Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita 27 bulan (2 tahun-3 bulan)

Posted by BunDit on September 21, 2010

Sebelum cerita mudik, Bunda mau review Dita yang genap 27 bulan pas tanggal 18 September kemarin. Apa dan bagaimana putri Bunda di usia nya 2 tahun 3 bulan ini ya?

  • Masih belum berhasil disapih. Tapi sekarang Dita sudah jarang minta nenen terang-terangan. Biasanya kan bilang “Bundaa..meme”. Sekarang malah sukanya ngendus2 dada Bunda sambil merajuk. Bunda kadang pura-pura gak tahu apa maksudnya. Kalau Bunda bilang “Mau meme ya sayang” Dita dengan cepat langsung jawab “Iyaa…memee…”
  • Masih belum mau pup di WC nih😦 . Sebelum mudik kemarin sempat mau saat Bunda suruh jongkok di WC saat mau pup. Bunda sudah seneng banget. Eh..habis itu gak mau lagi. Ya tapi setidaknya sudah mulai mau lah. Padahal kalau ditanya ‘Dita…kalau e-ek dimana sayang?” Dijawab “di weseee”. hehehe gak papa lah baru bisa sebatas kata-kata. Insya Allah dalam waktu dekat lulus TT nya ya🙂
  • Sensitif. Dita ini sepertinya termasuk anak yang perasa *kayak Bunda nya😀 *. Kalau membuat kesalahan dan ditegur sama Ayah dan Bunda langsung deh diambil hati trus mewek.
  • Kalau Ayah atau Bunda lagi ngelakuin apa aja selalu nanya “Bun…ngapain?” atau ‘Bun…ayah ngapain?”.
  • Kalau mencium bau yang menyengat misal Teteh nya lagi masak atau Ayahnya habis nyemprot semut pakai baygon pasti nanya “Bun..bau apa ya?
  • Sudah berani naik tangga sendiri dengan pegangan railing. Sebelumnya masih sesekali dibantu tangannya yang menyentuh undakan karena tangga di rumah memang cukup curam. Tapi kalau turun tangga masih belum berani, jadi turunnya mundur merangkak gitu atau minta dituntun.
  • Omongannya makin cerewet. Kalau malam-malam lagi ngmpul sama Ayah Bunda suka nyeletuk “Ayaaah…Bundaaa.. keluar yuk. Adik gerah nih”. Maksudnya ngadem di teras rumah, menirukan kebiasaan Ayahnya yang suka gerah kalau habis makan trus ngadem di teras rumah😀
  • Sok empati. Bunda kalau gosok gigi di pagi hari pasti memuntahkan dahak dan bersuara “huoook”. Dita langsung teriak “Bundaaaa…pelan-pelan aja”😀
  • Sok dewasa. Waktu mudik kemarin kan bareng bulik Tantri (adik Bunda), om Tito (suami dik Tantri) dan dik Tita (4,5 th, sepupu Dita). Meski Tita itu secara umur lebih tua dari Dita, tapi karena anak dari adik Bunda jadi “awune” lebih muda dari Dita jadi Dita manggilnya dik Tita. Saat istirahat sholat di masjid. Tita itu lari kesana kemari. Dita ngikutin sambil teriak ‘Dik Titaaaa…jangan lari-lari. Nanti capek”😀
  • Makin banyak akal. Di rumah yangti nya kan ada wastafel buat cuci tangan. Dita paling demen main air disitu. Suatu saat bilang ke Bunda “Bunda..adik mau cuci tangan”. Bunda jawab “Tangan adek kan gak kotor’. Trus Dita bilang “Bunda..adek mau puti saju”. Dita memang suka banget makan putri salju, jadinya langsung Bunda ambilin. Setelah putri saljunya habis dimakan, sambil menunjukkan tangannya yang kotor habis pegang putri salju Dita bilang lagi ke Bunda “Bunda..adek mau cuci tangan”. Hahahaha bisa aja kamu nak😀
  • Mulai kenal arti antisipatif. Bunda kan suka negur kalau Dita mainin/ngacak-acak cotton buds atau ngeluarin sedotan. Jadi suatu hari pas Bunda lagi sibuk buat makanannya, Dita menghampiri Bunda dan bilang “Bundaaa…jangan marah ya”. Bunda yang memang lagi sibuk menjawab aja “Iya…sayang”. Eh gak tahunya, Dita lagi ngeluarin semua cotton buds dari tempatnya. Pokoknya jadi acak-acakan deh. Karena Bunda sudah bilang gak marah jadinya beneran gak marah malah tersenyum. Ah..anak Bunda pinter cara mengantisipasi kemarahan Bunda😀
  • Ego nya tinggi. Mungkin anak-anak umur segini memang egonya tinggi ya. Kemarin kelihatan banget saat di Jogja dan secara intensif bermain dengan Tita. Dita selalu keep mainannya dan bilang “Ini punya adeeek”. Makanya Bunda memanfaatkan momen itu dan pelan-pelan memberitahu Dita arti berbagi. Kadang Dita mau, kadang ya ngotot gak mau. Lebih seringnya Dita maunya minjem barang kepunyaan dik Tita tapi barangnya gak mau dipinjem hehehe.
  • Suka apa-apa maunya dia yang melakukan. Misalnya Bunda mau buka pintu, Dita langsung bilang ‘Adek duluuuu” maksudnya Dita maunya yang buka. Atau matiin kran, Dita maunya melakukan sendiri. Kalau sudah terlanjur dimatiin Bunda, ya harus dinyalain lagi trus Dita yang harus matiin😀
  • Makin suka menyanyi. Sekarang lagu favoritnya Dondong Opo Salak. Dita sudah hapal dari awal sampai akhir walaupun kalimatnya masih belepotan sana-sini. Kalau habis menyanyi langsung tepuk tangan sendiri sambil teriak “Pinteeeer”😀
  • Sekarang kalau sudah lapar banget mulai bilang “Bunda adek laper”. Trus kalau sudah kenyang “Bunda…sudah”🙂
  • Makannya? Alhamdulillah, makin ngedap-edapi. Kemarin pas mudik kan suka disuapin Bunda. Bunda sudah lapeeer banget tapi nyuapin Dita dulu, maksudnya biar Bunda bisa pakai sambel setelah Dita selesai makan. Tapi sudah makan banyak Bunda tanya, “Makannya sudah sayang?”. Dita menjawab tangkas “belum”. Hehehe padahal perut Bunda sudah ngintir-intir😀 . Itu aja habis makan masih nggadoin 2 keju singles kraft ditaburi meses. Kata Ayah “Ini anak makaaaan mulu”😀 . Semoga gampang makannya tidak bersifat sementara ya sayang🙂

Ah…anak di umur-umur selepas 2 tahun menuju 3 tahun memang makin membuat amaze. Rasanya kepintarannya bertambah dengan sangat pesat. Celotehannya makin sempurna dan beragam. Jadinya seringnya membuat ngakak yang mendengar. Selalu sehat ya anakku sayang…🙂

9 Responses to “Dita 27 bulan (2 tahun-3 bulan)”

  1. Yang plg bikin ngakak adalah yg ‘ngerjain’ bundanya dgn ngotorin tangan pake kue itu!!! Ditaaa… Ditaaa… Ada2 aja😀😀

    Ditunggu aja mam, nanti Raja juga “jahil” begitu😀

  2. Wah… perkembangan Dita menggemaskan ya bun. Pinter, lucu, dan polos.

    Alhamdulillah bun🙂

  3. met ulbul ya cantiik .. weh aku malah kelupaan mo posting ulbulnya Farras🙂 tambah pinter deh dita .. Farras juga gitu bun kalo mo tidur pengen nya dia yang nyalain AC kalo keduluan pasti minta dimatiin n dia nyalain lagi .. bisa tekor deh bayar listrik😦 he he he

    Hehehe anak seumuran Farras dan Dita pasti ngamuk ya kalau dilarang dan diganggu kesenangannya😀

  4. dina.thea said

    Wah Dita dah banyak perkembangannya yah, sehat selalu ya🙂

    Makasih Bun🙂

  5. Masyaallah, kak dita cantiknya pake jilbab..
    selamat ulang bulan buat kak dita yah, tambah pinter, tambah cantik, sehat selalu, selalu disayang sama bunda dan ayah..🙂

    Makasih doanya mam🙂

  6. motik said

    dita makin pinter aja 🙂
    iya bund umur 2-3 th emang amaze banget ya. rasanya tiba2 bisa apa aja hehehe… nanti 3-4 th pasti ada kepintaran baru yg bikin amaze juga dst 😀
    dita makin besar bund, siap punya adek nih kayanya🙂

    Iya nih, maunya segera ngasih adik buat Dita, tapi belum jadi nih😀 . Doain ya? Btw, kapan Kyara dikasih adik😉

  7. Ga kerasa dah 2,3 tahun to dita? tambah pinter dan banyak akalnya hehe..

  8. sari said

    duh jadi ga sabar kaya apa tar Hafizh kalo dah umur segitu ya..moga2 juga pinter kaya mbak dita..hehe…

    btw paling suka pas abis nyanyi trus dita bilang pinterrr…hehe…

    Di tunggu aja bun, Hafizh pasti lebih pinter🙂

  9. Aihh dita udah gede yaa..
    Mirip2 Shaina bun soal Empati sama (sok) dewasanya.
    Kasusnya kalo Shaina, gak bisa denger mama bilang “aduh” – even itu cuma hal sepele, langsung Shaina bilang “mama sakit? ayo bobo’an”-sembari maksa pokoknya haha.
    Semoga Dita tetep “nyenengi” dan yg ga kalah penting, cepet mau pup di wese yaah. Yang penting sih konsisten aja bun n rada cermat liat gelagat kalau mulai mau pup. Langsung bawa kamar mandi. Works on me & Shaina🙂

    Hehehe anak-anak emang lucu ya mam. Soal pup, Dita nih kalau ketahuan mau pup menolak keras saya angkat. Jangankan diangkat, disenggol dikit marah. Kayaknya lagi konsens kok diganggu hehehe. insya Allah saya bisa lebih konsisten mam, thanks sharing nya. Sun sayang buat kakak Shaina🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: