Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

MPASI Dita 11 bulan

Posted by BunDit on June 25, 2009

Yuhuiii, sampai nih di MPASI bulan terakhir di tahun pertama Dita. Tidak banyak yang berbeda dengan MPASI Dita sebulan yang lalu. Hanya ada beberapa makanan baru yang Bunda perkenalkan ke Dita :

Karbohidrat :

  • Tepung Kedelai

Lauk pauk :

  • Ikan Kakap

Buah-buahan :

  • Jambu air
  • Sawo

Seperti biasa Bunda ulas sedikit mengenai menu baru ini :

Tepung Kedelai

Tepung kedelai sebenarnya belinya bersamaan dengan tepung yang Bunda perkenalkan di MPASI 10 bulan. Cuma karena menunggu habis tepung pisang yang Bunda beli saat MPASI 8 bulan, jadinya baru sempat diperkenalkan kali ini. Seperti tepung yang lain, tepung kedelai dicampur dengan buah-buahan untuk menu sarapan. Dan Dita menyukainya.

Ikan Kakap

Cuma dirasain Dita sekali. Gak tahu nih, anak Bunda kok jadi gak suka ikan. Padahal udah dikucurin jeruk nipis trus kaldunya dicampurin jahe supaya ilang amisnya, tetep aja Dita baru makan sedikit Dita sudah hoek. Jadinya ikan kakap yang sudah dibekukan kebuang deh. Makanya sekarang ini Bunda lagi berpikir keras, sebaiknya ikan nya dimasak apa ya supaya Dita doyan. Kalau dicampurin di nasi nya Dita kelihatannya neg. Karena sekarang Dita sudah setahun, kepikiran ikannya Bunda kasih gula/garam sedikit untuk memperkuat rasa. Semoga Dita mulai menyukai ikan lagi. Any idea, mom…? (hehehe ngareeep).

Jambu air dan Sawo

Bulan-bulan kemarin kan memang lagi musimnya jambu air, jadi di supermarket bertebaran jambu ini. Jadinya Bunda “gatal” buat mbeliin Dita. Rasa khas jambu air kan ada sepet-sepet nya, makanya Bunda campurin dengan buah lain seperti apel untuk dilahap Dita. Sawo juga begitu, dicampur buah lain. Dan emang Dita menyukai buah, kecuali yang asyemm😀

Oh ya, di MPASI kali ini, Bunda sempat membuat menu yang spesial buat Dita. Dibilang spesial karena lain dari menu Dita yang monoton hehehe. Yaitu Sup Krim Ayam Jagung, resepnya bisa dilihat di sini. Dita ternyata doyan banget. Makanya Bunda mencoba sup krim serupa dengan bahan yang berbeda, seperti Sup Krim Sapi yang berisikan daging sapi, jagung dan wortel. Dan lagi-lagi Dita menyukainya. Jadinya enak nih, cara buatnya sama tinggal isinya yang divariasi🙂

Aduuuh, udah kebayang mau bikinin makanan yang lebih “macam-macam” intuk Dita nih. Secara anak Bunda sudah setahun. Di mulai dari umur setahun ini kan banyak jenis makanan yang mendapat ijin masuk ke tubuhnya. Garam dan gula pun sudah boleh, walaupun nanti tidak akan Bunda berikan banyak2. Ya, untuk menambah selera saja. Ituuuu rencana mulia Bunda, tapi Bunda bisa gak yaaaa… Takutnya rencana tinggal rencana nih, hiks😦

Oh ya di MPASI 11 bulan ini, Dita sudah bisa berdoa lho sebelum makan. Ini aksinya :

berdoa-web

Trus, kalau pas lagi disuapin gak bisa anteng, Bunda sodorin mangkok dan sendok mainan, jadi Bunda bisa tenang nyuapin Dita, Dita asyik nyuapin boneka Olive nya😀

nyuapin-olive-web

Sstt, ke-2 gambar di atas sebenarnya tidak benar2 dalam acara makannya Dita. Ya istilahnya dipas-pas-in lah, soalnya pengin nampilin momen yang menarik aja. Harap maklum ya….😀 .

Sebagai penutup, Bunda attach Jadwal dan Menu MPASI DITA 11 Bulan. Lagi2 menunya masih monoton dan begitu2 saja, KECUALI yang sup krim itu hehehe.

3 Responses to “MPASI Dita 11 bulan”

  1. Laily said

    aduuuh Ditaaaaa…girlie banget ya!!

    mainannya boneka
    bajunya pink
    rambutnya dijepit

    versi Azki:
    mainan bola, bowling, balon martil, sepeda motor2an balap
    bajunya kaos dan celana
    rambutnya dijumput ke atas kayak spike

    *ketoke yo pengaruh soko ibu-e*

    pasang lagi dong foto2 Dita yg girlie, biar ibu Azki sadar dan berubah, hihihi

    BunDit :
    Wah…foto Dita kan sudah bertebaran di setiap postingku mbak. Dita itu waktu bayi banget suka dikira anak cowok. Lha wong sudah dipake-in anting kok gak kelihatan. Trus ternyata kalau didandanin, kok ya girly juga hehhe. Jadi pengin lihat nih mana sih foto dik Azki yang katanya gak girly itu🙂

  2. Desy Noer said

    Wow lengkp amat neh artikel penunjang MP ASI nya.
    .
    Waduh Dita dah pinter berdoa yaa..hihih..lucu.

    Aku suka komiknya mbak..

    BunDit :
    Hehehe itu bisa2 nya Bundanya Dita aja mbak, biar tulisan kelihatan serius dan berbobot hehehe gak ding, yang penting sih buat dokumentasi pribadi. Ntar kalau ada adiknya Dita, ya tinggal nyontek, gak perlu nyari2 lagi kan.
    Foto berdoanya itu cepet njepretnya mbak, soalnya ngangkat tangannya kadang2 cuma sebentar, sesuka2 Dita lah. Kalau komiknya ya terinspirasi dari blog nya ibu2 yang lain. Tapi foto dikasih TalkBubbles kayak gitu emang lebih “hidup” ya🙂

  3. Diyah said

    Kalo ummi masih harus sabar nunggu sampe Zalfa siap makan makanan yg agak kasar, soalnya sampe sekarang Zalfa masih makan nasi tim plus sayur & lauk pauk di blender. Padahal resep sup krim ayam jagung bunda Dita kayaknya enak tuh!
    Dita rambutnya dah bisa di kuncir ya bun??? Lucu bisa dikasih pita atau jepit warna warni.

    BunDit :
    Iya Ummi, sabar aja, saya kasih ke Dita makanan dengan tekstur kasar juga secara bertahap kok. Yang resep sup krim ayam jamur itu bisa juga dicobain ke Kak Zalfa, awalnya semua bahan diblender dulu aja. Meski gak dikasih garam, saya nyicip rasanya enak lho, dominan manis dari jagungnya trus ada gurih2 nya dari kaldu🙂

    Soal rambut, Dita cuma dicukur sekali waktu umur 2 bulan. Habis itu ya cuma dirapiin ujungnya. Yaa..kalau punya anak cewek kan emang paling serunya ngedandanin itu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: