Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Berlibur ke Pantai Parangtritis Yuk!

Posted by BunDit on February 4, 2011

Tanggal 3 Februari 2011 kemarin, tulisan Bunda dipublish di The Urban Mama (TUM), sebuah komunitas parenting terkenal. Ini tulisan pertama Bunda yang dipublish di luar blog sendiri. Awalnya gak pede deh nulis di luar, takut gak ada yang komen hahaha. Alhamdulillah, itu gak terjadi. Tulisan ini Bunda submit tgl 4 Januari 2010, sebulan kemudian baru dipublish di TUM. Kebayang deh banyaknya tulisan yang ngantri😀

Ini dia link nya http://theurbanmama.com/topics/activities/1878/berlibur-ke-pantai-parangtritis-yuk.html.

Sebagai kenang-kenang-an Bunda sempet capture, sebelum masuk ke histori. Hehehe Bunda emang hobi meng-capture ya. Yang sebelumnya Bunda capture Timeline nya @MamaYeah :mrgreen:  :

Disini Bunda tampilkan juga tulisan itu. Sedikit banget kalimat yang diedit oleh TUM. Bunda pun bercerita dengan gaya “saya”, bukan “bunda”😀

—————————————-

Pertama kali Dita berkenalan dengan pantai saat usianya 15 bulan. Saat itu ke pantai Kalangan, Sibolga-Sumatera Utara, saat mudik lebaran ke tanah kelahiran Ayahnya Dita di Padangsidempuan tahun 2009. Saat itu, Dita belum berani saat diturunkan ke pantai untuk bermain air.

Lebaran tahun 2010 kemarin, saat mudik ke Jogja, tanah kelahiran saya, untuk kedua kalinya Dita (2y3m) kami ajak main ke pantai. Kebetulan rumah orangtua saya jaraknya hanya 200m dari Pantai Parangtritis, jadinya setiap hari bisa bermain ke pantai. Awalnya Dita takut, lama-lama tidak mau diajak pulang😀

Sebenarnya banyak sekali pantai di Jogja selain Parangtritis, ada pantai Krakal, Kukup, Samas dan masih banyak lagi. Masing-masing punya daya tarik masing-masing. Pantai Parangtritis yang masuk wilayah Kabupaten Bantul ini berjarak kuranglebih 30km dari Jogja dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari pusat kota. Jalan menuju ke sana sangat mulus. Sampai disana akan terlihat jejeran penginapan dan hotel, jika ingin menginap. Tarif penginapan berkisar antara 50rb-500rb tergantung dari fasilitas dan season. Waktu Peak Season adalah saat libur anak sekolah, lebaran, tahun baru dan malam 1 Suro.

Dengan retribusi hanya Rp.3.250/orang, kita bisa sepuasnya bermain ombak dan pasir di Pantai Parangtritis. Sensasi bermain di pantai ini adalah saat kita dikejar ombak dan setelah ombak menyapu kaki kita dan airnya kembali ke pantai, rasanya badan ikut bergerak. Dita pasti berteriak senang saat merasakannya. Sayang, karena ombak pantai selatan yang besar, pantai Parangtritis tidak memungkinkan untuk berenang bebas. Ada jarak batas amannya.

Jika ingin menyusuri pantai tanpa berlelah-lelah, kita bisa naik andong dengan tarif 15 ribu untuk sekali putaran, si kecil pasti suka sekali. Sekarang pun ada yang menyewakan ATV. Oh ya, kalau ke pantai jangan lupa membawa peralatan untuk bermain pasir. Seru sekali. Kalau sudah bermain pasir, Dita enggan beranjak deh🙂

Setelah puas bermain di pantai dan perut minta diisi, di sekitar pantai banyak sekali rumah makan yang siap menerima kunjungan. Atau kalau ingin makanan seafood dengan berbelanja ikan sendiri, silakan meluncur ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang jaraknya tidak jauh dari pantai. Di sana banyak sekali saung-saung yang menawarkan jasa untuk memasak ikan yang sudah kita pilih plus menyediakan nasi, sambal dan lalapan. Hmm…nikmat🙂

Jadi buat urban mamas dan urban papas yang mau berlibur ke Jogja, jangan lupa mampir ke pantai Parangtritis. Akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi putra-putri tercinta. Happy holiday🙂

10 Responses to “Berlibur ke Pantai Parangtritis Yuk!”

  1. Waduh, selamat yah bunda dita, akhirnya Tulisan bunda dita tayang..eh kok tayang..di publish di The Urban Mama, Sip..sip sip..ayo ayo semangat nulis lagi bun..:)
    Tapi emang tulisannya bagus kok bun, informatif
    Salam sayang buat kak dita dari kinan dan mamanya…:)

    Makasih mam. Salam sayang juga dari Dita buat Kinan ya🙂

  2. lidya said

    selamat ya bun tulisannya dimuat, makin semangat dong: )

    Makasih mam. Pastinya harus makin semangat dong🙂

  3. Vera said

    Wooww…hebat…top markotop

    Ah, semua juga bisa menulis seperti saya kok mam. Anyway thanks🙂

  4. Selamat ya bund.. Tulisan yg informatif gini pastilah dipublish😉

    Makasih mam🙂

  5. Wah, jadi pengen ^_^

    Ayo main ke paris (parangtritis) dong mas😀

  6. dina.thea said

    selamat yah bun, sensasinya luar biasa yah bun, saya jg pernah memposting jg di urban mama

    Hehe makasih bun. Saya juga baca tulisan bunda Dina🙂

  7. bunda tsabita said

    pf ya mbak… ^_^ biar jogja makin terkenal

    Hehehe iyo dik, khususnya Paris😀

  8. wah hebat punya kemampuan menulis seperti BunDit…..keren….cara penulisannya bagus banget. Kalo saya nulis asal2an aja soale ngga ada bakat menulis sech…..dulu waktu SD paling sebel kalo ada pelajaran “mengarang” heheheheh

    Ah, saya juga masih belajar menulis kok mam🙂

  9. Waaaaahhh, selamat yah Bun tulisannya ada di Urban Mama🙂

    Zahia juga demen maen pasir. Tapi belom pernah tuh nyobain naek sado di pantai secara disini mah kaga ada

    Btw Bun, yang dipake Dita di atas kepala yang gambar Mickey Mouse tuh apaan yah? Hihihi lucu boooo

    Itu topi nya bun, emang bawaan sama swimsuit minnie mousenya🙂

  10. […] saya ikut lomba menulis dengan tema “Mengenang Bumi Kelahiran”. Saya menulis tentang Parangtritis, walau cuma juara Harapan tapi tulisan saya ikut diterbitkan dalam sebuah buku yang berisi kumpulan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: