Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita Ulang Bulan 19

Posted by BunDit on January 18, 2010

18 Juni 2008 – 18 Januari 2010

Alhamdulillah di awal bulan tahun 2010 ini, usia Dita memasuki 19 bulan. Tak bosan-bosannya Bunda mengamati perkembangan Dita setiap bulannya. Ini dia rangkumannya :

  • ASI masih menjadi minuman favorite🙂
  • Sudah mulai bisa mengucap 2 kata sekaligus. Daaan ini yang lucu, kemampuan barunya ini diawali dengan kata yang tak terduga yaitu “sate padang” hahaha. Kata-katanya jelas dan logatnya mirip dengan logat penjual sate padang yang menawarkan dagangannya keliling kompleks. Waktu Bunda tahu, Bunda ngakak tanpa henti😀
  • Kemampuan 2 kata lainnya yaitu “yuk..pulang” (pronunciation nya sudah jelas). kemudian “bakco malang”. Hehehe ini anak kebanyakan dengar teriakan penjual sih..yang dihafal kebanyakan nama makanan😀
  • Mulai kritis dengan menanyakan semua hal, khususnya lewat gambar sambil sambil menunjuk dan bilang “apa?”. Kalau sudah dijawab, nanya lagi yang lain. Begituuu terus tanpa henti. Padahal sebenarnya Dita tahu itu gambar apa.
  • Sudah pintar gosok gigi dan hobi ngemut/nggigit bulu sikat gigi. Saking seringnya sikat gigi diemut dan digigit, belum ada sebulan bulu sikat gigi sudah jabrik gak karuan.  Ceritanya ada di Dita, Ayo Gosok Gigi… .Dan Dita sudah bisa disuruh berkumur. Tepatnya sih bukan berkumur, tapi nyemburin air hehehe.
  • Kalau ada gludug… langsung bilang “takuuut”. Nah Bunda suka nenangin dengan bilang “Hanya gludug sayang, gak papa…”. Eh setiap Dita takut sesuatu dan bilang “takuuut”, langsung diterusin dengan bilang “papaaa…” sambil tangannya menepuk lembut dadanya sendiri (maksudnya nenangin diri sendiri dengan bilang “gak papaaa…”) hehheheh😀 . Bagus naak, kamu sudah bisa mandiri menenangkan diri sendiri..
  • Keinginan untuk makan sendiri sih sudah mulai umur 1 tahunan. Tapi sekarang Dita sudah makin fasih menyuapkan makanannya ke mulutnya. Yaa..walau kadang2 masih suka tumpah sih.
  • Sudah hafal sebagian besar nama binatang.
  • Soal menghitung, masih belum “lurus”. Kadang mulainya dari “dua” trus “tiga”, “mpat”, “lima”😀
  • Warna yang dikenalnya baru “merah”. Jadi kalau yang Bunda tunjuk gambar warna biru, tetap aja dijawab merah. Terus belajar warna lain ya naak🙂
  • Kalau ditanya ‘Dita anaknya siapa?” , dijawab “yunannn”
  • Belum lulus toilet training 100%. Kalau tidur malam dan ditatur dulu, Dita bisa tidur tanpa ngompol. Tapi kalau siang, baru bilang “pipisss” kalau pipisnya sudah keluar. Pup juga begitu. Terus belajar ya sayang. Serap cepat kata-kata Bunda ya sayang “Kalau mau pipis, bilang dulu ya biar bisa pipis di kamar mandi”🙂
  • Perbendaharaan 1 katanya sudah gak terhitung. Setiap kata-kata yang didengar langsung diserap dan diucap🙂
  • Kalau mau tidur senengnya sambil punggungnya digarukin. Bilangnya “gatel..gatel..” trus langsung nungging minta digaruk. Tapi maunya yang nggarukin Ayahnya, mungkin garukan Ayah lebih enak daripada Bunda kali😀
  • Masih klayu (pengin ikut) kalau Ayah atau Bunda mau berangkat kerja. Sampai nangis kejer. Kalau lagi buru2, Bunda suka diem-diem pergi (nglimpeke). Cara ini sih Bunda sadari sebenarnya  gak bagus. Ya..Bunda lakukan kalau kepepet saja. Kalau Bunda sedang gak buru-buru, Bunda pamit sambil bilang “Adik kan sudah besar, gak boleh nangis kalau Bunda berangkat kerja. Cuma sebentar kok, nanti Bunda segera pulang”. Walau tetap menangis tapi Bunda berharap lama-lama Dita akan mengerti maksud kata-kata Bunda🙂
  • Kalau Bunda pulang kerja langsung disambut dengan suka cita sama Dita. Jika Bunda bawa tentengan belanjaan, langsung nanya “Apa..apa” trus dibongkar deh isi belanjaan. Nah, giliran Bunda bilang “Dik..Bunda mandi dan sholat dulu ya…”, Dita buru-buru ndeketin Bunda trus bilang “Memeee,,,memeeee” (minta nenen). Ini trik anak Bunda kalau gak mau ditinggal😀

Ini dia foto Dita yang memperlihatkan kemahirannya mamam yogurt sendiri :

Setiap tarikan nafas Bunda, tak henti-hentinya Bunda berdoa, seiring bertambahnya umurmu, selalu sehat dan makin pinter ya sayang🙂

9 Responses to “Dita Ulang Bulan 19”

  1. Lidya said

    Mau dong youghurt nya Dita🙂

    BunDit :
    Di kulkas masih banyak kok tante…ambil aja😀

  2. wuih, keknya enak deh yoghurt-nya dita…🙂

    kalao urusan klayu emang susah jeng. Ikhsan aja sampai sekarang masih sering klayu kalau ditinggal ngantor.

    BunDit :
    Soalnya anak tetangga yang sepantaran dengan Dita, ditinggal ibunya kerja anteng aja, sambil bilang “dadah”. Jadi saya ngiri je hehehe. Kalau berangkat kantor diiringi tangisan Dita, rasanya kok ya semedhot 😦

  3. Dewi said

    Kebalikannya Martyr nih… Martyr ngomongnya belum selancar Dita, tapi dari 9 bulan udah mulai nanya “apa… Apa…”

    BunDit :
    Setiap anak emang unik ya mom🙂

  4. putilaksmi said

    sama kayak syauqi, kalo mau bobo.. megangin lehernya sambil bilang “gayuk…dak”… maksudnya digarukin pake bedak.. hehehhehe …
    sehat selalu ya mbak dita..😀

    BunDit :
    Hehehe digarukin emang enak sih Bun😀

  5. Susan Noerina said

    Mba Dita, slamet ulang bulan yah. Moga2 makin pinter & bikin bangga Ayah Bunda. De Zahia juga ulang bulan yang ke-15 tanggal 17 kemaren, tapi karena Zahia & Bunda lagi kena cacar air makanya Buna belum sempet posting. Minta doanya yah biar cepet sembuh

    BunDit :
    Wah..dedek Zahia lagi sakit cacar air ya. Semoga lekas sembuh ya.. 🙂

  6. Selamat Ulang Bulan, Kak Dita.
    Ooo…Kak Dita lebih suka digarukin Ayah ya?
    Katanya emang begitu sih,Bun anak perempuan cenderung lebih deket sama Ayah, kalo anak laki-laki lebih lengket sama ibu. Katanya sih…tapi kalo anak zaman sekarang kayaknya deket sama sapa aja yang manjain. Hihihi…
    Dede Ganesh juga doyan yogurt. Ntar kita mamam bareng yak, Kak Dita?

    BunDit :
    Bener mom, Dita sih deket saya Ayah Bundanya. Cuma kalau soal garuk menggaruk, Dita pilih Ayahnya. Sentuhannya lain kali hehehe😉

  7. Laily said

    Duh pintarnyaa…jadi ngiri, heheh..
    Ntar kalo dah lancar, nambah lagi kalo bunda habis belanja “ikut belanjaaa..”:D

    BunDit :
    Bentar lagi dedek Azki juga pasti secerewet Dita mom. Gawatnya beneran ikut belanja, dan masukin semua makanan ke keranjang belanjaan hahaha😀

  8. Motik said

    Met ulbul dita.. Bulan depan kepala 2 nih🙂
    Sehat terus ya dita, ntar minta bunda suapi sate padang🙂

    BunDit :
    Thanks doanya mom🙂

  9. Met ulang bulan buat Dita yang imut, semoga makin pinter ya…dan nggak gampang nangis.

    kebayang deh, waktu Dita nenangin diri tuh. “papa…papa.”
    pasti nggemesin

    BunDit :
    Thanks doanya ya mbak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: