Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Anak-anak, tertawalah!

Posted by BunDit on July 23, 2010

Dulu saat saya masih belum menikah seringkali berpikir : Suatu saat nanti kalau sudah menikah kemudian memiliki anak, mampukah saya merawat, mendidik dan membesarkan anak-anak ya? Mampukah saya menjaganya saat mereka sakit? Mempukah saya menjadi tiang penyangga saat mereka rapuh? Keraguan demi keraguan itu terus saja menggelayuti….

Dan sekarang, setelah saya menikah dan memiliki buah hati, keraguan itu mau tidak mau harus dipangkas. Tidak ada kursus untuk menjadi orang tua yang mampu mengasuh anak dengan baik. Semua orang tua memulai dari titik nol dan melewati sebuah proses yang tiada henti. Setiap detik adalah waktu untuk belajar. Belajar terus menerus untuk bisa memberikan yang terbaik buat anak yang telah dilahirkan dengan taruhan nyawa.

Anak tidak pernah minta untuk dilahirkan. Atas nama meneruskan generasi, tuntutan kehidupan sosial atau sejuta alasan lain yang kita buat, mereka hadir ke dunia. Maka betapa egoisnya kita jika menyia-nyiakan makhluk polos bernama anak-anak. Jangan pernah menyakiti mereka seujung kuku pun. Anak-anak memiliki hak untuk diberi rasa cinta, rasa hangat, rasa nyaman, rasa aman dan rasa-rasa lain yang membuat mereka bahagia untuk tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan mandiri. Mereka adalah amanah besar yang harus dijaga.

Anak-anakku, tertawalah selalu. Tertawalah lepas. Kebahagiaanmu akan membuat dunia ini ceria dan damai.

Selamat Hari Anak Nasional, 23 Juli 2010.

Tulisan ini saya buat untuk berpartisipasi dalam Postingan Kolaborasi Hari Anak Nasional 2010 dengan tema Gerakan Nasional Indonesia Sayang Anak.

17 Responses to “Anak-anak, tertawalah!”

  1. Bang Iwan said

    Mudah2han sumbang saran, opini, atau uneg-uneg yang kita tulis nantinya bisa menjadi sumber referensi dan instropeksi untuk lebih mendorong kepedulian kita terhadap Anak Indonesia sebagai pewaris dan penerus cita-cita bangsa.

    BunDit :
    Amin🙂

  2. Bang Iwan said

    makasih banyak Bundit udah ikutan… linknya sudah saya tulis dipostingan terbaru.

    BunDit :
    Sama-sama bang. Salam kenal🙂

  3. Hal paling penting yang dapat dilakukan seorang ayah untuk anak-anaknya adalah mencintai ibu mereka, dan hal paling penting yang bisa dilakukan seorang ibu untuk anak-anaknya adalah mencintai ayah mereka. Cara ini anak marasa ibu dan ayah akan bersama-sama memberikan rasa aman dan dia tidak akan menghadapi trauma harus memilih ibu dan ayah.

    BunDit :
    Terima kasih sekali nasehatnya Eyang🙂

  4. Lidya said

    selamat hari anak nasional, rajin nih bundit

    BunDit :
    Hmm..nulis itu hobi sih mam. Jadi kalau ada inspirasi buat nulis terus gak dituangkan takut jerawatan hehehe😀

  5. nh18 said

    Betul Bunda Dita …
    Tertawalah Anak Indonesia …
    Bernyanyilah …

    Salam saya

    BunDit :
    Makasih Pak🙂

  6. munir ardi said

    mengunjungi sesama posting kolaborasi, salam kenal bunda

    ketika anak-anak tertawa, tidak akan lagi ada airmata
    ketika ia tertawa dunia baru dimulai, tak ada lagi kesedihan dan dunia akan damai, semoga

    BunDit :
    Semoga Pak Munir. Salam kenal🙂

  7. Good posting bunda dita, Setuju !!! Berikan anak anak kita hak untuk mendapatkan yang terbaik dari orangtuanya…miris setiap kali mendengar diberita adanya penganiayaan terhadap anak-anak…apalagi yang masih balita…mereka begitu polos,butuh orangtua yang mampu mewarnai kehidupan mereka dengan warna warna yang indah bukan dengan coretan hitam yang membekas dikemudian hari…Numpang pula mengucapkan selamat hari anak, semoga anak-anak kita jadi anak yang berguna yah bunda..kita berikan yang terbaik semampu kita…

    BunDit :
    Benar Mam🙂

  8. Rock said

    Selamat hari anak nasional…🙂

    BunDit :
    Selamat HAN🙂

  9. semoga kedepannya generasi penerus bgsa ini jadi lebih baik….
    baca post gw jg dunk sobt..😀

    BuNDit :
    Ok pak, nanti saya mampir ke blog nya🙂

  10. henny said

    Semoga juga dengan diperingatinya hari anak ini, para orang tua dan masyarakat lebih peduli lagi terhadap hak-hak anak, tidak ada lagi berita2 kekerasan terhadap anak, dan menjaga lingkungan yang baik dan kondusif sebagai tempat tumbuhnya anak2 indonesia. Selamat hari anak nasional !🙂

    BunDit :
    Semoga Bun🙂

  11. Desy Noer said

    Selamat hari anak yaa Dita.. tambah pinter.

    Mau atuh ikutan berpartisipasi juga..

    BunDit :
    Makasih mam🙂

  12. Nice posting, bundit!!

    Jadi terharu bacanya….

    BunDit :
    Thanks mam🙂

  13. monda said

    berikan yang terbaik untuk semua anak Indonesi ya bunda
    semoga anak2 kita menjadi penerus yang tangguh

    BunDit :
    Amiiin…makasih Bun🙂

  14. monda said

    berikan yang terbaik untuk semua anak Indonesia ya bunda
    semoga anak2 kita menjadi penerus yang tangguh

  15. ya tertawalah anak-anak..
    selamat hari anak

    BunDit :
    Selamat HAN juga jeng🙂

  16. Insya Allah kita mampu memberikan yang terbaik buat anak2 kita Bund! Yuks kita berjuang bersama🙂

    BunDit :
    Amin🙂

  17. nurul h said

    lovely note🙂

    BunDit :
    Thanks🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: