Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita Ulang Bulan 13 & MPASI 12 bulan

Posted by BunDit on July 22, 2009

18 Juni 2008 – 18 Juli 2009

Bulan ini posting UlBul Dita telat nih, biasanya pas tgl 18 langsung jebret, di posting. Kemarin itu nunggu download foto Dita, karena kamera digitalnya masih dibawa Ayahnya Dita, Bang Owen dan Opung buat jalan-jalan  keliling Jakarta.

Alhamdulillah, usia Dita bertambah 1 bulan dari hari ulang tahun nya bulan kemarin. Apa saja perkembangan anak Bunda di usia nya yang ke 13 bulan ini ya :

  • Alhamdulillah, masih minum ASI. Saking sukanya minum ASI, ogah dikasih susu lain, termasuk UHT (yang ini Bunda sudah curhat duluan)
  • Belum bisa jalan sendiri😦 .Tapi kalau digandeng pakai 1 tangan, sekarang sudah makin pede. Kalau diajak jalan keliling kompleks, sudah bisa dorong strollernya sendiri. Nah kalau di dalam rumah, kursi makan yang jadi obyek untuk didorong. Kadang tanpa di sadari, Dita berdiri tanpa pegangan sambil tepuk tangan. Cepet jalan ya sayang🙂
  • Jumlah gigi baru 5, atas 3, bawah 2.
  • Makin susah di larang, kalau di larang langsung ngamuk. Khas nya Dita kalau marah, badannya berlagak kayak orang geregetan gitu.
  • Benda kecil yang ditemukan di lantai (remah kue, potongan kertas) suka banget dijumput trus di-hap! Aduuuh, bikin Ayah Bunda ketar-ketir. Dan pernah ngejahilin Ayah Bundanya dengan kesukaannya ini. Tiba-tiba tangannya menjumput sesuatu trus di emplok. Dan prosesnya sangat cepat. Padahal Bunda yakin gak ada apa di depannya. Pas Bunda tanya “Ayoo..buka mulut sayang. Tadi mamam apa?”. Ditanya gitu Dita malah senyam-senyum trus mulutnya dikunci rapat. Sampai Bunda paksa buka mulutnya, tetap aja mingkem dengan masih senyam-senyum. Ealah naaak, udah pinter jahil ya😀
  • Lagi sukaaa banget sama bola. Sambil dipegangin trus ada bola di depannya langsung deh di tendang. Karena kaki Dita kecil mungil trus arah tendangannya belum fokus, jadinya ya mrucat-mrucut hehehe jadi lucu nendang gak kena-kena😀 .Atau bolanya dilempar-lempar sambil merangkak. Dan kalau sudah main sama yang namanya bola, heboooh banget. Kayaknya kesukaannya ini nurun dari Ayahnya yang penggila sepak bola deh🙂
  • Sudah mulai seneng minum pakai sedotan. Awalnya belum bisa ngontrol nyedotnya, jadi suka air yang disedot kebanyakan jadi sampai glagepen, lama-lama bisa. Tapi lebih suka minum dari cangkir/gelas, walau masih harus dipegangin Bunda/Teteh nya, karena belum fasih bener, takut kesedak.
  • Akhir-akhir ini kalau Bunda suapin, penginnya mau megang sendok sendiri. Terpaksa pake 2 sendok deh. 1 sendok untuk Bunda nyuapin, 1 nya dipegang Dita buat ngacak-acak makanannya. Wuah…makanan jadi muncrat kemana-kemana. Gak papa ya sayang, kalau gak kotor, gak belajar dong🙂
  • Lagi hobi banget mainan sama dompet Bunda. Bunda pulang kantor, langsung nunjuk-nunjuk tas Bunda sambil bilang “Ini..Ini..”, artinya minta dompet. Bangun tidur pun pas lihat tas Bunda langsung nunjuk “ini..ini”. Kalau dompetnya di kasih, sukses deh semua nya dikeluarin. Kayaknya puaaas  banget kalau sudah ngeluarin semua isi dompet Bunda yang minim duit itu hehehe. Kebanyakan isinya card😀
  • Sudah mulai susah difoto, maunya mau megang kameranya. Jadi kalau mau ambil foto Dita, terpaksa Bunda agak-agak nglimpeke (mencuri-curi kesempatan)😀
  • Tambahan perbendaharaan katanya belum nambah banyak.
  • Kalau pas main dengan flash card nya trus ada gambar sepatu, Bunda bilang “Sepatu”, Dita niruin “patuu”, walau pengucapannya belum jelas bener. Sambil tangannya nyentuh kakinya. Kalau ada gambar topi trus Bunda bilang “Ini topii”. “Dita niruin “Piii” sambil flash card gambar topinya ditaruh di atas kepalanya.
  • Jika di tivi ada iklan denga model anak-anak, Bunda bilang “Kakak”, Dita niruin “Kaka..”
  • Kalau ditanya “Cicaknya mana dik?. Langsung matanya liat ke atas, tangannya bergaya metheti trus bilang “Ci…” . Hehehe aneh juga, kok ngambil suku kata depannya, bukan “cak”.
  • Kalau lihat cangkir/gelas, bilang “num…”. Minta minum dari gelas. Tapi yang diminum sedikit, sisanya diobok-obok😀

Soal MPASI Dita 1 tahun

Hehehe bener kan janji Bunda buat membikin variasi menu makanan untuk Dita di usianya yang 1 tahun, tak terpenuhi. Gak sepenuhnya sih, tapi jauh dari target. Bunda cuma sempet bikin nugget tempe, daaan Dita gak suka hehehe. Jadi nya ya kembali ke menu yang biasa-biasa aja😀

Di MPASI 1 tahun ini, Bunda hanya memperkenalkan 1 buah baru buat Dita. Yaitu terong belanda. Buah ini diblender dengan apel, rasanya jadi manis-manis asem gitu. Dan Dita doyan banget. Kalau untuk sayur, kadang Dita tidak dibuatkan sayur khusus, tapi ngikut makanan kita, seperti sayur bening soun+oyong, sayur bening daun katuk. Alhamdulillah Dita doyan banget.

Oh ya sempet juga mencobakan tepung Arrowroot (Garut/Ganyong). Eh pas habis di masak kok bentuknya kayak aci/tepung pathi, liat kayak lem. Jadinya gak berani dicobakan ke Dita, takut susah nelennya. Bunda sms ke Gasol, katanya sih meski kayak aci gitu, tetap aman buat anak. Kalau gak mau kayak aci banget, disarankan dicampur dengan tepung lain misal tepung kacang hijau atau tepung pisang. Ntar dicoba lagi deh. Soalnya Bunda baca Arrowroot ini berkhasiat buat menyembuhkan mencret, menurunkan demam, mengatasi panas dalam dan radang saluran kencing.

Oh ya, mengenai Menu MPASI yang rutin Bunda attach dari MPASI 6 bulan-11 bulan, mulai MPASI 12 bulan tidak lagi Bunda share. Dengan pertimbangan anak usia 1 tahun, sudah bisa mengikuti menu makanan orang tua nya, tentu saja dengan menyesuaikan umurnya. Lagian menu makanan Dita juga gitu-gitu aja, kurang variasi, jadi malu sendiri deh buat nge-share🙂

Dita, kamu sudah semakin besar sayang. Selalu sehat ya nak…🙂

Kalau UlBul tanpa foto rasanya kurang afdol. Ini dia beberapa foto Dita di UlBul 13 :

Dorong-Stroller-WebIn-red-WebMain-Bola-Web

16 Responses to “Dita Ulang Bulan 13 & MPASI 12 bulan”

  1. mami vaya said

    Wah dita… met ulang bulan ya. ini kk vaya jg baru bisa jalan nih, padahal udah mo 16bulan, hehehe… dia takut jatuh tuh.
    Sama nih sama vaya, klo dilarang ngamuk, mungkin emg lg umurnya kali ya bun. Pantang dilarang hehehe…
    Dita cepet banged ya ngomongnya, udah banyak bisa nih… kk vaya blm banyak bisa, masih ngoceh2 aja…. doain biar cepet pinter kayak Dita juga yahh…🙂

    BunDit :
    Perbendaharaan kata2 Dita juga baru segitu kok Mam. Thanks doanya ya🙂

  2. Bunda Fisa said

    Selamat UlBul Dita!

    Duh… makin cantik aja nih, Bunda Fisa mau dong bandonya Dita…🙂

    BunDit :
    Terimaa kasih doa dan ucapannya ya mbak🙂

  3. Mominya Ezra said

    Selamat ulbul Ditaa..:)
    Emang ya anak umur segini lagi hobi maen bola..:D

    BunDit :
    Thanks ucapannya ya Mom. Hehehe iya sih, lagi seneng2 nya dengan obyek yang bergerak🙂

  4. sallyibunyasigantengfadly said

    hai Dita….salam kenal juga dari Fadly. WAh senang main bola ya. Sama dunk sama Fadly. Boleh nih kita main bola bareng😀

    Blognya Dita dilink yaaaa……

    BunDit :
    Ayooo Kak Fadly main bola sama Dita. Sip mbak, blognya juga aku link ya🙂

  5. Motik said

    Met ulbul dita sayang.. Duh dita betah ya dipakein bando gitu.. Masih belum sukses nih bikin kyara betah pake bando dan kunciran😦
    Kalo ngamuk emang deh nih umur2 anak kita gini lagi suka ngamuk, kesabaran ibunya lg diuji banget.
    Semangat terus latihan jalannya ya dita.. Ntar tendang2an bola sama ayah🙂

    BunDit :
    Dita sih mulai saya pakaiin bando dan jepit sejak umur 9 bulan. PErtama2 sih ditarik2, lama2 kok ya mau. Makasih ucapan dan doanya ya Mam🙂

  6. fadlun_ibu farissa said

    dita sayang..met ulbul ya..udah lama banget ga mampir sini..wah sehat selalu ya nak..suka bola ya sama dong sama kaka farissa,kaka farissa baru bisa jaln di usia 14 bulan..jadi dita jangan patah semangat ya,ajak ayah n bunda jalan2

    BunDit :
    Thanks ucapan dan semangat nya ya bu🙂

  7. Laily said

    haduh itu foto paling bawah…main bola pake rok. ntar gedean dikit main bola pakai daster, hehehe…

    Met ulbul ya Kakak Dita..semoga nambah pinter aja semua-mua🙂

    BunDit :
    Hahaha walau hobi main bola tapi harus tetap feminin kaaan😉 .Thanks ucapan dan doanya ya Mom🙂

  8. Mandanya Aurel said

    Selamat ulbul Dita sayang…cepet gede..cepet mahir jalannya…lucu amat itu Bun..pake bando…Aurel gak mau dibandoin/bandanain..piye carane yah ben mau?hihihi

    BunDit :
    Dibiasain aja kok Bun. Pertama2 pasti protes, ditarik2 trus dibuang, lama2 pasti mau, apalagi pakai cara dipuji kalau pakai Bando jadi tambah cantik. Hahaha saya sok ngajarin telaten nih, padahal aslinya juga gak sabaran😀

  9. entik-ibunaikhsan said

    selamat ulbul ya Dita.
    Tambah cantik & pinter ajah.
    Makan sendiri biar belepotan melatih dita mandiri kok bun. Sejak usia ikhsan 1 taon, aku biarin ikhsan makan sendiri walau akhirnya seluruh lantai ruangan penuh nasi dan sayur ikhsan hihi..
    Tapi hasilnya sekarang ikhsan dah pinter maem sendiri dan ga begitu belepotan. Namanya juga belajar

    BunDit :
    Yoi mbak, maunya Dita juga nanti pinter kayak Kak Ikhsan nih. Thanks ucapan dan doanya ya mbak🙂

  10. Ola said

    alo bunda…lam kenal ya…dulu pernah mampir diblogku aku baru baca komennya skrg, maaf ya. Blognya bagus banyak info berguna banget…

    BunDit :
    Hallo juga mbak. Salam kenal juga buat Kak Arya dari Dita. Aku link blog nya ya mbak🙂

  11. estika said

    stlh ndownload jadwal dan menu mpasi dita 11 bulan, jd malu sendiri hehehe.. selama ini aq tradisonal bgt bikin maemnya buat anindya. msh sbatas bubur, cmpur sayur, daging, dst.
    mau minta tlg, minta diemail dong cara bikin menu maem dita. misal outmel/tepung+buah.
    nasi+ati ayam+kembang kol.
    sup krim daging sapi, dll.
    makasih ya mbak.

    BunDit :
    Hehehe lha aku yo nggo coro tradisional kok mbak, lha wong raiso masak. Yang ini tak jawab di sini aja ya.
    Untuk Outmeal/tepung+buah : Outmealnya diseduh dulu pakai air panas sampai matang. Kalau tepung, aku pake tepung gasol, dimasak dengan api sedang sambil diaduk2 terus. Setelah outmeal/tepung matang, baru dicampur dengan buah yang sudah diblender.
    Untuk nasi+ati ayam+kembang kol : siapin kembang kol/sayurnya dg diiris kecil, kalau ati ayam biasanya aku beli 3 ati ayam, dimasak dengan dibumbui irisan bawang putih, daun salam, serai, trus aku jadikan 6 potong dan dibekukan di freezer, masukkan dalam plastik klip untuk 6 hari. Masaknya dari nasi matang, dimasak lagi dengan ditambah air secukupnya, masukkan ati ayam+kaldu+kembang kol/sayuran. Ditunggu deh sampai nasinya lembek dan sayurnya matang. Angkat.
    Nah, kalau untuk sup krim, caranya sama dengan masak nasi di atas, tapi airnya agak dibanyakin, trus kalau sayuran sudah matang, masukkan outmeal yang sudah diencerkan dengan air. Tunggu sampai kental. Jadi deh🙂 .Selengkapnya mbak bisa baca di kategori resep.
    Cuma gitu aja kok mbak. Praktis dan gak ribet. Yang penting tercukupi kandungan gizinya dan Dita nya doyan🙂

  12. ke2nai said

    Dita ‘met ulbul ya.. U/ MPASI anak2 sy pas udah masuk umur 1 tahun sy juga sama bun, mulai ngenalin sm makanan keluarga. Yg penting jgn yg rasanya terlalu tajem aja.. Kl udah biasa masakan keluarga enak y, nyiapin makannya udah gak terlalu repot.

    BunDit :
    Yoi Bun. Thanks ucapan nya ya🙂

  13. Diyah said

    Hallo Dita cantik…Met Ulbul ya cayank, smoga sehat, tambah pinter & cepet bs jln ya….
    Zalfa kpn ya bs jln merangkak aja blm….hikss

    BunDit :
    Semoga sebentar lagi Kak Zalfa bisa merangkak dan jalan. Tiap anak kan beda2 Ummi. Matur nuwun ucapan dan doanya ya🙂

  14. Desy Noer said

    Met ulbul yah Dita.. Aduh, telat nich, ga papa yaa…?

    Wah soal comot mencomot dan caplok mencaplok, sama nich kayak zaheer. Ga bisa nemu makanan ato apa pun yang kecil-kecil tergeletak di lantai, langsung dech diembat. mesti rajin-rajin bersihin lantai nich bun.

    BunDit :
    Iya mam, skr jadi musti waspada liat lantai hehehe. Thanks ucapan dan doanya ya🙂

  15. gita said

    Mbak,minggu depan anak ku ultah yang pertama,aq mau tanya2 tentang MPASI ni.aq masih bingung dan masih suka khawatir tentang makannya.
    1.Kalo umur setahun ud bisa makan tumis2an?goreng2an ato bersantan?
    2.Kalo boleh tau berapa banyak takaran gula dan garam untuk anak 1 tahun?
    Makasih banyak ya mbak atas jawabannya.

    Pada dasarnya anak 1 tahun itu sudah boleh makan seperti orang dewasa, jadi tumis2 an, goreng2 an atau bersantan gak masalah. Gula garamnya pun ya secukupnya. Kalau saya sih prinsipnya jangan berlebihan misal krn anaknya doyan banget santan, trus santaaan terus ya gak bagus. Lebih bervariasi lah. Dulu waktu Dita setahunan, saya suka tumis makanannya dengan olive oil, ya lebih sehat sih. Semoga membantu. Gak perlu terlalu khawatir lah mam🙂

  16. irma said

    Bun, mau tanya..kalau menu MPASI 1 thn sdh boleh ngikut makanan orang dewasa, gimana dgn bumbunya, misal… sayur yg kuah bersantan kn biasanya aneh tanpa penyedap tuh (masako, dll) .. gimana tuh? apa dipisahkan sj.. yg berbumbu n yang tidak buat si kecil? masukan dunk bun.. thanks..
    Bunda Alifa🙂

    Kalau saya selalu dipisahkan bukan karena bumbunya tapi karena yang buat saya dan suami itu pake cabe, yang buat Dita gak pedes. Anak2 kalau terbiasa dari kecil makan yang gak pake penyedap rasa, tetep aja doya kok mam🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: