Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Bubur Gudeg Komplit

Posted by BunDit on February 4, 2011

2 minggu terakhir, Bunda kebayang-bayang sarapan favorit waktu kecil dulu. Namanya bubur gudeg. Dulu kalau hari libur, Bunda sering disuruh ibu membeli bubur gudeg di sebuah warung gudeg “Mbah Ngojo”. Warung yang berlokasi di dekat Masjid Jogokaryan, Jogja ini cukup terkenal. Antriannya selalu panjang walaupun sudah dilayani oleh 3 orang, salah satunya Mbah Ngojo yang waktu itu sudah sepuh banget.

Apa itu bubur gudeg? Bubur gudeg adalah bubur dicampur gudeg, sambal goreng krecek dan dikasih areh sedikit. Kalau mau lebih komplit ditambah telur bulet atau ayam.

Karena budget sarapan terbatas jadi yang Bunda beli waktu itu adalah 5 bungkus bubur gudeg+sambal goreng krecek, karena anggota keluarga Bunda memang 5 orang (Bapak, ibu, kakak, adik dan Bunda sendiri). Duitnya gak cukup kalau nambah lauk seperti telur atau ayam. Membungkusnya pun memakai daun pisang, jadi aroma bubur gudegnya makin joss. Kadang-kadang tanpa sengaja terselip sesuwir daging ayam, waaah seakan menemukan harta karun. Rasanya nikmaaaat luar biasa. Sampai-sampai saat itu Bunda berjanji dalam hati, “Suatu hari nanti kalau saya sudah bekerja dan memiliki uang cukup, akan saya beli bubur gudeg dengan beberapa potong ayam!”😀. Beberapa tahun kemudian impian itu terwujud, puas sih tapi ternyata rasanya biasa saja, tidak seluar biasa saat mengunyah sesuwir daging ayam dulu:mrgreen:

Makanya untuk mengobati rasa kangen akan bubur gudeg itu, hari Rabu, 3 Februari kemarin, mumpung tanggal merah, bunda sempetin pagi-pagi meluncur dengan beat putih ke warung gudeg dekat rumah. Sayang, mereka tidak menjual bubur. Penjualnya yang berasal dari Jogja itu bilang kalau di Jakarta dan sekitarnya ini tidak lazim yang namanya bubur gudeg. Biasanya gudeg ya dimakan dengan nasi. Akhirnya Bunda beli gudeg (5rb), sambal goreng krecek (5rb) dan 2 butir telur + areh (5rb). Sengaja gak beli ayam karena lagi gak pengin.

Sampai di rumah, Bunda tanya ke Ayah apakah tukang bubur ayam sudah lewat. Katanya barusan lewat depan rumah, Ayah bilang dicari saja mungkin lagi muter ke blok lain. Beneran, Bunda naik motor lagi buat cari tukang bubur. Hihi niat banget ya. Alhamdulillah, ketemu dan Bunda minta tukang bubur ayamnya balik lagi ke rumah😀 . Akhirnya Bunda beli bubur polos aja 5rb. Sekalian beliin Ayah bubur ayam, soalnya Ayah gak doyan gudeg.

Setelah semuanya siap, Bunda campurlah semua nya : bubur + gudeg + sambal goreng krecek yang sarat dengan cabe rawit utuh + telur + areh. Oh ya areh adalah santan kental dan ini yang membuat makanan jadi mantap, rasanya gurih menggigit. Pokoknya soooo yummmyyy.

Karena siangnya ngajak main Dita ke playground nya carrefour dan makan siang dengan mie ayam, baru malamnya menu makanan Bunda lauknya sama. Tapi bukan lagi bubur gudeg tapi nasi gudeg, soalnya buburnya sudah gak ada hehehe. Sampai malam, gudeg dan temen2 nya itu masih enak lho tanpa diangetin. Kebukti masaknya memang lama, sampai telur ayamnya hitam gitu hehe. Ayahnya Dita sendiri makan malam pakai sambal goreng krecek plus telur ceplok. Kalau gudeg dan telurnya gak doyan. Ayahnya Dita bilang telurnya kayak gula jawa aja saking hitamnya:mrgreen: . Dita sendiri waktu itu lagi gak mau makan bubur jadi belum tahu doyan apa gak. Semoga doyan ya nak😀

Ah..kapan-kapan beli bubur gudeg lagi. Jadi nagih nih. Slruuup🙂

19 Responses to “Bubur Gudeg Komplit”

  1. Mal & Mel said

    Tetep aja ada yg kurang Bun, ga ada aroma bau2an daun pisangnya, hehehe…

    Hehehe bener, yang ada aroma plastik deh😀

  2. Wah, jadi ngiler ^_^

    Hehehe beli sendiri ya😀

  3. Segala sesuatu yg berhubungan dgn kenangan masa kecil mmg sll ‘enak’ banget ya bund🙂

    Btw, bund, toss dong sesama anak ‘tengah-kejepit’😀

    Pasti mam. Toss deh sesama anak tengah-kejepit😀

  4. haduh…bunda dita…nggak lagi ngidam kan??? hehehe peace bun becanda, YUps aku juga suka banget sarapan pake bubur gudeg ini, hampir limabelas tahun bapak ibuk tinggal di Bantul pokoknya tiap mudik ke bantul pagi pagi sarapannya pasti bubur gudeg plus tempe bacem dan terutama kalo saya sukanya sambel goreng kreceknya itu bun wah Mantep, mak nyosssss and nyusss nggak ada didaerah laen..
    waduh jadi kangen dan ngiler neh bun membaca dan melihat photo dipostingnya bunda dita

    Hehehe maunya ngidam nih mam😀. Bubur gudeg emang oye ya🙂

  5. lidya said

    belum permah coba nih bun. enak sepertinya harus dicoba ya

    Pasti bikin nagih deh mam🙂

  6. haaaa ngilerrr bunda..*pecinta gudeg n krecek*

    Hahah ayo atuh beli mam😀

  7. astien said

    sepertinya enak…aku juga hobi gudeg, tapi biasanya pake nasi…lom pernah nyobain bubur

    Sekali2 coba dengan bubur bu. Pasti menemukan kenikmatan yang lain *halah*😀

  8. Vera said

    Waktu senelom nikah, aku sama sekali ga doyan gudeg dkk nya itu, kemanisan di lidahku yg berdarah sumatra ini. Abis nikah mulai doyan. Tiap ke jogja pasti beli gudeg. Paling suka ama gudeg ceker seturan krn ga terlalu manis. Duuuh jd pengen gudeg….di bekasi di mana yg enak ya dan ga terlalu mns

    Suami saa sih sampai skr tetep gak suka gudeg, lidah sumatra emang agak susah menerima yang manis2 ya hehehe. Wah saya gak tahu nih yang jual gudeg yang gak terlalu manis. Kemarin yang saya beli di dekat rumah termasuk masih manis lah. Kalau bagi penyuka gudeg beneran, ada di dkt terminal bus manggarai. Top banget gudegnya🙂

  9. wuaaa bunda bikin ngiler ni postingannya..selama di Balikpapan blm pernah nyobain gudeg lokal sni,he2..

    Hehehe pasti ada orang jawa yang jualan gudeg di sana bun :-

  10. bunda tsabita said

    wah! jadi kemecer nih… btw, warung mbah ngojo nya masih ada nggak ya…

    Wah gak ngerti dik. Mengko yen pulkam ke Jogja, digoleki yuk hehehe🙂

  11. rasanya kayak apa bun?? blm pernah coba nih, hehehe

    Bagi saya sih rasanya nikmaaaat banget hehehe😀

  12. entik said

    wuih, bubur gudeg versi baru nih hehe..
    yang paling sedep emang kalau dibungkus daun pisang ya jeng..

    Yoi jeng, yang alami emang susah tergantikan ya spt daun pisang itu🙂

  13. kayaknya enak banget yach mom……lihat fotonya jadi ikut2an ngiler hhehehe…..

    suamiku dulu juga lama di jogja, tapi herannya ngga doyan gudeg. mungkin krna manis itu kali yachh….kalo aku ya seneng makanan yang manis2…..

    hehehe kalau bukan org Jawa, susah euy suka sama gudeg. Saya yang jawa tulen aja, doyan sama gudeg tapi ya gak mania sekali. Sebenarnya saya tidak suka yang terlalu manis juga🙂

  14. wah gak usah jauh jauh .. sudah terobati kangennya makan bubur gudeg .. hihihi saya malah baru denger .. gimana rasanya yaa ??🙂

    Rasanya nikmat bun, coba aja😀

  15. haha..tau gak bund..hbs baca ini kemarin langsung juga pingin gudeg..dan kesampaian beli hihi… ni baru sempet komen… ah…bundit harus tanggungjawab ni, dr postingnya jadi pingin hihihi

    Tanggungjawabnya ikut makan ya bun hehehe😀

  16. Wah aku belon pernah nyobain bubur pake gudeg. Aku sih doyan gudeg *yeaah apa sih yang mommy Ganesh gak doyan?? nyehehe*.
    Ntar aku mau coba ide BunDit aaah. Coba ide beli bubur+gudeg nya sih, bukan ide masak bubur gudeg. Hihihi…
    Jadi ngeceees…slurrrp *ngelap iler*

    Ayo mom dicoba🙂

  17. bun,jauh bgt beliny?dr parangtritis k jogokaryan? aq tinggal d daerah alkid, msh jual g y bubur gudeg mbah ngojo nya?

    Dulu keluarga saya masih tinggal di Mantrijeron. Setelah ibu pensiun baru pindah ke Paris. Wah saya gak tahu masih jualan apa gak ya. Nanti kalau ke Jogja pengin nyari juga. Kangen sama bubur gudeg mbah ngojo🙂

  18. Elsa said

    hehehehe gudeg memang enak ya Mbak…
    lidah jawa sih soalnya

    Mbak Elsa pasti juga kan?🙂

  19. Langsung kepikiran kira2 dah berapa abad yah gw kaga makan gudeg

    Mo bikin sendiri juga belom tau resepnya neh Bun. BunDit ada ga resepnya?? Kalo ada mau duuuunnnkksss🙂

    heheh gudeg mah buatnya kayaknya ribet ya. Googling pasti banyak resep gudeg🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: