Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Kisah di balik nama “Lumongga Anandita Helmy”

Posted by BunDit on October 25, 2009

Minggu lalu, Bunda menerima sekotak nasi beserta sate kambing dan lauk pauknya dari tetangga dalam rangka aqiqah anaknya. Dalam kotaknya disertakan kertas yang berisi foto  dan nama si anak. Bunda sempet tersenyum. Nama awal si anak adalah Raihana. Ah…jadi inget, dulu nama itu pernah menjadi kandidat nama untuk putri pertama Ayah Bunda ini. Makanya tercetus ide untuk menceritakan kisah di balik nama anak Ayah Bunda tercinta ini🙂

Awalnya, seperti halnya calon orang tua lain, Ayah Bunda mulai mempersiapkan nama untuk calon anak selagi jabang bayi masih dalam kandungan. Dan karena saat itu belum mengetahui jenis kelamin calon bayi, makanya kami persiapkan nama anak cowok dan cewek. Untuk nama cowok, Ayahnya Dita mempunyai banyak pilihan, ada Azka, Zaki dsb, persisnya Bunda udah lupa. Sedangkan untuk nama anak cewek, gak ada satupun nama yang sreg di hati Ayahnya Dita. Bunda ngusulin beberapa nama tapi gak ada yang diterima😦

Setelah kandungan Bunda mulai membesar dan berulang kali di USG diprediksi calon bayi adalah berjenis kelamin perempuan, maka perburuan nama semakin gencar. Seleksi dilakukan dengan berbekal buku daftar nama bayi, searching internet, diskusi saling melempar usulan dll.

Duluuuuu, saat masih lajang, Bunda suka mengkhayal soal nama anak. Pernah terpikir jika punya anak perempuan kelak akan Bunda beri nama Svenska. Ide itu muncul saat Bunda mulai bekerja di perusahaan yang HQ nya di Swedia. Svenska sendiri adalah kata awal singkatan nama perusahaan tempat Bunda bekerja ini. Kayaknya nama itu kedengaran cute aja. Mirip-mirip nama anak kembarnya penyanyi Fariz RM, Ravenska-Ravenski hehehe. Saking mengkhayalnya terlalu tinggi, sampai-sampai Bunda woro-woro ke teman-teman, khususnya teman kos. Makanya pas Dita lahir langsung pada sms, “Anakmu jadi dinamain Svenska?”😀 . Tentu saja, nama Svenska ini tidak Bunda usulkan ke Ayah, karena pasti ditolak lah, nama “bule” begitu🙂

Pas baca-baca buku kumpulan nama-nama bayi, Ayah Bunda sempat tertarik dengan nama Raihan, yang artinya wangi, harum. Untuk anak cewek, jadinya Raihana. Tapi karena terpikir, ah nama Raihana pasti banyak yang pakai -yang ternyata benar, ada 2 anak tetangga dinamai Raihana- , makanya pengin di modif. Satu saat pas lihat tv, ada penyanyi berkulit hitam asal Barbados bernama Rihanna, terpikir untuk memilih nama itu. Bagus juga sih nama itu. Tapi lagi-lagi pendirian goyah, Ayahnya Dita kepikir memodif jadi Raihaanun saat melihat wajah cantik pemain sinetron dan bintang film ini. Namanyapun unik dan termasuk gak pasaran. Saat itu Bunda udah setuju. Pokoknya soal nama anak Bunda serahin ke Ayah saja, Habis tiap usulan Bunda selalu di reject sih..

Rihanna-Raihaanun

Seiring berjalannya waktu, saat kehamilan Bunda makin membesar, Ayahnya Dita lagi getol-getolnya baca novel fenomenal karya Andrea Hirata, apalagi kalau bukan Tetralogi Laskar Pelangi. Ayahnya Dita memang termasuk telat memulai nya. Setelah gencar diberitakan, terutama setelah tayang di Kick Andy baru deh mulai baca novel koleksi Bunda tsb : Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Edensor. Saat itu Maryamah Karpov belum terbit. Nah saat baca Sang Pemimpi, Ayah suka banget dengan nama Zakiah Nurmala, pacar Arai, saudara angkat Ikal yang menjadi tokoh sentral dalam novel tsb. Makanya suatu saat bilang ke Bunda “Say..gimana menurutmu nama Zakiah Nurmala?” . Meski menurut Ayah nama itu bagus banget, tapi Bunda kurang sreg. Gantian deh Bunda yang nolak usulan Ayah hehehe.

Naah. kira-kira saat Bunda mulai libur cuti melahirkan (1 bulan sebelum melahirkan), diskusi nama calon anak terus berlanjut. Saat ngobrol-ngobrol, Ayah bilang “Kalau sekarang kan banyak yang milih nama anak dari nama Islami, gimana kalau kita lain?” . Bunda jawab “Terserah Ayah…mungkin nama daerah bagus juga”. Setelah pikir sana pikir sini, Ayah menyebut nama Lumongga. Aha….nama itu langsung nancep di hati Bunda. Unik didengar. Ternyata nama ini memang identik dengan nama orang Tapanuli, yang arti bebasnya “putri”. Kemantapan Bunda semakin bertambah setelah Ayah menyebut nama Loemongga Nansanggoel Haoemasan Nasution, seorang model 1990-an yang cantik. Nama nya yang memiliki arti Seorang Putri Berambut Emas, makin membuat unik sosok ini. Wanita ini juga cukup ngetop karena merupakan menantu mantan Menko Ekuin/Ketua Bappenas, Ginandjar Kartasasmita. Jadi nama LUMONGGA, DEAL!🙂 .Tinggal cari nama yang menyertainya.

Loemongga-Nasution

Kira-kira 2 minggu sebelum HPL, Ayah dan Bunda mulai searching nama anak untuk didampingkan dengan nama Lumongga. Setelah menjelajahi situs demi situs, nemulah nama Anandita di InfoBunda, Anandita, berasal dari kata bernuansa Hindu yang artinya bahagia. Saat kedua nama disandingakan jadinya LUMONGGA ANANDITA, kedengaranya pas banget. Ayah ok. Bunda pun mantap. Setelah anak pertama Ayah Bunda lahir, dan Ayahnya memilih tidak mencantumkan marga, maka diganti dengan nama tengah Ayah yaitu Helmy. Jadilah nama lengkap putri Ayah Bunda : LUMONGGA ANANDITA HELMY, yang artinya seorang putri Ayah Helmy yang bahagia.

Lumongga-Anandita

Dan memang tak bisa dipungkiri, nama anak adalah doa orangtua. Ayah Bunda pun berharap dengan menyandang nama itu, anak Ayah Bunda Insya Allah kelak menjadi perempuan sholehah yang selalu berbahagia dan bisa membahagiakan orang-orang disekitarnya. Amin🙂 . Jadiii..begitulah kisah di balik nama putri Bunda yang akrab disapa Dita ini….

28 Responses to “Kisah di balik nama “Lumongga Anandita Helmy””

  1. Diyah said

    Nama nya Dita emang bagus kok bunda, unik dan enak di dengar juga di ucapkan. Bener2 gak pasaran deh!🙂
    Tadi nya umi sempet bertanya-tanya artinya apa ya? akhirnya terjawab juga. Semoga kelak Dita menjadi anak sholeha & berbahagia seperti yang diharapkan ayah bunda nya, Amin….

    BunDit :
    Terima kasih Ummi. Amiiin, semoga Dita sesuai yang kami harapkan. Nama Zalfa juga unik lho🙂

  2. putih said

    mmmm dita bagus kok, lam kenal ya. eh mampir di blog kami ya

    BunDit :
    Thanks mbak Indah. Salam kenal juga🙂

  3. ke2nai said

    iya bun, namanya bagus.. unik kedengerannya..🙂

    BunDit :
    Thanks bun🙂

  4. Lidya said

    punya stock nama gak mbak?:)

    BunDit :
    Nama cowok atau cewek nih? Calon adiknya Pascal diprediksi cowok/cewek mbak? Oh ya, HPL nya kapan nih?🙂

  5. wah panjang banget ya bun pencarian namanya .. akhirnya mendapatkan yang terbaik .. smoga dita menjadi anak yang di harapkan Aybun nya ya, seindah doa dalam namanya amiin .

    BunDit :
    Amiiin. Thanks Bundanya Kak Farras🙂

  6. Bunda Fisa said

    Wah… pas bgt nih baca postingan arti nama Dita.

    Iya, emang rada bingung yach nentuin nama buat anak… pengennya banyak – dari unik, ga pasaran, enak diucapa dll. Moga-moga nama yg saya pilih buat D’Baby tepat sampai nanti – amin.

    BunDit :
    Ya semoga nanti nama calon dedeknya bagus Bun. Cerita-cerita ya soal arti nama nya🙂

  7. bunda aya jbi said

    ya kak nama aya tercetus di saat ayah adik aya nonton acara infotaiment di tv saat kelahiran anak “pasha ungu” salah satu namanya “ANNAYA” yang artinya “selalu memandang Allah”mudah2an arti nama dari maen dita dapat terwujud dalam kehidupan.

    BunDit :
    Hihihi akhirnya muncul juga komen Bunda dik Aya di sini. Iya dik semoga dik Aya juga kelak menjadi anak yang diharapkan AyBun ya🙂

  8. Ooooooo itu artinya…kereeeennn Bun…emang waktu kenal Bunda..aku juga penasaran..apa sich artinya…terjawab sudah…

    Semoga jadi anak yang hebat yah Putri Ayah Helmy yang bahagia…sun sayang dari dede Aurel…

    BunDit :
    Amiin. Makasih Mandanya dik Aurel🙂

  9. motik said

    terbaik diantara pilihan sebelumnya kok bund. Kalo yang pertama susah diucapin, ntar malah berabe kalo ngurus KTP, bisa salah ketik hehehe….
    Pertama kali kenal bunda aku juga kepikiran sama lumongga si model itu, ternyata bener ya hehehe…
    Insya Allah doa untuk dita di dalam arti nama dita terwujud ya bund…🙂

    BunDit :
    Hehehe iya juga sih mam. Amiin, thanks doanya ya mam🙂

  10. woel said

    apapun namanya, semoga membawa kebaikan bagi yang menyandangnya, ya kan bun? he…

    BunDit :
    Betul Bun🙂

  11. Hehehe, klo yang Svenska pasti susah banget tuh pas bikin akte kelahiran. Dulu pas bikin akte lahirnya Ez juga bolak balik salah mulu. Tapi baguuus ya namanya, Lumongga, unik..:)

    BunDit :
    Yoi Mom. Thanks pujiannya🙂

  12. mami vaya said

    Namanya cantik sekali Bunda….
    Lumongga….. aku suka sekali nama itu. Memang dulu kan ada model yg cantik sekali, namany Lumongga….
    Duh Dita nama kamu ternyata cantik ya, secantik kamu ….🙂
    Tp Dita besar mo jadi model kah🙂

    BunDit :
    Nama Dita emang terinspirasi nama seorang model. Nantinya mau jadi model apa gak, terserah anaknya kelak. Cuma kalau Ayahnya sih pengin anaknya jadi pengusaha hehehe, jangan jadi “kuli” kayak Ayah Bundanya gitu😀

  13. lumongga.. emang jarang banget yang punya nama itu. Unik dan ga pasaran. Yup, semoga dita menambahkan kebahagian ay-bun

    BunDit :
    Ammin. Makasih ya jeng Entik🙂

  14. sam said

    wah namanya cantik, salam kenal yah dari baby sophie

    BunDit :
    Terima kasih Pak Sam. Salam kenal juga untuk baby sophie yang cantik🙂

  15. Desy Noer said

    Wow banyak juga yah kandidat nya. Nama yang bagus. Mudah2an Dita menjadi anak seperti yang diharapkan aybun nya.

    BunDit :
    Amiiin, makasih mam🙂

  16. dian Sigit said

    bundit aslinya org mana sih??

    aq pas denger Lumongga lsg terpikir “hmm..dr mana yaaa asalnya”
    …tyt emang namanya Dita aja yg diadop dr bahasa tapanuli😀

    mudah2an Dita mjd harapan aybun, sesuai dg namanya

    BunDit :
    Aku asli Jogja mbak. Kalau Ayahnya Dita asli Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan. Amiiin, terima kasih doanya ya mbak🙂

  17. fety said

    mmg namanya unik, bunda. lumongga itu naman yang bagus..unik.

    BunDit :
    Terima Kasih mbak Fety🙂

  18. lumongga..nama yang indah,aku kira bahasa jawa..ternyata tapanuli ya..

    BunDit :
    Iya bu, nama Dita gak ada bau Jawanya sedikitpun😀

  19. mirta said

    Ohh ternyata Lumongga itu bahasa daerah ya Bun, kirain nama bule gituh, dan baru tau Dita ga pake nama marga Ayahnya, kirain ga disebutin aja hehe…
    Bun banyakin poto dunks biar puas liatin Dita hihi🙂

    BunDit :
    Hehehe bule dari Bekasi😀 . Setiap tulisan yang saya posting rata2 ada fotonya Dita kok mbak. Salam kenal ya, blognya saya link ya🙂

  20. pilihan nama yang cantik dan sangat enak untuk di lafalkan🙂 Semoga harapan Bunda terhadap ananda Dita bisa terpenuhi. Salam🙂

    BunDit :
    Makasih mam. Wah maaf nih lama banget gak main ke blog nya. Sudah diupdate kah hehehe😀

  21. Allisa Yustica Krones said

    he he…

    Ternyata benar ya, Dita punya turunan Tapanuli, sudah bisa diduga dari nama Lumongga-nya🙂

    Aku juga suka nama itu, bun. Dulu sempat terpikir kalo anakku perempuan pengen ku kasih nama Lumongga juga, secara bapaknya kan asli Tapanuli dan aku seneng banget ngeliat Loemongga yang model itu, orangnya cantik dan anggun🙂

    BunDit :
    Hehehe nanti kalau adiknya Raja perempuan, di kasih nama Lumongga aja mam🙂

  22. Mama Kinan said

    Wah nyasar disini dan langsung koment🙂 jadi baca postingan bunda tentang arti nama kak dita🙂 mantep bun..:) Bahagia selalu yah kak dita🙂

  23. […] Lumongga Anandita Helmy Nasution, anak Ayah Bunda yang rasanya baru kemarin Bunda lahirkan, sekarang sudah hampir TK hahahaha lebay . Waktu berlalu begitu gegas. Kadang suka gak percaya, anak Bunda sudah sebesar ini. Alhamdulillah, tak pernah henti-hentinya Bunda bersyukur dikarunia anak yang sehat dan menyenangkan seperti Dita […]

  24. […] hari ini Dita ultah!. Selamat ulang tahun ke-4 anak Ayah Bunda, Lumongga Anandita Helmy. Tidak terasa kamu telah menemani Ayah Bunda selama 4 tahun. Masih terasa bagaimana bahagia dan […]

  25. […] kabar Dita diusianya 4 tahun-4 […]

  26. […] Selalu sehat dan makin pinter ya anak Ayah Bunda, Lumongga Anandita Helmy Nasution […]

  27. […] Namun memang Allah berkehendak lain, meski sudah dicoba untuk digugurkan, Bunda dalam kandungan tetap tumbuh. Makanya ibu cerita, saat lahir cenger, ibu langsung buru-buru melihat Bunda bayi. Suster sampai nanya. Ibu beralasan ingin melihat jenis kelamin anak ke-2 nya, padahal alasan sebenarnya, ibu mau mengecek apakah fisik Bunda lengkap setelah terkontaminasi jejamuan yang sempat dikonsumsi ibu untuk menghalangi kehadiran Bunda ke dunia. Ibu lega, anak ke-2 nya lahir sehat dan sempurna. Setelah dewasa, yaaaa… jadinya begini deh….bandel sedikit lah, waktu orok aja sudah berani ngelawan jamu . Yang jelas, ibu sudah menyesali niat menggugurkan Bunda dulu dan sangat bersyukur Bunda bisa hidup sampai sebesar setua ini dan telah memberikan seorang cucu yang cantik, Dita […]

  28. […] audit Juli nanti. Jadi di postingan ini hanya menyempatkan mengucap syukur, anak Ayah Bunda, Lumongga Anandita Helmy Nasution diberi panjang umur dan nikmat sehat. Walaupun pas menjelang ultahnya kemarin sempat susah makan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: