Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Busui Puasa + Update Cerita UHT

Posted by BunDit on August 26, 2009

Alhamdulillah Ramadhan tahun ini Bunda bisa menjalankan ibadah puasa. Waktu Ramadhan tahun kemarin, Dita masih berumur 3 bulanan, makanya Bunda saat itu memutuskan tidak berpuasa karena Dita masih minum full ASI. Sekarang anak Bunda sudah 1 tahun lebih umurnya, sudah banyak asupan yang diperbolehkan selain ASI. Ayahnya Dita sempat menyarankan tidak usah puasa saja, takut mengganggu produksi ASI. Tapi Bunda bilang, Insya Allah semuanya lancar.

Memang Bunda tidak bisa membuka puasa hari pertama karena sedang  berhalangan. Hari ke-2 pas hari Minggu Bunda mulai puasa. Pagi dan siang, lancar-lancar saja Dita nenen. Yang lucu pas sudah sore hampir bedug maghrib, Dita baru saja jalan-jalan keliling kompleks sama tetehnya. Pas sampai rumah lihat Bunda langsung minta nenen. Belum lama ngenyot, Dita langsung nunjuk-nunjuk botol minumnya sambil bilang “Num..Num..Num..”. Akhirnya Dita minum air putih sampai glek…glek..glek. Sepertinya saking hausnya, kurang mantap nenen Bundanya yang lagi puasa, jadi lebih pilih minum air putih hehehe😀

Hari Senin nya merupakan hari pertama Bunda puasa di kantor. Sempat khawatir juga, sukses gak ya merah ASInya. Dan Subhanallah, meski Bunda  puasa, hasil perahan seperti hari-hari biasa sebelum puasa. Memang sebelum puasa, mendekati Dita 14 bulan, Bunda tidak bisa memenuhi target perahan 260ml untuk 2x minum @130 ml. Sekarang hasil perahan cuma berkisar antara 180-220 ml. Tapi Alhamdulillah, berapapun yang Bunda dapat, Dita mau mengkonsumsi sebanyak itu juga.

Supaya ASI Bunda tetap keluar seperti biasa selama bulan puasa ini, setiap kali buka puasa dan sahur, Bunda makan sayur dan buah yang banyak. Biasanya sih Bunda makan sayur dan buah seadanya, namun khusus bulan puasa ini, Bunda merasa harus niat mengkonsumsi sayur dan buah semaksimal mungkin, demi ASI untuk Dita. Hasilnya memang Subhanallah, meski puasa produksi ASI lancar. Malah sebelum puasa kalau merah pagi cuma dapat 80ml, kemarin itu merah pagi saat puasa dapat 120ml. Benar-benar anugrah deh.

Oh ya sekalian mau update soal susu UHT buat Dita. Alhamdulillah sekarang Dita doyan susu UHT yang plain. Cuma target Bunda untuk membuat UHT sebagai alternatif ASIP tidak sukses. Dita tidak mau minum UHT lewat botol, sebagai pengantar tidur. Dita lebih suka minum UHT dingin-dingin langsung dari kotaknya. Soalnya sudah jago nyedot jadi seneng banget minum dengan sedotan. Lagian kalau megang kotak susu UHT maunya kotaknya dipencet, jadinya isinya menyembur keluar. Lama-lama karena Bunda selalu bilang, daripada adik yang pegang dipencet, Bunda yang megang aja. Eh, Dita mengerti. Jadi sekarang kalau minum susu UHT, Dita tahu yang megangin Bundanya. Dia tinggal nyedot aja. Tapi pelan-pelan akan Bunda latih supaya Dita terbiasa megang sendiri kotak susu UHT nya tanpa memencet🙂

Selain susu UHT, Dita juga suka minuman yogurt. Beberapa kali sempat Bunda belikan Bio Kul Yogurt cair. Dan Dita doyan banget. Kalau Yogurt nya sendiri mah dari dulu memang sudah doyan. Cuma sekarang makan yogurtnya sudah digado, tidak dicampurin ke buah. Makanya mungkin seperti Bunda jelaskan di atas, Dita minum ASIP nya berapapun jumlahnya tidak masalah karena sudah ditambah minum UHT dan Yogurt cair. Yang penting sih, Dita harus ngenyot botol berisi ASIP sebelum tidur.

Sekarang stock ASIP Bunda tinggal 3 botol, termasuk yang diminum hari itu. Stock semakin berkurang karena beberapa hari Bunda sempat pulang malam karena acara kantor dan tidak sempat memerah lagi. Agak ketar-ketir juga, sampai gak ya Dita minum ASI sampai 2 th. Nanti akhir tahun kalau Bunda tinggal nginep acara raker kantor, gimana ya? Soalnya stock ASIP sudah tidak mendukung nih. Ya, semoga saja semuanya dimudahkan jalannya. Amin :-)

Oh ya meski agak telat, Bunda ucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Mohon maaf lahir dan batin🙂

20 Responses to “Busui Puasa + Update Cerita UHT”

  1. Diyah said

    Met puasa & maaf lahir batin jg ya bun….
    Wah seneng ya kalo Dita dah mulai suka UHT & Yogurt, Zalfa juga mulai ummi kenalin UHT & Yogurt, alhamdulillah Zalfa suka, sehat terus ya Dita….

    BunDit :
    Terima kasih Ummi. Semoga Kak Zalfa juga selalu sehat🙂

  2. Desy Noer said

    selamat menjalankan puasa & maafkan apabila ada hilap dan salah kata.
    Ayo bunda, tambah semangat makan buah n sayurnya, biar ASI nya tetep banyak.

    BunDit :
    Sama-sama Mam. Thanks supportnya🙂

  3. Lidya said

    selamat menjalankan ibadadh puasa ya

    BunDit :
    Selamat menjalankan ibadah puasa juga mbak Lidya🙂

  4. Selamat berpuasa ya bundit, alhamdulilah ya Dita pengertian banget sm bundanya yang lagi puasa.

    BunDit :
    Hehehe bukan pengertian Mom, tapi kalau sudah sore gitu, ASI Bundanya gak begitu lancar kali jadi mending Dita minum air putih😀

  5. Laily said

    selamat berpuasa ya bundit, buat kakak Dita, semangat ya mimi UHT-nya )

    BunDit :
    Selamat berpuasa juga Mom. Yoi, semangat..semangat..semangat🙂

  6. sama bundit, puasa tahun ini aku juga berharap bisa penuh berpuasa. setelah dua tahun lalu absen puasa karena hamil dan menyusui, mudah2an tahun ini bisa full. Selamat berpuasa juga ya bundit🙂
    ngomong2 tentang UHT, sama, aliyyah minumnya juga UHT dan yang dingin. hehehe. sama kayak dita ya🙂 tambah pintar mimik susu UHT nya ya dedek Dita, biar bunda ngga capek megangin kotaknya😀

    BunDit :
    Ya Bun, semoga puasa kita sama2 sukses nih. Saya sih megangin kotak UHT Dita ya sambil ikut nyruput juga hahaha😀

  7. ke2nai said

    selamat berpuasa.. semoga ada jalannya ya bun..🙂

    BunDit :
    Selamat berpuasa juga Bun. Terima kasih supportnya🙂

  8. salut buat Bundit .. tetap semangat memerah walo berpuasa .. semoga smuanya di mudahkan ya Bun ..

    BunDit :
    Namanya juga buat anak Bun, harus semangat🙂

  9. bunda hebat, puasa2 makin semangat makan sayur dan buah demi asi buat dita. moga2 makin banyak berkah yang didapat ya bun, berkah puasa dan berkah berjuang demi asi buat si anak:)
    met puasa ya bunda, maaf lahir batin juga;)

    BunDit :
    Semua ibu akan melakukan hal yang sama kalau demi anak, Bun. Met puasa juga ya Bun🙂

  10. Selamat menunaikan ibadah puasa bunda…
    Mohon maaf lahir jika ada postingan di ngerumpi.com yang kurang berkenan.

    BunDit :
    Mohon maaf lahir dan batin juga🙂

  11. Hehehee…
    mungkin anak2 kalo semakin gede udah ga mau lagi minum yg anget2 ya.
    Pengennya langsung dr kotaknya, biar gaya kekeke…
    Samaa nih, maminya vaya jg baru puasa nih kali ini…

    BunDit :
    Hehehe iya Mam, anak kecil mah juga pengin nggaya juga😀 . Met Puasa ya Mam🙂

  12. ocha said

    justru bagus itu dita mau minum UHT lgs di kotaknya, alma aja masih suka susah. tapi bundit top loh asi nya masih banyak ya, semoga berhasil sampe 2 thn. amiiin

    BunDit :
    ASI saya sih gak banyak kok Bun. Tapi cukup lah buat Dita. Iya nih suka ketar-ketir, berhasil gak ya sampai 2 th. Thanks supportnya ya Bun🙂

  13. Alhamdulillah ya hasil perahan gak berpengaruh. Aku juga sama. Maksudnya puasa atau ngga puasa tetep aja defisit 1 botol.. haha.. tapi Insya Allah ada stock.
    Awalnya aku juga takut bun, tapi Subhanallah yah.. sejauh ini lancar.

    Met puasa ya bundit😉

    *aku masih penasaran lho ama fotonya bundit, hehehe*

    BunDit :
    Soal hasil perahan ASI memang tergantung niat dan optimisme. Kalau optimis pasti lancar, Insya Allah lancar beneran. Subhanallah. Hehehe kalau soal foto, hmm gimana ya….susah nih, gak bakat narsis😀

  14. Selamat berpuasa juga, BunDit.

    Bener banget BunDit, ASI is all about mind game. Jadi kita harus pede *walopun sampe sekarang aku belom bisa nge-set mind aku senarcist biasanya*

    Coba praktekin Hypno-breastfeeding aja, Bun. Aku juga lagi mo praktekin hypno-breastfeeding ini sebelum merah. tapi belum sukses bener sih. Mungkin butuh waktu juga.
    Aku gak belajar khusus sih, cuma baca buku Mbak Evariny dan dengerin CD Ibu Lanny soal Hypno-birthing. kayaknya sama aja deh teorinya.
    Belon berhasil sih..tapi hypno-parentingnya udah aku terapin tiap pagi ke Ganesh. hihihi…*ibu-ibu korban kebanyakan googling*

    jadi ngiri…masih berapa lama lagi ya Ganesh bisa minum UHT bareng mommy nya??😀

    BunDit :
    Hehehe waktu lahiran dulu saya juga praktekin apa yang namanya Hypno-birthing. Tapi pas menyusui ini saya malah gak cari info soal Hypno-breastfeeding. Pokoknya kalau inget dengan ASI, anak akan lebih sehat dan sangat berpengaruh ke masa depannya, saya selalu bersemangat memerah ASI. Alhamdulillah, belum ada perasaan bosan atau malas memerah ASI. Saking rutinnya memerah ASI di kantor, kadang momen ini malah saya jadikan refreshing dalam bekerja, soalnya bisa menyepi sendiri tanpa gangguan hehehe.

    Soal Hypno-Parenting, cerita2 pengalamannya dong mbak di blog nya soal ini. Ditunggu ya🙂

  15. yup jempol deh buat si bunda yang tetep kasih ASI walau puasa. Semoga bisa kasih ASI ke dita sampai 2 taon.

    met puasa ya BunDit..

    BunDit :
    Amiin. Thanks doanya ya jeng Entik. Dita 2 th masih 10 bulan euy, isih suwi temen ki hehehe😀 . Met puasa juga ya🙂

  16. rita said

    met puasa ya bund:D
    lancar terus ASinya, salam sayang buat Dita😀

    BunDit :
    Makasih mbak Rita. Salam juga buat Kak Elang🙂

  17. Wah, salut banget nih sama Bunda. Tetap semangat puasanya yah walopun kasih asi. Smg lancar-lancar aja ya bunda, salam sayang buat si cantik Dita🙂

    BunDit :
    Makasih mbak May atas supportnya🙂

  18. emmmm jangan puasa dulu bu klo blm kuat, kasian si kecilnya lo…..wahhh…baru 3 bulan dah di kasih susu botol…emmmm…..mending nunggu sampe 2 tahun bu, hehehe biar si kecil tetep sehat gitu ^_^ met menjalankan ibadah puasa

    Iklan Gratis

    BunDit :
    *salah komen nih kayaknya*

  19. Selamat menjalankan ibadah puasa bunda….mohon maaf atas salah dan khilaf…semanagt terus merah ASIPnya bun…btw awardnya dah diambil bun?

    BunDit :
    Selamat menjalankan ibadah puasa juga mbak. Waduh maaf belum sempat ambil awardnya nih. Insya Allah secepatnya ya🙂

  20. […] Bunda, Finally, I love UHT […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: