi Natural Pre-School

Posted by BunDit on June 1, 2011

Juni 2011 ini usia Dita pas 3 tahun. Ayah Bunda berencana memasukkan Dita ke PlayGroup/Kelompok Bermain. Tujuannya sih supaya lebih bisa bersosialisasi dengan teman sebaya dan tiap hari tidak hanya terkungkung bersama Teh Dela, saat Ayah Bunda kerja.

Nah, mulai bulan April 2011 lalu, Bunda sudah survey beberapa sekolah PG untuk Dita. Syarat yang Ayah Bunda tetapkan untuk bakal sekolah Dita adalah :

  1. Dekat dari rumah. Ini syarat yang diletakkan pertama karena memang harus. Bunda tidak mau selagi Dita sekolah PG-TK, harus menempuh jarak sekolah yang jauh. Jarak setidaknya < 500 m. Kasihan kan kalau masih kecil sudah harus bermacet2 ria buat ke sekolah. Apalagi nantinya yang bisa mengantar sekolah ya Teh Dela jadi sekolah yang dekat dari rumah adalah keharusan, kalau perlu yang cukup ditempuh dengan jalan kaki, soalnya teh Dela belum bisa naik motor. Kalau pakai acara naik angkot/ojek kok ya agak ribet ya🙂
  2. Metoda pengajarannya yang tidak membuat anak stress. Jangan sampai PG/TK sudah dikasih PR misalnya. Namanya juga masih Pre-School jadinya yang diutamakan banyak bermain, ya fun learning lah🙂
  3. Biaya terjangkau. Ini penting banget demi stabilitas keuangan keluarga hehehe😀
  4. Area sekolah yang lega dan tersedia ruangan outdoor untuk bermain yang sejuk dan teduh. Yang ini supaya anak gak sumpek aja dan merasa bebas bermain.
  5. Bahasa pengantar adalah bahasa Indonesia. Kalau yang ini supaya Dita lebih kenal dahulu dengan bahasa Ibu. Namun meski dengan bahasa pengantar adalah bahasa Indonesia, Bunda juga penginnya dalam pengajarannya diajarin juga bahasa Inggris.
  6. Perbandingan jumlah murid dan guru tidak terlalu banyak. Semua orangtua pasti maunya anak sekolah dan mendapat perhatian dan pengawasan yang cukup dari gurunya. Maksimal perbandingan guru : murid adalah 1 : 10 lah.
  7. Soal berbasis agama (KB-TKIT) atau bukan, tidak menjadi masalah.

Setelah tanya sana, tanya sini dan survey sana, survey sini, ternyata sekolahan di dekat rumah itu pating tlecek (bertebaran). Karena syarat utama adalah jarak yang < 500 m, maka Bunda hanya mensurvey 5 sekolah. Beberapa Bunda sambangi, beberapa tanya lewat telpon dan hanya 2 yang di-trial sama Dita yaitu Gema Nurani dan Smash. Sebenarnya untuk Smash sendiri sudah di-trial saat Dita masih berusia 2 tahun. Smash ini letaknya di ruko depan rumah, jadi ruangannya kurang lega, kalau menurut Bunda.

Ini dia perbandingannya :

Ayah Bunda penginnya Dita bersekolah dari PG-TKA-TKB, tidak berpindah-pindah. Supaya memudahkan history nya dan tentu saja menyangkut biayanya. Biasanya jika sekolah disatu tempat, setiap ke tingakatan berikutnya tidak dikenakan lagi biaya gedung.

Setelah menimbang-nimbang, kami memutuskan memilih Gema Nurani Semi Natural Pre-School. Lokasinya persis bersebarangan dengan kompleks perumahan rumah kami. Jalan kaki juga gak ada 2 menit. Kalau jalan kakinya sama Dita ya bisa 5 menit sih😀. Karena Semi Natural, tempatnya memang cukup rindang walau tidak begitu luas banget. Tempat belajarnya seperti di saung gitu, gak pakai AC karena cukup dengan angin alam. Kalau latihan menari atau kegiatan lain, dilakukan di pendopo kecil, jadi bener-bener menyatu dengan alam. Rasanya emang adem berada di sana. Walau waktu itu Bunda agak “komplain” sedikit dengan bertanya “Kok, mainan outdoor nya sedikit ya Bu?”. Tapi kata KepSek nya sih, pelan2 akan ditambah. Untuk jumlah guru dan muridnya seimbang, rata-rata 1 guru “memegang” 8-10 murid. Dan soal ngasih2 PR, baru TKB semester 2 dikasih PR, itupun PR sederhana katanya. Sedangkan untuk jadwal sekolahnya 3x seminggu dari jam 08.00 – 10.30 🙂

Oh ya untuk biayanya sendiri, kemarin Bunda baru membayar Rp. 3.100.000, karena yang 850rb dibayarkan semester 2 nanti, untuk buku paket dan kegiatan outing. Rinciannya adalah sbb :

Sebenarnya untuk Gema Nurani Pre-School ini sebelumnya lokasinya cukup jauh dari rumah, sekitar 600 m, namun sejak tahun ajaran 2009/2010, dibuka Gema Nurani Pre-School ke-2 ini di dekat perumahan Bunda dan pindah ke lokasi yang sekarang. Makanya untuk Play Group sendiri baru ada kelasnya tahun ini. Waktu Bunda mendaftar tgl 27 Mei kemarin, baru 2 orang yang mendaftar. Insya Allah mendekati masuk sekolah sudah banyak yang mendaftar karena yang survey dan meninggalkan data sudah lumayan banyak. Kata KepSek nya sih, target untuk PG sekitar 8-10 orang, karena baru akan membuka 1 kelas. Untuk TKA sendiri sekarang ada 1 kelas dan TKB nya 2 kelas.

Ini dia penampakan Gema Nurani Semi-Natural Pre-School. Foto plangnya itu Bunda ambil dari dekat gerbang perumahan, jadi kebayang kan betapa deketnya sekolah ini dengan rumah.

Untuk suasana saat belajar-mengajar seperti ini :

Yang ini Dita kesenengan main di playground nya :

Ya, semoga Dita betah sekolah di sini sampai TKB. Untuk SD Dita nanti Ayah Bunda belum menentukan apakah lanjut ke SD Gema Nurani juga apa tidak. Lokasi SD Gema Nurani sendiri juga dekat, paling 100 m dari rumah. Tapi sebenarnya Ayah Bunda sudah ngincer SD Negeri yang katanya bagus, yang lokasinya 300 m dari rumah, masih cukup dekat kan. Ok deh, soal SD itu dipikir nanti, yang sekarang ini aja dijalanin dulu. Yippiee, akhirnya anak Bunda sudah mau masuk sekolah. Semoga kamu enjoy di sekolah nanti, nak…🙂

43 Responses to “Gema Nurani Semi Natural Pre-School”

  1. i-one said

    Wah,mahal juga uang masuknya ya? Tapi kayaknya sesuai ama fasilitas yang ada..hehe..

    Ya begitulah biaya masuk sekolah sekarang ini mas😀

  2. fharkhan said

    asal berkualitas mahal memang resikonya..

    Semoga Dita betah, itu aja yang penting mas🙂

  3. Gaphe said

    ternyata banyak pertimbangan kalo milihin sekoalh buat anak ya?.. mulai dari biaya, jarak, sampai fasilitas.. keren juga sekolahnya, jaman saya kecil nggak ada namanya PG gitu.. langsung TK.
    semoga Dita seneng dan betah ya ^_^

    Iya mas, apalagi jaman saya dulu hehehe😀

  4. Semoga Dita dapat menikmati kegiatan belajar mengajar di sekolahnya, dan dapat berprestasi sesuai doa dan harapan orang tuanya. Amin……

    Sukses selalu

    Salam

    Ejawantah’s Blog

    Amiiin, makasih ya mas🙂

  5. ke2nai said

    semoga dita betah sm sekolahnya ya..

    Boleh kasih saran sdkt ya mbak.. sekolah alam emang enak rindang tp hati2 sm nyamuk..

    Dulu sempet cari SD utk Keke pengennya sklh alam. ada 2 sklh yg dipilih. Tp yg deket rumah terlalu rindang, nyamuknya byk bgt. Baru ty2 ttg sklh aja, kita semua udah bentol sekujur badan. Yg paling sdkt sy krn pk tangan panjang & kerudung

    Tp yg satu sklh lagi enggak. Krn lebih terbuka.. Cuma sayang utk bbrp alasan gak jadi pindah ke cibubur. Jdnya gak jadi sklh di sana

    Soal nyamuk ini kalau gak salah pernah mbak chie ceritain waktu cari sekolah buat Keke dan Nai ya? Tapi alhamdulillah, Gema Nurani ini cukup rindang tp gak sampai pas di sana bentol2 digigit nyamuk. Waktu ke sana saya ngobrol sama kepseknya hampir 1,5 jam dan aman2 saja. Saya lupa ceritain, kepada kepseknya saya jg sempet nanya ad kolam segala macam itu gimana kalau jd sarang nyamuk. katanya sih secara periodik disemprot juga. Anyway thanks sarannya bun, Insya Allah Dita aman2 saja sekolah disana🙂

  6. Lidya said

    semoga Dita betah dan bisa bersosialisasi ya

    Amiin, makasih mam🙂

  7. Mama Kinan said

    Wah kak dita..dah semangat mau sekolah nieh..:) dedek kinan masih baru 2 tahun agustus nanti..tapi dah pingin juga nieh mau diikutin paud yang 2kali aja seminggu untuk sosialisasinya…tapi lihat nanti kondisinya juga…wah ngiler bun lihat sekolah sekolah yang bagus di bekasi yah..Menurut saya uang pangkal dan uang sekolah standard alias nggak mahal dan sesuai dengan fasilitas yang disediakan bun walaupun mungkin kata bunda kurang untuk outdorrnya…dan terlebih penting bener kata bunda..untuk perbandingannya jangan sampai terlalu banyak murid di take care sama satu guru..yang penting melatih kemandirian dan sosialisasi..yang lain lain nanti ngikut bun..:)..*pengamat karena pernah mengelola PG/TK juga ….

    Thanks mam, doa saya semoga Dita betah dan semangat sekolah. Wow..pernah jadi pengelola PG/TK to? Posting ceritanya dong mam🙂

  8. Isnuansa said

    Lumayan mahal juga ya mbak biaya sekolahnya Dita… Ntar kalo saya punya anak, udah jadi berapa ya biayanya? *merenung*

    Yang pasti biaya sekolah itu tiap tahun naik mbak. Tp ntar mbak Is punya anak, gaji mbak Is juga udah naik kan hehehe😀

  9. Uang masuk sekolahny bikin saya berkata wooow, hi4, di bekasi memang kisaran sgitu y bun? Uang spp dita per bulan hampir sama dengan uang spp kuliah sy dlu per semester, 9thn yang lalu.
    Yang rajin sekolahny ya dita, smga makin pinter🙂

    Setahu saya ya kisarannya segitu bun. Lha uang kuliah saya dulu malah separonya kurang dr SPP PG nya Dita hehehe. Amiin, makasih doanya bun🙂

  10. waah senangnya udah mau sekolah..

    Makasih mam, semoga Dita senang sekolah🙂

  11. vera said

    waaaahhhh senengnya dita udah mo sekolah ya, moga betah dan byk temennya.

    Amiin, makasih mam🙂

  12. Waaahhh… Kok saya jd ikutan exciting ya.. Kebayang semangatnya orang tua di hari2 pertama anak sekolah.

    Selamat ya kak Dita udah mo jd anak sekolahan niihhh. Semoga brtah di sekolahnya yg keren itu ya Dita🙂

    Raja setahun lagi nih sekolah hehehe. Amiin, makasih doanya mam🙂

  13. bekti said

    Siiipp, sekolahnya asiik, Bun. Bernuansa alam banget yah?
    Btw, Dita kayaknya enjoy banget, jadi berasa bermain dan belajar, Bun. Cocok untuk anak-anak generasi kita yang besok2nya mungkin waktunya habis buat berkutat dengan teknologi. Emang mengenalkan anak dengan konsep alam, akan membawa nilai positif ke depannya🙂

    Semi natural mam. Amiin, semoga Dita beneran bisa enjoy🙂

  14. fety said

    wah, dita udah sekolah🙂

    Iya tante🙂

  15. Elsa said

    waaaah pinternya kakak Ditaaa…
    pinter tuh udah semangat sekolah yaaa

    uang pangkal sekolah ternyata mahal juga, hehehehe baru tau nih aku. siap siap Dija ya, harus nabung mulai sekarang.

    Kalau di luar Jakarta mungkin biayanya tidak setinggi itu kali mbak. Ya beginilah biaya sekolah anak, makin mahal🙂

  16. Aaah, ternyata kita sehati ya, Bun. Kriteria sekolah yang kita inginkan untuk anak kita kurang lebih sama. Kak Dita barengan Athia dong sekolahnya bulan depan ya ? Semoga Kak Dita enjoy dengan sekolahnya ya…

    Iya mam. Semoga Athia juga enjoy di sekolah nya nanti ya mam🙂

  17. semoga Dita cocok disekolah pilihan ayah-bundanya.

    Amiin, makasih jeng Entik🙂

  18. motik said

    adem dan nyaman ya bund… Semoga dita betah di sekolah ya sayang…
    itu kaya semi sekolah alam kali ya bund, nuansanya rindang. Kayanya kalo saya nungguin anak sekolah disitu bisa ikut terkantuk-kantuk hihihi…
    Selamat sekolah ya dita…🙂

    Iya adem mam, nungguin sambil rebahan lebih enak lagi hehehe😀

  19. riliarully said

    wah asik nih sekolah baru suasana baru buat Dita ya jeng🙂

    betul betul betul.. pertimbangan menentukan sekolahnya sama bun sama aku yang pertama deket rumah hehehe..
    tapi kalau bisa dapet depan rumah gitu beruntung banget ya.
    Kaira bulan ini pas 2.6 tahun tp insyaallah tahun ajaran baru ini juga mulai sekolah karena temen-temen mainnya yang tetangga juga sudah mulai masuk jadi intinya pindah tempat main dg suasana yang baru
    Ok semoga Dita bisa menikmati sekolah barunya🙂

    Makasih bun. Semoga Kaira nanti juga enjoy sekolahnya ya🙂

  20. wuaaa kkDita dh mau sekolah yaa…kayanya sekolahnya menyenangkan ya bun..have fun y kkDita🙂

    Makasih mam🙂

  21. bunda alf said

    asiik Dita dah mau sekolah yaa.. Alfis juga tadinya mau dimasukin PG, tapi umurnya nanggung nih. 2 tahun 8 bulan…jadi bingung deh
    Semoga ceria terus saat sekolah ya Dit…

    Biasanya sekolah menetapkan umur minimal untuk PG. Di gema nurani, kalau gak salah umur min nya 2 tahun 8 bulan deh. Makasih ya bun🙂

  22. […] Gema Nurani Semi Natural Pre-School […]

  23. Laila said

    bundit,, *akhirnyaah aq numpang komen di sinih*
    (eh msh inget ga sama salah satu pembeli omahbundit duluuu? btw msh jualan gag siy mba??)*nanya iseng*
    >>>>intro yg panjang & ngaco<<<<
    padahal cuma mo bilang itu sekolah dita bikin ngiriiii euy, kebetulan lg nyari preschool buat taun depan, dkt rumahq ada jg sekolahan terpadu preschool – smp, bisa jalan kaki dari rumah gentengnya juga keliatan, muridnya udh banyaak coz yg deket rumah ini gedung ke-2, punya bis gede sendiri yg sekaligus "kelas mobile" jd katanya siy klo mo jalan2 pke bis ini, gedungnya baruu, 3lt & banyak kondensor ac bertebaran di sekelilingnyaa, hikzz, blm seperti yg diinginkan, coz emaknya pengennya sekolah yg halamannya luaaaass gituuh…
    selamat buat sekolah idaman dita & bundanya, doakan semoga kami jg berhasil menemukannya yaa😉

    Hai mam, tentu inget dooong. Saya masih jualan kok. Semoga tahun depan dapat sekolah yang cocok buat Yira ya🙂

  24. […] ini, Kamis, 14 Juli 2011 adalah hari pertama Dita masuk sekolah PG di Gema Nurani. Sayang Bunda tidak bisa cuti buat mengantar . Sebenarnya kegiatan belajar mengajar resminya […]

  25. […] dengan seluruh guru PG-TK Gema Nurani. Karena PG-TK Gema Nurani ada di 2 lokasi (PG-TK 01 dan PG-TK Semi Natural Pre-School) jadinya terlihat banyak banget gurunya. Acara kemudian dilanjut dengan pembentukan Forsil (Forum […]

  26. […] di sekolah-nya ada pelajaran bahasa Inggris, di rumah Dita mulai seneng deh ngomong dengan diselipin bahasa […]

  27. riandwi said

    Ada antar jemputnya ga yah?.

    Wah kurang tahu ya mam, soalnya kalau PG setahu saya diantar ibu/tetehnya, karena rumahnya dekat2. Untuk informasi detil silakan telp ke (021) 32332251 ya🙂

  28. […] sekolah . Alhamdulillah, akhirnya Ayah Bunda memilih sekolah yang hanya berjarak 50m dari rumah, Gema Nurani Semi Natural Pre-School dan Dita happy bersekolah di […]

  29. Tuti Purnamasari said

    Bunda dita….ternyata setelah masuk semester 2 uang kegiatannya bukan 850 ribu yah tapi 1.435.000.jadi totalnya 4.535.000.blom bayar B-One 25 ribu/bulan….”̮hϱϱ♥hϱ”̮ ….

    Iyaaa…saya belum tulis nih di blog tentang uang semester 2 yang ternyata gak seperti yang dibilangin waktu masuk. Masih ditambah B-one 25rb/bulan pula hehehehe.

  30. Tuti Purnamasari said

    Kebetulanan anakku juga skolah bareng dita nih…suasananya skrng udah gk rindang lagi….pohonnya udah ditebangin semua jadinya gersang gitu….sebelahnya udah dibangun gedung SMA Gema,….

    Wah, mam Tuti mamanya siapa ya? Saya lama gak ke sekolahnya Dita nih, maklum ibu bekerja. Terakhir waktu outbond itu. Wah, sekarang banyak pohon ditebangin ya? Sayang ya kalau sudah tidak rindang lagi😦

  31. […] tuh bikin dress, buat pergi2 gitu. Nah, pas kemarin ditelpon Mamanya Jihan, kalau pengurus Gema Nurani (eh Bunda dianggap pengurus di sekolahnnya Dita nih soalnya kedauk jadi koordinator PG yang dulu […]

  32. […] banget sama Dita, cuma selisih 8 hari. Nana gak sekolah PG dulu, tahun ini langsung masuk TK A Gema Nurani, jadi nanti jadi temen sekolah Dita. Kalau Kian, waktu Dita PG, Kian masuk TK A, karena memang […]

  33. […] Oh ya sekedar untuk dokumentasi Bunda share rincian biaya untuk semester II. Waktu melihat rincian itu banyak ortu yang merasa keberatan karena melebihi biaya yang diinformasikan waktu masuk, sekitar 800rb-an. Akhirnya setelah forsil berdialog dengan pihak sekolah, biaya yang sebelumnya 1.435.000 dikurangi 200rb menjadi 1.235.000. Sekali lagi Bunda share biaya ini hanya untuk dokumentasi dan siapa tahu ada ortu di luar sana yang sedang mencari info biaya sekolah Gema Nurani […]

  34. […] Foto yang kanan bawah itu, Dita hampir berumur 1 tahun, berfoto bersama Nana yang digendong mpoknya. Nana ini sekarang adalah teman sekelasnya di TK A Gema Nurani […]

  35. […] Sabtu kemarin, 6 Oktober 2012, kami, orang tua murid KBTK Gema Nurani mendapat undangan dari sekolah untuk menghadiri acara Sportday di Waterland, Menteng Metropolitan. […]

  36. […] Sabtu kemarin, 6 Oktober 2012, kami, orang tua murid KBTK Gema Nurani mendapat undangan dari sekolah untuk menghadiri acara Sportday di Waterland, Menteng Metropolitan. […]

  37. […] Ridwan. Mamanya Ridwan ini adalah temen senam hamil waktu di Hermina Bekasi. Ridwan PG nya bukan di Gema Nurani, saat TK A baru 1 keas sama Dita, jadi dulu surprise waktu ketemu lagi saat ada undangan ortu ke […]

  38. […] crowded. Tapi kami tetep happy sih, Bunda jadi lumayan mengenal mama temen-temennya Dita di TK A Gema Nurani yang jarang Bunda […]

  39. […] 26 Oktober 2013 lalu sekolah Dita, KBTK Gema Nurani Semi Natural School mengikuti Porseni IGTKI cabang Bekasi Utara yang diselenggarakan di Marrakash Square, Pondok Ungu […]

  40. […] terlihat 2 bus yang sudah standby dan siap mengantar murid TKB dari 3 sekolah yaitu sekolah Dita, KBTK Gema Nurani Semi Natural Pre School, Gema Nurani 01 Pejuang dan Gema Nurani 03 […]

  41. […] pcs, bisa dapat harga 15rb/pcs. Karena rencananya selain untuk teman TKB nya, semua missnya Dita di KBTK Gema Nurani Semi Natural Pre School, mug nya juga untuk Ayah, Bunda, mbak Ati, Yang Ti, Opung dan semua sepupu Dita hehehe. Bunda yang […]

  42. […] TKB Gema Nurani Semi Natural School yang berjumlah 29 orang, yang mendaftar ke Inter 9 orang, sisanya ke Reguler. Yang tidak […]

  43. […] outbound setahun sekali. Saat PG, TKA dan TKB outbound selalu dilakukan di halaman sekolah Dita di KB-TK Gema Nurani Semi Natural School yang masih menyisakan lapangan luas nan rindang. Semua murid KB-TK Gema Nurani 01 dan 03 pun ikut […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: