Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Birthday Story Letter for Kak Hilwa

Posted by BunDit on May 27, 2011

Dengan super kilat, setelah jam pulang kantor, Bunda buat surat untuk Hilwa yang menceritakan kisah ulangtahun Bunda saat kecil dulu, dalam rangka berpartisipasi dalam HilSya Giveaway. Hilwa adalah putri pertama mamanya HilSya —hiyaaa..saya sudah ubek2 blognya HilSya, belum nemu nama asli mamanya HilSya😦, mohon dimaafkeun. Atau jangan2 HilSya itu nama mama-bukan sekedar kependekan dari Hilwa-Syafiq? *soyo bingung*— yang berulangtahun ke 10 pada tanggal 29 Mei nanti. Bunda sengaja menceritakan kisah  ini dalam bentuk surat kepada Hilwa, supaya Hilwa benar-benar serasa membaca kisah Bunda dalam surat beneran😀

————————————————————————————————————————————————-

Jakarta yang cerah, 27 Mei 2011

Assalamu’alaikum Hilwa..

Nama tante, Ririn, teman blognya mama. Tapi kalau didunia maya, tante lebih dikenal dengan nama BunDit, kependekan dari Bundanya Dita. Dita adalah anak perempuan tante yang berusia 3 tahun, 18 Juni 2011 nanti.

Oh ya, tanggal 29 Mei nanti, Hilwa berulang tahun yang ke 10 ya. Wah sudah besar ya. Sebelum lupa, tante ucapin selamat ulangtahun, semoga panjang umur, selalu sehat dan menjadi anak sholehah ya.

Ngomong-ngomong soal ulangtahun, tante punya cerita seru nih. Dari kecil, ulangtahun tante memang tidak pernah dirayakan besar-besar-an. Biasanya ibu tante memasak yang sedikit istimewa di hari uang tahun tante, terus kami sekeluarga makan bareng-bareng. Nah, waktu umur 8 tahun, tante ingat banget, untuk menyenangkan tante yang ulangtahun, Bapak tante mengajak tante, ibu, mas Agus-kakak tante dan dik Tantri-adik tante ke alun-alun utara Jogja untuk melihat pasar malam Sekaten. Sekaten adalah acara peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diadakan tiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud (Rabi’ul Awal Tahun Hijriyah). Dalam setiap acara sekaten, diarak sebuah Gunungan yang terbuat dari beras ketan, makanan dan buah-buahan serta sayur. Nanti orang-orang akan berebut ngrayah (mengambil) semua makanan dan buah-buahan yang menempel di gunungan itu. Seru banget!

Tapi waktu itu karena masih kecil, selain melihat Gunungan, yang paling tante suka kalau diajak ke pasar malam Sekaten adalah karena disana banyak permainan seperti komedi putar dan banyak mainan yang dijual seperti kapal-kapalan dan telur merah. Telur merah adalah telur rebus yang kulitnya diberi warna merah kemudian ditusuk bantu dan dihias. Karena waktu itu tante habis ulang tahun, maka selain telur merah, tante dibelikan balon juga oleh Bapak.

Sambil memegang balon, kami keliling-keliling alun-alun melihat berbagai pertunjukan. Nah, karena kurang hati-hati, tiba-tiba tali balon lepas dari genggaman tante dan balonnya terbang ke atas. Tante langsung teriak-teriak ”Bapaaak..balonnya lepas”. Bapak berusaha menangkap balon yang mulai terbang, tapi gak berhasil. Tante kecewa dan hampir menangis karena balon yang barusan dibelikan Bapak lepas. Tapi Bapak bilang ”Makanya hati-hati dan dijaga kalau dibelikan mainan. Nanti kalau Bapak punya uang, Bapak belikan lagi”. Tante mengerti dan tidak jadi menangis. Balon lepas karena keteledoran tante juga.

Walaupun balon sudah terbang ke langit, tapi tante tetap senang. Suasana pasar malam Sekaten yang meriah sangat menghibur kami sekeluarga.  Suasana hati tante yang sedang berulangtahun saat itupun jadi makin bahagia. Tante juga banyak mendapat pelajaran berharga dari sana yaitu semua mainan yang dibelikan orangtua harus dijaga baik-baik karena orangtua kita bekerja keras untuk bisa membelikan mainan yang kita inginkan.

Ok, sekali lagi tante ucapkan Selamat Ulang tahun ya Kak Hilwa. Raih cita-citamu dengan belajar dan berusaha keras ya. Jangan lupa selalu rajin sholat dan berbakti kepada mama papa.

Wa’alaikumsalam Hilwa

Salam dari tante Ririn, oom Yunan dan Dedek Dita

14 Responses to “Birthday Story Letter for Kak Hilwa”

  1. hilsya said

    makasih banyak doanya, tante Ririn…
    wah.. Hilwa juga dari yogya kok..
    ayah dari sleman, keluarga mama dari mangkuyudan

    Hilwa seneng banget kalo pulang ke yogya🙂

    Wooo…keluarga HilSya dari Jogja juga to? Saya dulu tinggal di Mantrijeron, tapi skr setelah pensiun Bapak Ibu pindah ke Parangtritis. SD saya di Suryodiningratan IV dan banyak temen SD dari Mangkuyudan jua, kan deket banget tuh SD Suryo dengan Mangkuyudan. Jangan2 kita SD nya sama mam hehehe😀

  2. Waduh,dah jadi nieh bun..saya masih blom dapat ide neh bun..
    walah ternyata ada darah yogyanya juga tho keluarga bunda hilsya…:)
    bagus bun ceritanya…pasti kak hilwa suka..:)
    salam buat kak dita bun.:)

    Yang penting berpartisipasi nih mam. Salam juga buat dedek Kinan ya🙂

  3. Orin said

    Wahh…BunDit jg ikutan toh? Semakin seru nih😉
    Salam untuk Dita cantik ya Bun…udh lama saya ga main ke sini, maafkan..

    Hehehe ikut berpartisipasi aja kok mam🙂

  4. Selamat ulang tahun Hilwa ^^
    semoga sukses ya bun giveawaynya ^^

    Makasih mbak🙂

  5. Desy Noer said

    langsung sabet giveawaynya, bun.. gud lak..

  6. Lidya said

    duh aku belum bikin nih bun.memang betul kok gak ada namanya bundanya hilsya diblognya🙂

  7. […] https://alumongga.wordpress.com/2011/05/27/birthday-story-letter-for-kak-hilwa/ […]

  8. elsa said

    bagus ceritanya Mbak,
    setju sama mamakinan, pasti kak hilwa suka nih

  9. monda said

    bunda Hilsya kan mau jadi pricess in disguise, betul nggak mama Hilsya? he..he…
    semoha beruntung ya bundit untuk kontesnya
    kirim salam sayang buat Dita

  10. Allisa Yustica Krones said

    Tulisan ini bikin saya keinget waktu ulang tahun ke-8 dulu, Bundit. Saya diajak papa ke kantor Meteorologi dan sama staf2 di situ, saya diijinkan ngeliat proses pelepasan balon udara untuk mengetahui kondisi cuaca juga ngelihat gimana laporan dari balon udara itu diproses… Hadiah yang sangat sederhana dari papa, tapi sangat berarti buat saya.. *lha, kok jadi terharu yah???😀*

  11. bekti said

    Iya Bun, jaman kita kecil dulu kalo namanya Sekaten seru banget yah? Paling seneng beli gula kapas yang gede itu, haha…😀
    O ya, sekaten beberapa bulan lalu, sepulang kantor, aku sempat mampir. Beli perahu klothok buat Jos, hihi… seru deh, Bun. Hanya dengan minyak goreng seuprit, prahunya bisa jalan lamaa😀

  12. genksukasuka said

    selamat ulang tahun

  13. fharkhan said

    Saam kenal..
    maaf ikut nimbrung..
    hehehe

  14. Jadi ingat pas sy kecil dulu, diajak alm. bapak liat sekaten, liat sircus, lumba2, naik komedi putar, drem molen, kreta mini, ah senangnya. Skrg malah udah beberapa tahun ini gak prnh nonton, cuma lwt aja, pdhl jarak dr rmh hanya setengah km.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: