Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita Ulang Tahun 1

Posted by BunDit on June 22, 2009

Alhamdulillah, kemarin tgl 18 Juni, Dita telah berusia setahun. Ulang tahun Dita tidak dirayakan secara spesial, cuma dirayakan di rumah berempat, Dita, Ayah, Bunda dan teh Dela. Pas di hari H, Ayahnya membelikan kue tart kecil yang ada boneka micky mouse dan ditancapin lilin berbentuk angka 1. Karena Ayah datangnya jam 7 malam, jadinya ya cepet2 aja acaranya, takut Dita keburu ngantuk. Akhirnya yang niup lilin Bunda, soalnya Dita malah takut lihat lilin menyala hehe. Setelah lilin mati, baru deh boneka micky dan kue nya diacak-acak oleh Dita. Dita sempat Bunda suapin sedikit kue nya. Sudah setahun gitu lho, jadi boleh dong yang manis-manis sedikit😀 . Dan Dita suka banget. Kamu tahu aja makanan yang enak-enak nak…🙂

Acara dilanjutkan dengan buka kado. Kado pertama datang dari Opung dan Bou nya Dita (nenek dan bulik) dari Padangsidempuan. Kadonya 3 buah baju yang lucu-lucu. Thanks ya Opung, Bou dan seluruh keluarga di PSP. Trus ada juga kado dari Teh Euis (mantan ART), berupa pajangan ucapan ulang tahun. Thanks ya Teh Euis. Kalau dari YangTi Jogja, kata YangTi kadonya ntar aja kalau pas mudik lebaran. Kado dari Bounya Dita di Jambi datang belakangan, berupa baju yang cantik. Thanks ya Bou, Amangboru dan dik Aya di Jambi. Lha kado dari Ayah Bunda? Gak ada hahaha. Sehari setelahnya aja Bunda mbeliin mainan replika piring, sendok dll soalnya Dita lagi seneng2 nya nyuapin boneka Olive nya. Yang terpenting doa Ayah dan Bunda ya nak, semoga kamu panjang umur dan selalu sehat serta menjadi anak yang sholehah dan berbakti kepada ortu. Pokoknya all the best for you ya sayang :-)

Oh ya, bagaimana perkembangan Dita di usianya yang 1 tahun ini?

  • Lulus S2 ASI (ASI sampai 12 bulan, tanpa tambahan sufor). Bunda gak menyangka bisa sampai di titik ini. Cerita selengkapnya di posting tersendiri.
  • Sudah bisa bilang “dada” dengan jelas. Setiap kali Ayah, Bunda atau tetehnya pergi, langsung bilang “Dada” sambil tangannya dilambaikan. Kadang2 ada tukang bubur ayam lewat pun didadahin. Pokoknya semua orang yang mendekati/melewati Dita kemudian menjauhinya didadahin sambil bilang “Dada..dada”. Tangannya sing masih belum bisa dadah secara benar, tapi sudah mendekati gerakan dadah lah :-)
  • Tumbuh gigi atas, jadi total jumlah gigi 4 (2 atas, 2 bawah), tapi 1 gigi atas belum sempurna. Jadinya sudah mulai suka menggigit nenennya Bunda😦
  • Sekarang gaya nenen nya tidak lagi gaya IMD, tapi pakai acara nungging-nungging. Aneh-aneh aja😀
  • Jika ditetah di luar, setiap beberapa kali langkah, berhenti. Trus tangan kanannya melepaskan dari pegangan, trus metheti sambil lihat ke atas (critanya lagi metheti burung). Ajaran Bunda ini sekarang jadi hobi Dita. Ada kucing, burung, cicak, semua dipetheti! Dan pethetan Dita sudah berbunyi lho! Bunyinya “tek..tek..tek” walau masih pelan.
  • Kalau Dita menginginkan sesuatu, suka nunjuk-nunjuk sambil bilang “heh..heh”. Naah, Bunda sering jawabnya begini “Mau yang mana dik? Ini? Atau Ini”. Gara2 Bunda suka bilang “Ini”, sekarang Dita kalau nunjuk sesuatu udah bisa bilang “Ini…Ini”. Lucunya, tapi ini yang cerita tetehnya. Pas Dita diajak2 jalan-jalan keluar sambil digendong sama tetehnya, sepatu Dita lepas satu. tetehnya gak ngeh. Eh, Dita teriak “Ini…ini…” sambil tangannya nunjuk sepatunya  yang jatuh di belakang dia. Tetehnya jadi tahu kalau sepatunya terjatuh. Ah, pinternya kamu naaak🙂
  • Sekarang sudah jarang ogah-ogahan kalau diminta salim. Kalau diminta salim langsung menyodorkan tangannya.
  • Satu lagi ajaran Bunda yang ditangkap cepat oleh Dita, ngajak Dita “Tossss”. Jadi kalau Ayah atau Bunda bilang “Toss” sambil mengangkat tangan, Dita juga langsung mengangkat tangannya mengajak “Tosss” yaitu mempertemukan telapan tangannya dengan telapak tangan Ayah atau Bunda. Belum bisa sih Dita menyentakkan tangannya, jadi kita yang menyentakkan tangan dia🙂
  • Masih belum bisa jalan, jadi masih terus ditetah. Tetahnya pun dengan pegangan 2 tangan. Bunda coba megang 1 tangan, Dita teriak-teriak protes sambil tangan yang dilepas mencari pegangan dan langkah kakinya terhenti. Baru-baru ini Bunda akalin dengan menetah dengan 1 tangan, tapi punggung Dita agak didorong dengan kaki Bunda. Sekarang Dita jadi lebih berani ditetah dengan satu tangan, walau langkahnya masih ragu-ragu.
  • Suka melihat foto diri. Ayah bilang sih Dita lagi suka narsis hehehe. Trus fotonya suka diciumin😀
  • Kalau Bunda bilang : “Dita…Bunda disayang doong”. langsung deh mulut atau pipinya ditempelin ke pipi Bunda. Rasanya mak cess, digituin sama anak sendiri hehehe, soalnya biasanya kan Bunda yang nyiumin Dita.
  • Sekarang kalau disuruh berdoa, tangannya langsung bergaya orang berdoa. Cuma kadang belum mau mengusap tangan ke muka kalau sudah selesai berdoa😀
  • Kalau pegang HP. HP nya langsung ditempelin ke telinga berlagak sedang menelpon sambil bilang “hah..hah”. Hehehe Dita belum bisa bilang Halo.
  • Kalau pas merangkak dan melihat tangga, langsung deh pengin naik. Kalau Dita sudah bisa berjalan harus lebih waspada nih pengawasannya pas main di tangga. Bunda ngeri deh…
  • Lagi suka banget pura-pura nyuapin boneka Olive, sambil bilang “nyam..nyam..nyam..”
  • Perbendaharaan kata masih sedikit. Ini rangkumannya dalam setahun yang Bunda menangkap artinya (yang dicetak bold itu yang terbaru) :
  • ayah = manggil ayah
  • teteh = manggil teteh
  • meme = minta nenen
  • mimi = minta minum air putih
  • mam-mam = minta makan
  • dada = dadah (bye bye)
  • ini = menunjuk barang
  • nerusin kata “ciluuuk..” = “baaa”
  • Kalau yang babbling antara lain ini nih :
  • nyomnyomnyom
  • menyemenyenye
  • betebetebete
  • beibeh..beibeh..

OK, sekarang kita lihat perubahan wajah Dita selama 1 tahun :

Meta-Dita-1-th-Web

Dan ini momen istimewa di setiap bulannya selama setahun :

Milestone-Web

Ok..Dita, anakku..selalu sehat ya sayang…:-)

9 Responses to “Dita Ulang Tahun 1”

  1. zee said

    Aduh Ditaaa… lucunya kamu….. itu kuehnya dimamam juga ga Dit? Ato mamanya yg makan yaa? Hehehe…
    Dita sehat-sehat terus yaa…
    Udah banyak nih pinternya, udah bisa bilang ini, liat burung…. duh seneng bacanya. Mudah2an semakin pinter yah..🙂

    BunDit :
    Kue nya saya cicipkan ke Dita sedikit, yang sebagian besar ya dihabisin Bundanya hehehe. Makasih ya mbak sudah sering mampir ke sini🙂

  2. Laily said

    ooo….jadi ini one of 4 drafts yang dijanjikan itu??
    ga percuma daku menunggunya, ternyata okew🙂

    kakak Dita…Azki sarankan, kado dari Yangti adalah: tiket lebaran PP. sekian dan terima kasih, hihi…

    BunDit :
    Yoi mbak, proses kreatif nya lama (hahaha bahasane ngguaya puol), ngedit photonya yang lama soalnya dikerjakan disela2 istirahat kerja, di sela2 Dita tidur, wiss pokoke niat tenaaan😀

    Hehe nanti saran dik Azki akan disampaikan ke YangTinya Dita di Jogja. semoga terkabul🙂

  3. nungqee said

    wah lucunya.. dita.. kopdar mommies bulan depan ikutan yuuk.. azkia pengen ketemu neeeh😉

    BunDit :
    Hehehe Bundanya Dita sih pemalu kalau ada acara kopdar2 an gitu😀

  4. mutti said

    Ditaaa, hepi besdey, sayaaang… Maap Mutti dah pikun, telat deh ngucapin met ultahnya😦 pekan Dita ultah pas banget sama rusuh2nya Pentás Akhir Tahun Bestari,,, kadonya nyusul ya,, mudik kan, Bun?

    PS. Bun, add aku di fb doong…

    BunDit :
    Hehehe gak papa Mutti, makasih ucapan dan doanya ya. Insya Allah lebaran nanti mudik ke Jogja. Mau barengan?🙂

    Aku jarang nge-fb dik. Tapi ok deh, ntar aku add ya🙂

  5. Happy blated bday Dita sayang…moga selalu dilimpahkan kasih sayang dan diberikan kesehatan…makin cantik aja…gemes dech Manda…kapan mudik ke Jogja..ketemua ma dedek Aurel…sun sayang…

    BunDit :
    Makasih ya mbak atas ucapan dan doanya. Insya Allah mudiknya pas lebaran. Mau ketemu? Insya Allah🙂

  6. wuah selamat ulang tahun ya dita cantik..

    BunDit :
    Thanks atas ucapan dan doanya ya mbak🙂

  7. […] akan diceritakan di posting berikutnya. Sebagai pembukanya, seperti Ultah pertama yang menampilkan Metamorfosa Dita lahir-1 tahun, di UlTah ke-2 ini Bunda juga tak lupa menyiapkan gambar metamorfosa Dita dari usia 13 bulan […]

  8. […] Metamorfosa Tahun Pertama dan Tahun Kedua, di tahun ke-3 ini Bunda juga membuat metamorfosa Dita […]

  9. […] dan sukacitanya Ayah Bunda saat engkau hadir ke dunia, 4 tahun lalu. Kemudian tiup lilin yang pertama….kedua….ketiga….dan kini lilin yang akan engkau tiup sudah berbentuk angka 4. How […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: