Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Manajemen MPASI Dita 9-11 bulan

Posted by BunDit on June 26, 2009

Tidak seperti di MPASI 6-8 bulan yang dimulai dengan “kesibukan” mencari informasi yang berkaitan dengan MPASI, untuk MPASI 9-11 bulan ini Bunda tinggal menyusun menu dengan memperkenalkan jenis makanan baru sesuai usia Dita.

Untuk sumber protein hewani Bunda masih “bertahan” dengan memberikan Dita selang-seling antara daging ayam, hati ayam, daging sapi dan ikan. Berdasarkan referensi, mulai usia 9 bulan anak boleh diperkenalkan dengan ikan. Ikan yang pernah dicecap Dita adalah ikan salmon, tuna dan kakap. Bunda belum berani memberikan lauk jenis “seafood” lain misalnya udang. Alasannya, Bunda mempunyai riwayat alergi udang jadinya masih menunda untuk memberikannya ke Dita. Rencananya sih mau memberikannya setelah Dita 1 tahun, tapi setelah baca yang ini http://www.wholesomebabyfood.com/introducingfishtobaby.htm, sepertinya Bunda tunda sampai Dita 3 tahun deh. Kasihan juga kalau ternyata Dita juga alergi dengan udang trus tubuhnya gatal-gatal setelah memakannya.

Dan sampai umur Dita 1 tahun ini, buah-buahan yang sudah pernah dinikmati Dita lumayan banyak lah. Tapi yang belum lebih banyak lagi. Secara jenis buah-buahan itu ternyata buanyak banget. Untuk mempermudahkan, Bunda sih menyempatkan diri membuat Tabel Rangkuman MPASI BUAH vs Usia. Sebagian besar referensinya dari http://www.wholesomebabyfood.com/foodsbytypeandage.htm . Tapi kalau yang gak nemu referensinya, ya Bunda masukin saja di usia 1 tahun ke atas atau di usia yang Dita sendiri aman-aman saja saat mengkonsumsinya. Yang jelas kalau buah yang rasanya asem, Dita juga enggan melahapnya, lidahnya melet-melat doang, sambil begidik keaseman. Mimiknya lucu banget kalau pas begidik keaseman itu😀

Kalau sayuran sih, Bunda amati semua jenis sayuran Dita doyan ya. Apalagi kalau dicampurin jagung manis, wuah lahap banget makannya. Emang belum semua jenis sayuran Bunda perkenalkan ke Dita. Selama ini sih sayuran yang mudah didapat saja. Semoga nanti sayuran buat mu bisa lebih beragam lagi ya nak.

Oh ya di MPASI 9-11 bulan ini, Bunda sangat konsens dengan :

  • Secara bertahap meningkatkan tekstur makanan Dita menjadi lebih kasar. Dari awalnya di MPASI 6-8 bulan masih encer, trus bubur kental, trus nasi tim di saring. Nah di usia 9-11 bulan ditingkatkan mulai dari digerus pakai sendok, masak nasinya tidak terlalu lama sehingga masih berbentuk nasi tapi lembek, kemudian sayuran pun mulai dipotong kecil2 tidak lagi diparut/digerus. Karena Bunda berharap, di usianya yang 1 tahun, Dita sudah bisa makan nasi seperti orang dewasa. Dan alhamdulillah, di usianya yang setahun ini kalau lihat Bunda makan suka deketin dengan muka pengin, iseng Bunda suapin nasinya eh Dita kunyah dengan baik, padahal Bunda makannya keringan gak pakai kuah. Cuma emang nyuapinnya gak bisa banyak-banyak, kalau gak pakai kuah kan seret tuh, takut susah nelennya. Trus satu lagi pas Bunda makan kerupuk, lagi-lagi Dita mendekat dan minta. Bunda iseng ngasih, ternyata Dita sudah mahir makan kerupuk (lihat aksinya makan kerupuk di foto). Tapi Bunda gak akan sering-sering lah kasih kerupuk sembarangan ke Dita, perlu di make sure dulu, takut ada MSG nya. Yang Bunda berikan di foto itu beli kerupuknya di abang tukang sayur. Hehehe sesekali “bandel” boleh dong😀
  • *
  • Secara bertahap menaikkan frekuensi makan, karena makin besar, Dita makin butuh asupan yang lebih banyak. Apalagi sekarang ini lagi gencar-gencar nya ditetah. Yang sebelumnya bubur-buah-nasi. Menjadi bubur-buah-cemilan-nasi. Sekarang bubur-buah-nasi-cemilan-nasi, kadang2 buah nya 2x, kadang cemilannya beberapa kali. Seringnya karena habis makan siang terus nyusu dan tidur, bangun2 makan sore, jadinya cemilan/buahnya diberikan pas Bunda pulang kantor. Kenapa pagi kok bubur, bukan nasi? Yang satu ini demi alasan kepraktisan saja. Soalnya kalau pagi-pagi, apalagi pas Bunda masuk kantor, semua harus serba cepat, jadi Dita dibuatkan sarapan yang praktis. Toh bubur kan karbohidrat juga. Cuma karena kebiasaanya kalau sarapan itu, bubur nya dicampur dengan buah, eh saat dicampur dengan kaldu dan ayam, Dita gak doyan sama sekali. Jadi sampai sekarang menu sarapannya selalu dengan taste manis. Gak papa lah, toh manisnya dari manis alami buah🙂

Ya, begitu deh managemen MPASI ala Bundanya Dita selama ini. Ya, nggaya dikit lah dengan istilah managemen, padahal ya isinya gitu-gitu aja😀 .

Ini dia gambar Dita lagi asyik makan kerupuk :

makan-krupuk-web

Dari bulan ke bulan saat memberikan MPASI, selalu amaze melihat perkembangan dan kemampuan Dita. Gak nyangka yang dulunya cuma bisa nenen, trus sekarang kok ya sudah bisa mengunyah makanan solid, sudah makan krupuk pula. Semoga di MPASI nya yang setahun ke atas, Bunda bisa selalu memberikan MPASI yang sehat untuk Dita. Dan selain sehat, harus lebih variatif biar Dita gak bosan. Amin.

18 Responses to “Manajemen MPASI Dita 9-11 bulan”

  1. Kayaknya semua anak2 suka banget sama kerupuk. Alma malah pas 8 bulan udah bs ngunyah kerupuk skrg doyan banget bentar2 minta kerupuk tapi ya dipilah pilih jg sih. Semoga Dita sehat terus ya

    BunDit :
    Bener mbak, anak-anak emang suka yang kriuk2. Sebelum Dita 1 tahun emang saya gak mau ngasih kerupuk ke Dita. Jadi critany pengin abener-bener no msg, sugar & salt before 1 year, KECUALI cemilan biskuit Farley’s nya itu yang mengandung gula sedikit. Setelah 1 tahun baru deh Bundanya kayak orang “kalap”, nyobain macem2 ke Dita (tentunya yang wajar) hehehe😀

  2. Renida said

    Salam kenal juga cewek imut dan cantik…Kak Kayla seneeng banget bisa kenalan sama dik Dita. Wah, Kayla ngiri nih sama dik Dita, habisnya dik Dita doyan makan sayur dan ikan. Kayla mah susak makannya… ibunya yg jd pusing 7 keliling. Main yuuk sama kak kayla…

    BunDit :
    Kalau sayur masih mau mbak, tapi ikan udah mulai susah. Namanya anak ya kadang2 Dita juga susaaaaah banget makannya. Ayuk Kak Kayla main sama Dita, main nyuapin boneka mau?? hehehe

  3. ke2nai said

    dlm mengenalkan makanan ke anak2 juga sy kadang2 suka rada ‘bandel’ kok bun..😀

    BunDit :
    Asal jangan keseringan bandel nya aja ya bun😉

  4. Laily said

    telaten lan setiti banget yaa bundanya dita ini merekap semua makanan yang sudah disajikan untuk dita..kalo ibunya Azki wes ngalor-ngidul ae ingatannya :p

    BunDit :
    Bukan telaten dan setiti mbak, lebih tepatnya kurang kerjaan hehehe

  5. mami vaya said

    Wah Dita,
    seru ya klo mamam kerupuk, kriuk kriuk gitu… langsung kriyess lagi gitu masuk mulut.
    Kalo Vaya baru dikenalin kerupuk baru-baru ini, hehehe… soalnya di rumah maminya gak doyan cemil kerupuk. Kalo ada syukur, kalo gak ya gak maksa hehee….

    BunDit :
    Hehehe emang tergantung ibunya ya. Kalau saya dari dulu suka banget kerupuk. Kalau makan tidak ditemani kerupuk serasa ada yang kurang🙂

  6. dian Sigit said

    haloo Bunda & kk Dita

    makasi udah mampir ke blognya dd Kea, tar dd Kea link balik biar bisa nyontek ilmu2nya terutama ttg MPASI, Bubun’nya Kea udah semangat bgt ni mo siap2in MPASI nya Kea..tapiiii semangat browsing nya doank😀 …realisasinya masi manyun, hehehe

    Iya niih BunDit, Kea masi ASI tpi klo malem aja, soalnya dy gadoyan ASIP yg diangetin…jd klo merah+masuk botol yaa lsg dsusuin ke anaknya😉 makanya klo ngemol bubun’nya suka buka warung sembarangan nih, huwa3x *alah curhat lg*

    Ok, nice to know u Bun

    BunDit :
    Hehehe gak pa ya dik Kea, mama buka warung sembarangan, yang penting dik Kea selalu sehat karena mama kasih ASI ya. Terima kasih juga kunjungannya ya. Aku udah link blog nya, mbak🙂

  7. Bun…kapan kapan posting menu mamamnya kak Dita dong…plus camilannya yah..hihihi kali aja bisa ikutan hihihi…

    BunDit L
    Di tiap postingan MPASI aku selalu attach menu MPASI Dita bulan ke bulan lho mbak, coba cek deh. Cuma emang makanannya Dita gitu2 aja, monoton. Tapi anaknya mau je. Makanya krn udah 1 th ini aku pengin lebih variasi. Tapi sampai skr kok ya cuma niat doang😦

  8. ihh dita sama kayak zikra, suka krupuk hehe:) kalo dulu aku suka kasih krupuk untuk mancing dia supaya mau makan bun pas makannya susah, eh skrang alhamdulillah gak susah lagi jadi gak perlu krupuk deh:)
    moga target bunda kecapai yah, usia setahun udah bisa gabung makannya sama bunda dan ayah:) sehat selalu ya dita cantik;)

    BunDit :
    Wah, Bunda Evy pasti seneng nih, Kak Zikra gak susah makannya, kalau susah tinggal nyediain kerupuk ya Bun. Iya Bun, semoga anak2 kita perkembangannya sesuai yang kita harapkan🙂

  9. fani said

    Makasih yah mba info2nya sangat bermanfaat, saya lagi bingung bikin menu buat Fathma.. referensi dari mba berguna banget. Makasih yah..

    BunDit :
    Alhamdulillah, kalau blognya Dita ini ada manfaatnya. Kembali kasih mbak. Thanks sudah mampir ke sini🙂

  10. wah dita demen makan krupuk ya? ikhsan juga sama seneng sama yang namanya krupuk. Tapi aku ga kasih banyak-banyak takutnya bikin batuk. Untungnya ikhsan ngerti jadi kalo makan krupuk dikit-dikit

    BunDit :
    Wah..Kak Ikhsan pinter ya, pengertian banget dikasih tahu ibu gak boleh makan kerupuk banyak2 takut batuk. Kalau Dita gak dikasih masih suka merengek-rengek hehehe secara baru umur 1 th 1 minggu🙂

  11. Terimakasih sudah berkunjung Bunda Dita🙂
    Krupuk emang kegemaran anak.. Anak saya dikenalin krupuk udang doyan banget… Sekarang dikenalin krupuk bawang… Hanya sebagai selingan sih…😀

    BunDit :
    Sama-sama Bun. Iya, kalau acara makan anak ada kriuk-kriuknya kan lebih asyik ya🙂

  12. Diyah said

    Wah..sukses ya bun sama managemen MPASI nya, Dita jg cepet belajarnya ya setiap tahapan dilewati dengan mulus, Zalfa nih yg masih diem di tempat makannya belum bisa kasar, kemarin sempet ummi coba bubur bayi instan utk 9bln (kan agak kasar tuh..) Zalfa nya mau dan bisa eh tiba2 hoek dan Zalfa kapok gak mau makan, ya akhirnya balik sama yg lembut2 lagi deh!

    BunDit :
    Ummi pernah nyobain outmeal ke Kak Zalfa? Coba dicampur buah yang diblender ke outmeal, siapa tahu Kak Zalfa suka. Outmeal kan teksturnya agak kasar. Sebagai permulaan agak dipenyet2 pakai sendok dulu. Awalnya Dita juga mau hoek dan melet2 pas dikenalin yang kasar, lama-lama ya bisa juga. Emang harus pelan2 dan sabar Ummi🙂

  13. bunda dita, mau tanya, bunda kasih kak dita kerupuk usia berapa yah??? kinan kalo ngelihat mama dan ayahnya makan kerupuk gemes pingin ngambil aja….terus begitu juga dengan roti tawar, kapan yah kira kira boleh dicobain soalnya kan roti ada raginya itu lho…eh bunda kalo mau email pribadi kemana yah?? kemarin aku coba email ke alumongga@yahoo.com, apa gak sampai yah?? tanya soal ASI, thanks alot…

    BunDit :
    Wah..lupa umur berapa, yang jelas di atas 1 tahun dan sudah bisa mencerna makanan keras dengan baik baru saya berikan kerupuk. Soalnya sebelum 1 tahun kan saya penganut no sugar, no salt (kerupuk kan ada salt nya). Kalau roti tawar saya kira umur 8 bulan udah bisa mam, maksudnya anak sudah bisa mengunyah makanan yang agak kasar. Kalau soal ragi saya belum dapat infonya nih. Kalau mau kirim email ke omahbundit@yahoo.com aja mam🙂

  14. fenty said

    bunda dita,
    salam kenal ya. saya fenty, bundanya desta 9 bulan+. saya sering berkunjung ke blog bunda, tapi baru sekarang isi komennya, hehe.. saya mau ucapin terima kasih karena info2 yang bunda dita tulis disini saya rasa bermanfaat untuk desta. saya juga minta maaf karna pernah beberapa kali copy menu makanan ga ijin dulu🙂, tapi untuk konsumsi pribadi kok, ga dishare kemana2 lagi🙂.
    sukses terus buat bunda dita ya…
    salam cium buat dita…🙂

    Salam kenal mam Fenty. Wah gak papa kok, info di blog ini di copy tanpa ijin kalau sebatas untuk konsumsi pribadi. Saya senang berbagi. Salam buat dedek Desta ya, semoga selalu sehat🙂

  15. bety said

    bunda tanya dong…..

    kalo keju yang buat bayi merk apa ya????
    anaku umur 9 bulan….

    mksh….

    Dulu saya pakai philadelphia. Kalau berdasar info dari milist MPASI Rumahan bisa dengan merk yummy, diamond atau philadelphia. Thanks🙂

  16. gita said

    Bunda,mau tanya lagi ni…
    kalo umur 9 bulan ud bisa dikasih yoghurt?merknya apa ya bunda?
    makasih…

    Dulu saya biasa pakai merk Yummy yang Plain. Kalau yang rasanya macem2, setelah anak 1 tahun mam🙂

  17. […] blog ibu-ibu lain. Tapi demi dokumentasi Bunda beranikan menulis Managemen MPASI Dita 6-8 Bulan dan Managemen MPASI Dita 9-11 bulan. Dan tulisan tentang MPASI lah yang banyak mengundang komentar dan pertanyaan. Duluuu waktu Bunda […]

  18. selvy said

    bunda, nanya dong, dibacaan atas katanya di usia 9-11 bulan, makanan baby mulai di gerus pake sendok. baby saya blm ada gigi. gpp kah di gerus sendok? nasi tim nya juga masih di blender sampe skrg. gak pernah di saring.

    Sebenarnya gak apa-apa juga, dicobain sedikit dulu dengan makanan yang sdkt kasar (digerus atau disaring), bayi itu cepat belajar kok mam🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: