Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

MPASI Dita 8 Bulan

Posted by BunDit on March 18, 2009

Eh, gak terasa sudah 3 bulan Dita menikmati MPASI. Seperti di MPASI sebelumnya, di MPASI 8 bulan ini, Bunda memperkenalkan makanan baru untuk Dita.  Apa saja ya?

Serelia :

  • outmeal

Sayuran :

  • bayam
  • wortel
  • timun jepang

Lauk :

  • hati ayam
  • daging sapi
  • kaldu daging sapi

Buah-buahan :

  • kiwi
  • plum
  • bengkoang
  • semangka kuning

Plus, mulai Bunda perkenalkan Finger Food berupa kentang dan wortel kukus yang dipotong kecil🙂 . Finger food ini selain berguna menyediakan nutrisi juga untuk membantu bayi belajar kemampuan motoriknya serta mengajak bayi dalam eksperimen makan yang menarik. Kalau Dita sih finger food nya bukannya masuk mulut dan dikunyah, tapi malah dibenyek-benyek pakai tangan😀 . Untuk detil mengenai Finger Food silakan baca di Introducing Baby Finger Foods.

Di MPASI 8 bulan ini, Dita masih makan 3x sehari, pagi : bubur, siang : buah-buahan, sore : nasi tim saring. Dita sempat GTM* saat makan nasi tim saring di minggu terakhir, mungkin karena mau tumbuh gigi ke-2 itu. Tapi kalau dikasih yang lembut-lembut tetep telap telep.

Silakan bagi Bunda yang ingin mengintip menu MPASI Dita 8 bulan : jadwal-dan-menu-mpasi-dita-8-bulan2

GTM : Gerakan Tutup Mulut, istilah populer ibu-ibu di milist jika anak susah makan

12 Responses to “MPASI Dita 8 Bulan”

  1. sanggita said

    Owh kirain GTM teh produk celdam bapak2 –sensor–

    Sayangnya Willa keburu dikasih makan – tanpa izin saya – pas 5 bulan kemarin, Bun. *sad* Gimana atuh?

    Bundanya Dita :
    Huahaha itu GT Man deh kalau gak salah😀
    Ya kalau sudah terlanjur, ya gak papa mbak. Kalau menurut saya sebaiknya yang encer2 dulu saja. Ada juga sih yang memutuskan kalau MPASI dimulai umur 4 bulan. Lha ibu saya juga bilang begitu waktu Dita 4 bulan. Tapi saya keukeuh ngasih pas 6 bulan karena diusia segitu sistem pencernakannya benar2 siap mengkonsumsi makanan selain ASI. Emang 2 minggu menjelang 6 bulan itu, Dita minum ASI nya dokoh banget. Kayaknya bawaannya lapeeer mulu. Ya konsekuansinya, waktu itu saya harus merah ASI lebih banyak.

  2. paskariatne said

    mom dita thanks banget ya contoh resep MPASInya. Aku lagi sibuk cari2 nih buat contekan soalnya anakku besok itu dah mulai MPASI. Ada contoh menu buat 9 bulan dan seterusnya gak mom? Kalo ada mau juga donggg, heheheh

    BunDit :
    Sama-sama mbak. Dari MPASI Dita 6 bulan sampai 11 bulan aku attach, lihat aja di kategori MPASI. Cuma kalau dicermati, menu MPASI Dita itu monoton, aku kurang kreatif hehehe. Tapi kalau tetap mau dicontek ya monggo🙂

  3. Trias said

    Mbak , di jadwal MPASI 8bln yg dimaksud TIM Saring, cara masaknya bgm? apa semua dimasak trus dibelnder/ disaring?
    atau dimasak lalu diTIM di kukusan trus disaring?

    BunDit :
    Setahu saya, yang namanya nasi tim itu biasanya dimasak dari beras. Tapi dulu saya gak sabar nungguinnya, lama matengnya😀 . Makanya saya masaknya dari nasi setengah matang dari rice cooker kemudian saya rebus lagi dengan ditambahin sayuran/daging yang kita mau. Setelah mateng/menjadi bubur, baru deh disaring pakai saringan kawat. Diblender juga gak masalah tapi saya sih gak pernah ngeblender nasi. Semoga membantu🙂

  4. Trias said

    Di jadwal menu Dita 8 bln, Ada BKH + Pear : ini pearnya dicampur buburnya atau untuk kuahnya? tq

    BunDit :
    Kalau untuk Dita dulu pearnya saya campur ke buburnya. Tapi sebenarnya sesuai selera aja, dijadiin kuah juga ok kok🙂

  5. Prita said

    Halo bundit..saya dtg lagi.. ;p
    Di mpasi 8 bln ini kan dita uda dikasi kaldu ya.. Gmn tuh cara masakny utk baby? Ditambah apa gitu..? Kaldunya itu dr tulang2 saja atau sedaging2nya.. Atau..dagingnya dipisahin dulu trus tulang2 + ceker dibuat kaldu..? Oaalaah..mulai bingung nih..😉
    Ditunggu sharingnya ya… Terimakasih..

    BunDit :
    Buat kaldunya gampang mam. Dari ayam yang dibeli (bisa ayam kampung/negeri), ambil daging dan tulangnya, buang kulit dan lemaknya. Rebus dengan air secukupnya. Setelah kaldu jadi, diamkan sampai dingin, trus saring deh supaya ampasnya gak ikut. Baru kalau mau dibekukan, dibekukan di cetakan es batu. Untuk usia 7-8 bulan, kaldu belum saya campur macam2. Mulai umur 9 bulan, baru bisa dikasih bawah putih, daun serai dll. Semoga membantu🙂

  6. ummi fayyaz said

    bunda….

    cara membuat nasi tim gimana ya (menuju 8 bulan) plus kaldunya???
    tolong ya…

    makasih…

    Silakan dibaca di jawaban komen di postingan ini ya mam🙂

  7. Bunda Zain said

    Bunda dita..salam kenal
    lagi muter2 cari menu dan jadwal mpasi, alhamdulillah nemu juga tulisan bunda..saya contek menu mpasi nya ya bundit..ijin link blognya juga ya bund..

    makasih

    Silakan bun, saya link back ya🙂

  8. halo bundit…maen niy kita ceritanya ke blogmu🙂
    lengkap deh susunan jadwal+menu 8 bulannya (tadi tak intip :)) blognya informatip sekali, sip banged *jempol*
    salam ya buwat dita dari Atar & Ecah

    Thanks mam atas kunjungannya. Nanti saya ganti main ke blognya ya mam. Salam balik dari Dita buat Atar dan Ecah🙂

  9. yuni said

    izin copy y bunda…..tengkyu🙂

    Silakan mam, dengan senang hati berbagi🙂

  10. diana said

    bundiiit dtng lg ni aq…;) mo tnya2 yah.

    bun klo daging sapi di tim ngolahnya gmn, bukannya bnyk serat jd kasar gitu ya..klo masak tim saring semua bahan jd satu d masaknya kan..klo anak q d ksh nasi tim saring (misal nasi tim saring bayam wortel kaldu ayam) suka ga mau ya krn hambar x g ada rasa jd aq pke keju ricotta untuk tmbh rasa gpp kan ? klo dulu dita mau ya g ada rasa bgitu..? ko anak q ga ya..
    trus juga kadang BAB nya sembelit pdhl mknnya ga kentel buburnya..mkn pear udh tetep kdng smblit jg..gmn nii bundit
    butuh pencerahan euuy bun…

    Dulu kalau mau kasih daging sapi, saya ambil kaldunya saja ma, di saring dulu baru dijadikan nasi tim. Kalau usia 8 bulan sudah bisa dikasih tambahan keju ma. Seinget saya dulu Dita suka2 aja yang hambar karena memang sebelum setahun kan gak kenal rasa. Btw, anaknya ASI saja atau dicampur sufor ma? Dulu alhamdulillah Dita ASI saja dan jarang sembelit. Berdasarkan pengalaman temen, kalau sufor itu cocok2 an, ada yang menyebabkan sembelit/mencret. Kalau sudah usia 8 bulan, sudah banyak sayur yang bisa dikonsumsi : bayam, kol, brokoli, buncis, jd siapa tahu dengan banyak konsumsi sayuran bisa mengatasi sembelit🙂

  11. diana said

    anak q asi bun tapi ya gitu mslh d sembelit..ap krn kurang minum jg x ya bun tapi alhamdulillah tiap bulan naik brtnya 100-500 grm pling besar bln kmrn..ada si bun kepikiran sufor abis takut anaknya kurang minumnya..asi q biasa aj g trllu deres..gmn bun ? oh ya bun klo jagung manis d tim itu d pipil dl trs blender ya ? trus klo ati lngsng d msk aj bareng beras ya ..klo outmeal d blender lg ga bun..waduh kbnykn nanya ni aq ..mdh2n g repotin ya bun..mksh ya pencerahannya😉 slm kaka dita dr asha..;)

    Gak papa nanya banyak ma, selama saya bisa jawab saya jawab deh. Kalau soal ASI, berdasar pengalaman, kalau kita enjoy, gak stress, ASI malah deres. Ya gak mudah sih, kalau kerjaan di kantor lagi lucu2 nya, stress otomatis hehehe. Kalau dulu buat nasi tim, saya gak pernah masak bareng beras gitu. Saya bikin nasi tim sendiri (yang masaknya di wadah stainless steel di rice cooker.. lihat gambarnya di sini ). Trus kalau mau dicampurin macem2, kayak ati gitu.. atinya di kukus terus dihalusin, baru dicampur kan ke nasi tim/nasi lembek. Kalau mau dicampur jagung, jagung nya di kukus dulu baru diblender. Tapi misal dengan cara mama dicampurin ke beras juga gak masalah kok, malah yang bener cara bikin nasi tim ya dicampurin ke beras hehe.

  12. adhis said

    malem bun maap mo nanya…istilah2 yg d jdwl “BBM,BBC+dll” itu apa yakh….#baca2 sambil merem melek ngantuk

    Di bagian bawah jadwal MPASI yang 6 bulan ada keterangannya ma🙂

Leave a Reply

 
