Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Makanan Khas Palembang Favorit

Posted by BunDit on May 5, 2011

Re-Post dari Blog Lama secara otomatis dengan schedule untuk menjaga irama detak jantung blog ini. Bunda training 2 minggu (2-13 Mei 2011) jadi mohon dimaafkan jika intensitas BW berkurang ya teman-teman. Thanks🙂

_________________________________________________________________________________________

Saya ini termasuk orang yang tidak mantang makanan jenis tertentu. Malah bisa dikatakan saya adalah pemakan segala😀. Jadi cukup sulit menjawab jika ada yang menanyakan makanan apa yang tidak suka. Bagi saya hanya ada 2 rasa makanan, enak dan enak sekali. Dan tentunya yang enak sekali itu adalah makanan favorit saya😀

Membicarakan makanan favorit, salah satu jenis makanan kegemaran saya adalah makanan khas palembang. Dari pempek, mi celor, celimpungan, tekwan, otak-otak, martabak HAR, es kacang merah dll. Semuanya saya suka! hehehe. Tapi dari sekian banyak makanan itu, satu makanan palembang yang baru sempat saya kenal sewaktu sudah kerja di Jakarta adalah Pindang Ikan Patin. Gurihnya ikan patin dalam rendaman kuah yang asam manis menjadikan lidah menari-nari. Dan dari sekian resto yang menjual pindang ikan patin, hanya di resto makanan khas palembang “Sari Sanjaya” lah yang bikin saya ketagihan.

Resto “Sari Sanjaya” ini terletak di Boulevar Utara Kelapa Gading. Tepatnya di sisi utara perempatan lampu merah Masjid Kelapa Gading yang berseberangan dengan mal 3. Saya dan temen suka lunch ke sana karena jarak dari kantor tidak jauh. Pertama kali ke sana karena di ajak temen kantor yang orang asli Palembang. Awalnya resto ini berjualan di 1 ruko dan waktu itu masih sepi. Tapi sekarang? Tidak sampai 10 tahun, pemiliknya telah meng-extend tempatnya menjadi 3 ruko dan pengunjungnya makin berjubel. Pernah ke sana setelah jam makan siang sekitar jam setengah 3 , masih saja ramai. Menurut temen saya, resto Sari Sanjaya ini tidak terkenal di Palembang, mungkin malah tidak ada disana.

Selain Pindang Ikan Patin, kalau ke sana saya tidak melewatkan makan pempek. Pempek nya enak tenaaan, yang paling saya suka pempek kulit. Sedangkan untuk minumannya, saya merekomendasikan es kacang merah, tapi jangan lupa bilang memakai gula jawa, cita rasanya akan lebih mantap. Kalau sehabis makan besar masih mau ngemil, mereka juga menjual aneka kue khas palembang.

Oh ya soal harga makanan di Resto ini memang termasuk tidak murah jika dibandingkan resto sejenis. Terakhir ke sana, untuk 1 porsi pindang ikan patin sekitar 22ribu sedangkan harga pempek nya 4.500/pcs. Tapi worth it lah dengan rasa nya🙂

20 Responses to “Makanan Khas Palembang Favorit”

  1. Gaphe said

    rrr… pindangnya manteb banget kayaknya, uuh pagi-pagi mampir dikasih kayak begonoan. jadi ngiler deeeh. hahahaha.

    sip lah, emang nggak ada pempek kalo bukan makanan palembang!. lumayan murah pempeknya.

  2. sluuruup jadi laper .. dah coba buat sendiri gak bun ?? sharing resepnya yaa kalo dah buat ..;)

  3. Susi said

    Pindang ikan patin-nya mengingatkanku pada pindang khas Jepara yang juga kental & kaya bumbu. Citarasanya unik karena semua bumbu dapur (minus temu kunci & kencur) diolah dalam satu pancin – bahkan yang tidak bisa memasak akhirnya bisa karena pedomannya semua bumbu masuk (hahaha…) . Hmm….. enaaaaakkkk…..

  4. Hmm……. gambar empek empeknya menggiuarkan…ngences neih bunda dita..terus juga pindang ikan patinnya..sumpe jadi pingin mencoba kesana..kapan yah kejakarta lagi??? Enak tenan kayaknya🙂

  5. Saya belum pernah ke Palembang, mungkin lewat di atasnya udah kali *eh, kalo pesawat Padang-Jakarta lewat atasnya Palembang gak…:mrgreen:

    Tapi saya suka mpek-mpek…🙂

  6. bekti said

    Mahal banget ya, bun seporsi 22rb. Ikannya sendiri di tempatku 1 kg cuma 14rb, uh seger2 en gede2. Jadi pengen coba masak pindang patin nih, hehe…. soalnya jarang banget masak pindang (hampir ga pernah diiing), biasanya sih digoreng or dipepes. Ntar mo cari di buku resep tempo hari, kalau2 ada.

  7. Lidya said

    pindang ikan patin belum pernah coba bun,tapi kalo mpek2 suka bangeettt

  8. Enno-Mama Fira said

    laper laper laper….. slruuuuppp…. kayaknya kok seger banget ada kuah2nya gitu. Empek-empeknya juga bikin ngecess kie …..

  9. enaknyoo…itu kalo makan pindang ikan patin..kayaknya nasinya nambah 2 piring deh bun🙂

  10. aku paling suka empek-empek…..jadi ngilerrr

  11. Nchie said

    hmm..empek empek kusuka..

  12. motik said

    harganya emang agak lebih mahal tp rasanya pasti mantab ya bund. alissa mamanya raja pasti tau nih tentang resto2 kesukaan bunda🙂

  13. monda said

    halah… bun jadi kangen pindang patin,
    pindang serani yang isi daging itu suka nggak….?
    hi..hi.. jadi ngences

  14. Elsa said

    wuaaaaaaa kalo pempek emang mantab ya Mbak…
    aku kepingin tuh pindang ikan patinnya….
    duuuh ngiler

  15. Ekye ngidam pempek euy Bun ampe sekarang belom kesampean😦

  16. riliarully said

    *cesss…jadi ngiler nih bun..
    yg pindang ikan patin itu..belum pernah😦
    tau resepnya ga bun?😀

    Hehe saya gak tahu resepnya nih mam, googling pasti nemu deh😀

  17. zoerry said

    baca tulisan ini saya jadi pengen pempek
    *padahal kan cerita pindang patin ya. hehe

  18. […] X sih?” hahaha Ayah tahu aja deh .  Yang pernah Bunda posting seperti Makanan Vegetarian, Pindang Ikan Patin Palembang dan Sea Food Pondok Pangandaran itu juga ditraktir sama Pak X. Sebenarnya kalau makan siang keluar […]

  19. […] Tadi habis selesai presentasi jam 11.30, langsung deh sama atasan dan manager HRD makan siang di RM. Sari Sanjaya. Pindang ikan patinnya rasanya jadi jauuuuuh lebih lezat 1000x lipat hahahah […]

  20. […] Gading. Kelapa Gading kan memang surganya makanan, jadi mau pilih makanan apa aja ada. Kadang ke Sari Sanjaya, Vegetarian Karunia, Boplo, Dapur Sunda, Eat & Eat, Pendopo 21 dll. Kalau waktunya mepet kami […]

Leave a Reply

 
