Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Dita DiPekeh

Posted by BunDit on May 11, 2009

Dita dipekeh

Dita dipekeh

Saat menggendong Dita beberapa hari yang lalu, Bunda terlintas pertanyaan, kapan ya Dita boleh dipekeh (Pekeh (jawa) : menggendong anak dengan posisi kaki anak melingkar ke pinggang penggendong). Ada orang bilang dipengkeh. Kalau bahasa Indonesianya Bunda gak tahu😀

Selama ini Bunda selalu menggendong Dita dengan posisi kedua kakinya ke arah depan semua. Karena Bunda takut kenapa-napa. Dari info yang pernah Bunda baca, kalau anak sudah dipekeh sebelum waktunya, nanti kaki nya gak lurus kalau jalan (agak ngangkang). Apalagi Dita anak perempuan, masak jalannya ngangkang (anak cowok pun juga jangan sampai lah). Tapi saat itu Bunda belum tahu, usia yang tepat saat memekeh.

Malamnya Bunda telepon ke YangTinya Dita di Jogja, kata Ibu biasanya bayi umur 8 atau 9 bulan sudah boleh dipekeh, tapi alasannya tidak dijelaskan. Bunda tanya ke teman-temen Bunda pun, malah ada yang bilang umur 7 bulan gak masalah digendong seperti itu. Cari info di internet, jawabannya macam-macam, sampai ada yang mengingatkan sebaiknya menunggu anak bisa jalan. Giliran mau nanya DSA nya Dita, eh masih 5 bulan ke RS buat ketemu DSA. Kan niat banget ke RS nemuin DSA cuma mau nanya kapan Dita boleh dipekeh😀 .Akhirnya pas di kantor Bunda nanya dokter kantor, Pak Dokter bilang gak tahu trus Bunda disambungin telpon ke istrinya Pak Dokter. Ternyata istrinya Pak Dokter ini perawat di Carolus yang tahu banyak soal anak. Kata pak Dokter istrinya aktif mengkampanyekan soal ASIX, memberi konsultasi soal Laktasi dll.

Setelah ngobrol-ngobrol, katanya usia paling tepat memekeh bayi yaitu saat bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Biasanya umur 7-8 bulan. Pada saat itu pinggangnya sudah kuat, jadi posisi mekeh tidak akan membahayakan dan tidak berdampak buruk. Namun disarankan saat memekeh anak harus bertahap mengenai durasi dan frekuensinya. Meski diinformasikan oleh bukan DSA, Bunda pikir logika penjelasannya bisa diterima. Jadi jelas deh🙂

Pas Bunda bilang sama teh Della supaya pelan-pelan memekeh Dita, Teh Della malah bilang “Kadang-kadang kalau saya pegel, saya gendong seperti itu bu”. Hehehe Bunda malah gak tahu. Artinya Dita sudah mulai dipekeh saat Dita umur 9 bulanan. Tapi Bunda pesenin ke teh Della untuk menggendong gaya pekeh itu secara pelan-pelan dan bertahap. Dan sekarang sesekali Bunda pun suka memekeh Dita🙂

12 Responses to “Dita DiPekeh”

  1. silvi said

    heheheee….emang setau aku bayi dipekeh begitu kalo udah mantab duduknya…kata orang-orang tua siih….hehehee…jadinya anak-anakku umur segituan udah dipekeh…

    BunDit :
    Hehehe maklum mbak, ibu baru, jadi belum tahu. Sudah dikasih tahu orang tua masih juga cari referensi kanan kiri😀

  2. ocha said

    aku malah tau soal pekeh ini dulu dari ART ku…aku gak ngerti apa itu pekeh eh gak taunya gendong samping ya. heheh

    BunDit :
    Kalau saya sih tahu istilah itu dari dulu karena sering denger, maklum kan istilah Jawa. Cuma bener2 concern mengenai usia yang tepat buat mekeh ya setelah punya anak hehehe

  3. Ez udah dari kapan tau deh dipekehnya. Abis suka pegel, jadi mominya inisiatip sndiri. Kyanya sih pas udh bisa duduk juga ko..

    BunDit :
    Iya, kalau aku lihat di foto, di usia yang sama dengan Dita, dik Ez kayaknya badannya lebih berat tuh. Gak heran bikin mominya pegel😀

  4. ke2nai said

    posisi gendong gitu paling enak y..

    BunDit :
    Yoi mbak😀

  5. nungqee said

    nanya : kalo bayi pake gendongan kanguru di depan itu termasuk dipekeh bukan ya? kan ngangkang juga tuh kakinya, secara orang luar negeri sono banyak yang menggendong bayinya dengan cara spt itu dari baru lahir.. soalnya aku sendiri gak dibolehin pake model gitu..

    BunDit :
    Wah, kurang tahu juga mbak. Tapi kalau dilihat sih posisi kanguru itu beda dengan dipekeh. Kalau di posisi kanguru, jika anak masih bayi, kaki anak kan gak cukup panjang untuk melingkari pinggang, jadiya kakinya nggantung. Tapi aku juga tidak pernah menggendong Dita dengan posisi kanguru waktu Dita masih bayi banget. Sama, ortu gak ngebolehin🙂

  6. putilaksmi said

    wah.. anakku jg lagi mau dipekeh..
    soalnya kata eyangnya “kudu dipekeh ben mlakune jejeg”😀..
    belum sempet konsultasi sama DSA nya, eh udah baca tulisan bundanya dita (thanks)..
    sabtu besok anakku imunisasi, ntar skalian aq tanyain deh tentang perpekehan ini..

    BunDit :
    OK, mbak ditunggu hasil konsultasi dengan DSA nya ya. BTW, anaknya mbak Laksmi namanya siapa?🙂

  7. halah… wis lali kapan pertama kali nggendong si wedce pake posisi gini… sekarang sih udah males gendong2.. soyo abottttt…. Tapi kayaknya sampe umur setahun lebih, nenek pengasuh dan kita kalo gendong azwa masih pake kain gendongan dan posisi kaki di depan semua. Dan sampe sekarang, kalo pergi2 masih bawa jarit butut buat jaga2 just in case tiba2 anaknya rewel pengen gendong. *walo kebanyakan dicuwekin* hehehhehehe….

    BunDit :
    Hehehe lha Kak Az wis rong taun luwih, mesti wis lali mbak. Jane ngendong pekeh ki paling enak yen pas gak gowo jarik. Hehehe sakno Kak Az dicuekin ibune😀 .Matur nuwun mbak wis mampir nang blog-e Dita🙂

  8. aku sakjane kerep rene deh… *lali* tapi aku biasa dadi silent reader.. mlaku rono rene tanpa jejak, melayang layang kayak kuntilanak *awww*

    BunDit :
    Kuntilanak yang hobi masak hehehe. Wah..yen ngono soyo matur nuwun mbak🙂

  9. mami vaya said

    Oh di pekeh itu mksdnya gendong samping ya…

    Hmmm… jadi berusaha mengingat-ingat, dulu BS anakku yg pertama kan gendut banged tuh, jd klo gendong vaya pake kain, biarpun gendong di depan, kakinya Vaya jd agak ngangkang juga… hiks, aduh gpp tuh ya? Sering aq marahin sih makanya dia berhenti juga hehehee…

    Klo skrg jujur aq blm pernah gendong pekeh si Vaya. Blm berani… en belom pinter juga:D

    BunDit :
    Hehehe pas nyari di internet soal mekeh ini, malah ada yang bilang, anak boleh dipekeh jika lingkar pinggang penggendong maksimal sekian cm. Lha kalau BS atau ibu nya ndut kan susah. Ada-ada saja🙂

  10. putilaksmi said

    nambahin tentang perpekehan mbak..
    akhirnya kemaren aku udah nanya ke DSA nya syauqi (anakku)..
    Kata dr. Iqbal (nama dokternya), gak masalah kok bayi di pekeh, gak akan membuat bentuk kaki bayi menjadi seperti ketapel (huruf Y maksudnya), malah kadang kalo gak di pekeh, posisi kaki bayi (pada usia bulan tertentu- biasanya otomatis ngangkang sendiri),.. jadi intinya sih, gak masalah kog..
    heheheh😀😀

    BunDit :
    OK, mbak. Sip. Thanks infonya🙂

  11. wahyu said

    thanks info’y, bnr2 bermanfaat. sy sdg cari informasi kpn waktunya dpekeh. ank sy mau 8 bln, sdh du2k ttp tangan masih senderan kebawah

  12. azza said

    mbak..blog diary digitalnya bermanfaat bgt.
    crita dikit..td pas lg kumpul sama ipar,ngomong klo acha harusnya udah d pekeh (skrg 8 bln 10hr). tp aq tetep g ngebolehin, sempat eyel2an jg…tp kan ini anak gw knp lu yg ribet…
    nah setelah bc artikel bunda dita,sy tmbah yakin klo acha emang perlahan mulai d pekeh…
    makasih y bundaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: