Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Anak Sehat dan Hebat berkat Internet Sehat

Posted by BunDit on October 24, 2010

Sudah lama saya bersahabat dengan internet, sudah hitungan 2 digit tahun. Awalnya lebih senang memanfaatkannya untuk membaca berita online, mencari informasi yang dibutuhkan bahkan saya sempat kecanduan yang namanya chatting. Saat itu memang belum marak segala macam jejaring sosial seperti friendster, facebook, twitter dsb. Internet belum se-booming sekarang.

Seiring berjalannya waktu, persahabatan saya dengan internet semakin kental dan saya mulai mengenal yang namanya blog. Setelah menikah dan mengandung, saya semakin intens dengan blog, utamanya personal blog yang ditulis oleh ibu-ibu yang menceritakan segala pernak-pernik dunia anak-anak mereka. Mulai dari persiapan melahirkan, pemberian Air Susu Ibu, makanan pendamping yang sehat, kesehatan anak, pendidikan anak dsb. Awalnya saya hanya sebagai silent reader, selanjutnya mulai suka meninggalkan jejak komentar di postingan yang menarik.

Setelah anak lahir, saya tertarik untuk mendokumentasikan perjalanan hidup anak. Maka lahirlah sebuah blog untuk buah hati kami yang sampai sekarang masih rutin saya update. Informasi-informasi berguna yang saya dapatkan dari blog sesama ibu-ibu blogger dulu saya terapkan kepada anak dan saya share di blog saya. Saat awal-awal kehidupan anak, saya banyak bercerita soal managemen ASI buat ibu bekerja. Dulu sebelum mengetahuinya dari internet, saya tidak pernah mengira bahwa ibu bekerja pun bisa memberikan ASI buat anak. Siapa sangka, ternyata ASI bisa dibekukan dan punya managemen khusus buat menyimpannya. Selain soal ASI, blog yang saya bangun pun penuh dengan cerita pengalaman saat memberikan makanan yang sehat untuk anak. Bersama komunitas sesama ibu blogger, saya pun bisa sharing soal tumbuh kembang anak, kesehatan anak dan semua yang bersangkut paut dengan dunia si kecil.

Ah, beruntungnya saya punya sahabat bernama internet dan  bersentuhan dengan blog. Anak saya menjadi sehat dan hebat karena saya bisa mengupgrade pengetahuan saya soal anak lewat internet, utamanya lewat blog. Hal-hal yang tidak pernah saya bayangkan pun, tiba-tiba terhampar dengan jelas di depan mata. Saya serasa duduk di bangku sekolah. Sekolah internet dan sekolah blog.

Namun saya sadar, sehebat-hebatnya sekolah internet dan blog ini, kita sebagai “murid”, termasuk saya harus bijak mempergunakan informasi yang diperoleh. Saya memilih tidak menelan mentah-mentah informasi. Tidak semua informasi di internet berupa informasi yang baik dan sehat. Hanya kitalah, pengguna internet yang  bisa membuat internet menjadi bermanfaat dan sehat. Makanya semua informasi yang mampir ke diri kita, harus dibaca seksama, disaring, dicari referensi yang sahih dan dikonfirmasikan dengan orang yang lebih berkompeten di bidangnya, sebelum kita bertindak untuk mengikutinya. Itulah namanya belajar. Dan belajar adalah proses, tidak ada titik berhenti. Dan sampai sekarang saya dan suami sedang berproses untuk menjadi smart parents bagi anak kami. Berproses dengan ditemani internet sehat dan blog sehat 🙂

—-

Tulisan ini saya ikutsertakan dalam Festival BLOG 2010

10 Responses to “Anak Sehat dan Hebat berkat Internet Sehat”

  1. vera said

    bener banget, banyak informasi penting dr internet tapi ga semua informasi itu kita telan mentah2 tetep hrs ada filternya.

    Bagi aku yang diem di rumah dan punya tetangga yang super cuek, internet emang temen yang TOP banget..kebayang deh klo ga ada internet bisa mati gaya hahahha…

    Hehehe bener mam, tanpa internet bisa mati gaya ya 😀

  2. Lidya said

    mampir dulu nih bundit, baca belakangan ya.ngejar ketinggalan dulu 🙂

    Hihihi nyantai aja mam. Keretanya belum jauh kok 😀

  3. Ikut kontes lg ya bund? Dasar, contess addicted!!! Hahahahaha

    Tp saya tetep dukung kok bund, moga sukses.

    Saya jg setuju dgn apa yg bundit share di sini. Internet membuka bnyk bgt cakrawala pengetahuan qta trmasuk ttg mendidik anak. Dan memang, semuanya harus balik lg ke kita masing2 utk menyaring informasi yg kita peroleh 🙂

    Hahaha addicted nya udah masuk ke sungsum nih. Thanks mam 😀

  4. Elsa said

    waaah semoga menang kontes yaa…

    internet, tergantung pemakainya sih ya
    semoga kita senantiasa mendapatkan hal hal positif aja deh
    negatifnya jangan

    Makasih mbak 🙂

  5. Dija said

    Dija kalo pake internet, selalu diawasin tante elsa kok
    jadi gak bisa macem macem
    harus bermanfaat gitu Tante katanya Tante Elsa

    Hihihi good girl, Dija 🙂

  6. Bunda Hana said

    Waah ikutan juga ya, Bun? 😀

    Iya Bun 🙂

  7. advertiyha said

    Yey..Yey..Yey.. moga menang.. 🙂
    selalu tentang anak ya bun, salute.. 🙂

    Tema anak kagak pernah ade matinye mbak 🙂

  8. Yang gw salut sama BunDit adalah konsstensinya dalam ngeblog. Semua perkembangan Dita ditulis secara lengkap & ga pernah kena penyakit males ngeblog. Marvellous … marvellous *jarjit banget*

    Males ngeblog? pernah lah bun. Kalau males ngeblog, saya cari aja foto Dita, trus upload, komentarin sedikit, gak usah nulis banyak2 lha critanya kan lagi males 😀

  9. bunda alf said

    hihihi bundit… saya malah ngomentarin komentar di atas nihh.. kita sama judulnya, kalo lagi males :p…semoga sukses yaaa!

    Hihihi males itu manusiawi lah…:D

  10. Semangat bunda dita ini perlu ditiru, salut!
    benar kata bunda susan,konsistensinya dan semangatnya ikut kontes nieh yang patut diberi jempol…
    Haduh kalo saya, sering terserang penyakit males…dalam hati dan niat pingin nulis dan mengisi dan otak atik blog biar cantik gitu dan nggak standard..tapi kok ya males dan males gitu lho..

    Soal internet, dahsyat…The BIGEST Library in the World, saya dah merasakan banyak manfaatnya, termasuk saya bisa kenal dengan bunda dita…dan kawan kawan bloger lainnya

    Saya kadang juga keluar malasnya kok. Makanya senjata utama saya yaitu foto Dita. Kalau lagi malas ya cari2 foto Dita yang lucu, diposting dengan tulisan sedikit 😀

Leave a comment