Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Pupuk Persatuan dan Nasionalisme Semenjak Usia Dini

Posted by BunDit on October 28, 2010

Usia anak-anak adalah usia paling tepat untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai yang baik dalam masyarakat. Ketersediaan banyak ruang di memori anak-anak dan daya ingat yang luar biasa yang menjadi alasannya. Di sanalah kesempatan kita membuat anak-anak menerima apa yang kita ajarkan. Salah satunya mengajarkan nilai-nilai kebangsaan.

Momen-momen yang digelar pada peringatan hari besar Indonesia seperti Hari Kemerdekaan, Hari Sumpah Pemuda dan lain-lain merupakan ajang paling tepat untuk menanamkan nilai nasionalisme dan persatuan pada anak. Dengan melibatkan mereka pada upacara, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya atau sekedar ikut lomba-lomba membuat mereka merasa menjadi bagian dalam peringatan itu. Walaupun mungkin mereka belum paham apakah arti nasionalisme dan persatuan tapi setidaknya mereka bisa belajar dari momen-momen itu. Belajar kompak saat menyanyikan lagu kebangsaan, belajar sportif saat berlomba, belajar menghargai teman saat pawai dan lain sebagainya.

Dengan genggaman bendera merah putih kecil di tangan mungil anak-anak, kita berharap darah nasionalisme akan terus mengalir dalam diri mereka sampai mereka besar nanti. Arti persatuan akan pelan-pelan bisa dipahami dengan benar oleh mereka. Anak-anak semakin sadar bahwa mereka hidup di negara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Hanya dengan bersatu, keragaman dalam hal apapun bukan suatu masalah. Karena sejatinya, Indonesia itu Satu. Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa. Indonesia.

Artikel ini Bunda ikutsertakan pada Kontes Iklan Indonesia Bersatu di BlogCamp.

17 Responses to “Pupuk Persatuan dan Nasionalisme Semenjak Usia Dini”

  1. advertiyha said

    JURI(K) Datang,, memberi salam,
    sambil mencatat di buku besar,
    nomor peserta pantas Anda sandang..

    semoga sukses semua peserta…🙂
    salam persatuan..!!!

    nb : wiiiiii.. ponakan tante keren lho… cantik..🙂

    Hihihi begini to rasanya dinilai oleh adikku yang cantik ini😀

  2. jumialely said

    kalu sudah berbicara anak-anak kok rasanya… gimana gitu…. mereka adalah bibit yang harus dibina dengan benar dan baik, karena mereka adalah generasi yang akan menentukan kemana arah negeri ini

    salam

    Makanya ayo beranak…lho???😀

  3. Lidya said

    mrs.kontes: ) good luck ya bundit

    Hahaha julukan terhormat nih. Thanks mam😀

  4. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Iklan Indonesia Bersatu.
    Akan dicatat sebagai peserta

    Salam hangat dari Markas Blogcamp di Surabaya

    Maturnuwun pakdhe🙂

  5. Semoga sukses yah Mba kontesnya *bener bener Mrs. Kontes deh Mbakyu ku yang satu ini*

    Hahahha makasih julukannya. Untuk menghargai yang menggelar kontes. Siapa tahu nanti suatu saat aku yang menggelar, jeng soes harus ikut lho😀

  6. Go Go Go, Bunda Dita!
    Aku setuju jangan sampe ajaran yang bagus soal persatuan dan kesatuan yang ditanamkan di jaman orde kita dulu pupus dan hilang dalam semangat anak jaman sekarang.

    Jujur, aku salut sama Bunda Dita..gak gampang lho ikut beberapa kontes menulis dalam waktu yang gak terlalu jauh. Karena ide nya itu harus terus ada..

    Hihihi iseng aja mom. Lagian saya ikut kontes yang ringan2 aja kok😀

  7. Setuju, bagaimanapun kondisi bangsa kita tp sangat sayang jika semangat nasionalisme itu tidak turut ditanamkan ke anak-anak kita sejak dini🙂

    Duh, bunda satu ini ikutan kontes lagi…hebat! salut saya dgn semangatnya.. sukses ya bundit😉

    Hahaha namanya juga addicted😉

  8. nchie said

    SETUJU BANGET BUNDA..

    Yuk marii kita tanamkan nasionalisme sejak dini pada anak2 kita..
    karena merekalah generasi bangsa indonesia..

    Sip🙂

  9. keren…keren k…keren..
    benar..
    mulailah dari mereka kecil
    agar selalu terpatri hingga mereka besar..

    Semoga mbak🙂

  10. genksukasuka said

    setuju dah,,,
    semoga menjadi generasi yg membanggakan…ortu, agama dan negara

    Amin. Thanks mas telah mampir🙂

  11. bunda alf said

    bund… ada award dari saya, http://martadewa.wordpress.com/2010/10/30/award-perdana/

    semoga berkenan. wawawaw… ada kontes lagi ya? sampai kapan tuh? boleh doong ikutaaan🙂

    Awardnya sudah saya ambil bun. Tapi saa pasang di bufet award aja ya🙂

  12. zee said

    Bunda rajin ikut kompetisi ya bun..
    Semoga menang🙂

    Hihihi yang penting berpartisipasi, sambil update blog😀

  13. Bunda Hana said

    Semangat! Memang yang kek gini harus dipupuk sejak dini ya😀.

    Iya bun😀

  14. vera said

    Dita, minta dong bendera kecilnya hihihi…

    Hihihi udah ketlingsut entah kemana mam😀

  15. diyannovrida said

    Merdekaaa!!!!sukses ya bun kontesnya…:)

    Hehehe thanks bun🙂

  16. IpoeL said

    itu anaknya ya bunda? (yang laen manggilnya bunda, so follow aja.. he3x) iiiii…. luthu na…..
    <ceritanya lagi blogrunning :mrgreen:

    Iya Mas, namanya Dita. Thanks telah mampir🙂

  17. motik said

    hihihi si bundit banci kontes blog ya ternyata😀
    tapi keren kok bund bener deh! aku pengen ikutan tapi kok kadang mati ide nih,,, pas ada ide tp waktunya gak ada krn konsen nemenin kyara. pas ada waktu, idenya wis nguap hahaha alesan aja yah aku bund😀 good luck ya🙂

    Hehehe seneng aja ngikut mam, sambil buat update blog😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: